cover
Contact Name
Zulfan
Contact Email
zulfanzainal@serambimekkah.ac.id
Phone
+6281360353540
Journal Mail Official
jnkti@serambimekkah.ac.id
Editorial Address
Gedung H Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Jl. T. Imum Lueng Bata , Telp. (0651)26160 Batoh – Banda Aceh
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi
ISSN : 26208342     EISSN : 26213052     DOI : https://doi.org/10.32672/jnkti.v4i6
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi adalah jurnal nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Serambi Mekkah tahun 2018. Jurnal ini terbit sebanyak enam edisi dalam satu tahun yaitu setiap bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember baik cetak (P-ISSN : 2620-8342) dan online (E-ISSN: 2621-3052). Jurnal ini mempublikasikan artikel-artikel ilmiah yang berkaitan dengan bidang Komputer dan Teknologi Informasi dengan scope Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Elektronika dan Sistem Kontrol, Multimedia dan Pengolahan Citrat Digital serta bidang lainnya yang relevan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022" : 11 Documents clear
Sistem Pakar Diagnosa Mental Ilsess Pada Anak Korban Broken Home Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android Mardotilah Darmawan; Wiseto Agung
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.5111

Abstract

Abstrak— Kesehatan mental adalah hal yang utama dan berharga dalam kehidupan manusia. Salah satu bentuk dari depresi remaja di Indonesia disebabkan oleh perceraian kedua orangtua (broken home). Sangat disayangkan banyak dari kita semua melakukan self-diagnose, Self-diagnose adalah upaya mendiagnosis diri sendiri memiliki sebuah gangguan atau penyakit berdasarkan pengetahuan yang dimiliki. Self-diagnose adalah akibat dari takutnya anak-anak mendatangi psikolog selain dikarenakan biaya penyebab lainnya adalah masih awamnya kesadaran akan kesehatan mental di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi sistem pakar diagnosa mental ilness untuk membantu banyak anak yang memiliki gangguan kesehatan mental dalam mengatasi penyakitya. Observasi dan wawancara adalah metode yang digunakan untuk menganalisis data. Sementara itu metode forward chaining dan waterfall digunakan untuk membangun sistem pakar ini. Aplikasi sistem pakar ini berbasis android menggunakan bahasa pemrograman dart supaya pasien mudah saat ingin mendiagnosa penyakit bisa di cek hanya menggunakan telefon seluler. Sistem pakar ini di uji menggunakan blackbox testing dan menyebarkan kuesioner untuk mengetahui penerimaan aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pakar yang dirancang menggunakan metode forward chaining dan evaluasi sistem pakar. Hasil evaluasi menunjukan bahwa aplikasi sistem pakar dapat diterima pasien dengan hasil persepsi responden yang sangat baik.
Sistem Informasi Pendistribusian Telur Ayam Ras Pada Pertenakan Maryunis Berbasis Web Sebagai Sarana Promosi Liranti Rahmelina; Arman Arman; Rummi Riance Suryani
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4897

