cover
Contact Name
Mochamad Yusuf Putranto
Contact Email
jurnalrisetbisnis@univpancasila.ac.id
Phone
+6281296108608
Journal Mail Official
jurnalrisetbisnis@univpancasila.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasila Jl. Srengseng Sawah, Jagakarsa Jakarta Selatan 12640 Tlp. (021) 7873709, 7873710, 7272606 Fax. 7270133
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
JRB-Jurnal Riset Bisnis
Published by Universitas Pancasila
ISSN : 25810863     EISSN : 2598005X     DOI : https://doi.org/10.35592/jrb.v3i1
Core Subject : Economy,
JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, Operasional, Biaya, Manajemen, Sektor publik, Investasi, Internasional, Auditing dan Perpajakan. Setiap naskah yang dikirimkan ke Jurnal Riset Bisnis akan ditelaah oleh Mitra Bestari dan Dewan Editor yang relevan.
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2021): Oktober" : 9 Documents clear
Studi Pengaruh Pengumuman Dividend Terhadap Reaksi Investor Di Indonesia Ahmad Juliana; Yohanna Thresia Nainggolan; Ikram Usrang
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.1656

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji reaksi investor terhadap pengumuman dividen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah saham-saham yang terdapat pada indeks kompas 100 Bursa Efek Indonesia periode tahun 2016 sampai 2018. Jumlah sampel yang diamati sebanyak 40 saham dengan total observasi pengamatan sebanyak 440 yang terbagi dalam dua kelompok saham dengan dividen naik dan turun. Alat uji yang digunakan menggunakan one sample t-test, paired sample t test dan market adjusted model untuk menghitung rata-rata abnormal return. Hasil penelitian menunjukkan bahwa investor memiliki reaksi yang positif terhadap kenaikan pembayaran dividen dan bereaksi negatif terhadap pengumuman dividen turun. Berdasarkan pengujian uji beda sebelum dan sesudah pengumuman dividen baik pada dividen naik maupun dividen turun ditemukan bahwa pada tahun 2016 dan 2018 menunjukkan tidak adanya perbedaan tetapi pada tahun 2017 memiliki perbedaan. Kata kunci: Dividen; Model Pasar disesuaikan; Rata – Rata Abnormal Return; Teori Signal.
Strategi Pengembangan Batching Plant di Sumatera Barat (Studi Kasus PT. ABC) Hayattul Riski; Syukri Lukman
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.1965

Abstract

Persaingan dunia usaha semakin meningkat, perusahaan dituntut untuk dapat bertahan dan bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis demi kemajuan dan eksistensi perusahaan. Perusahaan ditantang untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, atau dengan kata lain setiap perusahaan harus mampu mengikuti perubahan yang terjadi, baik perubahan dari internal maupun dari eksternal perusahaan. PT ABC adalah salah satu pelaku usaha batching plant di kota Padang. Bisnis dimulai pada tahun 2016 dengan lini bisnis yang berfokus pada penjualan beton siap pakai. PT ABC perlu mengidentifikasi dan menganalisa tingkat persaingan bisnis yang semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengevaluasi strategi dan merekomendasikan alternatif strategi terbaik yang digunakan oleh PT ABC sesuai dengan kondisi lingkungan perusahaan. Tahap pencocokan menggunakan Matriks SWOT dan Matriks Eksternal Internal untuk mendapatkan alternatif strategi yang akhirnya menentukan keputusan strategi yang tepat. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar PT ABC sebenarnya memiliki kekuatan internal dan peluang eksternal yang besar dalam rangka mengembangkan bisnis dan menghadapi tingkat persaingan dengan menggunakan Strategi Pengembangan Pasar dan Strategi Pengembangan Produk guna mencapai visi dan misi perusahaan
Pengaruh Destination Image,Food Image, dan Persepsi terhadap Revisit Intention pada Culinary Tourism di Permindo Night Market Kota Padang Dhini Denisa; Verinita
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.1975

