cover
Contact Name
Khaeroni
Contact Email
khaeroni@uinbanten.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gut.windarsih@uinbanten.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota serang,
Banten
INDONESIA
Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar
ISSN : 20861362     EISSN : 26232685     DOI : -
Core Subject : Education,
ISSN: 2086-1362 diterbitkan enam bulan sekali oleh Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, berdasarkan SK. Dekan No.: In.10/F.I/HK.00.5/0951/2014 tanggal 11 April 2014.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019" : 10 Documents clear
APLIKASI REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PGMI Ifada Novikasari; Wahyuni Wahyuni
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.077 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2320

Abstract

Pembelajaran matematika yang realistik merupakan bentuk pembelajaran yang memberikan tantangan terbesar dalam dunia pendidikan untuk bagaimana menyajikan konsep matematika dekat dengan kehidupan nyata. Freudental telah mengembangkan pembelajaran realistik berkeyakinan bahwa peserta didik tidak boleh dipandang sebagai passive receivers of ready-made mathematics (penerima pasif matematika yang sudah jadi) namun pendidikan harus mengarahkan peserta didik kepada penggunaan berbagai situasi dan kesempatan untuk menemukan kembali matematika dengan cara mereka sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas calon guru MI STAIN Purwokerto pada materi trigonometri untuk pengembangan kemampuan representasi dan penalaran dengan dasar bahwa memberikan bekal model pembelajaran SD/MI bisa dimulai ketika mereka berada di perguruan tinggi. Materi trigonometri merupakan materi tersulit menurut anggapan mahasiswa, sehingga PTK ini dilaksanakan dengan memadukan pendekatan realistic mathematics education (RME) dengan model belajar kooperatif tipe STAD. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan preatsi belajar meliputi kemampuan representasi dan penalaran dalam materi trigonometri pada siklus kedua. Mahasiswa dalam pembelajaran pada siklus kedua prestasi belajar diperoleh rata-rata 75,31 dan pada siklus ini terdapat 25 mahasiswa (78,31%) tuntas yang tidak tuntas ada 7 mahasiswa (21,87%). Kemampuan representasi dan penalaran mahasiswa pada siklus kedua menunjukkan rata-rata 27,81 dan 41,41 dengan nilai maksimal setiap kemampuan 50.
PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIKULTURAL TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR Azizah, Dzurriyah Nur; Muslih, Imam
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.959 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2086

Abstract

Abstrak Masyarakat Indonesia yang heterogen sangat riskan terjadi gejolak dan gesekan antar dimensi sosial, keagamaan, kebudayaan, gender dan politik karena konflik kepentingan. Spektrum kebudayaannya yang penuh dengan keberagaman menjadi tuntutan bagi dunia pendidikan untuk menjadikannya sebagai aset dan bukan sumber diistegrasi. Terjadinya degradasi toleransi, adanya rasisme dan tingginya sensitifitas di tengah masyarakat saat ini, menjadikan situasi sangat urgen untuk dilakukan tindakan preventif yang dapat mencegah perpecahan. Tindakan seperti penanaman nilai-nilai multikultural sejak dini dirasa sangat penting untuk mencegah terjadinya prejudice antar dimensi. Disinilah peran penting sekolah dasar untuk menanamkan nilai-nilai dasar yang positif dan mendidik seni berinteraksi yang baik pada siswa dengan pembelajaran multikultural. Pembelajaran multikultural dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai multikultural pada setiap materi pembelajaran. Evaluasi penanaman nilai-nilai multikultural diharapkan dapat diamati dari perkembangan sosial siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah mencari hubungan apakah ada pengaruh pembelajaran multikultural terhadap perkembangan sosial siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis true experiment. Intrumen menggunakan angket dengan tingkat signifikasi 5%. Dari hasil analisis menunjukkan perbedaan sikap yang ditunjukkan siswa yang mendapatkan pembelajaran multikultural. Siswa bersedia untuk bersikap baik dan bekerjasama dengan teman bahkan dengan orang yang berbeda agama. hasil analisis diperoleh nilai sig 0.000 < 0.05 yang menunjukkan bahwa pembelajaran multikultural dapat mempengaruhi tingkat perkembangan sosial siswa.
PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD Jarmita, Nida; Abidin, Zainal; Nafizaturrahmi, Nafizaturrahmi
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.769 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2298

