cover
Contact Name
Hendra Hermawan
Contact Email
hendra_hermawan28@untirta.ac.id
Phone
+6285946590006
Journal Mail Official
jrbmt@untirta.ac.id
Editorial Address
Gedung C, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Jl. Raya Jakarta KM.4 Pakupatan Serang, Banten
Location
Kab. serang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa
ISSN : -     EISSN : 25990837     DOI : 10.48181
Core Subject : Economy, Social,
Pertama kali terbit pada Nopember 2017, dan terbit secara periodik dua kali dalam setahun. Pada Volume 4 Nomor 1 (2020), ada perubahan layout artikel. Memiiliki nomor e-ISSN 2599-0837. Areas of study that can be published in JRBM Tirtayasa are in the fields of Business Management, Operations and Production, Finance and Capital Markets, Marketing and Human Resource Management, Change Management, Distribution and Supply Chain and Digital Business Development.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017)" : 7 Documents clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN MELALUI MOTIVASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Permata Finance Indonesia Cabang Serang) Masrur Fariq; Wawan Prahyawan; Akhmadi Akhmadi
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2607

Abstract

Penelitian ini mengamati pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilakukan di PT Permata Finance Indonesia Cabang Serang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja pada PT Permata Finance Indonesia yang berada di cabang Serang dan sub cabang pembantu Cilegon sebanyak 121 karyawan. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan dengan kriteria sudah menjadi karyawan tetap dan sudah bekerja di perusahaan kurang lebih 2 tahun. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 86 responden. Alat analisis yang digunakan menggunakan program SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa pengaruh gaya kepemimpinan transaksional, motivasi kerja, dan budaya organisasi mempengaruhi secara positif terhadap kinerja karyawan. Seluruh variabel memiliki hasil t-statistik >1.96 dan signifikan berada di bawah persyaratan P-value < 0.05 dengan taraf signifikan 0.05 (5%).
ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, KINERJA INOVASI DAN KINERJA PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH PADA SENTRA INDUSTRI TAS DESA KADUGENEP Sofyan Sofyan
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2608

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik dan menganalisis pengaruh jaringan sosial terhadap orientasi kewirausahaan, pengaruh kapabilitas perusahaan terhadap orientasi kewirausahaan, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran, pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja inovasi dan pengaruh kinerja inovasi sebagai pemediasi yang merupakan konsekuensi dari orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran. Dengan mengambil cakupan desa Kadugenep, sebagai sentra industri kreatif di Kabupaten Serang, sebagai ruang lingkup wilayah yang akan diteliti. Pengambilan sampel dilakukan pada pemilik UMKM, pengelola UMKM dan pemilik sekaligus pengelola UMKM. Data yang dapat digunakan dalam penelitian dengan data isian yang lengkap dan sesuai kriteria penelitian sebanyak 70 responden. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Squares-Struktural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan SmartPLS 3.0 yang diaplikasikan untuk menganalisis data dan jalur pemodelan dengan variabel laten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jaringan sosial dan kapabilitas perusahaan mempengaruhi pengembangan orientasi kewirausahaan dan kinerja inovasi semua mempengaruhi kinerja pemasaran. Selain itu hasil indirect effect untuk kinerja inovasi T-statistik signifikan pada 5.324 > 1.96, yang berarti kinerja inovasi dapat menjadi variabel mediator secara parsial (partial mediaton) untuk hubungan orientasi kewirausahaan dan kinerja pemasaran.
PENGARUH PELATIHAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DENGAN KOMPETENSI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Lebak) Heri Safari Kahfi; Aan Khurosani; Indra Suhendra
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2604

Abstract

The purpose of this research is to know the implementation of employees training and achievement motivation on employees performance. Also to determine whether the employees competence mediates employees training and achievement motivation on employees performance in PDAM Lebak. This study uses a quantitative and descriptive approach, using research methods causality. This study was conducted in PDAM Lebak. Samples are 71 respondents and the data were analyzed using WarpPLS. The results of this study show that: 1). employees training is influential positive and significant on employee’s performance, 2). achievement motivation is influential positive and significant on employee’s performance, 3). employees training is influential positive and significant on the competence, 4). achievement motivation is influential positive and significant on the competence, 5). employee’s competence is influential positive and significant on employee performance. Competence partially mediate between employees training and achievement motivation on employee performance.
PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN INOVASI PRODUK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Gerabah di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang ) Yusri Priatin; Djasuro Surya; Indra Suhendra
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2609