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari Food Image,Persepsi dan Destination image terhadap Revisit intention konsumen Permindo night market Padang. objek penelitian adalah konsumen yang pernah mengunjungi Permindo Night Market padang dan sampel penelitiannya yang diambil adalah konsumen yang pernah mengunjungi Permindo Night Market Padang yang merupakan member dari Toko The Happy Store. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yaitu sampel yang dipilih sengaja ditentukan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan agar mendapatkan sampel yang representatif. Data yang digunakan adalah data cross section. Teknik pengumpulan data adalah melakukan pengambilan data secara langsung dengan metode lapangan (field research) dimana kuesioner dibagikan secara langsung kepada member Toko The Happy Store yang pernah mengunjungi Permindo Night Market Padang yang diwakili oleh 205 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linear berganda, Uji F &T dan koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian ini adalah food image dan persepsi tidak berpengaruh terhadap revisit intention, sedangkan destination image berpengaruh terhadap revisit intention.
Analisis Efektifitas Metode Konsumsi dan Alternatif Pengembangannya Dengan Balanced Scorecard di Klinik X Handy Sumarta Gunawan; Sahat Saragih; Aritonang
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.2533

Abstract

Peranan persediaan pada perusahaan sangat penting untuk mendukung kegiatan operasional. Klinik X adalah salah satu klinik kecantikan di Jakarta yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, sekitar 50% dari seluruh pendapatan klinik berasal dari pengelolaan perbekalan farmasi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode konsumsi yang digunakan Klinik X dan menganalisis alternatif Inventory Management Klinik X yang lebih efektif dengan pendekatan Balanced scorecard. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif, dengan desain penelitian eksploratif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengisian kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode EOQ lebih efektif dalam manajemen persediaan di Klinik X dibandingkan dengan metode konsumsi, JIT maupun MMSL. Kemudian hasil pengukuran menggunakan Balanced scorecard diketahui metode alternatif lebih efektif dibandingkan dengan metode konsumsi dalam pengendalian persediaan untuk Klinik X, hal ini dapat dilihat dari adanya perbaikan pada perspektif keuangan dan perspektif pelanggan saat menggunakan metode EOQ dibandingkan dengan metode konsumsi. Sedangkan perspektif bisnis internal tidak mengalami perubahan, yaitu respon times yang masih di bawah target ketika menggunakan metode konsumsi maupun EOQ di Klinik X.
The Impact of Integrity, Professionalism, and Self-Efficacy of Auditors on Audit Quality Kenny Ardillah; Rebecca Angelina
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.2554

Abstract

Audit quality is a finding of violations by the auditor in recording the client's financial statements. Audit quality is strongly influenced by the auditor as the party auditing the financial statements, so the auditor needs to follow and carry out his duties by the auditing standards that apply during the audit process. This investigation expects to analyze the impact of integrity, professionalism, and self-efficacy of auditors on audit quality. The populace in this investigation were all autonomous auditors who work in Public Accounting Firm which are enlisted with the Republic of Indonesia's Financial Audit institution. The sampling technique used in this study was simple random sampling. Data collection techniques in this study using library research and questionnaires. Hypothesis testing in this study uses multiple regression data analysis techniques using SPSS version 25.0. The results of this study indicate that integrity, professionalism, and self-efficacy have a positive effect on audit quality. The implications of this research are academic implications to determine the factors that can affect audit quality and can be used as material for developing research and knowledge, especially in the field of accounting related to audit quality and practical implications for developing further research in the auditing field.
Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram pada Generasi Y dan Generasi Z di Bandung Felicia Abednego Abednego; Chandra Kuswoyo; Cen Lu; Graciela Ervina Wijaya
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Influencer marketing telah menjadi fenomena sejak beberapa tahun terakhir, dan keberadaan influencer marketing dianggap sebagai strategi pemasaran yang ampuh dan jumlahnya terus meningkat. Influencer adalah orang-orang yang dapat memiliki jumlah follower yang banyak dalam platform media sosial tertentu dan mereka dianggap sebagai pemimpin opini yang dipercaya oleh komunitasnya. Pertumbuhan jumlah influencer marketing yang terus meningkat, menjadi hal yang menarik bagi peneliti untuk menganalisis perilaku konsumen terutama di kalangan generasi Y dan Z terhadap pesan yang disampaikan oleh influencer melalui media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dipertimbangkan oleh generasi Y dan Z dalam memilih influencer marketing pada media sosial Instagram, yang memengaruhi perilaku konsumsi kuliner pada generasi Y dan Z di kota Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik focus group discussion pada generasi Y dan Z di kota Bandung. Kata kunci : influencer marketing, perilaku konsumen, generasi Y, generasi Z.
Analisis Perilaku Keuangan Generasi Z Pada Mahasiswa UPN Veteran Jakarta di Masa Pandemi Syifa Nur Aini; Wahyudi; Tri Siswantini
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.2605

