cover
Contact Name
Dimas Ardika Miftah Farid
Contact Email
helper@unipasby.ac.id
Phone
+6285648627206
Journal Mail Official
helper@unipasby.ac.id
Editorial Address
Jl. Ngagel Dadi III-3B No.37, Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60234
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
ISSN : 02162938     EISSN : 27755878     DOI : https://doi.org/10.36456/helper
Core Subject : Education,
AIM Helper: Journal Guidance and Counseling from Universitas PGRI Adi Buana Surabaya which publish articles from the fields of guidance and counseling based on researches. Helper is published twice a year in February and September. SCOPE: Techniques in Guidance and Counseling Assessment in Guidance and Counseling Counseling Multicultural Cyber Counseling Media Development in Guidance and Counseling Traumatic Counseling
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran" : 5 Documents clear
EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN LATIHAN REGULASI EMOSI UNTUK MENGURANGI ADIKSI GAME ONLINE PESERTA DIDIK Rifqoh Safinatun Najah; Wiryo Nuryono
HELPER Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol40.no2.a7493

Abstract

Abstrak Kecanduan game online berupa penggunaan komputer atau smartphone untuk bermain game secara berlebihan dan terus menerus secara online akan menimbulkan masalah pada aspek sosial dan emosional serta pemain tidak dapat mengontrol permainan yang berlebihan tersebut. Konseling individu dengan menggunakan regulasi emosi membantu konseli memiliki kemampuan dalam mengevaluasi dan mengubah reaksi emosional dan tingkah laku tertentu yang sesuai dengan situasi yang sedang mereka rasakan,dari berbagai macam hal yang negative diubah ke hal yang positif. Rancangan penelitian yang dipakai dalam paenelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain single subject yang memungkinkan peneliti menentukan sampel penelitian sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu yang akan diteliti. Desain penelitian yang digunakan adalah single subject design yang menggunakan desain A-B selanjutnya dianalisis menggunakan analisis visual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tingkat adiksi game online pada remaja/siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data diperoleh perubahan durasi waktu perilaku adiksi game online ditunjukkan pada fase baseline dan fase intervensi. Perubahan tersebut ditunjukkan dari adanya perubahan arah dan efeknya subjek NA,BI dan IZ semuanya menunjukkan positif. Kemudian pada level perubahannya pada ketiga subjek NA,BI dan IZ menunjukkan hasil yang membaik (+). Sedangkan presentase overlap perilaku adiksi game online subjek subjek IZ sebesar 0%, kemudian subjek NA,BI sebesar 8,33%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan regulasi emosi berpengaruh /efektif menurunkan perilaku adiksi game online peserta didik. Kata Kunci: Adiksi Game Online, Konseling individu, Regulasi Emosi  
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI IPA DI SMA SANTO ANTONIUS BANGUN MULIA MEDAN Mimpin Sembiring; Elisabet Sisilia Sijabat
HELPER Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol40.no2.a7569

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran Guru Pendidikan Agama Katolik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa dengan menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari objek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan, melibatkan 13 informan yang terdiri dari siswa, guru, dan kepala sekolah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pengolahan data menunjukkan pertama: Terjadi peningkatan terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA di SMA St. Antonius Bangun Mulia Medan. Kedua: Peran Guru PAK sangat penting dan sangat memperngaruhi peningkatan kecerdasan emosional siswa. Rekomendasi hasil penelitian ini bahwa guru PAK berupaya tetap berperan terhadap peningkatan kecerdasan emosional siswa kelas XI IPA di SMA St. Antonius Bangun Mulia dan tetap melakukan pendekatan yang kepada siswa tersebut. Kata kunci: kecerdasan emosional, peran guru Pendidikan Agama Katolik
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PERMAINAN ANTABOGA BERBASIS SINEMA EDUKASI DHANDANGGULO UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA Diva Candra Kirana; Setya Adi Sancaya; Nora Yuniar Setyaputri; Khususiyah
HELPER Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol40.no2.a7608

