cover
Contact Name
Rahmad Fauzi
Contact Email
udauzi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
udauzi@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
ISSN : 25274295     EISSN : 26146061     DOI : -
Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan penelitian dalam peningkatan dan pengembangan secara berkesinambungan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu, dapat meningkatkan pengetahuan dan keilmuan. Jurnal Education And Development Terakreditasi Sesuai Dengan Keputusan Direktur Jendral Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK. Nomor 21/E/KPT/2018 Tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2018, Jurnal Education and Development Berada Pada Peringkat 6 (Enam) Dengan Nomor Urut 15 (Lima Belas), Masa Berlaku Akreditasi selama 5 (lima) Tahun dan Akan Berakhir pada Tanggal 9 Juli 2023.
Arjuna Subject : -
Articles 122 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020" : 122 Documents clear
MARHATA SINAMOT PADA BUDAYA BATAK TOBA KAJIAN SEMANTIK Hana Maria Hutagalung; Mina Syanti Lubis; Anni Rahimah
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (431.622 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.854

Abstract

Idiomatikal yang ada di dalam Marhata sinamot pada Budaya Batak Toba. Dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah ucapan di dalam pesta marhata sinamot yaitu marhata jambara, pingan tuhor, pasahat sinamot yang ada di dalam bahasa Batak Toba. Sumber data penelitian ini adalah ucapan yang diucapkan dari marhata sinamot. Teknik pengumpulan data observasi,wawancara dan teknik rekaman. Hasil analisis data dapat ditemukan bentuk idiomatikal dalam marhata jambarterdapat 4 kalimat ungkapan idomatikal, pingan tuhor 3 kalimat ungkapan idomatikal, pasahat sinamot terdapat 4 kalimat ungkapan idomatikalyang terdapat dalam marhata sinamot pada Budaya Batak Toba yang berasal dari percakapan, dan dalam marhata sinamot terdapat umpasa yang memiliki makna idomatikal,berdasarkan hasil analisis data dapat ditemukan bentuk idiomatikal dalam marhata jambar terdapat 5 kalimat ungkapan idomatikal, pingan tuhor 4 kalimat ungkapan idomatikal, pasahat sinamot terdapat 3 kalimat ungkapan idomatikalyang terdapat dalam marhata sinamot pada Budaya Batak Toba yang berasal dari percakapandalam bentuk kalimat. Arti idiomatikal adalah makna yang beralih dari unsur makna leksikal dan gramatikal yang memiliki makna tersendiri.Penggunaan idiomatikal yang terdapat dari marhata jambar, pingan tuhor, pasahat sinamot, yaag terdapat dalam marhata sinamot memberikan nasihat, dan memberikan pengajaran moral.
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DIGITAL MATA KULIAH FISIKA DASAR DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN Sari Wahyuni Rozi Nasution; Muhammad Syahril Harahap
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.255 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2032

Abstract

Masa Digital Era atau yang sangat erat kaitannya dengan Era Revolusi 4.0 adalah masa yang menuntut kepraktisan, mobilitas serta kecepatan dalam setiap segi kehidupan. Termasuk dalam segi pendidikan, dimana pendidikan saat ini dituntut lebih canggih dan lebih bisa menyesuaikan. Munculnya Pembelajaran e-learning (pembelajaran online) salah satunya adalah karena masa revolusi 4.0. Pembelajaran online membuat pembelajaran lebih luas, membuat peserta didik bisa mengembangkan kemampuannya. Namun fakta dilapangan e-learning ini belum maksimal termasuk di Program Studi Fisika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Pembelajaran hanya dilakukan secara konvensional. Akibatnya hasil belajar mahasiswa menjadi rendah contoh mata kuliah yang rata-rata hasil belajar mahasiswanya rendah adalah Fisika dasar dengan skor 5,67 kategori kurang. Para pendidik beralasan bahwa penerapan memerlukan keahlian dalam teknologi, bahan ajar harus dipersiapkan dalam bentuk digital bahkan ada yang beralasan pendidik belum mampu menggunakan aplikasi e-learning sama sekali. Untuk menanggulangi maka dikembangkan media pembelajaran digital berbasis e-learning. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan model 4-D, yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu define, design, develop, dan dessimenate. Hasilnya menunjukkan bahwa Video Pembelajaran Digital Sisika Dasar yang dikembangkan Valid dengan skor 90,07, kepraktisan juga kategori praktis dengan skor 85,4 kategori baik serta telah meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang rata-rata hasil belajarnya mencapai skor 78,53 dengan ketuntasan 81 % diukur secara ketuntasan klasikal dan kategorinya tuntas.
PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS TERHADAP BIG FIVE PERSONALITY FACTORS SISWA Markus Dimu Radja; Yanrini M. Anabokay; Oce Antipas Langkameng
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (591.583 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2043