Abstract

Pembelajaran matematika adalah salah satu mata pelajaran yang harus dipahami materinya oleh para siswa, namun siswa masih kesulitan untuk memahami apa yang telah diajarkan, sehingga pada saat diberikan masalah, siswa tidak bisa memecahkannya. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Realistic Mathematics Education (RME) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa pada materi jaring-jaring kubus dan balok di kelas V MIN 12 Aceh Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penellitian ini adalah kelas V-b MIN 12 Aceh Timur yang terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dikumpulkan dengan cara memberikan tes pemahaman konsep matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase pemahaman konsep meningkat, pada siklus I hasil tes yaitu 69,06% (Sedang), mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 73,5% (Sedang), begitupun selanjutnya mengalami peningkatan pada siklus III yaitu 81,04% (Tinggi) dan berhenti di siklus III dikarenakan telah mencapai kualifikasi pemahaman konsep yang tinggi dan telah mengalami peningkatan yang signifikan.
IMPLEMENTASI METODE STAD DENGAN BANTUAN SEMPOA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN DUA ANGKA Sarah Mutmainah; Wida Rachmiati; Juhji Juhji
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.783 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2201

Abstract

This research is motivated by the low student learning outcomes.student laziness can be caused by ineffective teaching and learning processes, the teacher is not right in determining the learning model and does not use teaching aids as a medium for learning mathematics, this results in the low student learning outcomes, the purpose of this research is to find out the activities of student and teachers in mathematics learning the addition and subtraction of two-digit numbers in improving student learning outcomes by using abacus media, the method used is classroom action research, research design using chemistry and mc. Design taggart which consists of four steps namely planning the implementation of observation and reflection which carried out two cycles, the subjects og this study were all students of class 1 MI AL-HUSNA Pasirnangka.the results of the study show that the use of abacus media can improve student learning outcomes MI Al-Husna Pasirnangka in terms of student activities in the learning process and learning outcomes this can be seen from the percentage of learning process activities and learning outcomes in cycle 1 that is 50%, then an increase in cycle II the percentage of learning process activities and learning outcomes in cycles II is 90%.
POTRET PELAKSANAN PPLK BAGI MAHASISWA CALON GURU MI DI FTK UIN SULTAN MAULANA HASANUDDIN BANTEN Mastoah, Imas
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (98.059 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2339

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran secara umum tentang pengetahuan dan pemahaman mahasiswa PPLK sebagai calon guru MI, dan mengetahui kendala-kendala pelaksanaan PPLK. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar 13 Kota Serang, MIS Islamiah Ciwaru, dan MIN 2 Kabupaten Serang dengan melibatkan mahasiswa praktikan calon guru madrasah ibtidaiyah (PGMI), Guru pamong, Kepala sekolah dan Dosen pembimbing lapangan. Proses pengambilan data menggunakan metode observasi dan wawancara saat kegiatan pelaksanaan PPLK berlangsung, wawancara dengan pihak kepala sekolah, guru pamong, mahasiswa praktikan, dan penyebaran angket oleh peneliti sendiri. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan PPLK sudah berjalan dengan baik namun masih membutuhkan perbaikan hal ini dikarenakan masih terdapat banyak kendala dalam pelaksanaan kendala PPLK dikarenakan (1) kurangnya kesiapan dan keseriusan mahasiswa praktikan mengikuti PPLK,(2)anggapan guru pamong bahwa mahasiwa PPLK bertugas sebagai guru pengganti tanpa ada arahan dan bimbingan (3) bimbingan dan arahan guru pamong terhadap mahasiswa praktikan selama PPLK berlangsung. (4) kurangnya pengetahuan dan pemahaman mahasiswa praktikan terhadap pelaksanaan PPLK
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA Fifi Yuliandini; Indira Asish Vivi Yandari; Aan Subhan Pamungkas
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (129.71 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2323

