cover
Contact Name
Ali Syahbana
Contact Email
syahbanaumb@yahoo.com
Phone
+6281373340681
Journal Mail Official
jurnalindiktika.pgri@gmail.com
Editorial Address
Mathematics Education Department, Universitas PGRI Palembang Jl. Ahmad Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang, Indonesia 30251
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
ISSN : 26552752     EISSN : 26552345     DOI : https://dx.doi.org/10.31851/indiktika
Core Subject : Education,
Indikta Journal publish scientific articles in the field of mathematics education. Papers accepted can be a disseminate research result, theoretical studies, and mathematics learning. The article submitted has not been approved and has not been accepted for publication in another journal.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika" : 11 Documents clear
Era Baru Pembelajaran Matematika: Menyongsong Society 5.0 Hardika Saputra; Lintang Fitra Utami; Ramadhani Dewi Purwanti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11155

Abstract

Hubungan yang paling utama antara dunia pendidikan dan era society 5.0 salah satunya adalah perkembangan pesat teknologi. Tentunya hal tersebut benar-benar mempengaruhi bidang pendidikan secara umum, serta elemen-elemen pendidikan pada khususnya seperti guru, metode pembelajaran, pola pikir pembelajaran, dan media-media pembelajaran. Salah satu bidang yang juga terpengaruh oleh Society 5.0 adalah pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian literature review. Dimana literature review adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi sumber-sumber terdahulu yang terkait dengan topik yang diteliti. Setelah melakukan analisis dan penelitian, dapat disimpulkan bahwa Era baru pembelajaran matematika saat ini dituntut untuk dapat menyongsong dunia yang dipenuhi dengan teknologi yang selalu berkembang. Hal ini dapat terjadi karena teknologi mempunyai peran yang begitu penting bagi kehidupan manusia, peran tersebut juga tampak dalam perkembangan pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika dapat membantu peserta didik untuk belajar dengan lebih cepat dan efektif, serta dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Komik Materi Peluang di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan Zainab Zainab; Eriga Eriga
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan media pembelajaran berupa komik pada masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama masa pandemi Covid-19 di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kurt Lewin dengan masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan penggunaan komik dalam pembelajaran adalah angket dan tes. Hasil penelitian menggunakan media komik dalam pembelajaran matematika materi peluang di kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Pemulutan adalah mencapai tuntas secara individu dan klasikal.
Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Materi Bangun Datar dengan Konteks Wisata Palembang Dyego Ostian; Zulkardi Zulkardi; Ely Susanti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11391

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi bangun datar konteks wisata Palembang. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan ada yang digunakan adalah tes dengan dua permasalahan berkaitan dengan konteks wisata Palembang yang telah di validasi oleh validator. Subjek penelitian ini adalah tiga orang siswa kelas VII di MTs Plus Sai’idiyah Lubuk Batang. Hasil dari tes dianalisis kemunculan indikator kemampuan koneksi matematis. Dari tiga siswa yang diberikan tes, pada kasus pertama salah satu siswa tidak memenuhi indikator ketiga tetapi pada kasus kedua seluruh siswa memenuhi ketiga indikator koneksi matematis.
Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Peluang Berdasarkan Prosedur Newman’s Error Analysis (NEA) Tanzimah Tanzimah; Dina Sutrianti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11469

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi peluang berdasarkan prosedur Newman’s Error Analysis (NEA) serta menganalisis penyebab kesalahan dari hasil jawaban siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IX.4 di SMP Negeri 16 Palembang pada tahun pelajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian didapat bahwa persentase kesalahan untuk masing-masing tipe kesalahan yakni: (1) kesalahan membaca soal sebesar 61,90%; (2) kesalahan memahami masalah sebesar 23,80%; (3) kesalahan transformasi sebesar 55,95%; (4) kesalahan keterampilan proses sebesar 53,57%; (5) kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 67,85%. Beberapa hal yang menyebabkan kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman antara lain tidak mampu memaknai kalimat yang terdapat pada soal dengan tepat, tidak menuliskan inforrmasi yang diketahui dan ditanyakan soal, tidak menguasai langkah penyelesaian soal dengan benar, serta tidak menuliskan kesimpulan jawaban dengan benar.
Meta Analisis: Pengaruh Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Asyifa Rahmawati; Awan Kurniawan
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11502

Abstract

Pemahaman matematika kerap dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah kehidupan nyata, yang mana pembelajaran dengan fokus matematika dalam kehidupan nyata tersebut dapat ditemukan pada pembelajaran Realistis Mathematics Eduation (RME). Penelitian ini merupakan penelitian Meta analisis dengan tujuan untuk mengkaji pengaruh dari penerapan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diperoleh dari beberapa studi primer yang telah ada. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan penelusuran artikel pada database Google Scholar dan SINTA yang terpublikasi indeks SINTA atau prosiding nasional. Sampel penelitian yang digunakan adalah 13 studi primer yang telah diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil penelitian menunjukan bahwa effect size sebesar 0,959 berada dalam klasifikasi efek yang tinggi, dan berdasarkan karakteristik studi ukuran sampel tidak terdapat perbedaan pengaruh penerapan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Analisis Pengembangan Butir Soal Perbandingan Bertingkat untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Yusri Irawan; Raissa Sa'adah; Amriyatu Thoyibah; Maya Sari; Muslimah Muslimah; Siti A’isyah
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11592

