cover
Contact Name
Agus Mailana
Contact Email
agus.mailana@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
agus.mailana@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
ISSN : 26148846     EISSN : 26144018     DOI : -
Core Subject : Education,
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi dalam bentuk artikel dari para ilmuwan, sarjana, professional, dan peneliti dalam disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam untuk dipublikasikan dan disebarluaskan setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Seluruh artikel yang dipublikasikan dalam jurnal ini merupakan pandangan dari para penulisnya dan tidak mewakili jurnal ini atau lembaga afiliasi penulisnya. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam terbit dua kali dalam setahun antara bulan Januari-Juni dan Juli-Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam" : 18 Documents clear
PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 SINJAI Suci Auli Asri; Thamrin Tayeb; Mardiah Mardiah; St Ibrah Mustafa Kamal; Ida Suaidah
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.1067

Abstract

This study aims to determine: (1) a description of the students' interest in learning mathematics at SMPN 22 Sinjai, (2) a description of the motivation to learn mathematics of students at SMPN 22 Sinjai, (3) a description of the mathematics learning achievement of students of SMPN 22 Sinjai.The type of research used is quantitative with the ex post facto method. The sample in this study is the entire population, namely 60 students. The results showed that the students' interest in learning mathematics at SMPN 22 Sinjai was in the medium category. Students' motivation to learn mathematics is in the medium category. Students' mathematics learning achievement is in the medium category. There is a positive relationship between interest in learning and mathematics learning achievement of students at SMPN 22 Sinjai.. There is a positive relationship between learning motivation and student mathematics achievement. Learning interest and learning motivation simultaneously or collectively have a positive relationship to variable Y or learning achievement. That is, the higher the interest in learning and student motivation to learn together, the student achievement will increase, and vice versa.
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM PERIODE MADINAH PERPEKTIF AL MUBARAKFURI Iqbal Asid Maududin; Abas Tamam Mansur; Wido Supraha
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.1059

Abstract

Permasalahan lembaga pendidikan seperti hubungan lembaga yang tidak rukun dengan masyarakat sekitar, ekonomi lembaga yang kurang stabil, dan lainnya kerap dijumpai pada saat ini karena kurang baiknya manajemen lembaga pendidikan islam. ilmu manajemen yang dapat digali dan  ditelaah adalah pemikiran al-Mubarakfuri dalam karya beliau al-Rahiq al-Makhtum. Maka tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk  menganalisis manajemen pendidikan islam perpektif al-Mubarakfuri dalam kitab al-Rahiqu al-Makhtum. Metode yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif studi pustaka. Yaitu penulis menganalisis kitab al-Rahiq al-Makhtum dari sisi manajemen pendidikannya. Analisis peneliti akan di fokuskan pada periode Madinah. Setelah menganalisis dan mengklasifikasi konsep manajemen pendidikan islam pada periode Madinah, peneliti kemudian mengumpulkan teori dan informasi lainnya dari berbagai sumber yang berhubungan dengan tema penelitian. Hasil penelitian ditemukan ada enam konsep manajemen pendidikan pada periode Madinah, yaitu: a) menentukan lokasi sebagai pusat pendidikan, b) membangun masjid, c) membangun persaudaraan islam (Ukhuwah Islamiyah), d) membangun kerukunan dengan warga sekitar, e) musyawarah, dan f) membangun dan memperkuat ekonomi umat. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukannya Enam konsep manajemen pendidikan islam periode madinah perspektif al-Mubarakfuri dalam al-Rahiq al-Makhtum. Keenam konsep manajemen ini dapat menjadi panduan dan menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh sekolah atau lembaga pendidikan islam
PERANAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN Hafizin Hafizin
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.1179

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Menganalisis bentuk strategi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu madrasah di MI Wali Songo Asy-Syirbaany Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan Moleong dkk yaitu mengecek kebenaran data dari beberapa sumber yang dirasa memiliki pengetahuan yang baik terkait fokus penelitian yang diteliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu: Strategi kepala madrasah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu madrasah, yaitu meliputi tiga hal yaitu input, proses, dan output. Input dalam artian adanya seleksi yang ketat bagi siswa baru dan guru yang ingin mengajar di MI Wali Songo Asyirbaany. Ketiga hal itu saling berkaitan satu sama lain, tanpa input dan proses pembelajaran yang bagus maka output yang dihasilkan oleh sebuah lembaga pendidikan juga tidak akan maksimal.
INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI BAI’AT DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK Agus Salim Mansyur; Nurti Budiyanti; Asep Abdul Aziz; Ari Prayoga
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.826

