cover
Contact Name
irfan habibie
Contact Email
irfanhabibie@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
gibtha@uika-bogor.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika
ISSN : 23382910     EISSN : 26855836     DOI : -
Jurnal Krea-TIF adalah jurnal ilmiah dalam teknologi informasi yang berisi literatur ilmiah mengenai penelitian murni dan terapan dalam teknologi informasi dan tinjauan publik mengenai pengembangan teori, metode dan ilmu terapan yang terkait dengan subjek.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 1 (2021)" : 5 Documents clear
Algoritma Apriori Untuk Asosiasi Transaksi Penjualan Benang di PT Hana Text Risqiati Risqiati; Indrayanti Indrayanti; Devi Sugianti
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/kreatif.v9i1.3592

Abstract

Dalam catatan sejarah industri di Indonesia, Industri tekstil menjadi sektor yang terlama di Negara indonesia dan mempunyai pondasi yang baik dari produsen bahan baku hingga sampai ke konsumen. Produk tekstil turut memberikan sumbangsih nomor tiga dari semua potensial ekspor Indonesia. Benang adalah salah satu faktor yang menentukan kualitas produk dari industry tekstil. Komoditi benang yang makinĀ  beragam dengan kualitas yang berbeda tentu harus diperhitungkan agar tidak menimbulkan kerugian pada perusahaan. Dengan penerapan algoritma apriori untuk mengetahui asosiasi transaksi penjualan benang, mampu memperkecil kerugian yang mungkin terjadi dalam perusahaan sehingga alur stok barang pun bisa terjaga untuk memenuhi kebutuhan produsen kain dan kualitas benang pun bisa terjaga lebih baik.
Positioning E-commerce Produk UKM berdasarkan Kebutuhan Afektif Pengguna Anik Nur Habyba; Taufik Djatna; Elisa Anggraeni
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/kreatif.v9i1.3590

Abstract

Pengembangan e-commerce untuk pemasaran produk UKM (Usaha Kecil Menengah) telah banyak dilakukan di Indonesia. Beberapa e-commerce telah dikembangkan oleh Pemerintah namun masih belum mampu meningkatkan penjualan produk UKM di daerah. E-commerce Produk UKM harus mampu bersaing dengan e-commerce lain yang sudah berhasil di pasaran. Salah satu cara e-commerce produk UKM untuk meningkatkan daya saingnya adalah dengan mengetahui posisinya di lingkungan pasar online Indonesia. Hal tersebut dapat menjadikan e-commerce produk UKM semakin baik dalam menarik minat konsumen. Pengguna e-comerce dewasa ini tidak hanya memilih e-commerce dari fungsinya tetapi juga kualitas afektifnya. Kualitas afektif berarti e-commerce dapat memuaskan pengguna secara emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi e-commerce produk UKM berdasarkan pendekatan kualitas afektif e-commerce. Multidimensional Scaling (MDS) digunakan untuk memetakan posisi e-commerce produk UKM dalam persaingan e-commerce di Indonesia. Hasil ekstraksi Kansei Words menggunakan Term Frequency Inverse Document Frequency (TF-IDF) dan Principal Component Analysis (PCA) adalah dua kata kansei (canggih dan terjangkau). Kedua kata ini digunakan untuk analisis posisi sebagai dimensi peta perseptual. Berdasarkan peta perseptual, e-commerces produk UKM sudah canggih tetapi tidak cukup terjangkau.
Penerapan Big Data Menggunakan Algoritma Multi-Label K-Nearest Neighbor dalam Analisis Sentimen Konsumen UMKM Sektor Kuliner Muhammad Ridho Fauzi; Risky Adit Pratama; Panji Laksono; Puspa Eosina
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/kreatif.v9i1.3587