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada matapelajaranmatematika.Metodepenelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaranLearning Cycle 5E dan kelas IV C sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran Learning Cycle 3E. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E lebihbaikdaripadasiswa yang menggunakan model pembelajaranLearning Cycle 3E. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI Siti Dewi Ambarwati; Uyu Mu'awwanah; Oman Farhurohman
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (320.074 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis karangan narasi dengan menggunakan media komik sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia materi karangan narasi pada kelas IV MI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Reserch and Development/ R&D), yang mengacu pada pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi lima tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk dan uji coba produk. Media yang dikembangkan diuji kelayakan dengan validasi para ahli yakni ahli media dan ahli materi sebelum uji coba dilakukan. Uji coba dilakukan di MI Raudhatul Ulum dengan jumlah siswa 31 dan dikelompokkan menjadi lima kelompok, setiap kelompok terdiri dari enam sampai tujuh siswa. Masing-masing kelompok menyimak cerita yang kemudian masing-masing perwakilan dari kelompok menceritan kembali sesuai pada komik yang disediakan. Kemudian setiap siswa menuliskan kembali berbentuk karangan narasi pada lembar soal yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,6 dengan katagori “sangat baik”, dan validasi ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,8 dengan katagori “sangat baik”. Hasil evaluasi siswa kelas IV yang didapat yaitu 83,8 dengan katagori “sangat baik”. Berdasarkan uji coba tersebut, media pembelajaran komik Bahasa Indonesia ini layak digunakan dalam pembelajaran.
PENGEMBANGAN GOBAG SODOR DALAM PEMBELAJARAN PENJAS Ade Rosmawati; Akrom Akrom
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.551 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2326

Abstract

Abstrack The purpose of this research is to develop products in the form of Gobag Sodor Game learning media in the achievement of learning objectives in class IV SDN Serang 13. The method used is research and development or research & developmnet. Development in this research uses five stages, namely research and information gathering, product development, validity testing, product revision and testing. The results showed that the learning media of Sodor Gobag game rules were declared feasible with the percentage of media expert ratings of 90% and the percentage of validation of the material experts 91.25%. The results of the product trial research conducted to students with a percentage of 99.9% included in the category of very good and feasible. Therefore, this study can be stated that the learning media of Sodor Gobag game rules can be used as a medium of physical education learning. Keywords: Learning media of gobag sodor game, research and development, physical education. Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media pembelajaran Permainan Gobag Sodor dalam ketercapaian tujuan pembelajaran di kelas IV SDN Serang 13. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research &developmnet. Pengembangan dalam riset ini menggunakan lima tahap yaitu penelitian dan pengumpulan informasi, pengembangan produk, uji validitas, revisi dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran aturan permainan gobag sodor dinyatakan layak dengan persentase penilaian ahli media 90% dan persentase validasi dari ahli materi 91,25 %. Hasil penelitian uji coba produk yang dilakukan kepada siswa dengan persentase 99,9% termasuk dalam kategori sangat baik dan layak. Oleh karena itu, penelitian ini dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran aturan permainan gobag sodor dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani Kata Kunci: Media Pembelajaran Permainan Gobag Sodor, Research and Develophment . Pendidikan Jasmani.
KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD Citra Utami; Rien Anitra
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.133 KB) | DOI: 10.32678/primary.v11i02.2113

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa ditinjau dari kemampuan awal pada mata kuliah matematika SD. Metode penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik analisis data: memberi nilai, pengelompokan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA atas dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan, 2) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA tengah dapat menyatakan ulang sebuah konsep, namun ada yang kurang bisa mengkomunikasikan konsepnya, dapat menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, namun ada yang tidak bisa menuliskan langkah atau konsep yang diigunakan dan kurang teliti dalam melakukan prosedur atau operasi, dan 3) kemampuan pemahaman konsep mahasiswa KA bawah yaitu telah memahami konsep namun kurang bisa mengkomunikasikan pendapatnya melalui kalimat sendiri, kurang bisa dalam menggunakan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, dan kurang bisa mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan. Secara garis besar dapat disimpulkan, jika kemampuan awal matematika baik maka kemampuan pemahaman konsep matematis juga baik.
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR Mansur Mansur
Jurnal keilmuan dan Kependidikan dasar Vol 11 No 2 (2019): Desember 2019
Publisher : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32678/primary.v11i2.8193

Abstract

The purpose of this study is to examine differences in increasing understanding of mathematical concepts between students who learn using a contextual mathematics approach and students who use conventional learning. The quasi-experimental method was chosen with a pretest-posttest control group design. The research sample is the fourth-grade students of East Bekasi Elementary School, Bekasi City, West Java. Mathematical understanding tests, observation sheets, and interview guides are the instruments used. Data obtained from interviews and observations were analysed descriptively to determine students' responses to learning and see the implementation of learning and students' activities in learning. Data on students' understanding of mathematical concepts were examined through descriptive statistics and inferential statistical tests to calculate the effect size. The results of the study show that there is a significant difference in increasing understanding of mathematical concepts between students who are treated with contextual mathematics learning and students who take conventional mathematics learning. No interaction was found between learning factors and school level on increasing understanding of mathematical concepts. The results of the calculation of the effect size confirm that the effect size of the study can be categorized as a large criterion

Page 1 of 1 | Total Record : 10