cover
Contact Name
Guntur Firmansyah
Contact Email
gunturpepeng@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jpjok.pjkr@budiutomomalang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)
Published by IKIP Budi Utomo Malang
ISSN : 26548003     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (JP JOK) published by the physical education, health and recreation study program faculty of exact sciences and sports education IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (JP JOK) is published every May and November. It is a special journal that deals with science, including education, learning, teaching, sports health, both in theory, and training practices in the field.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan" : 7 Documents clear
EVALUASI KEBUGARAN JASMANI MELALUI HARVARD STEP TESTPADA MAHASISWAPJKR TAHUN2016/2017 IKIP BUDI UTOMO Yusuf, Havid
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (189.333 KB)

Abstract

Kebugaran jasmani pengertiannya yaitu kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Salah satu tes kebugaran jasmani adalah Harvard Step Test. Evaluasi merupakan suatu usaha mengukur hasil dari suatu program dengan cara membandingkan dengan tujuan yg telah ditetapkan secara sistematis, dan bagaimana cara pencapaian tujuan tersebut. Instrumen tes yang dilakukan adalah naik turun bangku selama 5 menit dengan bantuan bangku Swedia dengan tinggi 45 cm dan stopwatch.Mahasiswa memeriksa denyut nadi (pulse) di menit pertama setelah naik turun bangku menggunakan stopwatch hingga menit ke tiga.Hasilnya, laki-laki (180) dan perempuan (12) mahasiswa IKIP Budi Utomo memiliki tingkat kebugaran yang baik dengan rata-rata 84.
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PERMAINAN FUTSAL MELALUI METODE TGT PADA SISWA KELAS X DI SMA SELAMAT PAGI INDONESIA KOTA BATU Wibowo, Pandu Adi
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.233 KB)

Abstract

Pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan dari sistem pendidikan secara keseluruhan.  Pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tersebut. Tujuan pendidikan jasmani bukan aktivitas jasmani, tetapi bagaimana mengembangkan seluruh potensi siswa melalui aktivitas jasmani. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui metode TGT dalam permainan futsal. Subjek penelitian adalah siswa Kelas X SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu yang terdiri dari25orang siswa. Dalam pelaksanaan TGT pembagian kelompok dilakukan dengan dua cara: cara pertama kelompok berdasarkan gender, cara kedua kelompok dicampur antara putra dan putri. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus pertama menunjukkan bahwa aspek afektif tentang keaktifan masih diperlukan perbaikan, sehingga perlu dilakukan perbaikan pada siklus 2. Pada siklus 2 sudah menunjukkan hasil yang optimal sehinggatidak diperlukan lagi siklus berikutnya. Karena pada siklus 2 sudah meningkat. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa metode TGT dapatmeningkatkan keaktifan siswa SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Meningkatnya keaktifan siswa juga akan mempengaruhi pola belajar siswa dalam mencapai tujuan baik secara kognitif, afektif maupun psikomotor
PENGEMBANGAN BUKU AJAR PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAHRAGA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV SDN NGUTER 02 LUMAJANG Setyawan, Trinovandhi
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.911 KB)

Abstract

Buku ajar merupakan buku yang diajarkan atau digunakan sebagai buku pelajaran dalam bidang studi tertentu, yang merupakan buku standar yang disusun oleh pakar dalam bidangnya, untuk maksud-maksud dan tujuan intruksional, yang dilengkapi dengan sarana-sarana pelajaran yang serasi dan mudah dipahami oleh para pemakainya disekolah-sekolah dan perguruan tinggi sehingga dapat menunjang suatu program pengajaran. Pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang menekankan kepada suatu proses ilmiah. Pendekatan saintifik diyakini sebagai titian emas dalam perkembangan berfikir yang meliputi kemampuan psikomotor, kemampuan kognitif, dan kemampuan afektif. Langkah -langkah pembelajaran saintifik terdiri dari lima pokok pengalaman belajar seperti; (1) mengamati, (2) menanya, (3) mengumpulkan informasi, (4) mengasosiasikan dan (5) mengkomunikasikan/ menyimpulkan. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan buku ajar pendidikan jasmani dan olahraga melalui pendekatan saintifik pada siswa kelas IV SD Negeri Nguter 02 Semester II Pasirian Kabupaten Lumajang pada Tahun pelajaran 2014/ 2015. Model pengembangan buku ajar ini menggunakan model pengembangan Sugiono Tahun 2010. Hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut ; (1) Data dari Ahli pembelajaran dieproleh rata-rata 78,33 %, (2) Evaluasi untuk Ahli media di peroleh rata-rata 81,33 %, (3) Evaluasi Ahli bahasa di peroleh rata-rata 81,67 %, sedangkan untuk uji kelompok kecil ( tahap I ) diperoleh hasil 81,25 %, uji kelompok besar ( tahap II ) diperoleh rata-rata 82,72 %. Pengembangan produk buku ajar ini belum sampai pada penelitian uji efektifitas, untuk itu perlu di adakan lagi sebuah penelitian tentang efektifitas prosuk buku ajar ini yang telah dikembangkan
PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEORI TENIS MEJA BAGI MAHASISWA KELAS A 2016 JURUSAN PJKR IKIP BUDI UTOMO MALANG Irwansyah, Irwansyah
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (202.534 KB)

