cover
Contact Name
Yessi Fitriani
Contact Email
yessifitriani931@gmail.com
Phone
+6281278893228
Journal Mail Official
pembahsipps@univpgri-palembang.ac.id
Editorial Address
Street. Jendral A. Yani Lorong Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang South Sumatera
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
  • Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra In
  • Website
ISSN : 2337456X     EISSN : 26223732     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/pembahsi
Core Subject : Education,
Pembahsi: journals learning language and Indonesian literature is a writing of research, study, and application of theory, conceptual ideas, as well as literature articles in the field of science education language and Indonesian literature.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)" : 8 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SEKAYU Fitriani Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4328

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kesalahan penulisan kata dalam karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sekayu?”. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penulisan kata pada karangan deskripsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sekayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data tertulis yang bersumber dari karangan deskripsi siswa SMP Negeri 2 Sekayu. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, dokumentasi, pengamatan, dan pencatatan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesalahan-kesalahan penulisan karangan deskripsi siswa SMP Negeri 2 Sekayu, yang meliputi kesalahan penulisan kata, penggunaan kata depan, penggunaan singkatan, penggunaan kata ulang, penggunaan tanda hubung dan kesalahan penggunaan penggunaan imbuhan. Kesalahan ini disebabkan karena faktor kurangnya pemahaman siswa tentang penulisan kata-kata yang baik dan benar yang mendasari pokok permasalahan dalam penelitian ini. Dalam hal ini, siswa harus dibekali tatacara menulis karangan menurut kaidah-kaidah dalam ejaan yang disempurnakan.
Prinsip Kesantunan Berbahasa Karyawan dan Tamu di Homeschooling Primgama Palembang (Kajian Pragmatik) Ninda Resti
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4292

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dan untuk mengetahui kesantunan berbahasa yang paling dominan digunakan karyawan dan tamu di homeschooling Primagama Palembang. Metode yang digunakan yaitu metode simak. Sumber data adalah tuturan karyawan dan tamu di homeschooling Primagama Palembang. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri (humen istrumen). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik sadap dan teknik catat. Adapun hasil penelitian. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatik. Berdasarkan hasil analisis prinsip kesantunan berbahasa karyawan dan tamu di homeschooling Primagama Palembang, diperoleh 49 data tuturan yang terdiri dari 32 tuturan karyawan dan 17 tuturan tamu yang meliputi: (1) maksim kearifan, (2) maksim kedermawanan, (3) maksim Penghargaan (4) maksim kerendahan hati/kesederhanaan, (5)  maksim kewajiban meminta Maaf, (6) maksim kewajiban tanggapan atau permintaan maaf, (7) maksim pemufakatan, (8) maksim pendapat, (9)  maksim kesimpatian, dan (10) maksim perasaan.
Peningkatan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Pokok Teks Eksposisi di Kelas X IPA 2 SMA Negeri 1 Sembawa Kabupaten Banyuasin. Fitriana Mawarni; Yessi Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4293

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil tes (ulangan harian). Berdasarkan hal tersebut dapat pula diidentifikasi beberapa masalah yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa, diantaranya dirumuskan sebagai berikut : Apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Teks Eksposisi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran mencari informasi (information search). Adapun tujuan penelitian ini adalah  menemukan suatu model pembelajaran yang efektif, disenangi siswa dan dapat meningkatan prestasi belajarnya. Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini, diawali dengan melakukan refleksi  terhadap proses dan hasil pembelajaran. Selanjutnya dilakukan diskusi dengan teman sejawat mengenai kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran yang perlu dilakukan perbaikan. Hasil diskusi dalam bentuk saran perbaikan pembelajaran yang menjadi acuan dalam melaksanakan program perbaikan pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan perbaikan dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER: SUATU KAJIAN DIMENSI GENDER Yenny Puspita; Muhamad Nasir
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4289

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan dimensi gender dalam novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer melalui tokoh Gadis Pantai. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Gadis Pantai karya Pramoedya Ananta Toer yang terbit pada pada September 2011 cetakan ke tujuh yang diterbitkan oleh Lentera Dipantara dengan tebal 270 halaman. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis karya. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa dari analisis dimensi gender melalui analisis kedudukan tokoh perempuan yaitu Gadis Pantai (Mas Nganten) ditemukan  Mas Nganten memiliki sifat lemah atau inferior, yaitu lebih rendah dari laki-laki, ia merelakan dirinya hanya menjadi abdi suami, dan menjalankan perintah tentang apa yang boleh dan tidak boleh dikerjakan tanpa izin suami. Sedangkan melalui analisis kedudukan Bendoro, ditemukan bahwa Bendoro adalah seorang pembesar yang berkuasa. Meskipun ia dengan Mas Nganten dalam ikatan suami istri, ia tetap berkedudukan lebih tinggi dari Mas Nganten. Ia merupakan pemilik diri Mas Nganten yang berhak memberi peraturan tentang apa yang boleh Mas Nganten lakukan. Berdasarkan sikapnya, penulis menggambarkan kehadiran tokoh perempuan memiliki sifat lemah.
Kajian Neurosis Tokoh dalam Novel Koma (Cinta Tanpa Titik) Karya Mercy Sitanggang Rini Aryani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4296

