cover
Contact Name
Ida Ayu Sukma Wirani
Contact Email
idaayusukmawirani@gmail.com
Phone
+6287762000445
Journal Mail Official
idaayusukmawirani@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana No. 11, Singaraja, Banjar Tegal, Kec. Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha
ISSN : 26141914     EISSN : 25992627     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/jpbb.v6i2
Core Subject : Education,
As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Balinese Language Education Undiksha. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may represent a variety of theoretical perspectives and different methodological approaches. They may refer to any age level, from infants to adults and to a diversity of learning and instructional settings, from laboratory experiments to field studies. The major criteria in review and the selection process concerns the significance of the contribution to the area of learning and instruction. Instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational, technology, and educational development at PBalinese Language Education Undiksha
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020)" : 5 Documents clear
Analisis Struktural Dan Nilai Moral Cerpen Carik Karya Luh Komang Galuh Somia Antari Intan Wahyuni, Ida Ayu Putu
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v7i1.35964

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan struktur pembentuk karya sastra  dan nilai moral dari karya sastra cerpen yang berjudul "Carik" . Cerpen Carik karya Luh Komang Galuh Somia Antari merupakan karya sastra yang diteliti. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis struktural Metode dan teknik yang digunakan adalah metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis struktural baca dan catat. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan adanya struktur pembentuk intrinsik serta nilai moral dari cerpen ini, yakni tema, tokoh, alur, latar, dan amanat yang terkandung di dalamnya adalah jangan serakah demi keuntungan dan jangan sesekali menentang peringtan orang tua terhadap kita serta jangan memaksakan kehendak. Nilai moral tercermin pada prilaku tokoh I Pekak yang dengan teguhnya mempertahankan tanah miliknya. Hal tersebut mencerminkan cinta kepada tanah air dan keteguhan hati seorang kesatria demi mempertahankan jati dirinya. Kata Kunci: analisis, cerpen, karya sastra
Metode Mind Mapping Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 1 Dawan Susmayuri, Ni Wayan; Sukma Wirani, Ida Ayu; Putra Manik A., Ida Bagus
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v7i1.35962

Abstract

          Penilitian ini bertujuan menjelaskan peningkatan kemampuan siswa menulis cerpen di kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Dawan menggunakan metode mind mapping, proses pembelajaran metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Dawan dalam menulis cerpen dan pendapat siswa terhadap metode mind mapping yang di gunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Dawan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Dawan. Objek penelitian ini adalah cerpen yang ditulis oleh siswa. Penelitian ini menggunakan rencanagan penelitian tindakan kelas (PTK). Data peningkatan kemampuan siswa menulis cerpen dikumpulkan menggunakan cara tes. Data pengajaran di kumpulkan dengan cara observasi dan data terkait pendapat siswa dikumpulkan menggunakan cara angket yang di periksa mengunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah metode mind mapping mampu (1) meningkatakan kemampuan siswa menulis cerpen siswa dari hasil obserpasi awal yang sudah di laksanakan oleh peneliti sebagia berikut hasil nilai rata-rata siswa di kelas X Mipa 2 SMA Negeri 1 Dawan adalah 69,44 selanjutnya dilaksanakan siklus I yaitu mendapatkan hasil nilai rata-rata siswa yakni 81,44, sehingga peningkatan dari nilai hasil observasi sampai pada siklus I adalah 12,04 % (2) inti dari pengajaran ini siswa membuat mind mapping sesuai dengan ungsur-ungsur yang terdapat dalam cerpen dan selanjutnya akan dibuat cerpen dari  mind mapping yang sudah dibuat, hasil nilai siswa semua mengalami peningkatan, (3) hasil pendapat dari siswa keseluruhan sangat setuju didalam pelajaran menulis cerpen menggunakan metode mind mapping. Dari hasil tersebut, saran terhadap guru bahasa Bali diharapkan menggunakan metode mind mapping didalam pelajaran menulis cerpen.Kata Kunci : mind mapping, menulis, cerpen
Meningkatkan Kemampuan Mendongeng Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bila Melalui Media Audio Visual Riastari, Putu; Sukma Wirani, Ida Ayu; Ludy Paryatna, Ida Bagus Made
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v7i1.35961

