cover
Contact Name
RUBIANTO
Contact Email
rubianto@unismuh.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
rubianto@unismuh.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
JKPD : Jurnal Kajian Pendidikan Dasar
ISSN : 2527428x     EISSN : 26225123     DOI : -
Core Subject : Education,
Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide dan hasil penelitian yang telah dicapai di bidang ilmu pendidikan secara Umum dan Pendidikan Dasar secara khusus. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) (p-ISSN: 2527-418X), berfokus pada masalah utama dalam studi Pendidikan Dasar yang meliputi: 1. Matematika; 2. Sains; 3. Kewarganegaraan; 4. Ilmu Sosial; 5. Bahasa Indonesia;
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022" : 9 Documents clear
Teknik Eksplorasi Teks, Kamus Rima, Dan Berpikir Lateral Dalam Pembelajaran Menulis Pantun Lintas Kurikulum Di Kelas IV SD Pertiwi Makassar Hasliah Hasliah
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.6771

Abstract

Salah satu materi pelajaran bahsa dan sastra Indonesia di Sekolah Dasar adalah menulis dan membaca pantun. Pantun sebagai bagian dari budaya sastra diupayakan untuk dilestarikan melalui proses belajar di sekolah.  Pantun perlu dilestarikan karena mempunyai nilai-nilai etik pergaulan yang luhur dan nilai-nilai estetik yang mengagumkan. Pantun perlu dilestarikan, ditumbuhkembangkan, serta disalurkan kepada generasi mendatang agar tidak punah.  Masalahnya kemampun menulis pantun dan ketertarikan terhadap pantun masih lemah termasuk di SD Pertiwi Makassar. Oleh karena itu, penulis melakukan upaya perbaikan me;lalui penelitian dengan menyodorkan salah satu strategi menulis pantun. Tujuan penelitian ini adalah  untuk (1)  mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar mengunakan teknik konvensional. (2) mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan teknik eksplorasi teks, kamus rima,  dan berpikir lateral. (3) mendeskripsikan efektif tidaknya teknik eksplorasi teks, kamus rima,  dan berpikir lateral  terhadap peningkatan kemampuan menulis pantun lintas kurikulum siswa kelas IV SD Pertiwi Makassar. Penelitian merupaklan penelitian survei dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh kelas IV SD Pertiwi Makassar tahun pelajaran 2020/2021. Populasi  tersebut berjumlah 84 orang. Sesuai karakteristik penelitian ekperimen yang membutuhkan kelas ekperimen dan kelas kontrol, maka dalam penelitian dibuat kelas eksperimen dan kontrol  diambil dua kelas yaitu kelas IV A dan kelas IVB secara acak yang sebelumnya diuji kemampuan menulis pantunnya yang relatif sama.  Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Tingkat hasil belajar menulis pantun lintas kurikulum siswa   kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral  adalah rata-rata 79,33 dalam rentangan nilai 10-100 dengan  kategori tinggi.(2) Tingkat hasil belajar menulis pantun lintas kurikulum siswa   kelas IV SD Pertiwi Makassar menggunakan teknik konvensional adalah rata-rata 67,74 dalam rentangan nilai 10-100 dengan  kategori sedang.(3) Eksplorasi teks, kamus rima, dan berpikir lateral efektif dalam meningkatkan hasil menulis pantun lintas kurikulum siswa   kelas IV SD Pertiwi Makassar, karena nilai t hitung/empiris lebih besar daripada nilai t tabel/teoretis (14,271,6709).
PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Waddi Fatimah; Perawati Bte Abustang; R Supardi
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.6364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SD Borong Jambu II. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Borong Jambu II dengan menggunakan angket (kuesioner) untuk memperoleh data variabel minat belajar. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua yaitu variabel bebas (independen) dan variabel terikat (dependen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, V dan IV SD Inpres Borong Jambu II dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan bantuan SPSS 20,0 for windows. Analisis inferensial hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig (0,000) α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa SD Inpres Borong Jambu II . Berdasarkan hasil penelitian guru hendaknya memberikan motivasi serta penguatan dalam proses pembelajaran agar siswa semakin tertarik dalam belajar. Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar IPS 
Keefektifan Media Penuntun Deskripsi Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Menulis Deskriptif Peserta Didik Kelas IV SdN 143 Inpres Leko Maros Marlina B Marlina B
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.6772

