cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
info.ejournal@undiksha.ac.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha
ISSN : 26139669     EISSN : 26139650     DOI : 10.23887/paud
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha is an open access peer-reviewed scientific journal published by Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. The journal publishes different kinds of scientific articles based on the field research and program in the area of early childhood education. We received only articles relating to early childhood education fields, and can be written using quantitative or qualitative approaches. Articles can be made in a variety of research designs, such as action research, experiments, and case studies. This journal was published since 2012, and from 2016 we published articles three times a year (April, August, and December).
Arjuna Subject : -
Articles 63 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus" : 63 Documents clear
PENGARUH TEKNIK TOKEN ECONOMY TERHADAP PERILAKU DISRUPTIF PADA ANAK DI TK GANESHA DENPASAR Ni Putu Canis Sutaryani . .; Drs. I Nengah Suadnyana,M.Pd .; Luh Ayu Tirtayani,S.Psi.,M.Psi. .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik token economy terhadap perilaku disruptif anak di TK Ganesha Denpasar. Perilaku disruptif berdampak negatif pada diri anak maupun lingkungannya. Dampak negatif tersebut ditandai dengan proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas menjadi tidak kondusif, mengganggu kegiatan belajar semua siswa, anak tidak bisa bersosialisasi dengan orang lain, mengancam keselamatan diri, guru dan teman-temannya. Apabila perilaku disruptif anak tidak sedini mungkin ditangani maka dikhawatirkan akan berlanjut hingga anak remaja. Maka dari itu perlu adanya intervensi yang dapat menurunkan perilaku disurptif anak di kelas. Teknik keperilakuan di anggap mampu untuk menurunkan perilaku disruptif. Oleh karena itu dalam penelitian ini menerapkan teknik token economy. Jenis penelitian ini adalah rancangan ekperimen kasus tunggal yang dilaksanakan dalam tiga fase yaitu fase baseline (A1), fase intervensi (B) dan fase baseline (A2) . Subjek dalam penelitian ini adalah 2 anak kelompok B2 TK Ganesha Denpasar tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data penelitian tentang perilaku disruptif anak menggunakan metode observasi dan wawancara dengan instrumen lembar observasi checklist. Data kuantitatif dianalisis secara visual (visual inspection), sedangkan data kualitatif dipaparkan secara deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi penurunan frekuensi perilaku disruptif subjek 1 dari fase baseline (A1) dengan rerata 21,35 menjadi 7,3 pada fase penerapan intervensi (B). Pada subjek 2 juga terjadi penurunan frekuensi perilaku disruptif dari rata-rata 17,65 pada fase baseline (A1) menjadi 8,85 pada fase penerapan teknik token economy. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa teknik token economy berpengaruh terhadap menurunnya perilaku disruptif anak di TK Ganesha DenpasarKata Kunci : perilaku disruptif, rancangan eksperimen kasus tunggal, teknik token economy This study aims to determine the effect of the token economy technique to disruptive behavior of children in Ganesha kindergarten Denpasar. Disruptive behavior has a negative impact on children and their environment. The negative impact was marked by the process of teaching and learning activities in the classroom becomes not conducive, interfere with learning for all students, children cannot socialize with other people, as well as threatening the safety of themselves, teachers and their friends. If the disruptive behavior of children is not treated as early as possible it is feared will continue till teenagers. So that needs the required treatment to reduce the disruptive behavior of children in a class where one of them is a token economy technique. Kind of this research is single case experimental design was implemented in three phases which are the baseline phase (A1), the intervensi phase (B) and the baseline phase (A2). Subjects in this study are two children from B2 group of Ganesha kindergarten Denpasar school year 2015/2016. The collection of data researches about disruptive behavior of children using observation and interview method with instrument checklist observation. Quantitative data were analyzed visually (visual inspection), whereas qualitative data presented descriptively. The results of data analysis showed a decrease in the frequency of disruptive behavior subject 1 from baseline phase (A1) with a mean of 21.35 to 7.3 in the implementation phase of treatment (B). In subject 2 also a decline in the frequency of disruptive behavior from an average of 17.65 in the baseline phase (A1) to 8.85 in the implementation phase of token economy technique. Based on these results it can be concluded that the token economy technique affect the decline in disruptive behavior of children in Ganesha kindergarten Denpasar.keyword : disruptive behavior , single case experimental design, token economy technique
PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN GOBAK SODOR UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B Putu Adi Maryastuti .; Drs. Nyoman Wirya .; Drs. I Made Suara, M.Pd .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7559

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Perkembangan sosial-emosional anak melalui permainan gobak sodor pada anak kelompok B semester II TK Raisma Putra Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B TK Raisma Putra Denpasar tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 22 orang dengan 7 orang anak perempuan dan 15 orang anak laki-laki. Data perkembangan sosial-emosional dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi dengan menggunakan instrumen lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan penilaian yang dilakukan dalam dua siklus, terjadi peningkatan sebesar 14,75 dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diketahui pencapaian perkembangan sosial-emosional sebesar 65,31% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II pencapaian perkembangan sosial-emosional sebesar 80,06% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode bermain melalui permainan gobak sodor dapat meningkatkan perkembangan sosial-emosional anak kelompok B TK Raisma Putra Denpasar. Kata Kunci : metode bermain, permainan gobak sodor, dan perkembangan sosial-emosional This research is aimed to know the improvement of children’s social-emotional development through Gobak Sodor game toward the group B students at TK Raisma Putra, Denpasar, in the even semester of the academic year 2015/2016. This research is a Classroom Action Research (CAR) which was conducted in two cycles. The subject of this research was the group B students at TK Raisma Putra, Denpasar, in the even semester of the academic year 2015/2016 consisted of 22 students, in which 7 of them are female students and 15 of them are male students. The data were collected by using observation method with observation sheets as the instrument. The obtained data were analyzed by using descriptive statistical analysis technique and descriptive quantitative analysis method. Based on the assessment during the cycles, it was found that the improvement was 14.75% from the first cycle to the second cycle. In the first cycle, it was found that the improvement of the children’s social-emotional development was 65.31% which was categorized as medium level. Meanwhile, in the second cycle, it was found that the improvement of the children’s social-emotional development was 80.06% which was categorized as high level. Therefore, it can be concluded that the implementation of Gobak Sodor game as a teaching method can improve the group B students’ social-emotional development at TK Raisma Putra, Denpasar, in the even semester of the academic year 2015/2016.keyword : game method, Gobak Sodor game, social-emotional development
PENERAPAN KEGIATAN FINGER PAINTING UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B2 TK DHARMA PRAJA DENPASAR Ni Luh Gede Wiratni .; Drs. Ida Bagus Surya Manuaba,S.Pd., M.Fo .; Dr. M.G. Rini Kristiantari,M.Pd .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7560

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus melalui kegiatan finger painting pada anak kelompok B2 TK Dharma Praja Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek terteliti adalah anak kelompok B2 TK Dharma Praja Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 23 anak yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Data penelitian tentang perkembangan motorik halus dikumpulkan menggunakan metode observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus anak kelompok B2 di TK Dharma Praja Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016 setelah dilaksanakan kegiatan finger painting yaitu 11,1%. Hal ini diketahui dari peningkatan rata-rata persentase perkembangan motorik halus anak siklus I yaitu 71,7% yang berada pada kategori sedang menjadi 82,8% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan finger painting dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok B2 TK Dharma Praja Denpasar Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci : finger panting, perkembangan motorik halus The purpose of this research is to increase of fine motor skills development through finger painting activity that is applied to B2 children group of TK Dharma Praja Denpasar class of 2015/2016. The type of research applied is classroom action research (CAR). Subjects are children of group B2 of TK Dharma Praja Denpasar class of 2015/2016 a total of 23 children consist of 11 girls and 12 boys. Research data of this fine motor skill development is collected by observation method. Collected data were analyzed using descriptive statistics and analytical descriptive methods. The analysis showed that there’s an increase of fine motor skills by 11,1% after the finger painting activity were applied to B2 children group of TK Dharma Praja Denpasar class of 2015/2016. This was figured out from the average increase of fine motor skills from the first cycle that is 71,7% in which it was considered medium category to 82,8% on the second cycle to be considered a high category. According to this research it can be concluded that finger painting activity could improve child’s fine motor skill development on B2 children group of TK Dharma Praja Denpasar class of 2015/2016.keyword : finger painting, fine motor skill development
