cover
Contact Name
Rahmad Fauzi
Contact Email
udauzi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
udauzi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
ISSN : 25274295     EISSN : 26146061     DOI : -
Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal Education And Development Terakreditasi Sesuai Dengan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK. Nomor 21/E/KPT/2018 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Jurnal Education and Development Berada Pada Peringkat 6 (Enam) Dengan Nomor Urut 15 (Lima Belas), Masa Berlaku Akreditasi selama 5 (lima) Tahun dan Akan Berakhir pada Tanggal 9 Juli 2023.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018" : 11 Documents clear
PENDIDIKAN INKLUSIF: IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN PADA LEMBAGA PENDIDIKAN TENAGA KEPENDIDIKAN (LPTK) DAN PROFESIONALISME GURU Dr. ZULFADLI M.Pd
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.506 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.164

Abstract

Pendidikan inklusif yang menjadi suatu isu atau pertimbangan adalah penyatuan pendidikan khusus dan pendidikan regular menjadi suatu system pendidikan yang beragam dan mempertegas pernyataan bahawa pendidikan khusus adalah bagian integral dari system pendidikan. Pendidikan inklusif sebagai sebuah program pendidikan yang diusung guna mencapai tujuan Pendidikan untuk Semua (Eduacation for All), pada dasarnya mengajak kita untuk kembali menggali dan merenungkan apakah proses pembelajaran yang kita laksanakan selama ini telah berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan yang ingin dicapai. Tuntutan-tuntutan terhadap sikap, metode dan teknik mengajar yang diterapkan oleh seorang guru bukanlah merupakan hal-hal baru yang memang seharusnya dikuasai oleh guru .
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SMA NEGERI 1 KOTANOPAN Nenni Faridah Lubis
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (943.936 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.174

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedan yang signifikan hasil belajar kimia siswa menggunakan model kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD pada materi Persamaan Reaksi di SMA Negeri 1 Kotanopan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kotanopan tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah sampel dua kelas, yaitu kelas eksperimen I (TGT) sebanyak 30 siswa dan kelas eksperimen II (STAD) sebanyak 33 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan berganda yang sebelumnya telah diuji cobakan. Hasil uji coba 40 soal diperoleh 20 soal yang valid dan reliabilitas tes sebesar 0,765. Dan dari hasil analisa data diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan kedua sampel berasal dari populasi yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktifitas siswa pada kelas TGT dan STAD masing-masing adalah 69,44% 63,88%. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas TGT dan STAD sebesar 70,67 63,49, dengan peningkatan hasil belajar pada kelas TGT sebesar 60,8% dan pada kelas STAD sebesar 50,3%. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t dua pihak dengan kriteria terima H0 jika –t ½ α < thitung < t ½ α . dan berdasarkan rata-rata gain pada kelas TGT 0,608 dan STAD 0,503 diperoleh thitung = 3,158 dan ttabel = 1,999 dengan taraf signifikan 0,05. Karena thitung berada di luar daerah penerimaan H0 maka Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa menggunakan model kooperatif tipe TGT dengan kooperatif tipe STAD pada materi Persamaan Reaksi.
PENERAPAN METODE MIND MAPPING MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA SEMESTER I Itgo Hatchi; Lia Purnama Sari
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (449.846 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.208

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Tapanuli Selatan pada mata kuliah Pengantar Pendidikan, sehingga diperlukan metode perkuliahan yang sesuai. Metode yang diterapkan adalah metode mind mapping, dikarenakan dengan metode mind mapping mahasiswa dapat lebih baik dalam memahami materi dibandingkan dengan metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah Pengantar Pendidikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian dengan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan angket kepuasaan mahasiswa terhadap pernerapan metode mind mapping. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan aktivitas mahasiswa dari pertemuan siklus I ke pertemuan siklus II dimana rata-rata persentase ketuntasan yang diperoleh untuk siklus I 45,45% dan rata-rata siklus II 81,82%.
PEMANFAATAN EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP VIABILITAS BENIH KAKAO (Theobroma kakao L.) Dwi Aninditya Siregar
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (520.432 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.212

