cover
Contact Name
Elsa Efrina
Contact Email
Elsa Efrina
Phone
-
Journal Mail Official
jpkk@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus
ISSN : 25985183     EISSN : 25982508     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP UNP sebagai sarana publikasi ilmiah di bidang Pendidikan Kebutuhan Khusus. Jurnal akan terbit dua kali dalam satu tahun (bulan April dan November). Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus merupakan jurnal publikasi dibidang penelitian, khususnya pada penelitian anak-anak berkebutuhan khusus. Fokus pada jurnal ini diantaranya yaitu: identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus, intervensi dini bagi anak berkebutuhan khusus, pengembangan teknologi pembelajran bagi anak berkebutuhan khusus, strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, program pembelajaran serta layanan bagi anak berkebutuhan khusus.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020" : 6 Documents clear
Sebuah Adobe Flash CS6 dalam Menghitung Luas dan Keliling Bangun Datar Pada Anak Diskalkulia Sella Malinda; Mega Iswari; Jon Efendi
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.50

Abstract

This research is based on the problems that appear in the field, that is children with dyscalculia in grade V SDN 08 Surau Gadang Padang who have problems in mathematics about calculate area and perimeter of plane figures. This research used quasi experimental design with one group pretest-posttest design type. The result of this study were obtained based on data analysis seen from pretest and posttest score. The data were processed using mann whitney test. For n1 = 5 and n2 = 5 at 95% significant level and α = 0,05 obtained Uhit = 0 and Utab = 4. The null hyphotesis is accepted because Uhit ≤ Utab. The use media-based learning adobe flash CS6 is not effective in improve ability to calculate area and perimeter of plane figures for children with dyscalculia in grade V SDN 08 Surau Gadang Padang.
Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Keterampilan Tata Boga Anak Tunarungu Fitri Rahma Utari; Marlina Marlina; Kasiyati Kasiyati
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.108

Abstract

Permasalahan yang ditemukan dalam bidang keterampilan tata boga di SLB Perwari Padang yaitu kurangnya variasi dalam membuat olahan berbagai makanan dan minuman, metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian untuk membuktikan bahwa model pembelajaran direct instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk pada anak tunarungu terutama kelas V di SLB Perwari Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, desain pre-eksperimental dengan dua kali observasi yaitu sebelum dan sesudah eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes melalui kisi-kisi instrumen yang diuji menggunakan uji mann withney. Subjek penelitian yaitu empat orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses pembelajaran keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk dilakukan menggunakan model pembelajaran direct instruction. 2) hasil keterampilan tata boga membuat cokelat aneka bentuk anak tunarungu kelas V meningkat melalui model pembelajaran direct instruction. Maka disimpulkan model pembelajaran direct instruction efektif dalam meningkatkan keterampilan tata boga anak tunarungu kelas V di SLB Perwari Padang.
Pengaruh Penerapan Quantum Teaching Terhadap Peningkatan Keterampilan Tata Boga Anak Tunagrahita Ringan Yuliati Ningsih Ningsih; Jon Efendi; Marlina Marlina
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.150

Abstract

Permasalahan yang ditemukan di SLBN 1 Padang pada anak tunagrahita ringan kelas tata boga dilatar belakangi oleh guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan latihan dalam pembelajaran keterampilan tata boga dengan penugasan secara individual. Selain itu, kemampuan siswa yang bervariasi mengakibatkan siswa mengalami kesulitan membuat puding pisang. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian terdiri dari guru kelas dan 4 orang anak tunagrahita ringan. Siklus yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan cara observasi, studi dokumentasi dan tes. Hasil menunjukkan bahwa proses dan hasil keterampilan pembuatan puding pisang anak tunagrahita ringan kelas tata boga meningkat melalui pendekatan quantum teaching. Dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran keterampilan tata boga melalui pendekatan quantum teaching dapat meningkatkan keterampilan proses pembuatan puding pisang.
Penggunaan Visual Schedule dalam Pembelajaran IPA bagi Anak Tunarungu Wenda Astuti; Armaini Armaini; Damri Damri
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.171