PENERAPAN PERMAINAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK A1 TK NEGERI PEMBINA DENPASAR Ni Md Kriswidyantari .; Drs. I Wayan Sujana,S.Pd, M.Pd .; Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7610

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis anak setelah penerapan permainan sains pada anak kelompok A1 semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Negeri Pembina Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok A1 semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Negeri Pembina Denpasar sebanyak 22 anak. Data penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kritis anak yang dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis setelah penerapan permainan sains pada anak kelompok A1 semester II tahun pelajaran 2015/2016 di TK Negeri Pembina Denpasar sebesar 15,23%. Hal ini dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan berpikir kritis anak pada siklus I sebesar 65,22% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 81,45% pada siklus II dengan kriteria tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis anak setelah diterapkan permainan sains pada anak kelompok A1 semester II TK Negeri Pembina Denpasar tahun pelajaran 2015/2016.Kata Kunci : pemainan sains, berpikir kritis, anak usia dini. This study aimed to increase critical thinking skills of children after the application of the science game in children group A1 semester II in TK Negeri Pembina Denpasar academic year 2015/2016. Type of this research is classroom action research which is conducted in two cycles. Research subjects are children in group A1 semester II in TK Negeri Pembina Denpasar academic year 2015/2016 many as 22 children. This research data that is critical thinking skills of children collected using observational methods with instruments such as observation sheet. Data collected were analysis using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive statistical analysis methods. The result showed that an increase critical thinking skills of children after the application of the science game in children group A1 semester II in TK Negeri Pembina Denpasar academic year 2015/2016 of 15,23%. It is seen from the increase in the average percentage score of critical thinking skill of children in the cycles I of 65,22% with the moderate criteria be equal to 81,45% on the cycles II with high criteria. Based on the result of research concluded that an increase critical thinking skills of children after the applied science game in children group A1 semester II in TK Negeri Pembina Denpasar academic year 2015/2016.keyword : science game, critical thinking, early childhood.
PENERAPAN PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK A TK RAISMA PUTRA DENPASAR Ni Kd A Nopilayanti .; Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .; Drs. I Gusti Agung Oka Negara,S.Pd. M.Ke .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar setelah diterapkan permainan tradisional engklek pada anak Kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Raisma Putra Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 12 orang anak TK Raisma Putra Denpasar pada kelompok A semester II tahun pelajaran 2015/2016. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perkembangan motorik kasar setelah penerapan permainan tradisional engklek pada anak kelompok A semester II tahun pelajaran 2015/2016 Di TK Raisma Putra Denpasar sebesar 13,56%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase kemampuan perkembangan motorik kasar pada siklus I sebesar 66,62% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 80,18% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional engklek dapat meningkatkan perkembangan motorik kasar anak kelompok A Semester II Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Raisma Putra Denpasar.Kata Kunci : permainan tradisional engklek, perkembangan motorik kasar, anak usia dini The study aimed to find out the development of hard motoric after the implementation of the traditional game engklek toward second semester student group A in academic year 2015/2016 at TK Raisma Putra Denpasar. The model of this study is classroom action research with two cycle. The subject of this study was 12 second semester student of group A at TK Raisma Putra Denpasar in academic year 2015/2016. The data collection in this study is done by observation method and the instrument to collect the data is observation sheet. This study used descriptive statistic analysis and descriptive quantitative statistic analysis method. The result of this study shower that there is a development of the hard motoric after the implementation of traditional game engklek toward the second semester group A students in academic year 2015/2016 at TK Raisma Putra Denpasar. The development reach 13,56%. This could be seen from the development of the average precentage of hard motoric skill development on the firts cycle, it is 66,62%, which is categorized asa average becomes 80,81% on the second cycle which can be categorized as high.keyword : traditonal game engklek, development of hard motoric, early childhood