Abstract

Abstrak - Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang menjembatani kegiatan produksi dan konsumsi. Berkat distribusi barang dan jasa dapat sampai ke tangan konsumen. Dengan demikian kegunaan dari barang dan jasa akan lebih meningkat setelah dapat dikonsumsi telur usaha penjualan telur ayam U.D Tek Kotek Ras Bapak Maryunis adalah usaha peternakan ayam yang menjual telur jenis ayam ras, Pada saat proses pengolahan jumlah data telur ayam pada U.D Tek Kotek Ras Bapak Maryunis masih menggunakan perhitungan manual yang mana jumlah telur di catat di buku dan keperluan lain seperti tray ayam, tali dan pakan sampai vitamin ayam juga di kumpulkan memakai bon. U.D Tek Kotek Ras Bapak Maryunis masih menggunakan pembayaran secara langsung dan belum ada melakukan transaksi secara digital, merancang sebuah sistem informasi pada U.D. Tek Kotek Ras Bapak Maryunis dalam hal pengolahan penyimpanan dan pendistribusian telur secara digital. Merancang pembayaran secara online pada sistem informasi pendistribusian telur ayam ras pada U.D. Tek Kotek Bapak Maryunis Berbasis Web. Metode penelitian yang dipakai yaitu SDLC Metode Waterfall menggunakan bahasa pemograman PHP dan HTML. Kesimpulan dari penelitian setelah adanya sistem informasi U.D Tek Kotek Ras Maryunis semua proses pendistribusian produk telur ayam ras telah terintegrasi di dalam sistem. Setelah adanya sistem informasi U.D Tek Kotek Ras Maryunis proses pembayaran dilakukan secara digital.Kata kunci: Sistem Informasi, Pendistribusian web, Waterfall, SDLC Abstract - Distribution is an economic activity that bridges production and consumption activities. Thanks to the distribution of goods and services can reach the hands of consumers. Thus, the usefulness of goods and services will increase after the eggs can be consumed. U.D. Tek Kotek Ras chicken egg sales business Mr. Maryunis is a chicken farm business that sells purebred chicken eggs, during the processing of the amount of data on chicken eggs at U.D Tek Kotek Ras Mr. Maryunis still using manual calculations where the number of eggs is recorded in a book and other purposes such as chicken trays, ropes and feed to chicken vitamins are also collected using a receipt. U.D Tek Kotek Ras Mr. Maryunis still uses direct payments and has not made transactions digitally, designing an information system at U.D. Tek Kotek Ras Mr. Maryunis in terms of processing, storing and distributing eggs digitally. Designing an online payment system for the distribution of broiler eggs at U.D. Tek Kotek Mr. Maryunis Web-Based. The research method used is the SDLC Waterfall method using the PHP and HTML programming languages. The conclusion of the research after the existence of the U.D Tek Kotek Ras Maryunis information system, all distribution processes for broiler egg products have been integrated into the system. After the existence of the U.D Tek Kotek Ras Maryunis information system, the payment process was carried out digitally.Keywords: Information System, Web distribution, Waterfall, SDLC
Sistem Informasi Monitoring Pembayaran Santri Pondok Pesantren Misbahul Hidayah-Berbasis Android Fathur Rizal; Moh Jasri; Muhammad Saifullah
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak - Payment is a common transaction process carried out by people in Indonesia and even the whole world. The process of payment methods in each country is different and has a different exchange rate. Payment is a monthly obligation made by students to support their education while at the Islamic boarding school. One of the problems that occur in the Islamic boarding school is the data processing process which is still managed manually, the data management process is carried out using books that are recorded manually so that it allows the student payment data to be lost. Based on theb above problems, it is necessary to have a digital-based system or an application that can have a positive impact on pesantren related to data collection, the application that will be made is an android application and the Kotlin programming language. Limitations of the problem in this study are Features a. Payment.Walisantri can make payment transactions to Islamic boarding schools through this feature. b. After making the payment, the guardian of the santri will get a payment receipt as proof that the guardian has made the payment. c. Payment Info The guardian of the santri will receive a notification of the payment schedule. e. Guardians of students can make payment transactions after receiving notifications from the application.Keywords: Monitoring the Santri payment system. Abstrak - Pembayaran merupakan suatu proses transaksi yang lumrah dilakukan oleh kalangan masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia. Proses metode pembayaran disetiap Negara berbeda-beda dan mempunyai nilai tukar yang berbeda. Pembayaran adalah kewajiban bulanan yang dilakukan santri untuk menunjang pendidikannya selama di pondok pesantren. Salah satu permasalahan yang terjadi di pondok pesantren tersebut adalah proses penglohan data yang masih dikelola dengan cara manual, proses pengelolaan data dikerjakan dengan menggunakan buku yang dicatat secara manual sehingga memungkinkan data pembayaran santri tersebut bisa hilang.Berdasarkan permasalahan diatas perlu adanya suatu sistem yang berbasis digital atau aplikasi yang dapat memberikan dampak positif pada pesantren terkait pendataan, aplikasi yang akan dibuat adalah sebuah aplikasi android dan bahasa pemograman Kotlin. Batasan masalah pada penelitian ini adalah Fitur a. Pembayaran.Walisantri dapat melakukan transaksi pembayaran kepada pensatren melalui fitur tersebut. b Setelah melakukan pembayaran wali santri akan mendapatkan struk pembayaran sebagai bukti bahwa walisantri sudah melakukan pembayaran. c.Info Pembayaran Wali santri akan mendapatkan notifikasi jadwal pembayaran. e. Wali santri dapat melakukan transaksi pembayaran setelah mendapatkan notifikasi dari aplikasi tersebut.Kata kunci: Monitoring Sistem pembayaran Santri.
Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Air Minum Berbasis Google Maps Suminten Suminten; Ita Dewi Sintawati; Rani Rani
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4934