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat ekstrak bawang merah (Allium cepa L.) terhadap viabilitas benih kakao (Theobroma kakao L.). Penelitian ini menggunakan penelitian dengan bentuk RAK (Rancangan Acak Lengkap) yang terdiri atas 2 faktor dan 3 kali ulangan. Faktor pertama yaitu konsrntrasi ekstrak bawang merah (0%,20%,40%,dan 60%) Faktor kedua adalah lama perendaman didalam larutan ekstrak bawang merah yang terdiri atas 3 taraf perlakuan (3jam, 6 jam dan 9 jam). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk grafik serta diterjemahkan dengan kata-kata
OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MATA KULIAH MEDIA KOMPUTER DENGAN PENUGASAN (ASSIGNMENT) MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN Januardi Rosyidi Lubis; Efendi Rambe
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1228.446 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.217

Abstract

Kegiatan penelitian berawal dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan tahun ajaran 2015/2016 di Institut Pendidikan Tapanuli Padangsidimpuan. Oleh karena itu melalui pengoptimalan dengan penugasan pada mata kuliah Media Komputer. Berdasarkan tes yang dilakukan pada mahasiswa prodi Bahasa Inggris sebagai kelas tanpa penugasan, nilai yang tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 91 sedangkan nilai terendahnya adalah 62. Dari keseluruhan skor yang diperoleh mahasiwa, diketahui bahwa jumlah mahasiwa yang berhasil mencapai nilai ketuntasan adalah sebanyak 20 orang, sedangkan yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 12 orang, untuk nilai ketuntasan minimum ditetapkan nilainya yaitu 69. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan penugasan mengalami peningkatan terhadap hasil belajar yang diperoleh mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa dari latihan 1 Ms Word, latihan 2 Ms Word, Latihan 1 Ms Excel dan latihan 2 Ms Excel dengan menggunakan metode Hungarian dapat diperoleh alokasi waktu optimal. Mahasiswa dengan melaksanakan keempat tugas yang diberikan dosen, mahasiswa 10 orang diambil sampel dengan menggunakan metode Hungarian diperoleh waktu optimasi yang didapat adalah 3 jam 26 menit. Penugasan berkaitan dengan keinginan dosen dalam mendapatkan pembagian atau alokasi tugas (penugasan) yang optimal, dalam arti apabila penugasan tersebut berkaitan dengan pengalokasian waktu maka bagaimana alokasi tugas atau penugasan tersebut dapat memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, hal ini disebabkan karena pada mata kuliah media computer mahasiswa dibimbing untuk dapat menggunakan kemampuan potensinya dengan baik serta dapat mengalokasikan waktu dengan seoptimal mungkin.
THE EFFECT OF TREE STRATEGY ON STUDENTS' ACHIEVEMENT IN WRITING ANALYTICAL EXPOSITION TEXT GABBY MAUREEN PRICILIA; Habib Rahmansyah
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1357.43 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.222

Abstract

One of the curriculum’s expectations at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi is students are able to write exposition text. But in fact, students’ achievement is unsatisfied so that the writer decides to conduct a research in that field. The aims of this research are : 1) to know the extent of students’ achievement in writing analytical exposition text at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi before taught by TREE strategy, 2) to know the extent of students’ achievement in writing analytical exposition text at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi after taught by TREE strategy, 3) whether there is a significant effect of students’ achievement in writing analytical exposition text taught by TREE strategy at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi. The population of this research is all of the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi and the sample is 31 students which are taken by cluster sampling technique. The instrument to collect data used is writing test. The result of analyzed data shows that the score of ttest is 7.8 while the score of ttable is 1.67. it shows that ttest is higher than ttable. It means that there is a significant effect of students’ achievement in writing analytical exposition text at the eleventh grade students of SMA Negeri 1 Sayurmatinggi taught by TREE strategy.
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Penggunaan Bahan Ajar RME (Realistic Mathematic Education) Muhammad Syahril Harahap
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1258.26 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.227

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, manusia dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis, sistematis, logis, kreatif, bernalar, dan bekerjasama secara efektif sehingga dapat berkembang maju di masa globalisasi ini. Salah satu hal yang menjadi fokus adalah pemecahan masalah. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dapat dilaksanakan dengan menggunakan suatu bahan ajar yang mendukung kemampuan tersebut. Sehingga, peneliti menggunakan bahan ajar yang dibasiskan dengan RME (Realistic Mathematic Education) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini melihat seberapa jauh dampak peningkatan pemecahan masalah mahasiswa dengan bahan ajar berbasis RME dibandingkan dengan konvensional.
PENGARUH PENGGUNAAN CISCO PACKET TRACER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN DI SMK SWASTA MITRA MANDIRI PANYABUNGAN Rahmad Fauzi ,S.Pd., M.Kom.; Januardi Rosyidi Lubis
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (837.224 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.229