Abstract

Education aims to develop the character of learners. To achieve this goal, teaching methods are necessary in education. So far, there has been no effective method applied in developing the character of learners. this research provides an overview of the level of discipline resulted from the ba’iat, as an effort to form the character of learners. It intends to find about how discipline is taught, implemented, and the supporting and inhibiting factors of the implementation of discipline as well as the impact of discipline teaching and implementation through bai’at in forming the character of learners. This research is based on a theoretical study which states that the implementation of discipline through bai’at can significantly improve discipline, and discipline is a key indicator of success in character formation. The success of learners in the formation of their character is, in some degree, influenced by the firmness of implementing the bai’at method. In this research, the author employed qualitative-descriptive method to find out how discipline is taught, how it is implemented, and what factors supportand inhibit the implementation and the teaching of discipline. The author also used quantitative method to determine the impact of teaching and the implementation of discipline through bai’at on the character formation of learners. The research was conducted at Pesantren Persatuan Islam 1 Bandung, and the respondents were 137 tenth grade Mualimien learners. The results of this study illustrate that the discipline teaching was in good category, with an average score of 3.562. The disciplinary implementation was also in good category, with an average score of 3.562. Then, the supporting and inhibiting factors were in the good category with an average score of 3.562. Finally, the impact of teaching and implementation of discipline through bai’at in the character formation of learners was in very good category, with an average score of 4.242. Thus, based on the results of the calculation, it is found that the teaching of discipline through bai'at has positive impact on the formation of the character of tenth grade Mualimien students of Pesantren Persatuan Islam 1 Bandung.
STRENGTHENING THE CHARACTER EDUCATION BASED ON SYED M. NAQUIB AL-ATTAS (A CASE OF STUDY OF AL-ISHLAH CIBINONG JUNIOR HIGH SCHOOL) Merri Yulia Muchlasin; Galih Pratama Pratama; Akhmad Alim
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.923

Abstract

The aim of National education is to create a generation that has good character and noble character. But 8 of 10 children experienced bullying cases in Indonesia stay on 4th in cases of child abuse. Syed Muhammad Naquib Al-Attas as an educational figure in contemporary Islamic times. This study uses qualitative research methods with the type of library research. Strengthening Education forms good human character, Syed M. Naquib Al-Attas uses the concept of ta'dib, which is to instill good manners to form praiseworthy personalities in humans that encompass habits, character and habits. Strengthening character education at Al-Ishlah Cibinong Junior High School based on the Qur'an in planning, management, implementation and evaluation. Strengthening character education is highly needed in junior high schools by applying the model model, learning in class, integrating with all subject matter, integrating in Intrakulikuler, Kokurikuler and Extracurricular activities, empowerment and coaching.
Manajemen Pendidikan Islam dan Penyiapan Bonus Demografi Indonesia Tahun 2045 Ahmad Khoiron Minan
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.833

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang terus mengalami berubahan perlu adanya upaya dalam menyiapkan sumber daya manusia. Penyiapan ini dibutuhan agara mampu bersaing di era bonus demografi. Dalam tulisan ini akan menyinggung tentang penjelasan bonus demografi, manajemen pendidikan Islam dan upaya penyiapan sumber daya manusia di era bonus demografi. Bonus demografi merupakan ledakan penduduk usia produktif sehingga angka ketergantungan usia non produktif yang berakibat peluang peningkatan laju pertumbuhan ekonomi. Manajemen pendidikan Islam adalah kegaiatan pengelolaan pendidikan yang dilakukan secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Upaya manajemen pendidikan Islam dalam penyiapan sumber daya manusia yaitu mengkosep kembali proses pendidikan Islam dalam rangka menghasilkan manusia-manusia produktif yang siap berkompetisi dalam era bonus demografi, dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.   
Program Penguatan Karakter Musyrif di Pondok Pesantren Modern Matnur Ritonga; Hasbi Indra; Budi Handrianto
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.605

Abstract

Eksistensi pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam menjadi solusi kebutuhan masyarakat khususnya orangtua dalam membina dan mendidik akhlak dan karakter anak-anaknya. Apalagi belakangan tantangan dan situasi lingkungan sosial sangat mengkhawatirkan sehingga bila tidak waspada dapat mendistorsi perilaku anak. Untuk itu di dalam pondok pesantren dibutuhkan para musyrif yang berkarakter mandiri. Tujuan penelitian ini ingin membuat program penguatan karakter musyrif/musyrifah yang ideal di pondok pesantren. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penguatan karakter musyrif yang ideal di pondok pesantren adalah: a) Pengarahan ke-musyrifah-an di awal penugasan, b) Mukim di asrama harus secara ka>ffah, c) Alat transportasi dan telekomunikasi harus dibatasi,  c) Harus ada buku panduan musyrif, d) Rapat evaluasi mingguan dengan Pengasuh, e) Pendokumentasian reward and punishment, f) Uswatun-hasanah dari Pengasuh meliputi: Mengajar, mengimami shala>t jama’ah, sesekali berkegiatan bersama musyrif, berbahasa resmi saat berinteraksi dengan musyrif, bermukim dan berkantor di dalam pondok, hadir dalam berbagai macam kegiatan.
PENGARUH KUALITAS DAN PROMOSI TERHADAP JUMLAH MAHASISWA INSTITUT SAINS DAN TEKNOLOGI AL-KAMAL (ISTA) Ahmad Sofan Ansor; Djoko Subali
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.1183