Abstract

Abstrak - Teknologi komputer  merupakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, kemajuan teknologi komputer berkembang pesat baik didalam pembuatan hardware maupun software. Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan produk membutuhkan sebuah  sistem informasi yang menunjang kemudahan dalam melakukan  penjualan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Untuk melakukan pemasaran produk kepada konsumen perlu dibuat sebuah sistem strategi marketing pada perusahaan produsen air minum  yang  masih manual dalam hal penempatan distributor dan outlet yang strategis, mulai dari pencatatan alamat distributor dan alamat outlet sampai terpenuhinya kebutuhan distributor dan outlet dalam melakukan penjualan air minum produsen ke konsumen, sehingga  pada saat penentuan cabang distributor tidak  efisien. Pembuatan aplikasi berbasis web ini merupakan solusi yang baik dalam hal pemasaran atau dalam hal penempatan distributor yang strategis. Aplikasi berbasis web yang dikembangkan  memanfaatkan google maps  yang berfungsi  membantu penempatan distributor yang strategis, efektif dan efisien sehingga dapat menaikan penjualan produsen ke konsumen. Dengan fitur  google maps membantu pengembang tidak kesulitan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, terutama dalam menyimpan lokasi distributor dan outlet, keuntungan system google maps,  pengembang dapat  mengcustom google maps sehingga bisa menggunakan database sendiri dan bisa di integrasikan ke beberapa bahasa pemograman.Kata Kunci : Aplikasi Peta,  Berbasis Web, Strategi Marketing, Google Maps, Distributor Abstract - Computer technology is equipment that was created to facilitate human work, advances in computer technology are growing rapidly both in the manufacture of hardware and software. A company engaged in product sales requires an information system that supports the ease of making sales in meeting consumer needs. To do product marketing to consumers, it is necessary to create a marketing strategy system for drinking water producer companies that are still manual in terms of strategic distribution of distributors and outlets, starting from recording distributor addresses and outlet addresses to meeting the needs of distributors and outlets in selling drinking water producers to consumers. consumers, so that when determining the distributor branch is not efficient. Making this web-based application is a good solution in terms of marketing or in terms of strategic distribution of distributors. The web-based application that was developed utilizes google maps which serves to assist the strategic, effective and efficient placement of distributors so as to increase sales of producers to consumers. The google maps feature helps developers have no trouble meeting the company's needs, especially in storing the location of distributors and outlets, the advantage of the google maps system, developers can customize google maps so they can use their own database and can be integrated into several programming languages.Keywords: Map Application, Web Based, Marketing Strategy, Google Maps, Distributor
Sistem Informasi Peminjaman Aset Barang Kantor Di Lapas Kelas II A Cibinong Gugum Gumilar; Rayung Wulan
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4821

Abstract

Abstrak - Tujuan dari Penelitian adalah untuk mengetahui seperti apa sistem yang sedang berjalan, membuat sistem informasi mengenai peminjaman aset barang serta melakukan analisis dan pengujian terhadap sistem. Peminjaman aset barang yang dilakukan di Lapas Kelas II A Cibinong masih bersifat manual dengan menggunakan kertas dan aplikasi Microsoft Excel. Dengan begitu dapat menghambat kinerja pegawai, dalam pembuatan laporan masih dilakukan secara manual dan tidak dilakukan secara berkala karenanya kurang efektif dan efesien. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif yang dilakukan beberapa tahapan guna untuk proses pengumpulan data diantaranya studi observasi, wawancara,dan dokumentasi. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa lembaga tersebut membutuhkan sistem informasi peminjaman aset barang agar dapat membantu kinerja pegawai dan menghindari human error dalam bekerja sehingga lebih efektif dan efesien.Kata kunci: Sistem Informasi, Sistem, Peminjaman, Aset, Java Abstrak - The purpose of the research is to find out what the ongoing system looks like, create an information system regarding the borrowing of goods assets and conduct analysis and testing of the system. The borrowing of goods assets carried out at the Cibinong Class II A Prison is still manual using paper and the Microsoft Excel application. That way it can hinder employee performance, in making reports it is still done manually and not done regularly because it is less effective and efficient. The research method used is a qualitative research method that is carried out in several stages for the data collection process including observation studies, interviews, and documentation. From the results of the tests that have been carried out, the author concludes that the institution needs an information system for borrowing goods assets in order to help employee performance and avoid human error in working so that it is more effective and efficient.Keywords: Information System, System, Lending, Assets, Java
Sistem Informasi Penggajian Pegawai Harian Lepas (PHL) Berbasis Website Di CV. IBM Rizqy Aulia Rahman; Putri Aisyiyah Rakhma Devi
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4945

