cover
Contact Name
Fajri Basam
Contact Email
fajribasam@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpd@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar
ISSN : 26151723     EISSN : 26151766     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) [p-ISSN 2615-1723 | e-ISSN 2615-1766] menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa Indonesia dan studi sosial untuk tingkat pendidikan dasar. Jurnal ini menerbitkan studi penelitian yang menggunakan berbagai metode dan pendekatan kualitatif dan / atau kuantitatif di bidang pendidikan dasar. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam ruang lingkup pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1: APRIL 2023" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS APLIKASI VIDEOSCRIBE MATERI GAYA DAN GERAK MATA PELAJARAN IPA Cika Kartikasari; Sholeh Hidayat; Isti Rusdiyani
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.8266

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tahapan pengembangan, kelayakan, efektivitas dan respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis videoscribe materi gaya dan gerak mata pelajaran IPA kelas IV SDN Gelam 4. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (RD) dengan pendekatan ADDIE yang terdiri dari Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian yang diperoleh untuk tahap pengembangan bahan ajar berbasis videoscribe memperoleh nilai rata-rata 86,8 termasuk ke dalam kategori baik. Adapun nilai kelayakan media 87% termasuk ke dalam kategori sangat layak, kelayakan isi materi 85% termasuk ke dalam kategori sangat layak dan kelayakan penyajian 87% termasuk ke dalam kategori sangat layak. Adapun uji efektivitas melalui pretest dan posstest dengan nilai N-Gain 0,85 dan pada N-Gain Score 85% termasuk kedalam kategori Tinggi. Hasil respon peserta didik terhadap bahan ajar berbasis videoscribe mata pelajaran IPA materi gaya memperoleh nilai 87% termasuk ke dalam kategori baik. Dengan demikian bahan ajar berbasis videoscribe mata pelajaran IPA materi gaya dan gerak kelas IV dinyatakan sangat layak dan valid digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS FLIP PDF PROFFESIONAL PADA MATERI ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA Rosdiana Rosdiana; Muhammad Mirza Fatahullah; Dian Andikayani
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.10617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1).Untuk mengetahui pengembangan E-Modul berbasis Flip Pdf Professionalpada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia. 2). Untuk mengetahui efektifitas pembelajaranterhadap E-Modul berbasis Flip Pdf Professional pada materi Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia.Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti ini adalah Research and Development model Plomp yaitumodel pengembangan yang lebih berfokus kepada subjek penelitian yang tahapannya dimulai denganmemahami objek penelitian sampai pada tahapan mengetahui keterandalan produk penelitian yangsangat bergantung pada subjek penelitian. Adapun hasil Penilaian e-modul menggunakan flip pdfprofessional pada materi organ gerak hewan dan manusia secara keseluruhan menurut validator materi,modul, dan kepraktisan modul sangat baik dengan persentase penilaian masing-masing setelah revisiadalah 4,26 menurut ahli materi, 4,09 menurut ahli modul dan 4,27 menurut kepraktisan modul. Hasilpersentase peserta didik terhadap e-modul yang dikembangkan di sekolah tersebut adalah 51,93% Sangatbaik dan 11,97% baik. Hasil ini mengidentifikasi bahwa e-modul menggunakan flip pdf proffesional padamateri organ gerak hewan dan manusia baik digunakan dalam proses pembelajaran.
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI PESERTA DIDIK KELAS IV Aldila Bella Yekti; Istaryatiningtias Istaryatiningtias
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.8216

Abstract

Abstrak: Rendahnya kemandirian belajar dan kurangnya pengawasan dalam proses belajar yang dilakukan ayah dan ibu peserta didik berpengaruh pada proses perkembangan prestasi belajar yang dimiliki oleh peserta didik. Pengkajian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana dampak yang terdapat antara pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap hasil prestasi belajar peserta didik kelas empat di Sekolah Dasar Negeri Cilandak Timur 01 Jakarta Selatan. Jenis penelitian dalam riset ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode probability sampling, melalui teknik random sampling yang terdiri dari tiga kelas kontrol. Hasil dalam penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pola asuh orang tua serta kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Dalam penelitian ini memberikan bukti bahwa terdapat pengaruh antar dua variable yang didapat melalui nilai koefisien determinasi varians sebesar 20% yang dapat membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel terhadap prestasi belajar peserta didikKata Kunci: pola asuh, kemandirian belajar, prestasi belajar
EKSPLORASI NILAI BUDAYA MAYARAKAT SUKU MANDAR UNTUK MATERI MATEMATIKA SEKOLAH DASAR Eka wahyuni; Suherman Suherman
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.10375