Abstract

UMKM di Kota Bogor merupakan UMKM yang mengalami perkembangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019, di Kota Bogor tercatat ada sekitar 30.822 usaha UMKM yang didominasi sektor kuliner 60 persen, kerajinan 30 persen dan 10 persen lainnya adalah sektor batik. Dengan adanya pertumbuhan UMKM yang signifikan tersebut, maka akan berpengaruh terhadap persaingan UMKM yang semakin meningkat dan akan semakin sulit untuk melihat peta persaingan pada UMKM, khususnya pada sektor kuliner. Sehingga untuk mengatasi persaingan tersebut salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melihat sentimen konsumen terhadap UMKM tersebut. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut, adalah metode Data Mining. Pada metode Data Mining, terdapat beberapa algoritma popular yang sering digunakan. Dan salah satu algoritma yang popular itu adalah algoritma K-Nearest Neighbor (K-NN). Algoritma KNN dapat digunakan pada berbagai kasus penelitian, seperti multi-class classification, binary classification dan multi-label classification yang dapat membantu dalam memprediksi berbagai kasus di kehidupan sehari-hari. Sehingga dalam hal ini, kami mengusulkan sebuah ide baru, yaitu penerapan Big Data menggunakan algoritma Multi-Label K-Nearest Neighbor atau ML-KNN dalam analisis sentimen konsumen terhadap UMKM sektor kuliner di Kota Bogor. Ide atau gagasan tersebut dapat bermanfaat bagi pelaku UMKM sektor kuliner di Kota Bogor dalam mengetahui insight atau wawasan dari hasil analisis sentimen konsumen terhadap UMKM dan dapat membantu untuk pengambilan sebuah keputusan bisnis dalam meningkatkan daya saingnya terhadap kompetitor atau UMKM sektor kuliner yang berada di Kota Bogor.
Sistem Informasi Keluar Masuk Barang Penjualan untuk UMKM Penjual Sepatu Dahlia Widhyaestoeti; Diki Maulana; Dewi Primasari; Nurul Kamilah
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/krea-tif.v9i1.7011

Abstract

Meningkatnya pemasaran produk sepatu lokal yang dikelola oleh Rabiz Collection dan dipasarkan melalui online marketplace serta sosial media, menimbulkan masalah pencatatan dan pencarian data barang masuk keluar serta stok item barang yang ada. Sistem informasi dibutuhkan untuk organisasi dalam mengubah cara manual menjadi lebih terorganisir dan terkomputerisasi, sehingga user dapat memperoleh informasi secara cepat. Metode Waterfall digunakan sebagai model pengembangan sistem, karena jelas tahap setiap prosesnya. Sistem informasi keluar masuk barang penjualan dibuat untuk bagian Finance, Purchasing dan Marketing agar dapat melakukan pekerjaannya secara efektif dalam pencatatan data serta mencari informasi terkait keluar masuknya barang. Sistem dibuat dengan bahasa pemrograman berbasis web dan MySQL sebagai DBMS untuk menampung data pencatatan. Pengujian Blackbox digunakan untuk pengujian sistem yang dilakukan langsung oleh bagian Finance, Purchasing dan Marketing. Setiap user menilai keberhasilan setiap skenario uji yang berisi pengujian fungsi dari sistem informasi keluar masuk barang penjualan. Hasil pengujian menunjukkan setiap fungsi dari sistem informasi keluar masuk barang penjualan berhasil dijalankan dan tidak ditemukan masalah yang dapat menghambat pencatatan maupun pencarian informasi keluar masuk barang.
Perancangan Smart Mirror Rekomendasi Kesehatan Berdasarkan Body Mass Index dengan Metode Body Surface Area Fety Fatimah; Jejen Jaenudin; Fitria Rachmawati
Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika Vol 9, No 1 (2021)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32832/krea-tif.v9i1.8319

Abstract

Pemanfaatan teknologi pada sektor kesehatan yang sangat perlu diperhatikan karena kesehatan merupakan faktor terpenting bagi kelangsungan hidup manusia. Berdasarkan Riskesdas tahun 2018, dinyatakan bahwa epidemiologi obesitas dan kekurangan gizi sudah banyak dialami oleh kalangan balita atau anak kecil, hal ini sangat berdampak pada kondisi kesehatan seseorang. Pemeriksaan pun harus tetap dilakukan untuk menentukan kelayakan pola hidup yang akan dijalani. Teknologi yang digunakan masih sangat minim dalam melakukan pengecekan status epidemiologi obesitas dan kekurangan gizi. Teknologi pada sektor kesehatan yang diharapkan ini merupakan suatu perancangan teknologi yang dapat mengetahui Body Mass Index (BMI) menggunakan metode Body Surface Area (BSA) melalui Cermin Pintar (Smart Mirror) agar seseorang mengetahui berat badan yang ideal dalam pencegahan terjadinya obesitas atau kekurangan gizi. Sehingga seseorang mendapatkan suatu wawasan (insight) yang ditampilkan oleh Smart Mirror berupa rekomendasi terbaik dari ahli pakar hal ini berdampak positif agar seseorang dapat melakukan pola hidup sehat.

Page 1 of 1 | Total Record : 5