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI MELALUI KEGIATAN MENCETAK BERBANTUAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS Ni Wayan Juniari .; Drs. Made Putra, M.Pd .; Dra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak setelah diterapkannya metode demonstrasi melalui kegiatan mencetak berbantuan bahan alam di kelompok A2 Tk Negeri Pembina Denpasar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A2 Tk Negeri Pembina Denpasar tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 22 orang. Data perkembangan motorik halus dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perkembangan motorik halus dari penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan mencetak berbantuan bahan alam mencapai 14,19%. Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I diketahui pencapaian perkembangan motorik halus sebesar 66,43% dengan kategori sedang. Sedangkan pada siklus II pencapaian perkembangan motorik halus sebesar 80,62% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan mencetak berbantuan bahan alam dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak kelompok A2 Tk Negeri Pembina Denpasar. Kata Kunci : metode demonstrasi, kegiatan mencetak, motorik halus. This study aims to the increase of fine motoric development of the child after the implementation of the demonstration method trough publish assisted natural materials in the group A2 TK Negeri Pembina Denpasar academic year 2015/2016. This research is a classroom action research. Subjects in this study were children in group A2 TK Negeri Pembina Denpasar 2015/2016 academic year as many 22 peoples. To collect fine motoric development data by using the method of observation. The data obtained were analyzed using descriptive statistical analysis of quantitative techniques. The result of data showed that there was an increase fine motoric development of the implementation of demonstration method through publish assisted natural material reach 14.19%. Data analysis is done by comparing the result of the first cycle and the second cycle. In the first cycle of fine motoric development achievement 0f 66, 43% with medium category. While on the second cycle of fine motoric development achievement of 80,62% with a high category. It can be concluded that the application of the method of demonstration through publish assisted natural materials can both increase the fine motoric children in group A2 TK Negeri Pembina Denpasar. keyword : Method of demonstration, publish activities, fine motoric development.
Penerapan Metode Bermain Kooperatif Berbantuan Media Topeng Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial pada Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari I Denpasar Tahun pelajaran 2015/2016 Hilda Indriani .; Drs. Made Putra, M.Pd .; Drs. I Ketut Ardana,M.Pd. .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7616

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan sosial pada anak kelompok B Semester II di TK Kemala Bhayangkari I Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016, melalui penerapan metode bermain kooperatif berbantuan topeng karakter. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan , pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 14 anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari I Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Data tentang pengembangan kemampuan sosial anak dalam media topeng karakter diperoleh dengan menggunakan metode obesrvasi dengan instrumen obesrvasi. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisi statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sosial melalui metode bermain kooperatif dari 71,92% yang berada pada kategori sedang pada siklus I meningkat menjadi 80,35 yang berada pada kategori tinggi pada siklus II, sehingga ada peningkatan sebesar 8,43%.Kata Kunci : metode bermain kooperatif, kemampuan sosial, topeng karakter. This research aims to know the social ability in kindergarten Kemala Bhayangkari I Denpasar Years Lesson 2015/2016, from the application of cooperative playing assisted character mask. Type of this research is the act of class research carried out in the two cycles. Each cycle consist of the planning phase of action, the implementation of the action, observation/evaluation and reflection. The subject of the research is 14 student on group B in Kindergarten Kemala Bhayangkari I Denpasar. Years Lesson 2015/2016. Data about the increased social ability of student in the character mask media figures obtained using the methods of observation with the observation instrument. Data were analyzed using descriptive statistical analysis methods. The result showed that improvement of children’s social ability through granting methods of 71,92% in the categories is medium in the first cycle increased to 80,35% at high in the second cycles categories, so there is an increased of 8,43%. keyword : cooperative playing methods, social ability, character mask
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA PLAYDOUGH UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B Luh Komang Sugianingsih .; Drs. Nyoman Wirya .; Drs. I Wayan Darsana,M.Ed .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7617