Abstract

Standar kompetensi menulis dalam pembelajaran bahasa Indonesia merupakan penentu untuk menunjukkan jati diri sebagai pribadi yang mampu karena peserta didik yang mampu menerangkan ide/gagasannya, perasaannya, dan pendapatnya dalam bentuk tulisan sesuai dengan keinginannya. Masalahnya, pembelajaran menulis masih beklum menggembirakan. Hal ini terungkap dalam banyak hasil penelitian. Upaya untuk memperbaiki secaraterus menerus melakukan upaya kreatiftermasuk dalam penelitian. Salah satu jenis keterampilan menulis yang dianggap tidak berhasil adalah menulis deskripstif di sekolah dasar sehingga penelitian mengenai peningkatan kemampuan menulis deskriopsi perlu dilakukan.   Oleh karena itu, penelitian ini  berupaya  mengujicobakan efektif tidaknya  penggunaan media kartu penuntun deskripsi dan teknik mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi  peserta didik kelas IV SDN 143  Inpres Leko Kabupaten Maros.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen semu. Adapun populasi penelitian adalah seluruh  kelas IV  SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros tahun pelajaran 2020/2021. Populasi  tersebut berjumlah 27 orang yang  dengan teknik pengambilan sampel adalah total sampling.`Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa penuntun deskripsi dan teknik mind mapping efektif dalam meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi siswa kelas IV SDN 143 Inpres Leko Kecamatan Moncongloe Kabupaten Maros. Hal ini telah dibuktikan dalam hasil uji coba yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kleterampilan menulis deskripsi siswa sebelum dan sesudah  menggunakan penuntun deskripsi dan teknik mind mapping  dengan nilai  “t” stat adalah 15,09152106 sedangkan nilai t Critical two-tail adalah 2,055529439.    
The Effect of Learning Video Media on Science Learning Outcomes Class V SD Negeri 188 Tanrongi Wajo Regency Nur Winda
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.6729

Abstract

AbstractThis study aims to determine the effect of learning video media on science learning outcomes at Class V Negeri 188 Tanrongi Wajo Regency. This research used experimental research with a quantitative approach. This experimental research was classified into a pre-experimental form of one group pretest posttest design. The technique sampling used saturated sampling technique. The research sample was 20 student. The research instrument was used through documentation, test and observation. Data analysis techniques were used descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The experimental class was class V that it was given through pretest and posttest using learning video media. Technique data analysis used t-test states that the results of the test calculation in the hypothesis of the posttest data obtained results of independent data analysis sample test sig (2.Tailed) a value of 0,000 which is smaller than 0,05 which means that there is learning outcomes so that H1 was accepted through the use of learning video media. So that it can be concluded that there is an influence of learning video media on Science learning outcomes of Class V at SD Negeri 188 Tanrongi of Wajo Regency.
STRATEGI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DARING DI MATLA’UL ATFAL KOTA BANDUNG Deni indrawan; Andi Prastowo
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.5582

Abstract

The purpose of this study was to obtain information about the management description of online-based learning, and the supporting and inhibiting factors of online learning at MI Matla'ul Atfal Bandung City. This research uses qualitative methods and the data analysis technique in this research is descriptive qualitative analysis. The results of the study, schools that apply online learning are seen from the management of the learning process. Shows that the role of teachers and facilities in online learning provides positive benefits for teachers and students in realizing learning objectives. The supporting factors for online learning are the facilities available in accordance with the needs and the existence of training for teachers on ICT, while the inhibiting factors are inadequate facilities, weak organization and monitoring and low internet network.keywords: Management, Online learning
EFEKTIVITAS CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES MENGGUNAKAN LIVE WORKHSEETS TERHADAP ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) DI SEKOLAH DASAR Rofiq Ahmad
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.6736

Abstract

Currently, the assessment is being carried out using a minimum competency assessment so that this study aims to determine the effectiveness of CUPs learning using a live worksheet on a minimum competency assessment in elementary schools. This research method uses a true experimental design. The design used is a pre-test post-test control group. The sampling technique used is random sampling. The sample in this study is class IV A and IV B with a total of 44 students. Data collection using a problem solving ability test. The analysis in this research is using classical completeness test and independent t-test and N-gain. The results of the literacy and numeracy calculations obtained showed that using CUPs assisted by live worksheets was more effective than expository learning. This can be seen from the classical completeness of students who have reached more than 75%, the average problem solving test results of students in the experimental class are more than the control class, as well as the increase in scores before the treatment is applied to get an average of 66 and after the treatment is applied it gets an average 78, meaning that the increase based on the gain is 0.35 with moderate criteria
Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Nindia Prita Berliana
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.5663