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penurunan realisasi omzet penjualan dan penurunan penjualan pada UMKM Gerabah Kelompok Usaha Bersama (KUB) perajin gerabah di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk sebagai variabel intervening, dimana belum tersentuh dari perajin Gerabah di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini  adalah menggunakan simple random sampling. Dengan teknik pengambilan data primer melalui kuesioner dan wawancara. Sample pada penelitian ini adalah 100 perajin dari populasi sebanyak 130 perajin UMKM gerabah pemilik, pengelola, pemilik dan pengelola di Desa Bumi Jaya Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang. Penelitian ini menggunakan Teknik Analsis Struktural Model Of Equation Modelling (SEM) dengan mengunakan Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0. Hasil Penelitian terdapat pengaruh positif orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara parsial terhadap inovasi produk dan inovasi produk berpengaruh positif ke kinerja pemasaran. Hasil Analisa Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0, diketahui bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk dengan koefisien parameter sebesar 0,224 dan 0,247. Inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan koefisien parameter sebesar 0,519, dimana selanjutnya inovasi produk berperan sebagai variabel mediasi parsial.
PENGARUH KOMPENSASI, KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, LINGKUNGAN KERJA NON FISIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Karyawan Divisi Operation & Maintenance PT. Purna Baja Harsco) Ridwan Subarkah; Roni Kambara; Wawan Ichwannudin
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2605

Abstract

The purpose of this research to know influence compensation, non physical working area, transformational leadership to employee performance with achievement motivation as intervening variable. Independent variable in this research are compensation (X3), non physical working area (X2), transformational leadership (X1), intervening and dependent variable is achievement motivation, dependent variabel is employee performance. This research is held in Operation & Maintenance Division PT Purna Baja Harsco Cilegon Banten. Sample are 129 respondents. The primary data were collected using a quesionnaire that consist of statement list and analyzed with SEM (Structural Equation Modeling) with help of  SmartPLS statistics software. Seven hypotheses contructed in this research there were five hyphotheses are accepted, Compensation is influential positive and significant on employees performance(1). Compensation is influential positive and significant on achievement motivation(2). Non physical working area is influential positive and significant on employees performance(3). Non physical working area s influential positive and significant on achievement motivation(4). Achievement motivation is influential positive and significant on employees performance(5). While two others hypotheses is rejected, Transformational Leadership is influential positive but not significant on employees performance(1). Transformational Leadership is influential positive but not significant on achievement motivation(2).The largest constribution to Employee Performace comes from Non physical working area.
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KETERLIBATAN PEKERJA TERHADAP KINERJA PELAYANAN (Studi Kasus pada Kantor UPT Puskesmas DTP Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang) Moh. Mukhsin
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2610

Abstract

The objective of these researches are to know how implementation of Leadership and Workers Involvement Influence on Service Performance at UPTD office sub-district Puskesmas DTP Ciruas Serang District. This research used quantitative method by using descriptive research and causal research. Data from the 3 variables were analyzed by using SPSS 16.00 program. The number of samples used in this study were 52 respondents.  Based on the data analysis it can be concluded that there is no leadership program and employee involvement, the value of service performance of 2.162 units. The leadership regression coefficient (0.441) means that if the leadership program is increased by 1 unit, then the service performance will increase by 0.441 units. Leadership regression coefficient of (0.538) means that if the leadership condition is increased by 1 unit then the service performance will increase by 0.538 units. Result of hypothesis test where Fcount> Ftable (68,762> 3,194). With a real level of 5% which means Ho is rejected and Ha accepted. This indicates that the leadership and the involvement of workers significantly influence the service performance at UPTD office sub-district Puskesmas DTP Ciruas Serang District.
PENGARUH STRATEGI GREEN MARKETING DAN PENGETAHUAN LINGKUNGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada member Tupperware di Kota Rangkasbitung) Erik Indra Kusuma; Djasuro Surya; Indra Suhendra
Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : Magister Manajemen - Universitas Sultan Ageng Tirtaysa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.48181/jrbmt.v1i1.2606

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi green marketing dan pengetahuan lingkungan secara langsung terhadap minat beli, serta pengaruh tidak langsung dari strategi green marketing dan pengetahuan lingkungan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli sebagai variabel intervening. Data dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode kuesioner terhadap 88 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan kriteria member Tupperware yang tinggal di kota Rangkasbitung. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, serta uji hipotesis menggunakan analisis jalur dengan bantuan program SPSS versi 20 dan Sobel Test. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa green marketing dan pengetahuan lingkungan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli dan keputusan pembelian, namun minat beli tidak terbukti menjadi variabel intervening terhadap hubungan green marketing dengan keputusan pembelian maupun hubungan pengetahuan lingkungan dengan keputusan pembelian

Page 1 of 1 | Total Record : 7