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan butir soal perbandingan bertingkat sebagai alternatif instrumen evaluasi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan tes dan mengumpulkan hasil tes soal pemecahan masalah materi perbandingan bertingkat yang dikerjan oleh mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sriwijaya semester 4 kelas Palembang, yang berjumlah 37 orang mahasiswa dengan menggunakan 10 butir soal pilihan ganda dan 3 butir soal uraian yang dilakukan selama sepekan secara daring. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui kualitas butir soal dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa butir soal pada materi perbandingan bertingkat masih membutuhkan penyempurnaan, terutama dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Selain itu, Hasilnya menunjukkan bahwa teknik validasi kualitatif yang digunakan dalam pengembangan soal efektif dalam meningkatkan kualitas butir soal dan kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diberikan soal yang sudah direvisi. Oleh karena itu, disarankan adanya pengembangan butir soal pada materi perbandingan bertingkat yang lebih cocok dengan kemampuan siswa dan mengacu pada aspek kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi guru maupun peneliti untuk meningkatkan pembelajaran matematika di SMP.
Analisis Literasi Statistik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Laurentcia Noviafta Widya; Sukoriyanto
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11603

Abstract

Pada era digitalisasi saat ini, masyarakat akan banyak disuguhkan dengan berbagai macam data statistik. Oleh karena itu, literasi statistik sangat diperlukan bagi siswa karena setiap individu dapat berperan sebagai produsen statistik ataupun konsumen statistik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan literasi statistik siswa SMP dalam pembelajaran materi Statistika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif eksploratif. Subjek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas VIII yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Data dikumpulkan melalui kombinasi hasil tes literasi statistik dan wawancara. Hasil penelitian mendapati masih terdapat hambatan yang dihadapi Subjek dalam menyelesaikan permasalahan Statistika kontekstual. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi lebih jauh mengenai indikator-indikator lain seperti indikator afektif.
Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Lianti; Lukman Harun; Agnita Siska Pramasdyahsari
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11619

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Metode dalam penelitian ini ialah kuantitatif. Populasi penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bogorejo. Penerapan strategi purposive sampling diperoleh kelas eksperimen VIII.C dan kelas kontrol VIII.A. Post-tes dan kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Uji t sampel independen (dua arah dan satu arah) dan uji regresi linier sederhana digunakan untuk analisis data. Temuan penelitian menunjukkan 1) keterampilan berpikir kritis siswa di kelas PjBL-STEM dan kelas PjBL berbeda, 2) keterampilan berpikir kritis siswa PjBL-STEM lebih unggul dari siswa PjBL, 3) berdasarkan persamaan regresi Ŷ = 6,996 + 0,841X, pengaruh pembelajaran PjBL-STEM memberikan dampak sebesar 75,5% terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis (Y) meningkat sebesar 0,841 untuk setiap satuan model pembelajaran PjBL-STEM (X). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PjBL terintegrasi STEM efektif dalam membantu siswa meningkatkan keterampilan berpikir kritisnya.
Pemanfaatan E-learning Moodle Sebagai Laboratorium Matematika Virtual di Universitas PGRI Palembang Asnurul Isroqmi; Rohana Rohana; Ety Septiati
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11653

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah urgensi pengembangan laboratorium matematika virtual sebagai media pembelajaran yang menjadi kebutuhan dalam proses belajar mengajar dengan memanfaatkan software Learning Management Systems (LMS) Moodle yang telah tersedia di Universitas PGRI Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pegumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literature dan angket. Hasil penelitian ini adalah laboratorium virtual menjadi suatu yang perlu dipertimbangkan bagi perguruan tinggi agar dapat disiapkan menjadi pembelajaran bagi mahasiswa, terutama untuk beberapa mata kuliah yang tidak membutuhkan alat peraga atau bahan untuk kegiatan praktik namun memerlukan serangkaian uji coba, tes, eksperimen, observasi dan semacamnya. Dengan keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi e-learning LMS Moddle dapat dimanfaatkan untuk membuat laboratorium matematika virtual.
Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Geometri dalam Kearifan Lokal Suku Sasak Lalu Muhammad Alditia; Iva Nurmawanti
Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Vol. 5 No. 2 (2023): Indiktika : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/indiktika.v5i2.11740

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi geometri di sekolah dasar terjadi karena pembelajaran kurang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga diperlukan pendekatan yang mampu membuat pembelajaran menjadi lebih dekat dengan siswa yani melalui pembelajaran berbasis etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan unsur-unsur geometri dalam kearifan lokal suku Sasak sebagai bahan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan studi literatur sebagai pendekatan penelitian untuk mengeksplorasi muatan etnomatematika berupa konsep-konsep geometri dalam kearifan lokal suku sasak. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa terdapat muatan konsep geometri berupa geometri bangu datar dan geometri bangu ruang seperti konsep bangun datar lingkaran, persegi, persegi panjang dan segitiga juga muatan geomeri ruang seperti bangun ruang kubus, balok, limas segitiga, prisma segitiga, kerucut dan tabung. Muatan geometri ini ditemukan produk-produk kearifan lokal seperti kerajinan batu perkasa tradisional yakni cerken dan besek, banguna tradisional sperti masjid kuno Bayan dan rumah adat limbungan, kemudian pada kuliner tradisional yakni cerorot, iwel dan timbung juga pada kesenian tradisional yakni alat musik atau instrumen dalam kesenian gendang beleq. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi rujukan dalam melaksanakan pembelajaran berbasis etnomatematika di sekolah dasar.

Page 1 of 2 | Total Record : 11