cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PETIK
ISSN : 24607363     EISSN : 26146606     DOI : -
Jurnal Pendidikan Tekologi Informasi dan Komunikasi (PETIK) adalah Jurnal yang memiliki fokus dibidang Pendidikan, Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal PETIK ber-issn : 2460-7363 dan e-ISSN : 2614-6606. Sedangkan terbitan pada Jurnal PETIK terbit sebanyak dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017" : 6 Documents clear
PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA ARTICULATE UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA Yuniar Purwanti; Mega Achdisty Noordina
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.356

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kreativitasmahasiswa melalui pembelajaran berbasis multimediaarticulate, menganalisis efektivitas pembelajaran berbasismultimedia articulate dalam meningkatkan kreativitasmahasiswa, mengidentifikasi sikap mahasiswa terhadappembelajaran berbasis multimedia articulate. Digunakanmetode kuantitatif dengan kuasi eksperimen, instrumentberbentuk tes, non tes, dan program pembelajaran berbasismultimedia dengan software articulate, subyek penelitianadalah mahasiswa tingkat dua STKIP Garut. Prosedurpenelitian meliputi tahap: pertama pendahuluan,diidentifikasi program dalam penyusunan program/softwarepembelajaran, kedua pelaksanaa, meliputi tes awal ,treatment, dan ketiga analisis data, pembahasan danpenyimpulan. Kesimpulan penelitian : kreativitas mahasiswayang mendapatkan pembelajaran berbasis multimediaArticulate lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yangmendapatkan pembelajaran dengan pembelajarankonvensional, pembelajaran berbasis multimedia articulateefektif dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa dengankriteria sedang, sikap mahasiswa bersifat positif terhadappembelajaran berbasis multimedia articulate.
MONITORING MANAJEMEN KAPASITAS LAYANAN DALAM PERENCANAAN PENYUSUNAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK IT-IL PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI JAWA BARAT Endang Tasli Susandi; Ani Amaliyah
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.351

Abstract

Monitoring manajemen kapasitas layananteknologi informasi (TI) adalah kegiatan memonitor yangdilakukan pada proses manajemen kapasitas danketersediaan layanan TI yang dimulai dengan pembuatantata cara monitoring yang bertujuan untuk menentukantugas, fungsi dan tanggunjawab serta standar prosedurkerja, pembuatan metode penghitungan tingkat ketersediaanlayanan TI yang bertujuan untuk menghitung ketersediaan(Availability) suatu Komponen yang sederhana dan totalketersediaan (Availability) untuk sistem/layanan yangkompleks, pembuatan matriks parameter teknis monitoringyang bertujuan untuk menentukan parameter, perangkatdan tools yang digunakan pada teknik monitoring kinerja,serta pembuatan format laporan monitoring yang bertujuanuntuk mendapatkan data hasil monitoring kapasitas danketersediaan layanan TI.Framework IT-IL adalah sebuah kerangka best practiceuntuk memanage layanan-layanan TI yang terintegrasi danberbasiskan proses, juga merupakan suatu rangkaiankonsep dan teknik pengelolaan infrastruktur,pengembangan, serta operasi teknologi informasi (TI).Monitoring manajemen kapasitas dengan Framework IT-ILpada penyusunan infrastruktur TI pada Perguruan TinggiSwasta di Jawa Barat dan Banten perlu dilakukan untukmemastikan tercapainya hasil dari perencanaan danpelaksanaan implementasi layanan TI
PERANCANGAN APLIKASI GAME EDUKASI MENGGUNAKAN MODEL WATERFALL Andri Suryadi
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.352