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan neurosis  tokoh yang terdapat dalam novel Koma (Cinta Tanpa Titik) karya Mercy Sitanggang.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah  novel Koma (Cinta Tanpa Titik) karya Mercy Sitanggang, yang berjumlah 256 halaman, menggunakan pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis konten. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa Novel Koma (Cinta Tanpa Titik) karya Mercy Sitanggang merupakan novel yang mencerminkan gejala kejiwaan, khusunya neurosis yang tercermin melalui ucapan, tindakan, dan perilaku tokoh-tokohnya. Secara Secara keseluruhan jumlah tokoh yang terdapat dalam novel Koma (Cinta Tanpa Titik) karya Mercy Sitanggang berjumlah 10 tokoh yang terdiri dari satu tokoh utama, yakni Bianca dan 9 tokoh pembantu, yakni: Vennya, Alex, Wayan, Mama Bianca, Jojo, Ramses, Irwanda, Carol, Ida. Dari sepuluh tokoh tersebut, setelah dianalisis hanya ditemukan tiga tokoh yang mengalami neurosis, yakni tokoh Bianca, Mama Bianca, dan Wayan.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 UNGGULAN PALEMBANG Sri Astuti; Yessi Fitriani
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4290

Abstract

Masalah penelitian ini mengenai pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap keterampilan menulis naskah drama kelas XI IPS SMA Negeri 3 Unggulan Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap keterampilan menulis naskah drama kelas XI IPS SMA Negeri 3 Unggulan Palembang. Metode penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan rancangan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Unggulan Palembang yang berjumlah seluruhnya 144 siswa. Sampel penelitian kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Dari hasil perhitungan didapat dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 78,5 dan kelas kontrol 67,1 maka Ha diterima. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan yaitu adakah pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap keterampilan menulis naskah drama kelas XI IPS SMA Negeri 3 Unggulan Palembang terbukti kebenarannya.
PENGARUH FILM INDIE (INDEPENDENT) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA Juaidah Agustina; Mardiana Mardiana
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4297

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa menggunakan media pembelajaran film indie (independent). Melalui metode kuantitatif dengan teknik simple random sampling peneliti dapat membedakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Talang Kelapa yang berjumlah 123 siswa. Dengan sampel kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang jumlahnya sama 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji-t. Berdasarkan analisis data mengenai hasil belajar siswa melalui Uji-t maka diperoleh nilai thitung = 3,67  sedangkan ttabel = 1,67. Dari hasil perhitungan didapat bahwa thitung ≥ ttabel maka Ha diterima dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 77,16 dan kelas kontrol 66,43. Dengan demikian hipotesis yang penulis kemukakan yaitu “Terdapat pengaruh film indie (independent) terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talang Kelapa” terbukti kebenarannya.
Nilai-Nilai Religius dan Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Novel Samuel, Samantha and Me Karya Sofie Beatrix dan Didi Cahya. Pepes Julian
Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia) Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia)
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/pembahsi.v9i2.4291

Abstract

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai religius dan niai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Samuel, Samantha and Me karya Sofie Beatrix dan Didi Cahya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data dalam novel Samuel, Samantha and Me karya Sofie Beatrix dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil analisis data dalam novel Samuel, Samantha and Me karya Sofie Beatrix dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Nilai religius yang terdapat dalam novel Samuel, Samantha and Me karya Sofie Beatrix, diantaranya (1) nilai religius dalam hubungan manusia dengan Tuhan, (2) nilai religius dalam hubungan manusia dengan orang lain atau sesamanya, (3) nilai religius dalam hubungan manusia dengan dirinya sendiri, (4) nilai religius dalam hubungan manusia dengan alam. Sedangkan Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Samuel, Samantha and Me karya Sofie Beatrix, diantaranya (1) nilai pendidikan moral, (2) nilai pendidikan sosial, dan (3) nilai pendidikan budaya.

Page 1 of 1 | Total Record : 8