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang mampu menciptakan situasi belajar aktif sepanjang masa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku ajar tenis bagi mahasiswa jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi. Penelitian ini merupakan penelitin pengembangan, yang dilakukan di IKIP Budi Utomo Malang. hasil dari penelitian pengembangan buku ajar tenis meja bagi mahasiswa jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi (PJKR)  IKIP Budi Utomo  Malang, ini sudah sempurna dengan “kategori baik”, sehingga buku ajar tenis meja tersebut telah dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga mahasiswa memiliki bekal keilmuan yang berkompeten, selain itu keberadaan buku ajar dapat dijadikan bahan kajian dan sumber belajar tenaga pendidik.
ANALISIS INTERAKSI TEMAN SEBAYA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN NGARINGAN 05 KECAMATAN GANDUSARI KABUPATEN BLITAR Ernata, Yusvidha
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.237 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi teman sebaya pada peserta didik mengenai aspek-aspek antara lain: 1) Kelekatan pertemanan; 2) Posisi anak dalam kelompok sebaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini mengakatakan bahwa ada beberapa indikator interaksi teman sebaya yang masih perlu diperhatikan untuk ditingkatkan antara lain: 1). bercerita kepada teman jika dimarahi orangtua yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,5; 2) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 3) mempunyai geng di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 4). tidak takut mengejek orang yang lebih dewasa ketika bersama teman-temanmemperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,3; 5) mengikuti ajakan teman-teman karena takut dijauhi yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,6; 6) ketika istirahat lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 7) hanya bermain dengan teman yang dekat dengan saja yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,8; 8), ketika istirahat saya lebih senang di kelas yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 9) teman-teman memilih menjadi ketua jika mendapatkan tugas kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2; 10) suka bermain sendiri di sekolah yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 1,4; 11) teman-teman suka mengejek yang memperoleh poin di bawah rata-rata yatu 1,8; 12) teman-teman mengajak menjadi anggota kelompok yang memperoleh poin di bawah rata-rata yaitu 2,7.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW SISWA SDN SAMBIGEDE 03 SUMBERPUCUNG MALANG Sriyatin, Sriyatin; Sucipto, Adi; Sulikan, Sulikan
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.541 KB)

Abstract

Kurangnya variasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani membuat siswa bosan dan tidak semangat dalam mengikuti pelajaran. Karena itu diperlukan model pembalajaran yang menarik sehingga siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti pelajaran. Model  yang terapkan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan jasmani dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw IIpada siswa kelas V SDN Sambigede 03 Sumberpucung Malang. Hasil penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kondisi awal atau  hasil prasiklus menunjukkan ketidak tuntasan siswa dalam pembelajaran jasmani sebesar 40%, kemudian diberikan treatment pada siklus I dan II dengan menggunakan model jigsaw mengalami peningkatan  ketuntasan mencapai 57 %, dan pada siklus II ketuntasan mencapai 77%
SURVEI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI PADA SISWA PUTRI KELAS VIII MTS SURYA BUANA MALANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Saputro, Yulianto Dwi
JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan) Vol 1 No 2 (2018): Jp.jok : Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan
Publisher : JP.JOK (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.537 KB)

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan salah satu komponen dalam mencapai suatu produktivitas yang baik.Kebugaran jasmani yaitu kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran tentang  kebugaran jasmani pada Siswa Putri Kelas VIII MTsSurya Buana Malang Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan survei. Pengumpulan data dilakukan ini untuk mendapatkan informasi terkait dengan fenomena, kondisi atau variable tertentu dan tidak dimaksudkan untuk melakukan pengujian hipotesis. Bentuk sederhana dari penelitian ini dengan menggunakan  penelitiansatu variable dananalisisnya menggunakan statistik deskriptif meliputi mean, median, persentase, dan rasio. Hasil Penelitian ini terdapat tingkat kebugaran jasmani Siswa Putri Kelas VIII MTs Surya Buana Malang Tahun Pelajaran 2017/2018.sebagian besar menunjukan kriteria baik yaitu 0%, kemudian  untuk kategori sedang 5 dengan persentase 20%, kategori kurang 16 siswa dengan persentase 64% dan untuk kategori  kurang sekali 4 siswa dengan persentase 16%.

Page 1 of 1 | Total Record : 7