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil eksplorasi nilai budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene sehingga, memperoleh hasil analisis hubungan etnomatematika yang ada pada masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene dengan materi matematika SD, mendeskripsikan pengintegrasian etnomatematika yang ada pada budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene dalam suplemen Bahan Ajar matematika SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan etnomatematika pada budaya masyarakat suku Mandar di Kabupaten Polewali Mandar dan Kabupaten Majene yang di eksplor berupa Kesenian, Permainan Tradisional, Makanan Khas, Kegiatan Nelayan, Sarung Sutera, Museum Mandar. Etnomatematika yang diperoleh  berelasi dengan materi matematika  SD antara lain yaitu,  Penjumlahan dan Pengurangan bilangan cacah sampai dengan 99, Bangun Datar Sederhana dan  Bangun Ruang Sederhana, Pecahan Sederhana, Lama Waktu Suatu Kejadian (satuan waktu), Kelipatan Suatu Bilangan dan Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan, Simetri Lipat dan Simetri Putar, Pengukuran Tidak Baku (satuan panjang, satuan isi, satuan berat), Keliling Bangun Datar (Persegi, Persegi Panjan, dan Segitiga), Penyajian Data, Posisi Benda Terhadap Mata Angin. Berdasarkan validasi bahan ajar matematika SD yang diintegrasi dari etnomatematika termasuk kategori sangat baik
PENGARUH PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MELALUI KEGIATAN JUMAT IBADAH TERHADAP MORAL RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS V DAN VI DI MI AL-ABRAR MAKASSAR Nurul Amalia; Usman Usman; Suarga Suarga
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.10616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bentuk penanaman nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan Jumat ibadah (2) Gambaran moral religius peserta didik (3) Pengaruh Penanaman nilaipendidikan islam melalui kegiatan jumat ibadah Terhadap moral religius peserta didik kelas V dan IV diMI Al-Abrar Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah kesuluruhan sampel yang digunakan adalah 40 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakan adalah angket, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil uji variabel berdasarkan hasil uji variabel penanamannilai pendidikan islam memiliki nilai koefisien yang bernilai positif sebesar 0,270, memiliki nilai t-hitung sebesar 2,058 t-tabel 2,028, serta nilai signifikan sebesar 0,054 0,05. Hal ini mengartikan bahwavariabel penanaman nilai-nilai pendidikan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap moral religius peserta didik, serta membuktikan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Konstribusi pengaruhpenanaman nilai-nilai pendidikan islam melalui kegiatan Jumat ibadah terhadap moral religius pesertadidik kelas V MI Al-Abrar Makassar yakni sebesar 90,1% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabellain.
HUBUNGAN BIMBINGAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 2 MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH Tri Suryaningsih; Anis Fuadah Zuhri; Anisa Bukhori
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.9659

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar pada saat pembelajaran jarak jauh peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang yang berjumlah 122 peserta didik dan jumlah sampel 61 peserta didik dengan random sampling. Data yang diambil untuk variabel bebas dan terikat menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik korelasi product moment pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis data pada uji korelasi dengan taraf signifikan 0,05 didapat hasil dengan nilai sig. sebesar 0,000, hasil rhitung dibanding dengan rtabel (61;0,05) = 0,254 oleh karena itu rhitung ≥ rtabel maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga hipotesis ada hubungan antara bimbingan orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas 2 SD Muhammadiyah 12 Pamulang pada saat pembelajaran jarak jauh diterima. Dengan hasil korelasi  0,667 atau sebesar 44,48% maka hubungan bimbingan orang tua dengan motivasi belajar berkategori kuat/tingg   
APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PENILAIAN KOGNITIF BERBASIS HOTS DI SEKOLAH DASAR Fatonah Salfadilah; Andi Prastowo; Yusuf Rendi Wibowo
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.9791

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan aplikasi kahoot dalam penilaian ranah kognitif peserta didik terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan aplikasi kahoot pada penilaian kognitif berbasis HOTS dapat menjadi salah satu alternatif mempermudah pendidik dalam mengukur tingkat kognitif peserta didik. Aplikasi kahoot memiliki beberapa peranan penting, yaitu aplikasi kahoot menyediakan hasil kuis dengan komprehensif, dan aplikasi kahoot dapat mengukur tingkat kognitif dengan soal HOTS serta inovasi dalam penilaian kognitif berbasis HOTS. Aplikasi kahoot memiliki kelebihan dan kelemahan saat digunakan dalam penilaian kognitif berbasis HOTS. Adapun Kelebihan kahoot ialah peserta didik lebih memerhatikan pendidik saat menyampaikan materi agar bisa menjawab soal menggunakan aplikasi Kahoot, menimbulkan sikap kompetitif dalam kelas, pembatasan waktu sehingga membuat peserta didik bersungguh-sungguh dalam mengerjakan soal, serta pendidik dipermudah mendapatkan hasil pengerjaan peserta didik. Kelamahan pada aplikasi kahoot ialah sarana dan prasana menjadi salah satu kekurangan utama dalam penggunaan aplikasi kahoot sebagai penilaian kognitif berbasis HOTS, kahoot dibatasi 120 karakter dalam kalimat di soal, dan kolom jawaban sebanyak 75 karakter dan aplikasi kahoot berbayar untuk berlangganan fitur premium.
INTEGRASI PENDEKATAN PEMBIASAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PADA ANAK DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH Difa Maulidya; Ahmad Syauqi; Ahmad Taraki; Misbahul Jannah; Widya Nurhafni Zulfa Purba
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.9777