Abstract

Proses belajar mengajar bukan hanya penyampaianilmu dari guru kepada siswa saja, didalmnya juga harus disertaibeberapa inovasi agar tidak menimbulkan kebosanan saat prosespembelajaran berlangsung. Pembelajaran konvensional yang terusberlangsung dari dulu hingga sekarang tanpa penggunaan mediasebagai penyampai materi ajar membuat kurangnya motivasibelajar siswa yang berpengaruh pada pemahan terhadap materiajar yang disampikan oleh guru. Pembelajaran denganmenggunakan media pembelajaran berupa game dapatmempengaruhi motivasi belajar siswa dan seiring dengan itupemahan siswa pun akan dapat ditingkatkan. Dengan adanya halitu maka kami membangun suatu game edukasi yang diadopsi darigame yang telah ada sebelumnya dan diberi inovasi berupa soalsoal yang berkaitan dengan materi ajar, khususnya materi TIKuntuk jenjang Sekolah menengah pertama. Dalam game inipengembang menggunakan aplikasi adobe flash yang nantinyadiharapkan dapat memudahkan pemudahkan para siswa dalam halini pemain dapat memaminkan game dengan mdah, karena userinterface yang sederhana dan dapat dipahami walau denganpemahaman yang kurang terhadap game tersebut. Didalam gameini pemiankan bermain menggunakan bidak dengan patokan jumlahdadu yang keluar setelah tombol kocok di putar. Didalam game inidisediakan dua orang pemain yang mana jika pemain maju danmendapat pertanyaan serta dapat menjawab maka pemain dapatterus bemain dan mendapat skor, namun jika sebaliknya pemin ituharus mundur beberapa langkah dari kolom yang sedang bidak nyatempati
EVALUASI PELAKSANAAN KERJA PRAKTIK MAHASISWA DIPLOMA 3 TEKNIK INFORMATIKA DI AMIK GARUT JOB EVALUATION OF DIPLOMA STUDENTS OF INFORMATICS ENGINEERING AMIK GARUT Irwanto, .
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kesiapanmahasiswa program diploma 3 teknik informatika Akademikmanajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Garut dalammenghadapi kerja praktik; (2) mengetahui kesiapan Program StudiTeknik Informatika AMIK Garut menyelenggarakan kerja praktik;(3) mengetahui persiapan pihak DUDI melaksanakan programkerja praktik; (4) menjelaskan pelaksanaan kerja praktik yangdilakukan di DUDI; (5) menjelaskan hasil pelaksanaan kerjapraktik. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluasi denganmenggunakan model evaluasi countenance/stake. Hasil evaluasimenunjukkan bahwa: (1) mahasiswa AMIK Garut Program StudiTeknik Informatika sudah siap melakukan kerja praktik; (2) kampusAMIK Garut sangat siap menyelenggarakan kerja praktik; (3)aktivitas mahasiswa melaksanakan kerja praktik telah berjalandengan baik dan (4) aktivitas dosen pembimbing juga sudah baik;(5) aktivitas instruktur kerja praktik juga dilaksanakan dengan baik
PEMBELAJARAN INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE PADA MATERI STATISTIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MTS Irena Puji Luritawaty; Reni Nuraeni
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.354

Abstract

Kemampuan komunikasi matematik yang masih rendahdi kalangan siswa menjadi latar belakang dilakukannya penelitianini. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah efektifitas modelpembelajaran Inside-Outside-Cirlce dalam upaya meningkatkankemampuan komunikasi matematik pada siswa. Populasi dalampenelitian ini yaitu siswa kelas IX di salah satu MadrasahTsanawiyah (MTs) swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitusiswa kelas IXB dan IXC. Instrumen yang digunakan dalampenelitian ini yaitu berupa tes kemampuan komunikasi matematik.Instrumen tersebut digunakan dalam pretest dan posttest. Analisisdata yang dilakukan terhadap hasil pretest yaitu diawali dengan ujinormalitas kemudian uji Mann Whitney. Sedangkan pada hasilposttest, analisis data diawali dengan uji normalitas , ujihomogenitas, kemudian uji t. Secara garis besar, hasil penelitian inimenunjukan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematiksiswa yang memperoleh pembelajaran Inside-Outside-Circle lebihbaik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ceramahbiasa
ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN BERBASIS ICT Iman Nasrulloh; Ali Ismail
JURNAL PETIK Vol 3, No 1 (2017): PETIK Vol 3 No. 1 Tahun 2017
Publisher : Institut Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31980/jpetik.v3i1.355

Abstract

Penggunaan ICT sudah diterapkan mulai darijenjang pendidikan dasar, menengah, sampai ke perguruantinggi. Needs assessment dilaksanakan untuk mengevalusiperencanaan program yang telah dilaksanakan dan untukmemperbaiki perencanaan program selanjutnya berkaitandengan proses pembelajaran (desain, pengembangan,pemanfaatan, pengelolaan, dan evaluasi). Penelitian inidigunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara,angket guru dan siswa. Pelaksanaan mengajar diperoleh datasebesar (77.6%) konvensional (tatap muka). Tingginyapelaksanaan pembelajaran konvensional (tatap muka)dikarenakan penyusunan bahan ajar yang lebih praktisdibandingkan dengan pembelajaran berbasis online (web basedlearning). Siswa sangat setuju terhadap pembelajaran berbasisonline (web based learning) 85.1%. Perumusan tujuanpembelajaran khusus hanya meliputi audience dan behavior.Metode mengajar umumnya guru menerapkan metode ceramahmenggunakan media slide power point yang disajikan melaluiproyektor. Pengelolaan ICT diwujudkan adanya koordinatoryang bertanggung jawab atas peralatan dan kelengkapan.Faktor-faktor yang dibutuhkan dalam pembelajaran berbasisICT, yaitu: 1) kemampuan merancang pembelajaran berbasisonline; 2) Pelaksanaan pelatihan guru; 3) kemampuanmenerapkan konsep pada situasi baru dengan cara yangberbeda; 4) menjadikan sekolah sebagai organisasi belajar; 5)Sekolah mampu mengelola dalam merencanakan,mengorganisasikan, pengkoordinasian dan supervisi; 6)kemampuan untuk memecahkan permasalahan dengan langkahyang sistematis dalam desain pembelajaran; 7) kemampuanuntuk mengembangkan dan mengevaluasi produk

Page 1 of 1 | Total Record : 6