cover
Contact Name
Irfan Habibie Martanegara
Contact Email
irfanhabibie@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.tadibuna@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 22525793     EISSN : 26227215     DOI : -
Core Subject : Education,
Ta'dibuna : Jurnal Pendidikan Islam, ISSN: 2252-5793 (Print) 2622-7215 (Electronic) is a journal of Islamic education published twice a year (April-October) on Islamic education with the scope of study are fundamental of Islamic education (philosophy, history and the nature of Islamic education), development of Islamic educational institutions (development of Islamic education curriculum, Islamic learning method and Islamic education teacher and others) as well as studies of the concept of Islamic education (Islamic educational leading figure, Quran sunnah text, and others).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 12 No 5 (2023)" : 6 Documents clear
Pendidikan adab di Kuttab Permata Qur’an Kartasura Purnomo
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.14768

Abstract

Kuttab is an alternative model of Islamic education that focuses on adab education. This research aims to find out the meaning of adab education for the Kuttab Permata Quran, the adab material taught, and how it is implemented. The research uses a descriptive-qualitative approach. The research subjects and informants were the initiators, managers, teachers, and guardians of the students. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data using the source triangulation method. Miles and Huberman model data analysis techniques. This research shows that (1) the KPQ management believes that manners should not rely solely on social customs. KPQ is committed to integrating adab education into all teaching and learning activities, including teacher-guardian of student interactions. (2) The adab material taught includes adab towards Allah and the apostles, adab in assembly, adab towards parents, including teachers, and daily etiquette. (3) Punishment is permitted for cultivating adab. Adab is taught as a science in the subject of adab as well as an applied science in all subjects.   Abstrak Kuttab adalah alternatif model pendidikan Islam yang berfokus pada pendidikan adab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna pendidikan adab bagi Kuttab Permata Quran, materi adab yang diajarkan, dan bagaimana implementasinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dan informan penelitian adalah pemrakarsa, pengelola, guru, dan wali santri. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan metode triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data model Miles dan Huberman. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) adanya keyakinan pengelola KPQ bahwa adab tidak boleh bersandar hanya pada kelaziman masyarakat. KPQ berkomitmen mengintegrasikan pendidikan adab pada seluruh kegiatan belajar mengajar, termasuk pada interaksi guru-wali santri (2) materi adab yang diajarkan meliputi adab kepada Allah dan rasul, adab bermajelis, adab kepada orang tua termasuk guru dan adab keseharian. (3) hukuman diperbolehkan dalam penanaman adab. Adab diajarkan sebagai sebuah ilmu dalam mata pelajaran adab sekaligus sebagai ilmu terapan dalam semua mata pelajaran.
Implementasi TQM dalam Pendidikan Karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung Nur Budi Handayani; Mahsun; Nurodin Usman; Imam Mawardi
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.14847

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana implementasi Total Quality Management (TQM) dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung; dan 2) apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung. Studi lapangan ini bersifat kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Data dikumpulkan melalui pengamatan, wawancara, dokumentasi dan triangulasi (gabungan). Analisa data menggunakan tahapan reduksi, penyajian dan simpulan (verifikasi). Hasil penelitian adalah Pertama, implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung terjadi dalam wujud 4 prinsip yakni standar mutu, perbaikan terus-menerus, perubahan kultur dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan. Kedua, implementasi TQM dalam pendidikan karakter di Asrama Manbaul Qur’an MAN Temanggung didukung oleh komitmen stakeholder, mutu input santri, dan dukungan lingkungan. Adapun kendalanya berupa keterbatasan sarana prasarana, stakeholder yang belum berperan maksimal, dan orang tua santri yang belum memahami aturan asrama.
Implementasi nilai-nilai pendidikan patriotisme KH. M. Hasyim Asy’ari di MASS Tebuireng Jombang Hidayatus Sholihah; Ita Rahmania Kusumawati
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.14912