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan motorik halus melalui metode demonstrasi berbantuan media playdough pada anak Kelompok B di TK Kumara Jaya Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah Anak Kelompok B Tahun Pelajaran 2015/2016 di TK Kumara Jaya Denpasar, sebanyak 22 orang yang terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan motorik halus dikumpulkan menggunakan metode observasi dengan instrument lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan. Perkembangan motorik halus anak kelompok B TK Kumara Jaya Denpasar setelah diterapkan metode demonstrasi berbantuan media playdough sebesar 20,46%. Ini terlihat peningkatan rata-rata persentase perkembangan motorik halus pada siklus I dari 67,04% yang berada pada kategori sedang, menjadi 87,50% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi berbantuan media playdough dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak kelompok B di TK Kumara Jaya Denpasar.Kata Kunci : Kata kunci: metode demonstrasi, media playdough, dan motorik halus This study aims to improve fine motor development through demonstration aided method playdough media in children in Group B TK Kumara Jaya Denpasar in academic year 2015/2016. This research is a classroom action research (PTK) is conducted in two cycles. This research subject is the Son of Group B in the academic year 2015/2016 in TK Kumara Jaya Denpasar, as many as 22 people consisting of 14 boys and 8 girls. Data research on fine motor development were collected using observational methods with instrument observation sheet. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. Results of data analysts shows an increase. Fine motor development of children in group B TK Kumara Jaya Denpasar after the applied method playdough media demonstration aided by 20.46%. This is seen an increase in the average percentage of fine motor development in the first cycle of 67.04% were in middle category, being 87.50% in cycle II at the high category. Based on these results it can be concluded that the application of the method of demonstration aided playdough media can improve fine motor development in children at the kindergarten group B Kumara Jaya Denpasar.keyword : Keywords: method of demonstration, playdough media, and fine motor
PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG FLANEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA ANAK Cokorda Istri Ratih Komala Dewi .; Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. .; Dra. Ni Wayan Suniasih,S.Pd, M.Pd .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7618

Abstract

Penelitaian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara setelah penerapan metode bercerita melalui media wayang flanel pada anak kelompok B4 di TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B4 semester II TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar yang berjumlah 15 orang terdiri dari 3 orang anak perempuan dan 12 orang anak laki-laki. Objek penelitian adalah kemampuan berbicara anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakakukan dengan metode observasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata persentase kemampuan berbicara anak kelompok B4 di TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar sebesar 20%. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata persentase Kemampuan Berbicara anak pada siklus I 65,00% dengan kriteria sedang menjadi sebesar 85,00% pada siklus II yang ada pada kriteria tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bercerita menggunakan media wayang flanel mampu meningkatkan Kemampuan Berbicara anak kelompok B4 TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata Kunci : metode bercerita, wayang flanel, berbicara This study aimed to increase the speaking ability after the application of the story telling method through media flannel puppets for the children in group B4 of Kindergarten Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. This type of research was a classroom action research (CAR) conducted using two cycles. The subject in this study was the group B4 of Kindergarten Kemala Bhayangkari 1 Denpasar. amounting 15 children, consisting of 3 female children and 12 male children. The object of this research was speaking ability for child. The data collection of this research was conducted observation. The data method analysis used descriptive statistical analysis method and quantitative descriptive analysis method. The results showed that an increase in speaking ability of group B4 of 20%. It can be seen from increase in the average percentage of the speaking ability of children in cycle I was 65,00% with the criteria being amounted to 85,00% in the second cycle II which was on high criteria. It can be concluded that the implementation of the storytelling method using media flannel able to improve speaking ability of children group B4 at Kindergarten Kemala Bhyangkari 1 Denpasar academic year 2015/2016.keyword : storytelling, puppet flannel, the speaking ability
PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A A A Istri Ratna Dewi .; DB.KT.NGR. Semara Putra,S.Pd., M.For. .; Drs. Nyoman Wirya .