Abstract

Kesuksesan sebuah institusi pendidikan adalah menciptakan lingkungan pendidikan yang berkualitas dari berbagai segi dan kegiatan promosi perguruan tinggi yang menunjukan keberhasilan kepada masyarakat  Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi dan kualitas perguruan tinggi secara bersama-sama berpengaruh terhadap perolehan mahasiswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis didapatkan bahwa nilai thitung (3.128)>rtabel (1.996) dengan derajat kebebasan (df)2 dan 67 pada alpha (α) 0.05 dan 0.853, sehingga hipotesis yang diambil adalah Ho ditolak dan H1 diterima. Promosi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap jumlah perolehan mahasiswa yaitu memiliki nilai thitung (2.720)>ttabel (1.996), sehingga menolak Ho dan menerima H. Kualitas dan promosi memiliki pengaruh secara bersama-sama dengan hasil uji fhitung 13.443>ftabel 3.14 dengan Rhitung 0.446>Rtabel 0.396 sehingga hipotesis menolak Ho dan menerima H1. Koefesien determinan (R2) sebesar 78.0% dan 22.0% faktor berpengaruh lain tidak dianalisis.
UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN HIFZH QUR’AN PADA RUMAH TAHFIDZ INSAN QUR’ANI WONOSOBO KABUPATEN BENER MERIAH.” Husaini Husaini
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.1128

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) upaya peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani (3)  faktor pendukung dan penghambat terhadap peningkatkan mutu pembelajaran Hifzh Qur’an pada Rumah Tahfidz Insan Qur’ani. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pengurus, pimpinan rumah ahfidz, komite, guru/ustadz/ustadzah, sekretaris/wakil, dan bendahara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.  Proses analisis data dilakukan dengan cara: reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian  sebagai berikut: (1) upaya peningkatan mutu pemebelajaran meliputi: training upgrading untuk guru/ustadz/ustadzah, pembinaan SDM, memberikan kajian keislaman kepada guru/ustadz/ustadzah, meningkatkan kesejahteraan guru/ustadz/ustadzah, (2) bentuk pelaksanaan peningkatkan mutu pembelajaran  pertama memberikan bimbingan penuh pada santri, mengecek buku muttaba’ah santri, mengecek kehadiran santri, memadukan kurikulum  daerah dengan kurikulum yayasan, mengadakan wisuda tahfidzul qur’an, mengadakan lomba antar santri rumah tahfidz, memberikan reward, ujian/evaluasi, pembiasaan menabung dan wajib infaq, kedua menyetor hafalan, mengadakan les tambahan, tahsin dan tahfidz, penerapan pembelajaran bahasa arab, pembiasaan pembelajaran akidah akhlak, karantina pada bulan ramadhan ketiga, mewajibkan para santri untuk mengulang dan menambah hafalan di rumah, penugasan praktek ibadah.
MANAJEMEN SEKOLAH DALAM PENERIMAAN SISWA BARU TERHADAP KESIAPAN GURU DALAM MENDIDIK DI SD LEMBAH BINUBU Zunaidi M Rasid Harahap; Wantini Wantini
Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Vol 4, No 01 (2021): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Publisher : Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hidayah Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30868/im.v4i01.882

Abstract

This study aims to describe and analyze school management in the acceptance of new students to the readiness of teachers to educate in SD binubu valley. This research method is qualitative type of phenomenology. The researc h setting was Lembah Binubu Elementary School, the subject of this study was the principal. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Interviews were conducted with the school principal, observations were carried out by school environment participants regarding student acceptance of teacher readiness in teaching, as well as documentation. The results showed that the admission of new students still used the manual method due to inadequate facilities and the community was still intrigued (technologically failed). So that making changes requires a long time. Then the teacher is always guided by the school principal in the preparation of new teachings, so that the teacher's readiness in learning in class runs smoothly. However, seeing from this situation, the government needs to pay attention to the existing schools in rural areas, both the infrastructure of teacher training for schools in rural areas can be equivalent to schools in urban areas.

Page 1 of 2 | Total Record : 18