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang pembelajaran mendongeng yang menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bila, hasil kemampuan mendongeng dalam menggunakan media audio visual pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bila, dan pendapat siswa mengenai media audio visual yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mendongeng pada siswa kelas V SD Negeri 2 Subjek pada penelitian ini siswa dan guru di kelas V SD Negeri 2 Bila dan objek penelitian ini, media audio visual. pengumpulan data di penelitian ini mengunakan cara observasi, tes dan kuisioner. Pengolahan data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatf dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil tes siswa sasudah melaksanakan pertemuan I, skor rata-rata sisia adalah 62,57. Di pertemuan II, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 85,14. Dalam pembelajaran menggunakan media audio visual. Pendapat siswa pada penggunaan media audio visual yang digunakan pada pembelajaran mendongeng Bali adalah 100% senang. Penerapan Media Kauningayang media audio visual bisa meningkatkan kemampuan mendongeng Bali pada siswa.Kata Kunci : media audio visual, mendongeng bali
Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Aksara Bali Pada Papan Nama Instansi Se-Kecamatan Buleleng Eka Pusparini, Ida Ayu Putu; Putra Manik Aryana, Ida Bagus; Purnami, Ida Ayu Putu
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v7i1.35960

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang keberadaan penulisan papan nama pada instansi dan sekolah se-Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng serta kesalahan penulisan Pasang Aksara Bali. Subyek penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif serta menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: (1) identifikasi data dan (2) klasifikasi data. Manfaat dalam penelitian ini (1) keberadaan penulisan papan nama pada instansi dan sekolah se-Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng ini jika dianalisis masih ada yang belum melaksanakan dan ada juga yang sudah melaksanakan peraturan tentang penulisan papan nama dengan menggunakan aksara Bali. Penulisan tersebut ada yang tidak sesuai dengan Pasang Aksara Bali serta ada juga yang sudah sesuai dengan Pasang Aksara Bali. Penelitian ini menjelaskan bahwa masih banyak perbedaan mengenai Pasang Aksara Bali. Dari penelitian ini diharapkan masyarakat di Bali agar semakin memperhatikan mengenai keberadaan penulisan Pasang Aksara Bali dan untuk peneliti lainnya agar ditingkatkan lagi mengenai penelitian yang berhubungan dengan penulisan Pasang Aksara Bali pada papan nama serta (2) kesalahan Pasang Aksara Bali pada penulisan papan nama masih banyak ditemukan kesalahan dalam hal penulisan kata dan kalimat jika dianalisis sesua dengan Pasang Aksara Bali dan juga sudah ada yang sesuai dengan Pasang Aksara Bali.Kata kunci: pasang aksara, papan nama, bali 
PENERIMAAN MASYARAKAT TEJAKULA TERHADAP PERGUB BALI NO.80 TAHUN 2018 TENTANG PENULISAN AKSARA BALI PADA PAPAN NAMA Agus Darmayasa, Kadek; Ida Bagus, Rai; Putra Manik A., Ida Bagus
Jurnal Pendidikan Bahasa Bali Undiksha Vol 7, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jpbb.v7i1.35959

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerimaan masyarakat di Kecamatan Tejakula mengenai adanya Pergub Bali No.80 Tahun 2018 mengenai papan nama yang ber-aksara Bali dan kesalahan menulis papan nama di kecamatan tejakula. Subjek penelitian ini adalah tulisan. Objek penelitian ini papan nama. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan antara lain: (1) identifikasi data dan (2) klasifikasi data. Hasil dari penelitian ini (1) penerimaan masyarakat di Kecamatan Tejakula mengenai adanya Pergub Bali No.80 Tahun 2018 mengenai papan nama ber-aksara Bali jika dilihat sudah diterima baik dengan membuat papan nama yang baru mematuhi seperti yang tertera pada Pergub juga ada yang belum melaksanakan seperti pedoman tentang penulisan papan nama yang baru. Dilihat dari tulisannya ada yang belum sesuai dengan pedoman penulisan aksara Bali juga ada yang sudah sesuai dengan pedoman penulisan aksara Bali. Penelitian ini menunjukan masih banyak adanya perbedaan pada pedoman penulisan aksara Bali. Dari penelitian ini diharapkan para penekun aksara Bali terutama yang ada di Bali semakin memperhatikan lagi tentang pedoman penulisan aksara Bali dan kepada peneliti yang lain supaya meningkatkan lagi penelitian-penelitian yang berkaitan dengan penulisan aksara Bali pada papan nama dan (2) Penulisan papan nama masih banyak ditemukan kekeliruan dalam menulis kata dan kalimat, apabila dilihat menurut pedoman penulisan aksara Bali juga ada yang sudah sesuai dengan pedoman penulisan aksara Bali.

Page 1 of 1 | Total Record : 5