Abstract

Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk melihat bagaimana dompet digital, lokus kontrol, dan gaya hidup mempengaruhi perilaku keuangan Generasi Z di kalangan mahasiswa UPN Veteran Jakarta. Pemilihan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan strategi kuota, dengan 210 responden diambil dari seluruh fakultas. Data dikumpulkan dengan menggunakan Google Forms untuk mengirim kuesioner. Aplikasi Smart PLS 3 digunakan untuk menguji analisis data, validitas dan reliabilitas, serta hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05. Diperoleh hasil yaitu variabel penggunaan dompet digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, variabel lokus kontrol berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, dan variabel gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan. Kata Kunci: penggunaan dompet digital, lokus kontrol, gaya hidup
Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Citra Perusahaan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Jasa Pengiriman JNE Supriadi Thalib; Harimurti Wulandjani
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35814/jrb.v5i1.2725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap citra perusahaan dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada jasa pengiriman JNE. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Purposive. Sampel penelitian ini terdiri dari 175 orang responden konsumen pengguna jasa PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di wilayah Depok dan Jakarta Selatan. Data penelitian ini didapat dari hasil penyebaran kuisioner yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Structural Eqution Modelling (SEM) dengan pendekatan Path analysis menggunakan sofware Smart PLS (Partial Least Square) versi 2.0. Berdasarkan hasil uji path analysis diperoleh hasil bahwa semua variabel independent yaitu kualitas layanan (X1), harga (X2) secara langsung tidak berhasil mempengaruhi citra perusahaan (Y) dan kepuasan konsumen (Z) secara positif dan signifikan mempengaruhi citra perusahaan (Y). Dalam penelitian ini kepuasan konsumen berhasil menjadi mediasi intervening antara kualitas layanan terhadap citra perusahaan dan mediasi antara harga dengan citra perusahaan. Dengan meningkatkan kualitas layanan (memberikan respon yang cepat tanggap dalam setiap keluhan konsumen) serta memberikan harga yang terjangkau bagi semua kalangan, diharapkan Jasa Pengiriman JNE menjadi pilihan utama bagi konsumen dalam melakukan pengiriman melalui JNE.
Factors Affecting Consumers' Intention to Purchase Environmentally Friendly Products: Recycle Furnitures Ardilla Ayu Dewanti Ridwan; Fanny Setiawan; Hizkia Davino Gratia Saragih; Mokhamad Nasyih Aminnulloh; Phillo Putra Guntur Satiadhi; Istijanto
JRB-Jurnal Riset Bisnis Vol 5 No 1 (2021): Oktober
Publisher : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pancasila

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara komprehensif faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen membeli produk yang ramah lingkungan. Faktor-faktor yang diadopsi dari Model EAPIM yang terdiri dari sikap terhadap lingkungan, norma subyektif terhadap lingkungan, kendali yang dirasakan, kualitas yang dirasakan, dan citra diri; diperluas dengan menambah variabel harga. Konteks yang diteliti adalah produk ramah lingkungan yaitu furnitur daur ulang. Jumlah responden yang terlibat sebanyak 394 orang dan sampel diambil dengan metode konvenien. Metode analisis yang digunakan adalah analisis faktor dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk yang dirasakan, dan harga memiliki pengaruh yang positif terhadap niat membeli konsumen terhadap produk ramah lingkungan. Temuan ini secara teori mengindikasikan bahwa perilaku konsumen terhadap niat membeli lebih banyak dipengaruhi secara individu dibandingkan pengaruh karena norma subyektif dari orang lain. Bagi praktisi, temuan ini sangat berguna dalam merancang strategi bisnis untuk mendorong konsumen membeli produk ramah lingkungan. Kata Kunci: Faktor, Produk Ramah Lingkungan, Niat Membeli, Mebel Daur Ulang

Page 1 of 1 | Total Record : 9