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/paud.v4i2.7625

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan setelah diterapkan metode bermain melalui permainan ular tangga pada anak Kelompok A Semester II di PAUD Candra Kasih Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A semester II di PAUD Candra Kasih Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016, sebanyak 17 anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Data penelitian tentang perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan pada siklus I mencapai 65,00% dan berada pada kategori sedang. Pada siklus II rata-rata perkembangan kognitif dalam mengenal lambang bilangan mencapai 85,00% dan berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatkan dari siklus I ke siklus II sebesar 20,00%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan perkembangan kognitif pada anak kelompok A semester II di PAUD Candra Kasih Denpasar Tahun Pelajaran 2015/2016.Kata Kunci : metode bermain, permainan ular tangga, perkembangan kognitif This study aims to improve the cognitive development in recognizing the symbol of numbers after applied the method of playing through snakes and ladders game for Group A children in the second Semester of Candra Kasih Denpasar the Academic Year 2015/2016. The type of this research is the Classroom Action Research (CAR) is conducted in two cycles. The subjects were students in group A of Candra Kasih Denpasar Academic Year 2015/2016, the total of 17 children, consist of 10 boys and 7 girls. The data research on cognitive development in finding symbol of numbers collected by the method of observation with instruments such as observation sheet. The data were analyzed using descriptive statistical analysis and quantitative descriptive analysis method. Based on the data analysis, obtained an average of cognitive development in recognizing the symbol of numbers in the first cycle reaches 65,00% and the middle category. In the second cycle the average cognitive development in recognizing the symbol numbers reached 85,00% and at the high category. Improvement occurred from the first cycle to the second cycle is 20,00%. So we can conclude that the Use of the method of playing through the snakes and ladders game can improve the cognitive development of the children in Candra Kasih Denpasar Academic Year 2015/2016.keyword : playing method, snakes and ladder game, cognitive development

Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol. 11 No. 2 (2023): Agustus Vol. 11 No. 1 (2023): April Vol. 10 No. 3 (2022): Desember Vol. 10 No. 2 (2022): Agustus Vol. 10 No. 1 (2022): April Vol 9, No 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 3 (2021): Desember Vol. 9 No. 2 (2021): Agustus Vol 9, No 2 (2021): Agustus Vol 9, No 1 (2021): April Vol. 9 No. 1 (2021): April Vol 8, No 3 (2020): Desember Vol 8, No 3 (2020) Vol. 8 No. 3 (2020): Desember Vol 8, No 2 (2020): Agustus Vol. 8 No. 2 (2020): Agustus Vol 8, No 2 (2020) Vol. 8 No. 1 (2020): April Vol 8, No 1 (2020) Vol 8, No 1 (2020): April Vol 7, No 3 (2019): Desember Vol 7, No 3 (2019) Vol. 7 No. 3 (2019): Desember Vol 7, No 2 (2019): Agustus Vol 7, No 2 (2019) Vol. 7 No. 2 (2019): Agustus Vol 7, No 1 (2019): April Vol. 7 No. 1 (2019): April Vol 7, No 1 (2019) Vol 6, No 3 (2018) Vol. 6 No. 3 (2018): Desember Vol 6, No 3 (2018): Desember Vol 6, No 2 (2018) Vol 6, No 2 (2018): Agustus Vol. 6 No. 2 (2018): Agustus Vol 6, No 1 (2018): April Vol 6, No 1 (2018) Vol. 6 No. 1 (2018): April Vol. 5 No. 3 (2017): Desember Vol 5, No 3 (2017) Vol 5, No 3 (2017): Desember Vol. 5 No. 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Agustus Vol 5, No 2 (2017): Vol 5, No 1 (2017): April Vol 5, No 1 (2017): Vol. 5 No. 1 (2017): April Vol 4, No 3 (2016): Desember Vol 4, No 3 (2016): Vol. 4 No. 3 (2016): Desember Vol 4, No 2 (2016): Vol. 4 No. 2 (2016): Agutus Vol 4, No 2 (2016): Agutus Vol 4, No 1 (2016): April Vol. 4 No. 1 (2016): April Vol 4, No 1 (2016): Vol 3, No 1 (2015): Vol. 3 No. 1 (2015): Juli Vol 3, No 1 (2015): Juli Vol 2, No 1 (2014): Vol 2, No 1 (2014): Juli Vol. 2 No. 1 (2014): Juli Vol. 1 No. 1 (2013): Juli Vol 1, No 1 (2013): EDISI PERDANA Vol 1, No 1 (2013): Juli More Issue