Abstract

This study aims to describe the process of planning, implementing, evaluating, increasing the supporting factors, and reducing the factors that hinder the implementation of patriotism educational values KH. M. Hasyim Asy'ari at Madrasah Aliyah Salafiyah Safi'iyah Tebuireng Jombang. The approach used in this research is qualitative-descriptive. The results of this study indicate that planning, implementation, and evaluation are carried out well through intra-curricular, co-curricular, and extra-curricular activities in the form of studying KH. M. Hasyim Asy'ari, aswaja learning, P5 and P5RA project learning, as well as Pasbrama activities. To increase the supporting factors in aligning the government curriculum with the Islamic boarding school curriculum, always take the exemplary story of KH. M. Hasyim Asy'ari made his book his initial reference, commemorating national holidays. The way to reduce the inhibiting factors is to motivate students by giving mahfudzat and lectures about patriotism, providing aswaja reinforcement, and showing articles about different schools of thought, as well as assisting in using the media.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, pengevaluasian, peningkatan faktor yang mendukung, dan pereduksian faktor yang menghambat implementasi nilai-nilai pendidikan patriotisme KH. M. Hasyim Asy’ari di Madrasah Aliyah Salafiyah Syafi’iyah Tebuireng Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dilaksanakan dengan baik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler berupa pengkajian kitab KH. M. Hasyim Asy’ari, pembelajaran Aswaja, pembelajaran proyek P5 dan P5RA, serta kegiatan pasbrama. Untuk meningkatkan faktor pendukung menyelaraskan kurikulum pemerintah dengan kurikulum pesantren, selalu mengambil kisah keteladanan KH. M. Hasyim Asy’ari dan menjadikan kitab karyanya sebagai rujukan awal, memperingati hari-hari besar nasional. Cara mereduksi faktor penghambatnya yaitu memotivasi peserta didik dengan memberikan mahfudzat dan ceramah tentang patriotisme, memberikan penguatan Aswaja dan menunjukkan artikel-artikel tentang perbedaan mazhab, serta melakukan pendampingan dalam menggunakan media.
Adab terhadap informasi digital sebagai kerangka pikir pendidikan Islam tentang etika penggunaan teknologi informasi Wendi Zarman
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.15028

Abstract

Ethics towards digital information should be part of the current Islamic education curriculum. This is because information technology which is the basis of digital information is already widely used in society. Unfortunately, ethical concepts related to digital information are generally dominated by the Western worldview. Although many of these concepts are useful, they do not fully in accordance with the necessity of Muslims community since they have different worldview from the Western worldview. Therefore, Muslims need to formulate they own ethical concept towards digital information. The purpose of this research is to formulate adab as a framework for Islamic ethics towards digital information. The author has analyzed the concept of adab, especially based on the thoughts of Syed Muhammad Naquib al-Attas, and applied it to the problems above. As a result, adab towards digital information is a concept that cannot be separated from adab towards Allah, towards oneself and towards other human beings.   Abstrak Etika terhadap informasi digital sudah seharusnya menjadi bagian dari kurikulum Pendidikan Islam saat ini. Hal itu karena teknologi informasi yang menjadi basis informasi digital sudah digunakan secara luas di dalam masyarakat. Sayangnya, konsep-konsep etis terkait informasi digital umumnya didominasi oleh pandangan hidup Barat. Meski banyak dari konsep tersebut yang bermanfaat, namun konsep-konsep itu tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan umat Islam yang memiliki worldview yang berbeda dengan worldview Barat. Oleh karena itu, umat Islam perlu merumuskan konsep etika terhadap informasi digital berdasarkan pandangannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan adab sebagai kerangka pikir (framework) etika Islam terhadap informasi digital. Penulis telah menganalisis konsep adab, khususnya berdasarkan pemikiran Syed Muhammad Naquib al-Attas, dan menerapkannya pada persoalan di atas. Hasilnya, adab terhadap informasi digital ini merupakan konsep yang tidak dapat dilepaskan dari adab kepada Allah, kepada diri sendiri, dan kepada sesama manusia.
Pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa di Sekolah Dasar Ta’miriyah Surabaya Miftahul Alam Al Waro'; Rifqi Minchatul 'Ulya; Yuris Ahmadi Utomo
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.15065

