cover
Contact Name
Jurnal Teknologi Pendidikan
Contact Email
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaltp@ppsuika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 2302738X     EISSN : 26147785     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Teknologi Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD) Gunawan Gunawan
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.223 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2762

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya  peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VIA  SD Negeri Duta Pakuan Kota Bogor.Ternyata  penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD)  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIA SD Negeri Duta Pakuan. Hal ini terlihat dari  peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik  sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat pra siklus ketuntasan belajar sebesar 45,16%  . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik  pada siklus 1 meningkat menjadi 61,29%  dan pada siklus 2 mencapai 87,10%Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif  Tipe Student Team Achievment Division (STAD) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran Metamatika di sekolah-sekolah di ling kungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGHITUNG PENJUMLAHAN DUA PECAHAN BERPENYEBUT TIDAK SAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) Akhmad Askolani
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.938 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran NHT dalam meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama. (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama. (3) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Analitik melalui Penelitian Tindakan Kelas, yaitu studi yang digunakan untuk mengumpulkan data, mendeskripsikan, mengolah, menganalisa, menyimpulkan dan menafsirkan data sehingga memperoleh gambaran yang sistematis.Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together cocok untuk diterapkan pada materi penjumlahan dua pecahan berpenyebut tidak sama dalam pembelajaran Matematika. Diperoleh bahwa pada pra siklus hanya 43,18% atau 19 siswa yang nilainya di atas KKM yang ditetapkan, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 61,36% atau 27 siswa yang nilainya di atas KKM, dan pada siklus 2 menjadi 100% atau 44 siswa yang nilainya di atas KKM. Aktivitas guru menunjukkan bahwa pada siklus 1 secara umum sudah baik, namun dalam hal memotivasi siswa guru masih kurang optimal, sehingga siswa kurang aktif dan dalam mengikuti KBM. Kekurangan pada siklus 1 ini kemudian diperbaiki pada siklus 2 dan aktivitas guru pada siklus 2 secara umum sudah baik.
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V A SEMESTER II BAGI SISWA SD NEGERI BANTARKEMANG 1 TAHUN AJARAN 2017/2018 Imas Sumarni
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.851 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2764

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang perbedaan hasil belajar antara siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran project based learning dengan siswa yang mengunakan model pembelajaran project based learning. Inovasi pembelajaran tersebut diharapkan berimplikasi terhadap proses pembelajaran IPA yang lebih bermakna tetutama dalam  menerapkan sifat-sifat cahaya.Penelitian dilakukan selama 6 bulan dari Januari sampai bulan Juni 2018,  yang bertempat di SDN Bantarkemang 1 dengan subyek kelas V-A. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran project based learning. Pembelajaran dibagi menjadi 2 siklus, siklus 1 menggunakan pendekatan kelompok dengan pembagian 6 kelompok yang masing-masing terdiri dari 6-7 orang.  Dalam proses pembelajarannya menggunakan pembelajaran project based learning. Siklus II menggunakan pola tugas individual yang masing-masing siswa diberi tugas yang sama. Dalam proses pembelajaranya  menggunakan pembelajaran project based learning.Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran project based learning sangat membantu siswa dalam meningkatkan aktifitas dan  mencapai hasil belajar yang lebih baik. Terdapat perubahan yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar yang dicapai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning . Sebagai buktinya rata-rata ketuntasan pada kondisi awal hanya 31.43 % lalu meningkat pada hasil  belajar setelah siklus 1 menjadi 77.14 %, dan semakin meningkat pada siklus II menjadi 94.29 %.
HUBUNGAN ANTARA SUBJECTIVE WELL-BEING DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA NURAIDA ISLAMIC BOARDING SCHOOL (NIBS) BOGOR Zakiyah Zakiyah
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (324.25 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2760

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji teori hubungan antara Kecerdasan Intelektual dan subjective well-being siswa terhadap hasil  belajar  Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini adalah (1). Bagaimana kondisi subjective well-being siswa siswa kelas X  SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor, (2) hubungan antara subjective well- being siswa dengan hasil belajar Biologi siswa kelas X SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Nuraida Islamic Boarding School Kota Bogor dengan jumlah sampel  sebanyak  46  orang,  yang  diambil  dengan  cara purposive sample. Analisis data yang digunakan  adalah  analisis  regresi  sederhana dan berganda.Penelitian membuktikan bahwa : (1) Kondisi Subjective well-being siswa di SMA Nuraida Islamic Boarding School dalam kategori baik atau tinggi denga rata-rata skor komponen kepuasan hidup sebesar 3,98, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara subjective well-being siswa dengan hasil belajar biologi siswa ditunjukan dengan hasil korelasi sebesar 0,490 dan koefisien determinasi sebesar 24,00%.
PENINGKATAN KREATIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI SEGI BANYAK DAN LUAS GABUNGAN BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR Tini Eva Yulia Kartini
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.614 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2765