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratisterhadap big five personality. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif uji Multivariate Analysis of Covariance (MANCOVA)dengan melibatkan 62 siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Kupang sebagai responden. Data dikumpulkan dengan instrumen skala Parental Authority Questionnaire dan International Personality Item Pool. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratisorangtua (emotional stability, agreeableness, conscientiousness, openness to experience) tidak berpengaruh signifikan terhadapbig five personalitypada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kupang, kecuali extraversion.
PENERAPAN METODE PROFILE MATCHING PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN TERBAIK (STUDI KASUS: INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN) Ermawita .; Rahmad Fauzi
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.942 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2050

Abstract

Perguruan tinggi sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta sesuai dengan fungsinya berkewajiban meningkatkan perannya dalam mencerdaskan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui tri dharmanya. Penyelenggaraan tugas dan fungsi sebuah perguruan tinggi tidak terlepas dari adanya peran Dosen. Peran penting dosen dalam sebuah perguruan tinggi akan mempengaruhi kualitas mahasiswa yang dihasilkan ataupun terhadap kemajuan suatu perguruan tinggi, termasuk juga Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Pemberian penghargaan terhadap dosen merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing positif antar dosen untuk meningkatkan kompetensi di lingkungan kampus untuk menghasilkan dosen yang berkualitas dan akan dipilih sebagai dosen terbaik nantinya. Proses penilaian dosen terbaik membutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan yang membantu dalam pengolahan data. Data penilaian dosen terbaik dikumpulkan melalui observasi yang dilakukan melalui Pihak yang berwenang dalam masalah sumber daya dosen yang terdapat di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Data yang berbentuk kriteria dan komponen-komponen tersebut diolah dengan menggunakan sebuah metode dalam sistem pendukung keputusan yaitu metode Profile Matching dalam perhitungannya baik secara manual atau dengan menggunakan sistem pendukung keputusan yang akan dibuat. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) untuk pemilihan dosen terbaik menggunakan metode Profile Matching akan menghasilkan data berupa perangkingan yang memiliki hasil yang sama, baik melalui perhitungan dengan mengolah data secara manual maupun dengan pengolahan menggunakan sistem. Sehingga akan menghasilkan sebuah keputusan dalam menentukan dosen terbaik
ANALISIS DAMPAK PROGRAM “DESA TKI” DALAM MENGATASI PERMASALAHAN TKI (STUDI PADA DESA JENGGIK UTARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR) Muh. Zulfiqri Zulfiqri Syahmat; Siti Hidayatul Jumaah
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (639.333 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2054

Abstract

Pentingnya desa dalam mengatasi masalah TKI telah disadari oleh negara, melalui UU No. 39/2004 yang direvisi menjadi UU No. 18/2017. Negara mengatur jelas tugas dan tanggung jawab pemerintah desa yang selaras dengan UU No. 6/2014 tentang Desa. BNP2TKI juga melibatkan desa dalam penanganan masalah TKI, melalui program Desa TKI, yang dibentuk pertama kali di Desa Jenggik Utara tahun 2014. Penelitian ini berusaha menganalisis bagaimana dampak program Desa TKI dalam mengatasi permasalahan TKI?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian melibatkan responden yang ditentukan purposif dan acak pada masyarakat yang sedang menjadi TKI, calon TKI, ataupun mantan TKI. Data diperoleh melalui wawancara, dilengkapi dengan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan, secara keseluruhan Desa TKI berdampak positif. Pada kelompok sasaran, Desa TKI berdampak maksimal dalam mengatasi masalah TKI saat pra dan selama penempatan, namun belum berdampak optimal pada masalah TKI saat purna penempatan. Bagi kelompok di luar sasaran, Desa TKI berperan besar terutama dalam meningkatkan perlindungan TKI oleh lembaga lain yang terkait, seperti LSM dan BP3TKI. Dibutuhkan perhatian khusus, terutama pada penyelesaian masalah TKI saat purna penempatan, sehingga Desa TKI pada masa yang akan datang dapat menjadi program yang bisa digalakkan oleh pemerintah.
FENOMENA PERAWAT TENAGA KERJA SUKARELA DI INDONESIA: KONSEP DIRI PROFESIONAL PERAWAT TENAGA KERJA SUKARELA Hotma Royani Siregar; Febrina Angraini Simamora
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.32 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2057