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKJ tahun ajaran 2016/2017 di SMK Mitra Mandiri panyabungan. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar ujian semester yang masih banyak dibawah criteria KKM yang ditetapkan yaitu 7.00 penelitian ini bertujuan untuk mengungkap apakah hasil belajar dengan menggunakan media pembelajaran Cisco Packet Tracer lebih baik dari yang tidak menggunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Mitra Mandiri Panyabungan yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 dan teknik dalam penentuan sampling adalah Posttest Only Control Design. Yang menjadi sampel adalah kelas X TKJ1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ2 sebagai kelas control. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes).Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan media pembelajaran Cisco Packet Tracer memiliki rata-rata (75.016) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan (66.45). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung 1.05 dengan demikian hipotesis yang dikemukakan sebelumnya dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini disebabkan karena pada media pembelajaran Cicso Packet Tracer siswa dibimbing untuk dapat menggunakan kemampuan potensinya.
ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM NOVEL JOKOWI TUKANG KAYU HELNANIRMA SUSANTI FAU
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1524.165 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.536

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso sangatlah kompleks. Permasalahan-permasalahan tersebut antara lain: masalah keluarga, sekolah, pekerjaan, keuangan dan pemerintahan. Permasalahan tersebut menyebabkan perubahan psikis dalam kehidupan kehidupan tokoh utama pada novel tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso (2) mengetahui relevansi novel Jokowi Si Tukang Kayu terhadap pembelajaran pendidikan karakter di SMA. Jenis penelitian tergolong penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan data apa adanya dan menjelaskan data tersebut dengan kalimat-kalimat kualitatif. Subyek penelitian adalah novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso, sedangkan objeknya adalah nilai-niai pendidikan karakter dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso serta implikasinya dalam pembelajaran di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai-nilai karakter yang terkandung dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso ada 5 yaitu, nilai karakter kerja keras, mandiri, disiplin, jujur, tanggungjawab; (2) terdapat relevansi atau hubungan yang terkait antara nilai-nilai pendidikan karakter novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso terhadap pembelajaran pendidikan karakter di SMA. Jadi dalam novel Jokowi Si Tukang Kayu karya Gatotkoco Suroso terdapat nilai-nilai karakter yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran pendidikan karakter di SMA. Saran yang ditawarkan yaitu; (1) Hendaknya guru menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada pembelajaran. (2) hendakhnya penelitian ini menjadi bahan perbandingan kepada peneliti selanjutnya.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 1 PINANGSORI Roslian Lubis
Jurnal Education and Development Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1597.135 KB) | DOI: 10.37081/ed.v3i2.1174

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori. Kemampuan berpikir kreatif siswa sangat penting untuk ditingkatkan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan beraneka ragam. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan metpde eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Pinangsori dengan jumpal peserta didik 217. Kelasnya terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini yang diambil secara cluster random sampling adalah kelas VIII-C dengan 32 peserta didik. Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan model PBM diperoleh nilai rata-rata 3,5 berada pada kategori “sangat baik”. Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model PBM diperoleh rata-rata 50 berada pada kategori “kurang”. Kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah menggunakan Model PBM diperoleh nilai rata-rata 77,96 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa untuk pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5% dengan dk = 31. Apabila nilai signifikan dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,000 maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “efektifnya model PBM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori”.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024 Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023 Vol 11 No 2 (2023): Vol.11 No.2.2023 Vol 11 No 1 (2023): Vol.11 No.1. 2023 Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022 Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022 Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022 Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021 Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021 Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021 Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021 Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020 Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020 Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020 Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020 Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019 Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019 Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019 Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019 Vol 6 No 3 (2018): Vol.6.No.3.2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol. 6. No.1 Oktober 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5. No. 2 Juli 2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5. No.1 Juli 2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol.4.No.2.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4. No.1. April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4.No.1.2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3.No.1.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3. No. 1. Januari 2018 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 4 (2017): Vol. 4 No. 4 Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 4 (2016): Vol. 3 No. 4 Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 2 No 7 (2016): Vol. 2 No. 7 Agustus 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 More Issue