Abstract

Self confidence penting dimiliki siswa, dan dibutuhkan suatu media pembelajaran yang menarik untuk mengembangkan self confidence agar siswa antusias saat menerima materi. Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan penggunaan permainan antaboga berbasis sinema edukasi dhandanggulo dalam meningkatkan self confidence siswa. Penelitian ini menggunakan metode One Grup Pre-test dan Post test Design melalui pendekatan kuantitatif. Penyebaran angket menggunakan skala pengukuran self confidence yang disebarkan kepada 30 siswa 11 IPS 1 SMA Negeri 2 Kediri sebagai populasi dan diambil 12 siswa yang memiliki self confidence rendah sebagai sampel penelitian. Teknik kolmogorov-Smirnov sebagai uji normalitas serta digunakan untuk analisis data penelitian dan mendapatkan hasil normal sehingga uji hipotesis menggunakan paired sample t-test mendapatkan nilai 0,000 < 0,05 yaitu terdapat selisih perbedaan dari pre-test ke post-test, hasil penelitian menunjukan nilai pre-test 52,1 dan post-test 78,5 yang menunjukan terjadinya peningkatan self confidence siswa. disimpulkan bahwa permainan antaboga berbasis sinema edukasi dhandanggulo efektif untuk meningkatkan self confidence siswa. Hasil penelitian diharapkan digunakan sebagai reverensi dalam menganalisis self confidence.
ANALISIS PERILAKU SEKS MENYIMPANG SISWA SMP DI KOTA PAREPARE Musfirah; Zaid Zainal
HELPER Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol40.no2.a7940

Abstract

Dampak negatif teknologi informasi seperti kemudahan akses situs porno di internet, kemudahan dan kebebasan dalam berinteraksi dengan sesama teman, serta tayangan televisi yang tidak mendidik menjadi salah satu penyebab terjadinya penyimpangan seks bagi anak sekolah. Alasan ini adalah penyebab peneliti akan meneliti dan mencari gambaran kegiatan penyimpangan seks yang dilakukan siswa SMP di Kota Parepare. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran perilaku seks menyimpang siswa SMP di Kota Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif berjenis studi kasus, yaitu menganalisis secara mendalam perilaku seks menyimpang siswa SMP yang ada di Parepare  Sulawesi Selatan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP  kelas IX di Kota Parepare tahun pelajaran 2022/2023 yang totalnya berjumlah 6028 (Kemendikbud). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling, sehingga diperoleh sampel 285 orang. Analisis data deskriptif yang digunakan adalah, Persentase, mean, median dan modus dari data hasil kuesioner, serta data kualitatif dari wawancara beberapa siswa dan guru. Hasil penelitian  menunjukkan perilaku seks menyimpang siswa SMP di Parepare sudah sangat mengkhawatirkan. Diperlukan berbagai tindakan dan program pencegahan sejak dini agar hal ini tidak berdampak luas terhadap siswa siswa lainnya termasuk kepada adik-adik kelasnya. Program sekolah dapat berupa perintah langsung dari Dinas pendidikan setempat atau program yang direncanakan sendiri oleh sekolah
HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN FLOW AKADEMIK PASCA PENDEMI COVID 19 PADA SISWA SMA Fitria Evi Apriani; Dwi Nastiti
HELPER Vol 40 No 2 (2023): HELPER: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran
Publisher : Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36456/helper.vol40.no2.a7976

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena ditemukannya fenomena masalah yang berkaitan dengan flow akademik, dimana siswa mengaku kurang fokus mengikuti aktivitas pembelajaran, apalagi yang mengharuskan siswa mengikuti pembelajaran secara penuh, lebih fokus dengan chat dari teman saat guru menjelaskan materi pembelajaran, juga ajakan keluar kelas atau ke kantin dari teman pada saat pembelajaran berlangsung, dan kurang ada dorongan untuk mengerjakan sendiri tugas yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan flow akademik pada siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kolerasi. Subyek penelitian ini adalah siswa di SMA Yadika Bangil berjumlah 193 siswa.. Teknik pengumpulan data menggunakan 2 skala psikologi yaitu skala dukungan sosial dan skala flow akademik. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi Product Moment yang perhitungannya menggunakan SPSS 20.0 for windows. Hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi rxy = 0,324 dengan signifikansi sebesar 0,000 (<0,05). Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara dukungan sosial dengan flow akademik siswa. Dengan demikian, semakin tinggi dukungan sosial yang diterima maka semakin tinggi pula flow akademik siswa. Begitupun sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial maka semakin rendah pula Flow akademik siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 5