Abstract

Abstrak - Teknologi telah dikembangkan menjadi alat yang sangat mendukung dalam menghadapi masalah, muncul ketika memecahkan masalah yang ada di perusahaan, institusi, dan organisasi lainnya. Kebutuhan akan sistem informasi mencakup hampir semua bidang kehidupan. Komputer adalah perangkat yang akrab yang membantu individu dan perusahaan dalam berbagai kegiatan pemrosesan keluaran. Antara lain, komputer berfungsi sebagai pencatat  dan alat pengolah keluaran. IBM yang dimana gaji atau upah masih manual sehingga membuat lama dan terdapat banyak kekeliruan dalam memberi gaji. PHL ialah Pegawai yang memenuhi persyaratan pengangkatan, ditunjuk oleh otoritas yang berwenang dan ditugaskan ke kantor nasional atau ditugaskan untuk tugas nasional lainnya, PHL tidak termasuk pegawai yang tunduk pada Undang-Undang Ketenagakerjaan. Tata cara dalam penelitian ini ialah Teknologi Pengumpulan, Alat Bantu dan Metode Pelaksanaan. Untuk tujuan merancang dan menerapkan dan mengembangkan sistem penggajian pegawai harian lepas atau PHL di CV. IBM maka dapat disimpulkan bahwa sistem tersebut Memudahkan pegawai untuk memahami detail penggajian.Kata kunci: Teknologi, Perusahaan, Komputer, PHL, Slip Gaji  Abstract - Technology has been developed to become a very supportive tool in dealing with problems, emerging when solving problems that exist in companies, institutions, and other organizations. The need for information systems covers almost all areas of life. Computers are familiar devices that help individuals and companies in various keluaran processing activities. Among other things, the computer functions as a recorder and keluaran processing tool. IBM where salaries or wages are still manual so it takes a long time and there are many mistakes in giving salaries. PHL is an employee who meets the requirements for appointment, is appointed by the competent authority, and is assigned to a national office or assigned to other national duties, PHL does not include employees who are subject to the Manpower Act. The procedure in this research is the collection of technology, tools, and implementation methods. For the purpose of designing and implementing and developing a payroll system for casual daily employees or PHL in CV. IBM then it can be concluded that the system makes it easy for employees to understand payroll details.Keywords: Technology, Company, Computer, PHL, Payslip
Perancangan Sistem Informasi Pembelajaran Ekstrakulikuler Kepramukaan Pada SMK Fatahillah Cileungsi Berbasis Android Guspriyatna Nurcahya; Harry Dhika; Iis Dewi Lestari
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.5012

Abstract

This study aims to introduce scouting learning to students. The benefits of this research can increase students insight into scouting material with android application, so that learning is more efficient. Qualitative subjective research method with data colletion techniques observational documentation (observation), interview souces directly meet scout coaches and students. The research location is at SMK Fatahillah Cileungsi, Kp. Central, Cileungsi District, Bogor Regency. The result of this study increase insight into the material knowledge of scouting both to the author and user of the application later.
Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan Apotek & Alkes 58 Romdani Romdani; Syaifur Rahmatullah A.R
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4995