Abstract

Konsep diri perawat merupakan poin penting bagi perawat yang berpengaruh terhadap karir dan hal tersebut sangat bergantung terhadap pengalaman perawat dalam menjalani profesinya. Secara khusus, perawat dengan konsep diri profesional tinggi berkontribusi pada profesi keperawatan dengan memperbaiki konsep diri, harga diri, dan kepercayaan diri perawat lainnya. Sebaliknya, perawat dengan konsep diri profesional rendah mengurangi produktivitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri profesional perawat TKS. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif menggunakan instrumen penelitian yaitu kuisioner dan peneliti dengan menggunakan pedoman wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah perawat TKS yang berjumlah 30 perawat, sedangkan partisipan yang digunakan dalam wawancara mendalam sebanyak 5 orang perawat TKS yang ada di RSUD Tapanuli Bagian Selatan. Hasil analisa data diperoleh hasil bahwa konsep diri profesional perawat TKS adalah tinggi sebanyak 21 orang (70%) dan sedang sebanyak 9 orang (30%). Dan hasil analisa data kualitatif menggunakan Chollaizy methode menunjukkan konsep diri profesional perawat TKS mayorita tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat TKS dimanapun berada agar tetap memilki konsep diri profesional perawat yang tinggi, agar bisa memberikan kepuasan kepada pasien dan bisa meningkatkan perkembangan profesi keperawatan yang ada di Indonesia.
RESISTENSI PEREMPUAN ETNIS TIONGHOA PADA MASA ORDE BARU DALAM NOVEL MERRY RIANA: MIMPI SEJUTA DOLAR KARYA ALBERTHIENE ENDAH Prameswari Dyah Gayatri Budi Anggraeni Ilyas; Nuratikah .; Restu Wardana
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.86 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2059

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membongkar dan memahami gerakan perlawanan atau resistensi tokoh perempuan etnis Tionghoa dalam novel Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah, menggunakan perspektif feminis sosialis. Sumber data adalah novel Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah yang diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka. Tokoh Merry Riana merupakan perempuan etnis Tionghoa yang berjuang hidup dari dampak kerusuhan tahun 1998 di Jakarta. Pada era orde baru, perempuan masuk ke dalam kelompok rentan yang sering menjadi korban dari kekerasan struktural, terutama dari kelompok minoritas seperti etnis Tionghoa. dengan menggunakan analisis kritik wacana pendekatan feminis sosialis dapat disimpulkan bahwa: pertama, diskriminasi perempuan Tionghoa dalam masa orde baru. Kedua, resistensi perempuan Tionghoa dalam masa orde baru. Ketiga, dampak kerusuhan pada tahun 1998 mengantarkan Merry Riana menjadi wanita tahan banting yang bisa menyelesaikan studinya di Singapura walaupun banyak rintangan yang dihadapinya mengantarkan dia menjadi seorang anak muda dengan penghasilan lebih dari satu juta dolar. Kata kunci: Resistensi Perempuan, Mimpi Sejuta Dolar, Merry Riana
PENGARUH MODEL COOPERATIF SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI KONTEKS WACANA KARTUN SISWA SMA Linda Astuti Rangkuti; Diah Kusyani; Wiki Tedi Rahmawati
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (723.73 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2063

Abstract

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT (ESD) PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN HIDUP SISWA DI SMP NAZATUT THULLAB SAMPANG MADURA Dularip .
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (633.034 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2066

Abstract

This research tries to develop social studies teaching materials based on Education for sustainable development (ESD) at SMP Nazatut Thullab Prajjan Sampang. In this case, the researcher tries to present the concept of Education for sustainable development (ESD) in the social studies subject in relation to the interaction of humans with their environment, which is carried out on class VIIB students at Junior high school\ Nazhatut Thullab Prajjan Sampang. The purpose of this research is how to provide an alternative for the development of social studies teaching materials that are able to develop students' caring attitude towards the surrounding environment. The research uses quantitative research methods, the type of research R & D from Borg and Gall. The results showed that books or social studies teaching materials based on Education For Sustainable Development (ESD) were able to respond to students in developing a character of love for the environment. This is also based on the results of the calculation of t count 14.210 greater than t table. 2,0322 So Ho is rejected and Ha is accepted, so that there is a significant difference between student scores before and after using the Education For Sustainable Development (ESD) based social Scienceslearning module.
EKSISTENSI NILAI KEARIFAN LOKAL KAULINAN DAN KAKAWIHAN BARUDAK SEBAGAI UPAYA PENANAMAN NILAI JATIDIRI BANGSA Aiman Faiz; Imas Kurniawaty; Purwati .
Jurnal Education and Development Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020
Publisher : Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.89 KB) | DOI: 10.37081/ed.v8i4.2067