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pentingnya pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak didik, implementasi pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak didik dan integrasi pendekatan pembiasaan dalam kegiatan keagamaan terhadap pembentukan akhlakul karimah pada anak. Penelitian ini memakai jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan penggunaan metode studi kasus. Hasil penelitian ini yaitu sangat pentingnya pembiasaan keagamaan pada siswa karena akhlakul karimah diwajibkan pada setiap orang, dimana akhlak menentukan sifat dan karakter seseorang dalam kehidupan bermasyarakat. Implementasi kegiatan keagamaan yaitu salam, senyum, sapa, sopan, santun (5S), pembiasaan berwudhu sebelum belajar, nasihat pagi, pembacaan sholawat syifa (Sholawat Thibbil Qulub), tadarus al-Qur’an. Integrasi kegiatan keagamaan terhadap akhlak siswa diantaranya yaitu, pembiasaan 5S akan membiasakan anak didik untuk selalu bersikap sopan dan santun kepada semua orang, pembiasaan berwudhu sebelum belajar akan membiasakan anak didik untuk, mau melakukannya serta mempraktikkannya secara terus-menerus dalam kehidupan sehari-hari. pembiasaan nasihat pagi membentuk anak didik yang menyukai ilmu pengetahuan serta menjadikan anak didik yang sebelumnya belum mengetahui suatu hal menjadi tahu. Pembacaan sholawat syifa bertujuan agar anak didik dijauhkan dari penyakit baik penyakit dzohir maupun batin. Pembiasaan membaca al-Qur’an ini diharapkan menjadi kebiasaan tidak hanya di madrasah tetapi juga terbiasa ketika anak didik berada dirumah, infaq jum’at dilaksanakan untuk membiasakan anak didik berinfaq dan untuk mengajari anak didik bahwa tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah, serta untuk melatih kepekaan anak didik terhadap lingkungan sekitar.Kata Kunci: Integrasi, pembiasaan, kegiatan keagamaan  dan akhlaqul karimah.
PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI PGMI IAIN PALAGKARAYA NUR SYAPIKA ADILA; Asrin Nasution; Widya Nurhafni Zulfa Purba; Sulistyowati Sulistyowati; Sukiman Sukiman
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.9810

Abstract

Perguruan Tinggi di Indonesia sudah mengimplementasikan program MBKM diawali dengan menyusun dokumen kurikulum yang disesuaikan dengan pedoman MBKM yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Pengembangan kurikulum menjadi kampus merdeka dan merdeka belajar sejatinya didasari pertimbangan aspek pendidikan tinggi dan globalisasi. Dengan berubahnya kurikulum di perguruan tinggi pastinya ada problem-problem yang harus dihadapi. Maka dari itu, Apabila setiap kendala dari berbagai sudut pandang berpotensi untuk di atasi atau di cegah, maka pelaksanaan program MBKM akan berjalan dengan lancar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik pengujian keabsahan data melalui triangulasi  dengan analisis data pada penelitian ini terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun kesimpulan ari penelitian ini adalah problematika yang dihadapi IAIN Palangkaraya dalam pengimplementasian MBKM adalah 1) perubahan struktur kurikulum, 2) Program Studi Kesulitan Menyesuaikan Beban Mata kuliah Dengan Perguruan Tinggi Mitra, 3) kesulitan menemukan mitra untuk bekerja sama, 4) Sistem Yang Masih Belum Sepenuhnya Menunjang Program MBKM.
PENINGKATAN KELANCARAN MEMBACA NYARING: STUDI KASUS PADA SISWA DENGAN PERMASALAHAN KELANCARAN MEMBACA Atika Permata Sari
JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar) Vol 6, No 1: APRIL 2023
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jrpd.v6i1.10870

Abstract

Kelancaran membaca merupakan keterampilan dasar akademik yang menjadi fondasi bagi capaian akademik siswa di sekolah. Kesulitan membaca yang tidak segera tertangani akan berdampak pada kemampuan siswa memahami materi pembelajaran. IHM adalah siswa kelas 3 SD yang teridentifikasi mengalami permasalahan kelancaran membaca. Hasil tes informal membaca menunjukkan bahwa kemampuan membaca IHM lebih rendah dibandingkan dengan kemampuan siswa kelas 3 SD pada umumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas intervensi dengan menggunakan kombinasi metode repeated reading, listening while reading, dan performance feedback. Intervensi yang dilakukan selama 13 sesi terbukti efektif dalam meningkatkan kelancara membaca huruf, vokal rangkap, diftong, dan kalimat.

Page 1 of 1 | Total Record : 10