Abstract

Abstrak - Apotek Alkes 58 merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan khususnya dalam penjualan obat dan alat kesehatan. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen, perusahaan dituntut untuk dapat mengatasi permasalahan yang seringkali muncul diantaranya, seringnya kekosongan obat atau alat kesehatan tertentu yang dibutuhkan konsumen tentunya hal tersebut dapat menyebabkan hilangnya perusahaan dalam mendapatkan keuntungan. Selain itu, ada banyak obat yang memiliki stok berlebih yang justru kurang dibutuhkan oleh konsumen, dan hal tersebut dapat menyebabkan obat menjadi kedaluwarsa nantinya. Permasalahan tersebut disebabkan karena pola pembelian konsumen yang selalu berubah-ubah dan tidak dapat diprediksi. Oleh karena itu, dalam upaya mengatasi permasalahan yang terjadi, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk menganalisis pola pembelian konsumen pada Apotek Alkes 58 dengan menerapkan algoritma apriori sehingga dapat diketahui pola pembelian konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan pada apotek tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan software Tanagra 1.4.50 dengan meneliti data transaksi penjualan selama 6 bulan. Data mining merupakan penggabungan teknik analisis data, sementara algoritma apriori merupakan metode yang paling sering digunakan karena sangat sederhana, mudah dan paling banyak diusulkan oleh beberapa peneliti. Pada penelitian ini, menggunakan nilai minimal support (penunjang) sebesar 30% dan nilai minimal confidence (kepastian) sebesar 70%. Hasil penelitian yang didapatkan, bahwa produk yang paling sering dibeli oleh konsumen adalah Amoxicillin 500, Paracetamol, Amlodipin 10Mg dan Dexaharsen 0.5Mg.Kata kunci: Data Mining, Algoritma Apriori, Pembelian, Tanagra Abtract - Apotek Alkes 58 is a business that is engaged in the field of health services, especially in the sale of drugs and medical. To improve the quality of service to consumers, companies are required to be able to overcome problems that often arise, including the frequent vacancies of certain medicines or medical devices needed by consumers, of course this can cause the company to lose profits. In addition, there are many drugs that have excess stock that consumers don't really need, and this can cause the drug to expire later. This problem is caused by consumer buying patterns that are always changing and unpredictable. Therefore, in an effort to overcome the problems that occur, this study was made with the aim of analyzing consumer buying patterns at Apotek Alkes 58 by applying an a priori algorithm so that consumer buying patterns can be known and is expected to increase sales at these pharmacies. In this study using software Tanagra 1.4.50 by examining sales transaction data for 6 months. Data mining is a combination of data analysis techniques, while the a priori algorithm is the method most often used because it is very simple, easy and the most widely proposed by several researchers. In this study, using a minimum support value is 30% and a minimum confidence value is 70%. The results obtained, that the products most frequently purchased by consumers are Amoxicillin 500, Paracetamol, Amlodipine 10Mg and Dexaharsen 0.5Mg.Keywords: Data Mining, A priori Algorithm, Purchasing, Tanagra 
Sistem Informasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Koto Agung Berbasis Web Nency Extise Putri; Nelfira Nelfira; Via Arfi Asih
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.5082

Abstract

Abstrak - Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk membangun Sistem Informasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Koto Agung yang diharapkan dapat membantu pihak sekolah untuk mempromosikan dan membagikan informasi serta membantu guru/staf dalam pengolahan nilai rapor siswa, secara terkomputerisasi menggunakan database. Permasalahan yang ditemui yaitu proses penyampaian informasi dan promosi sekolah masih dilaksanakan secara manual sehingga jangkauannya masih terbatas, Pengolahan data nilai siswa masih ditulis tangan dalam sebuah buku, dan Rapor pada SLB Koto Agung masih dibuat secara manual yakni menggunakan aplikasi excel yang mana belum terkomputerisasi dengan menggunakan database, mengakibatkan kurangnya ketersedian data saat diperlukaan, keamanan data kurang terjamin, peluang kerusakan atau kehilangan data cukup besar. Dengan adanya suatu permasalahan tersebut SLB Koto agung membutuhkan Sistem Informasi Sekolah Luar Biasa (SLB) Koto Agung Menggunakan Framework Laravel. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan Metode waterfall dengan menganalisa data yang diperoleh dari sekolah kemudian membangun website menggunakan Framework Laravel dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hasil penelitian ini adalah sistem yang dirancang mampu memberikan manfaat bagi pimpinan sekolah. Dapat digunakan dalam penyampaian informasi dan promosi serta mudah dalam pengelolaan data terkait sekolah. Kata kunci: Sistem Informasi, Website, Waterfall, PHP, Framework Laravel.  Abstract – The purpose of this research is to build an information system for special schools (SLB) Koto Agung which is expected to help schools promote and share information and assist teachers/staff in processing student report cards using a computerized database. The problems encountered were that the process of delivering information and school promotions was still carried out manually so that its reach was still limited, the data processing of student grades was still handwritten in a book, and the report cards at SLB Koto Agung were still made manually using the excel application which was not yet computerized by using database, resulting in a lack of data availability when needed, data security is not guaranteed, the chance of damage or data loss is quite large. With this problem, Koto Agung Special School requires a Koto Agung Special School Information System (SLB) Using the Laravel Framework. The method used in this study is the waterfall method by analyzing the data obtained from the school and then building a website using the Laravel Framework with the PHP programming language and MySQL database. The result of this research is that the system designed is able to provide benefits for school leaders. Can be used in the delivery of information and promotions and easy to manage school-related data.  Keywords: Information System, Website, Waterfall, PHP, Laravel Framework..
Sistem Penunjang Keputusan Diagnosa Kerusakan Printer Pada PT. Primamakmur Langgeng Perkasa Dengan Metode Forward Chaining Arya Dwi Parma; Rahmad Affandi; Reni Novita; Cepi Cahyadi
Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi (JNKTI) Vol 5, No 5 (2022): Oktober 2022
Publisher : Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik. Universitas Serambi Mekkah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32672/jnkti.v5i5.4583