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di kelas VII/B di SLB Perwari Padang. Dimana media pembelajaran yang diberikan guru dikelas belum mencapai hasil yang baik bagi hasil belajar anak khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentang mengenal bagian tumbuhan. Guru masih menggunakan metode yang biasa tanpa ada media alternatif yang lain digunakan dalam proses belajar mengajar di kelas. Selain itu, kurangnya ketertarikan anak terhadap metode yang diberikan oleh guru di kelas. Oleh sebab itu, permasalahan yang akan di kaji dalam penelitian ini adalah, “Apakah penggunaan media Visual Schedule efektiv digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi anak dengan hambatan pendengaran di kelas VII/B SLB Perwari Padang?” Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi eksperimental design), dengan tujuan untuk mengungkapkan pengaruh dan sekaligus perbedaan antara dua variabel yang berbeda. Rancangan penelitian yang di gunakan adalah The One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan pada anak dengan hambatan pendengaran kelas VII/B dengan jumlah siswa 4 orang. Untuk pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan statistik uji Mann Whitney dengan taraf signifikan 5%( =0,05). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa hasil pretest yang diperoleh adalah 2,75 sedangkan hasil posttest yang diperoleh adalah 7, dari kedua hasil tersebut dapat diperoleh peningkatan skor setelah di berikan treatment adalah sebanyak 4,25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal bagian tumbuhan yang di belajarkan dengan menggunakan media Visual Schedule memperoleh kenaikan yang signifikan. Dapat di simpulkan bahwa media Visual Schedule efektiv digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bagian tumbuhan pada anak dengan hambatan pendengaran.
Pengaruh Reinforcement dalam Mengurangi Perilaku Negatif pada Anak Gangguan Perilaku Melly Syahara Firdiana; Novi Tiahirani; Nabila Simah Bengi; Anisa Anisa; Nadia Ariska; Safaruddin Safaruddin
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.531

Abstract

This research is motivated by a problem found in children who experience difficulties in social behavior, namely often leaving the classroom without a clear purpose. This study aims to change the behavior of children which can interfere with the teaching and learning process in school. The research method used was Single Subject Reserch (SSR) through positive reinforcement with the design of A-B-A, A (baseline) before intervention. B (intervention) and A are the results of intervention. The results showed changes in behavior of children. The initial research recorded the highest score reaching 11 times to get out of the class and the final result was a significant change, with a stable score estimated at four and the lowest score in the second place. Suggestion Researchers to teachers to use positive reinforcement in changing children's behavior.
Pembentukan Perilaku Agresif Melalui Token Ekonomi Imelda Kristinafany Sirait; Putri Sabila; Danang Putra Antony; Rabbiul Fadil; Silvya Dwi Utami; Safaruddin Safaruddin
Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus Vol. 4 No. 1 (2020): April 2020
Publisher : Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/jpkk.v4i1.549

Abstract

Peneliti mengunakan token ekonomi untuk mengetahui pengaruh metode tersebut dalam mengurangi perilaku agresif peserta didik serta membentuk perilaku positif , penelitian ini dilakukan pada anak kelas 3 SD di SDN 13 Seberang Padang, subyek dalam penelitian ini sering melakukan perilaku agresif, yaitu berkelahi dan perilaku tersebut dilakukan secara berulang-ulang, bahkan dalam seminggu subyek hampir setiap hari berkelahi. Berdasarkan hasil wawancara dari wali kelas, subyek sering memicu perkelahian terlebih dulu dengan temannya atau mencari masalah untuk menimbulkan perkelahian. Peneliti menggunakan metode penelitian Model SSR, dan untuk memodifikasi perilaku tersebut, peneliti menggunakan token ekonomi berupa star poin, semula pemberian star point melibatkan peserta didik, namun terjadi kecemburuan sosial dan akhirnya peneliti memutuskan untuk pemberian penilaian star point hanya berfokus pada penilaian wali kelas dan tidak lagi melibatkan peserta didik. Untuk melihat hasil keefektifan dari star point, hasil penelitian menunjukkan perilaku agresif pada subyek berhasil diubah menggunakan token ekonomi. Perilaku berkelahi subyek sudah mulai berkurang bahwa dalam seminggu si subyek tidak menunjukkan perilaku agresif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6