cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : 23016078     EISSN : 2579471X     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021)" : 7 Documents clear
NILAI MORAL DALAM NOVEL GUNUNG UNGARAN KARYA NH. DINI Agustinus Subardi; Lulus Irawati; Dwi Rohman Soleh
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk nilai moral dalam novel Gunung Ungaran karya Nh. Dini. Metode penelitiannya deskriptif  kualitatif. Sumber datanya novel Gunung Ungaran karya Nh. Dini. Teknik pengumpulan datanya dokumentasi, baca dan catat. Teknik keabsahan data meliputi credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk nilai moral dalam novel Gunung Ungaran karya Nh. Dini, yaitu: kejujuran:  terhadap dirinya sendiri, ungkapan syukur kepada Tuhan, ucapan terima kasih kepada orang lain; kesediaan untuk bertanggung jawab: mengerjakan tugas, pekerjaan, profesinya secara total, tuntas, sukarela, tanpa pamrih,  dan membantu, berbagi kepada orang lain secara ikhlas; keberanian moral: sikap memberi kepada orang lain secara ikhlas, murah hati, berani keluar dari kemapanan dan kemelekatan, percaya kepada Tuhan; kerendahan hati: mengungkapkan terima kasih, doa, syukur kepada Tuhan, menyadari kerapuhannya, sikap tidak semena-mena; kemandirian moral: mengatasi permasalahan,  mengambil keputusan, tidak bergantung, mengikhlaskan, dan tidak mempertimbangkan untung rugi.
UPAYA MEMBENTUK BUDI PEKERTI PADA SISWA SMP NEGERI 52 SURABAYA DI MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI LITERASI DIGITAL SASTRA ANAK Rini Andayani
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan membaca anak Indonesia masih terkategori rendah jika dibandingkan negara-negara berkembang lainnya. Adapun upaya yang dapat dilakukan melalui kegiatan literasi, atau Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sesuai dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun  2015. GLS merupakan salah satu bentuk pengembangan potensi diri peserta didik secara utuh, yaitu waktu lima belas menit, setiap hari sebelum hari pembelajaran, digunakan untuk membaca buku selain buku mata pelajaran. GLS juga mampu menjadi kegiatan Penanaman Budi Pekerti (PBP) yang merupakan pembiasaan sikap dan perilaku positif di sekolah. Namun, di masa pandemi Covid-19 saat ini, GLS dapat tetap dilaksanakan dengan menerapkan literasi digital. Salah satu sumber literasi digital yang sesuai dengan karakter dan umur siswa yaitu sastra anak. Sastra anak merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh seseorang yang telah melewati masa bayi yaitu berusia dua tahun hingga tiga belas tahun. Karya anak memiliki fungsi dan tujuan sebagai (1) alat penghibur, (2) pengesahan pranata-pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, (3) alat pendidikan, dan (4) alat pemasak dan pengawas norma masyarakat agar dipatuhi oleh kelompoknya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya yang konsisten dalam membentuk budi pekerti siswa walaupun di masa pendemi Covid-19 saat ini melalui budaya literasi digital sastra anak.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SD NEGERI DI KABUPATEN PONOROGO Bifing Very Agustina
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan pemahaman membaca sangat penting untuk menguasai kemampuan akademis lainnya. Keterampilan ini mencakup pemahaman konkrit tentang bacaan. Rendahnya nilai belajar siswa dipengaruhi oleh keterampilan ini. Dalam kegiatan pembelajaran, keterampilan membaca pemahaman dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran dan kecerdasan emosional. Secara khusus, penelitian ini untuk menjawab pertanyaan penelitian; (1) apakah ada pengaruh model PBL terhadap kecerdasan emosional siswa; (2) apakah ada pengaruh model PBL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kecerdasan emosional siswa; dan membuktikan pengaruh model pembelajaran PBL terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa. Metode penelitian kuantitatif dianggap mampu menjawab setiap pertanyaan penelitian. Teknik tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang melibatkan semua responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Dari penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa secara parsial model pembelajaran berbasis masalah dan kecerdasan emosional berpengaruh terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa.
PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR MATA KULIAH SEMANTIK MAHASISWA STKIP PGRI TRENGGALEK Bagas Baharsah; Flora Puspitaningsih
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh media Google Classroom terhadap keberhasilan belajar mata kuliah Semantik mahasiswa semester 5 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Trenggalek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sifat korelasi sebab-akibat. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 5 yang mengambil mata kuliah Semantik dengan total 19 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket dan wawancara tentang media Google Classroom dan keberhasilan belajar mata kuliah Semantik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana dan pengujian hipotesis yang menggunakan uji One Sample T-Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 23. Angket yang sudah diberikan sebelumnya sudah melalui tahap pengujian yaitu menggunakan uji validitas dan reliabilitas.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan belajar mata kuliah Semantik dengan ditunjukkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Selain itu hasil analisis regresi linier sederhana mendapatkan tingkat pengaruh 62,1% terhadap variabel keberhasilan belajar dan tingkat keberhasilan belajar mahasiswa berada pada kategori sedang. Namun masih terdapat 37,9% tingkat pengaruh yang disebabkan oleh faktor lain. Adapun hasil wawancara secara garis besar masalah yang dialami oleh mahasiswa kurang lebih sama, mulai dari kendala jaringan dan materi kurang dapat dipahami.
ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Iswahyudi Iswahyudi; Teguh Suharto; Sigit Ricahyono
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan strategi pembelajaran daring yang digunakan oleh guru-guru di SDN 2 Karangpatihan Kecamatan Balong Ponorogo selama masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah dokumen, peristiwa, dan informan. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas I sampai dengan guru kelas VI, peserta didik, dan wali peserta didik. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru kelas I sampai dengan kelas VI secara daring maupun kombinasi. Dokumen yang diamati dalam penelitian ini adalah, prota, promes, silabus, RPP, dan daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik metode triangulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 2 Karangpatihan berjalan dengan baik. Hasil pembelajaran guru yang menggunakan daring campuran menunjukkan hasil yang lebih baik daripada daring penuh. Semakin banyak variasi aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring menunjukkan peningkatan hasil pembelajaran.
KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI SDN TANJUNGREJO 02 KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN) Hesti Kurniawati; Bambang Eko Hari Cahyono; Aris Wuryantoro
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap KI dan KD, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan alat penilaian pada kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Yang dimaksud kasus adalah fenomena kompetensi guru SDN Tanjungrejo 02 Kecamatan Kebonsari dalam menyusun RPP Bahasa Indonesia. Penelitian studi kasus dilakukan dengan mengumpulkan berbagai informasi yang akan diolah dan dideskripsikan serta menghasilkan suatu solusi jika terdapat masalah dalam fenomena yang diteliti. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini adalah hasil wawancara dan dokumen berupa RPP serta dokumen lain yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah paham terhadap KI dan KD, tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan alat penilaian pada kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan guru terus meningkatkan kompetensi diri melalui inovasi-inovasi yang baru.
IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SUGESTOPEDIA DAN TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PAUD Nunik Suryantini; Bambang Eko Hari Cahyono; Sigit Ricahyono
Widyabastra : Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Universitas PGRI Madiun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menjelaskan implementasi metode pembelajaran sugestopedia dan Total Physical Response (TPR) untuk mengembangkan  kemampuan berbicara siswa PAUD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa usia 4-5 tahun PAUD Joy Kota Madiun. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode suggestopedia dan total physical response TPR adalah metode yang tepat digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi covid 19, maka diharapkan agar dikembangkan implementasinya pada kelompok usia yang berbeda dan aspek perkembangan anak yang lain.

Page 1 of 1 | Total Record : 7