Abstract

Abstrak - Dalam teknologi informasi, sistem pengambilan keputusan adalah ilmu komputer yang memungkinkan mesin bekerja seperti manusia. Sistem pengambilan keputusan adalah sistem yang menggunakan basis pengetahuan para ahli di bidangnya (seperti dokter, teknisi, dll) untuk dimasukkan ke dalam komputer untuk memecahkan masalah yang biasanya diselesaikan oleh para ahli melalui metode kecerdasan buatan. Printer merupakan kebutuhan penting untuk mendukung aktivitas sehari-hari ,kerusakan printer yang sering dialami pengguna sangat menghambat kelancaran pekerjaannya. Kerusakan tersebut memerlukan penanganan yang tepat dan tepat, dan jika tidak segera ditangani akan merugikan pengguna. Metode Forward Chaining adalah metode untuk metode pencarian, atau teknik pelacakan ke depan, dimulai dengan informasi yang ada dalam bentuk data nyata, dan kemudian bergerak maju melalui premis dan aturan kombinatorial untuk menghasilkan kesimpulan (penalaran bawah ke atas) atau tujuan. Oleh karena itu, sangat penting dibangun sebuah sistem pengambil keputusan yang terkomputerasi yang dapat memudahkan dalam menentukan kerusakan printer yang sesuai kriteria permasalahan pada kerusakan printer agar dapat mengidentifikasi permasalahan kerusakan printer dengan lebih cepat. Hasil dari penelitian ini bermanfaat bagi pengguna yaitu para karyawan dan staff, khususnya karyawan yang ingin menanggulangi ketika printer rusak dengan cepat dan efisien. karena dengan aplikasi ini pengguna dapat mengidentifikasi kerusakan printer dengan melihat gejala-gejala yang terlihat. Hasil dari identifikasi, memberikan hasil berupa prediksi awal yang dapat digunakan untuk memperbaiki kerusakan printer.Kata Kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Kerusakan Printer, Forward  Abstract - In information technology, decision-making systems are computer science that allows machines to work like humans. Decision-making systems are systems that use the knowledge base of experts in their fields (such as doctors, technicians, etc.) to be entered into computers to solve problems that are usually solved by experts through artificial intelligence methods. Printers are an important need to support daily activities, printer damage that is often experienced by users greatly hampers the smooth running of their work. Such damage requires proper and appropriate handling, and if not treated immediately will be detrimental to the user. Forward Chaining method is a method for searching methods, or forward tracking techniques, starting with existing information in the form of real data, and then moving forward through combinatorial premises and rules to produce conclusions (bottom-up reasoning) or goals. Therefore, it is very important to build a computerized decision-making system that can make it easier to determine printer damage according to the problem criteria for printer damage in order to identify printer damage problems more quickly. The results of this study are useful for users, namely employees and staff, especially employees who want to deal with when the printer is damaged quickly and efficiently. because with this application users can identify printer damage by looking at the visible symptoms. The results of the identification, provide results in the form of initial predictions that can be used to repair printer damage.Keywords : Decision Support System, Printer Damage, Forward Chaining  

Page 1 of 2 | Total Record : 11