Abstract

Tujuan artikel ini untuk menjelaskan eksistensi nilai kearifan lokal yang masih bertahan di era moden saat ini, salah satunya kebudayaan kaulinan dan kakawihan barudak yang masih bertahan di SD Yayasan Atikan Sunda Bandung. Untuk memperoleh data dari peneliti kualitatif deskriptif ini, peneliti menggunakan wawancara dan observasi kepada siswa kelas 1 sampai 3. Hasil penelitian menunjukkan, implementasi penanaman nilai kearifan lokal sebagai upaya menjaga Jatidiri bangsa khususnya di wilayah Jawa Barat agar tidak hilang oleh modernisasi. Media kaulinan dan kakawihan barudak (permainan dan nyanyain anak) sebagai upaya menanamkan nilai-nilai sosial dan mengasah kreativitas siswa sangat relevan dalam menunjang pembelajaran berbasis kearifan lokal. Selain itu, pembelajaran berbasis kearifan lokal kaulinan dan kakawihan barudak bisa menanamkan nilai karakter (sosioemosional) melalui media bermain peran. Peran guru dalam strategi pembelajaran dengan media bermain peran bukan hanya memberi informasi ke pikiran anak, namun dapat mendorong siswa untuk mengeksplorasi dunia mereka untuk menemukan pengetahuan dan berpikir secara kritis melalui dunia bermain dan belajar. Generasi muda yang harapan dalam mempertahankan eksistensi kearifan lokal saat ini perlu mendapat sentuhan agar kembali tertanam kemauan untuk mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal agar tidak hilang dan tergantikan oleh budaya asing

Page 1 of 13 | Total Record : 122


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2024): Vol 12 No 1 Januari 2024 Vol 11 No 3 (2023): Vol. 11 No.3.2023 Vol 11 No 2 (2023): Vol.11 No.2.2023 Vol 11 No 1 (2023): Vol.11 No.1. 2023 Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022 Vol 10 No 2 (2022): Vol. 10 No. 2. 2022 Vol 10 No 1 (2022): Vol.10. No.1 2022 Vol 9 No 4 (2021): Vol.9 No.4 2021 Vol 9 No 3 (2021): Vol.9.No.3.2021 Vol 9 No 2 (2021): Vol.9.No.2.2021 Vol 9 No 1 (2021): Vol.9.No.1.2021 Vol 8 No 4 (2020): Vol.8.No.4.2020 Vol 8 No 3 (2020): Vol.8.No.3.2020 Vol 8 No 2 (2020): Vol.8.No.2.2020 Vol 8 No 1 (2020): Vol.8.No.1.2020 Vol 7 No 4 (2019): Vol.7.No.4.2019 Vol 7 No 3 (2019): Vol.7.No.3.2019 Vol 7 No 2 (2019): Vol.7.No.2.2019 Vol 7 No 1 (2019): Vol.7.No.1.2019 Vol 6 No 3 (2018): Vol.6.No.3.2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol. 6. No.2 Oktober 2018 Vol 6 No 2 (2018): Vol.6.No.2.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol.6.No.1.2018 Vol 6 No 1 (2018): Vol. 6. No.1 Oktober 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5. No. 2 Juli 2018 Vol 5 No 2 (2018): Vol.5.No.2.2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5. No.1 Juli 2018 Vol 5 No 1 (2018): Vol.5.No.1.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol.4.No.2.2018 Vol 4 No 2 (2018): Vol. 4 No. 2 April 2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4.No.1.2018 Vol 4 No 1 (2018): Vol.4. No.1. April 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3 No.2 Januari 2018 Vol 3 No 2 (2018): Vol.3.No.2.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3.No.1.2018 Vol 3 No 1 (2018): Vol.3. No. 1. Januari 2018 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 5 (2017): Vol.7. No. 5. Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 7 No 1 (2017): Vol.7 No.1 Nopember 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 5 (2017): Vol.6. No. 5. Agustus 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 4 (2017): Vol.6. No. 4. Mei 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 3 (2017): Vol.6. No. 3. Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 2 (2017): Vol. 6 No. 2 Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 3 (2017): Vol.5 No.3 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 5 No 2 (2017): Vol. 5 No. 2 April 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 5 (2017): Vol.4. No. 5. Januari 2017 Vol 4 No 4 (2017): Vol. 4 No. 4 Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 4 No 3 (2017): Vol.4 No.3. Januari 2017 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 5 (2016): Vol.3. No.5. Nopember 2016 Vol 3 No 4 (2016): Vol. 3 No. 4 Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 3 (2016): Vol.3. No. 3. Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 3 No 1 (2016): Vol.3 No. 1 Nopember 2016 Vol 2 No 7 (2016): Vol. 2 No. 7 Agustus 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 6 (2016): Vol.2. No. 6. Mei 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 5 (2016): Vol.2. No. 5. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 2 (2016): Vol.2. No. 2. Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 2 No 1 (2016): Vol. 2. No. 1 Agustus 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 6 (2016): Vol.1 No.6. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 4 (2016): Vol.1. No. 4. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 2 (2016): Vol.1. No. 2. Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 Vol 1 No 1 (2016): Volume 1 No.1 Mei 2016 More Issue