Abstract

This research aims to investigate the influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran among elementary school students at Ta'miriyah Surabaya. The hypothesis proposed in this study is that there is an influence of self-efficacy and social support on the motivation to memorize the Quran. The research sample consisted of 47 Ta'miriyah elementary school students in the specialized class, selected using the a priori power analysis simulation technique. The research instruments used the Self-Efficacy scale with reliability (α=0.748), the Social Support scale with reliability (α=0.712), and the Memorization Motivation scale with reliability (0.855) based on previous theoretical aspects. The results of the data analysis using multiple linear regression analysis show that self-efficacy and social support simultaneously have a positive influence on the motivation to memorize the Quran among Ta'miriyah elementary school students. Partially, self-efficacy significantly influences the motivation to memorize the Quran. This means that both self-efficacy and social support have an impact on the motivation to memorize the Quran in Ta'miriyah Elementary School. Therefore, self-efficacy and social support variables can serve as motivation for memorizing the Quran.   Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.     Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran siswa sekolah dasar Ta’miriyah Surabaya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh efikasi diri dan dukungan sosial terhadap motivasi menghafal Alquran. Sampel penelitian ini sebanyak 47 siswa SD Ta’miriyah kelas Takhasus diambil dengan teknik simulasi a priori power analysis. Instrumen penelitian menggunakan skala Efikasi Diri dengan reliabilitas (α=0,748), Dukungan Sosial reliabilitas (α=0,712), dan Motivasi Menghafal reliabilitas (0,855) berdasarkan aspek teori terdahulu. Hasil analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menunjukkan secara simultan efikasi diri dan dukungan sosial memiliki pengaruh positif terhadap motivasi menghafal Alquran siswa SD Ta’miriyah. Secara parsial efikasi diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi menghafal Alquran. Artinya baik efikasi diri dan dukungan sosial berpengaruh terhadap motivasi menghafal Alquran di SD Ta’miriyah. Dengan demikian variabel efikasi dan dukungan sosial dapat menjadi motivasi menghafal Alquran.
Nilai pendidikan sufistik lirik lagu “Tombo Ati” karya Sunan Bonang Indriya
TA`DIBUNA Vol 12 No 5 (2023)
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/tadibuna.v12i5.15135

Abstract

Walisongo or Walisanga is known as the spreader of Islam in Java around the 1st century and was an intellectual figure who became a social reformer in his time. This research focuses on the lyrics of Tombo Ati by Sunan Bonang and examines the Sufism meaning of the lyrics, as well as their impact on strengthening Aqidah and forming Islamic character. In this research, the researcher used a library research method, where this research used various literature, including books, notes, and reports of previous research results, in collecting data. The results of the research obtained by the researchers are: first, Tombo Ati Lyrics is a social and cultural media that is a medium for education and strengthening Islamic values in Indonesian society; second, education which is characterized by the values of the teachings of ulama and displays self-identity to clarify the existence of Indonesian Muslims; third, the existence of Tombo Ati's lyrics. As an ancestral cultural heritage, its preservation should be preserved, as a result of the work of education and da'wah.   Abstrak Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa sekitar abad ke-1, merupakan tokoh intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada masanya. Penelitian ini fokus pada lirik Tombo Ati karya Sunan Bonang, dan mengkaji makna tasawuf liriknya, serta dampaknya terhadap penguatan Aqidah dan pembentukan karakter Islam. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan, di mana penelitian ini menggunakan berbagai literatur baik buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah pertama, Lirik Tombo Ati merupakan media sosial budaya yang menjadi media Edukasi dan Pemantapan Nilai-Nilai Islami pada masyarakat Indonesia; kedua, Pendidikan yang bercirikan nilai ajaran ulama serta menampilkan diri -identitas untuk memperjelas keberadaan umat Islam Indonesia; ketiga, keberadaan lirik Tombo Ati. sebagai warisan budaya leluhur, sudah sepatutnya dijaga kelestariannya, sebagai hasil karya Pendidikan dan Dakwah.

Page 1 of 1 | Total Record : 6