Abstract

Penelitian kajian pustaka ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan model analisis Miles dan Hubermen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan dalam penelitian kualitatif pada saat pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengumpulan data ini menggunakan observasi dan mengkaji sumber pustaka seperti buku, jurnal, dan skripsi yang sesuai dengan masalah peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Dalam pembelajaran IPA seharusnya dapat menerapkan model pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. salah satu model yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPA terutama di kelas V Sekolah Dasar adalah model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization (TAI). Untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar, sebaiknya pembelajaran IPA dibuat dengan aktif, efektif, efisien dan dibuat semenarik mungkin agar siswa tetap semangat dan tidak merasa bosan saat proses kegiatan belajar mengajar berlangsung.
KEBIJAKAN LITERASI DIGITAL BAGI PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK Ade Irma Suriani
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.7030

Abstract

Berada pada era revolusi industri 4.0 mengharuskan manusia berbasis informasi, tidak terkecuali peserta didik. Keharusan menghasilkan peserta didik yang berkarakter selalu menjadi prioritas, namun harus menyesuaikan dengan tantangan yang ada. Penggunakan internet cenderung memberikan penyimpangan pada sejumlah besar peserta didik untuk mengakses konten pornografi, tindakan bully, dan kata-kata makian pada laman media sosial karena minimnya pengawasan orang tua terhadap aktivitas digital yang dilakukan oleh anak, sehingga memicu timbulnya kejahatan cyber. Salah satu solusi yang dapat dikembangkan dalam dunia pendidikan adalah melalui kebijakan literasi digital. Tujuannya adalah bagaimana memberikan peta jalan agar kebijakan literasi digital diantara stakeholder di lingkungan sekolah dapat bersinergi dalam mengaplikasikan literasi digital untuk mengembangkan karakter peserta didik. Kajian ini menggunakan studi pustaka untuk mengurai kebijakan literasi digital dalam pengembangan karakter peserta didik. Hasil yang dapat dirumuskan bahwa pihak sekolah harus berkolaborasi antara dua elemen penting yaitu pihak keluarga dan lingkungan masyaraka untuk memberikan penguatan terhadap literasi digital dalam membentuk karakter peserta didik.
PENERAPAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN SERTA PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VI DI SD NEGERI KANDANG MBELANG ACEH TENGGARA shafa ardita
JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar) Vol 7, No 1 (2022): Januari 2022
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Univers

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/jkpd.v7i1.5725

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD. Masalah pokok dalam penelitian ini adalah apakah Pendidikan Kewarganegaraan dapat membentuk karakter siswa melalui pendekatan active learning. Penerapan active learning diharapkan dapat mengembangkan Pengetahuan Kewarganegaraan (civic knowledge), Kecakapan Kewarganegaraan(civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic dispositions) peserta didik. Melihat keadaan sekarang ketika semangat nasionalisme dan patriotisme yang dicirikan bangsa Indonesia telah memudar sering berubahnya zaman dan berkembangnya teknologi informasi dan globalisasi. Keadaan ini harus diubah dengan ditekankannya peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam pendidikan dasar agar terbentuknya pendidikan karakter sejak dini. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan kepustakaan, dengan objek penelitian siswa dan guru kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang. Data diolah secara deskriptif kualitatif, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi nilai-nilai karakter yang terbentuk dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (2) Mengidentifikasi nilai karakter dari guru Pendidikan Kewarganegaraan (3) Mengintegrasi nilai karakter Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan penelitian di dapat beberapa karakter siswa yang timbul saat pembelajaran kewarganegaraan berlangsung ialah: (1) Disiplin, ditunjukkan saat siswa melakukan baris-berbaris sebelum pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dimulai (2) Cinta tanah air, ditunjukkan dengan pembiasaan menyanyikan lagu nasional (3) Demokratis, yaitu cara berpikir dan bertindak menilai hak dan kewajiban dirinya dengan orang lain. Dan dari kajian penelitian yang dilakukan di kelas VI SD Negeri Kandang Mbelang ditemukan proses pembelajaran yang produktif sehingga membuat siswa menikmati pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Page 1 of 1 | Total Record : 9