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengukur kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan  Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019 (2) mengetahui proses peningkatan kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019. (3) mengetahui besarnya peningkatan kreatifitas dan hasil belajar siswa dalam materi luas segi banyak dan luas gabungan  bangun datar  di kelas VI  SD Negeri Harjasari 2 Kecamatan Bogor Selatan  Kota Bogor tahun pelajaran 2018-2019.Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan alat peraga pada materi luas segi banyak dan luas gabungan bangun datar di kelas VI di SD Negeri Harjasari 2  Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor sebelum menggunakan alat peraga mempunyai nilai rata-rata 53,13 Pada saat pembelajaran diubah menggunakan alat peraga bangun datar, rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,56 pada siklus I dan 82,64 pada siklus II. Ini berarti penggunaan alat peraga yang digunakan guru dapat meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa.
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION (CAI) DAN EKSPOSITORI SERTA KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR KEAHLIAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) Bambang Karyadi; Yanuardi Yanuardi; Sigit Wibowo
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.734 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2761

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perbedaan hasil belajar KKPI siswa yang menggunakan Metode pembelajaran CAI dan Ekspositori; 2). Ada tidaknya pengaruh interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan Kemandirian siswa terhadap hasil belajar KKPI; 3). Perbedaan hasil belajar siswa dengan Kemandirian belajar yang tinggi yang dibelajarkan dengan menggunakan Metode pembelajaran CAI dan Ekspositori pada mata pelajaran KKPI; 4). Perbedaan hasil belajar siswa dengan kemandirian rendah yang dibelajarkan dengan metode pembelajaran CAI dan Ekspositori pada mata pelajaran KKPI.Penelitian ini dilakukan di SMK Geo Informatika dengan populasi yang diambil yaitu kelas XI semua jurusan, dengan pengambilan sampel untuk kelas eksperimen dan kontrol sebanyak dua kelas dengan teknik random sampling. Metode penelitian ini yaitu dengan metode kuasi eksperimen dengan disain faktorial 2x2 dan teori deskripsi yang berdasarkan pada beberapa variabel yaitu metode pembelajaran CAI dan metode pembelajaran Ekspositori sebagai variabel bebas dan hasil belajar KKPI sebagai variabel terikat. Data dalam penelitian ini melalui tes hasil belajar dan pengisian instrument kemandirian.
HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI CIBULUH 6 KOTA BOGOR Dita Handayani; Nurhayati Nurhayati; Herawati Herawati
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (297.388 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2710

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji teori hubungan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Inggris siswa di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut : (1) Hubungan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor; (2) hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor dan (3) hubungan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar bahasa Inggris kelas V SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor selama dengan jumlah populasi sebanyak 445 orang dan sampel sebanyak 75 orang, yang diambil dengan cara purposive sample. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa : (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris dengan koefisien korelasi sebesar 0,403 dan koefisien determinasi sebesar 16,20%, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan hasil korelasi sebesar 0,525 dan koefisien determinasi sebesar 27,60%, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa di SD Negeri Cibuluh 6 Kota Bogor dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,539 dan koefisien determinasi sebesar 27,10%.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN MELALUI METODE MENUNJUKKAN DAN BERCERITA (SHOW AND TELL) SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SUKABUMI Momon Momon
JURNAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Teknologi Pendidikan
Publisher : Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.769 KB) | DOI: 10.32832/tek.pend.v9i1.2766

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan berbicara dan aktivitas pembelajaran siswa, serta prosesnya melalui penerapan metode menunjukkan dan bercerita (show and tell). Partisipan dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Sukabumi tahun pelajaran 2019/2020. Data diambil melalui teknik wawancara untuk studi pendahuluan, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknis reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode menunjukkan dan bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III MIN 4 Sukabumi berdasarkan nilai rata-rata pra-siklus : 60 (kurang), siklus I menjadi 70 (cukup), dan siklus II menjadi 81 (baik). Siswa yang mencapai KKM≥70, ketika pra-siklus : 4 orang (22%), siklus I : 6 orang (33%), dan siklus II : 16 orang (89%). Jadi besarnya peningkatan keterampilan berbicara siswa secara klasikal 89%. Metode menunjukkan dan bercerita dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas III MIN 4 Sukabumi berdasarkan nilai rata-rata kinerja siswa, pada siklus I : 60 (baik) dan siklus II : 87 (sangat baik). Jadi besarnya peningkatan aktivitas pembelajaran siswa secara klasikal 87%. Sedangkan proses peningkatan telah menempatkan guru dan siswa sama-sama sebagai subjek pembelajaran. Proses pembelajaran mengacu pada RPP sebagai desain pengelolaan proses pembelajaran dengan metode menunjukkan dan bercerita, mulai kegiatan pendahuluan,  kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Capaian telah melebihi indikator ketuntasan penelitian tindakan yang dipersyaratkan yaitu 75% dari jumlah siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka penelitian tindakan dihentikan dan selesai.

Page 1 of 1 | Total Record : 8