cover
Contact Name
Uba Umbara
Contact Email
uba.bara@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
uba.bara1985@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan
ISSN : 24433500     EISSN : 2654833X     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
JUMLAHKU published scientific articles through digital journals in 2015 with issue volume 1 number May 1 2015. The period of publication of this journal is every May and November.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei" : 8 Documents clear
Penerapan teori bilangan dalam perhitungan kalender tradisional Zuli Nuraeni
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (821.958 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.530

Abstract

Penerapan teori bilangan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah menentukan hari pasar dalam kalender tradisional.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji konsep dan kemudian dapat diterapkan dan diimplementasikan dalam perhitungan matematis sehingga dapat memfasilitasi dan mendukung aspek kehidupan di luar matematika. Konsep teori bilangan yang digunakan dalam perhitungan kalender tradisional adalah konsep modulo 7 dan modulo 5. Konsep modulo 7 digunakan untuk melihat hari dalam Kalender Masehi sedangkan modulo 5 digunakan untuk melihat hari pasar dalam Kalender Tradisional.
Implementasi pembelajaran sains, teknologi, engineering, dan matematika STEM pada materi fungsi kuadrat Sri Endang Supriyatun
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (704.189 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.567

Abstract

Abstrak. Tujuan pembelajaran STEM ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan pemecahan masalah. STEM adalah pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan komponen-komponen sains, teknologi, engeneering dan matematika. di SMP Negeri 4 Metro pembelajaran yang dilakukan belum maksimal dalam penggunaan pendekatan pembelajaran. Kemampuan siswa berpikir kritis juga tergolong rendah. Terlihat dari penilaian harian hanya 5 orang yang mencapai target kriteria ketuntasan minimal 75. Implementasi STEM pada materi fungsi kuadrat dapat meningkatkan pencapaian target kriteria ketuntasan minimal, dari 30 siswa 22 siswa telah tuntas. Hal ini dapat dikatakan meningkat dari kondisi awal yang hanya 5 siswa. Kesimpulan dari implementasi ini adalah pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswapada pembelajaran fungsi kuadrat. Kata Kunci: stem, fungsi kuadrat, berpikir kritis
Matematika pada kompetensi teknik dan bisnis sepeda motor Ai Tusi fatimah; Nur Eva Zakiah
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (758.469 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.584

Abstract

This study aims to describe the mathematical needs that support competency in the Technical and Business of Motorcycle. This study involved the participation of teachers of Technical and Motorcycle Business and automotive engineering academics. Participants were vocational teachers and lecturers in the Ciamis and Tasikmalaya areas who were accessed by researchers. Data on mathematical needs in technical and motorcycle business are obtained from views of participants and vocational document searches. Participants identify the mathematical needs of the basic competencies in subjects of expertise competency (C3). The results of the study were obtained: (1) measurement, numbers, geometry, algebra, and statistics is the scope of mathematics that supports the competency in the Technical and Business of Motorcycle with an emphasis on the concept of comparison, area, volume, function, and conversion; (2) mathematical relational understanding is needed to solve problems. These results indicate that mathematics with mathematical understanding is needed in the Technical and Motorcycle Business Competencies.
Fuzzy sistem: estimasi harga nikel dunia Aprisal Aprisal; Agus Maman Abadi
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.856 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.583

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau memprediksi harga nikel menggunakan sistem fuzzy metode Mamdani dan mendeskripsikan tingkat keakuratan sistem yang dibentuk. Data yang digunakan data harga nikel dunia 4 tahun terakhir yaitu data mulai Januari 2014 sampai Desember 2017. Sistem Fuzzy Mamdani diawali dengan pembagian data menjadi training data (TR) dan checking data (CK). TR digunakan sebagai data pembuat sistem, sedangkan CK adalah data yang akan diuji menggunakan sistem yang telah dibentuk pada TR. Selanjutnya TR dan CK dipasangkan menjadi pasangan input-output data sesuai banyaknya input yang diinginkan. Variabel input pada penelitian ini adalah data harga nike pada bulan-bulan sebelumnya yang didefinisikan sebagai dan . Variabel output pada penelitian ini adalah data harga nikel yang didefinisikan . Selanjutnya berturut-turut proses yang dilakukan untuk memprediksi harga nikel dan menentukan tingkat keakuratan sistem yang dibangun yaitu melakukan fuzzifikasi, membentuk rule, melakukan inferensi, defuzzifikasi, dan menetapkan nilai MAPE untuk menentukan system error yang dibangun. Hasil menunjukkan bahwa sistem yang dibangun sudah cukup baik untuk memprediksi harga nikel dengan error sebesar 7% .
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Taksonomi SOLO pada Siswa SMA Septi Aprillia Luvi Sari; Sutriyono Sutriyono; Fika Widya Pratama
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (727.206 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.502

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika dengan taksonomi SOLO pada siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga subjek yang dipilih berdasarkan nilai raport kenaikan kelas. Subjek tersebut adalah subjek hasil belajar tinggi (S1), subjek hasil belajar sedang (S2), serta subjek hasil belajar rendah (S3). Penelitian ini menggunakan teknik tes, wawancara, dan dokumentasi. Data diambil pada tanggal 8 September 2018 sampai 1 Oktober 2018 di SMA Negeri 2 Salatiga. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan S1 dan S2 berada pada ekstended abstrak karena dapat menyelesaikan soal dengan benar serta mampu membuat kesimpulan di akhir pekerjaanya. Sedangkan S3 berada pada tingkat multistruktural karena tidak dapat menemukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan soal tersebut.
PROSES PENYELESAIAN SOAL BERDASARKAN PEMAHAMAN POLYA PADAMAHASISWA DALAM MATA KULIAH KALKULUS VEKTOR Rani Sugiarni
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (674.183 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.582

Abstract

Vector calculus courses are active abstract subjects that students often have difficulty in understanding the material. The research method uses quantitative descriptive methods. In this study, the subjects were students of the Mathematics Education Study Program at Suryakancana University in the 7th semester of the 2017-2018 academic year in the subject of Vector Calculus. The data collection technique is done by using a question test instrument about Polya's comprehension ability. Based on the results of the conclusion analysis from Problem 3, it was seen that most students understood 85% of the presentations and for question number 5 was 67%. Problems no. 1a and 1b inductive ability seen that most students understood 82% and 85% inductive understanding abilities. Another thing understood by student number 2 shows that most students understand most with 70% presentation and for number 4 most students do not understand 48% presentation. Question number 6 shows that most students understand 88% and for number 7 most students understand 70%. From the overall indicators of Polya's ability from the results of the answers, the presuppositions of students' abilities in vector calculus courses are mostly in the category of not understanding and partial understanding. Students are still weak in finding the truth or proof of a certain formula of curvature.
Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together dengan Pendekatan PAIKEM Terhadap Hasil Belajar Matematika Atin Saeputri; Sutriyono Sutriyono; Fika Widya Pratama
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.934 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini Quasi Eksperimen dengan desain The Randomized Control Group Pretest-Post Test Desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII C (kelas kontrol) dan VIII D (kelas eksperimen) SMP Negeri 2 Tuntang pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan dalam pembelajaran matematika pada materi Pola Bilangan. Pada penelitian ini adalah tes essay kemudian dilakukan Uji normalitas dengan metode kolmogorov- smirnov dan Shapiro-Wilk serta menggunakan uji mann whitney U. Keseluruhan uji menggunakan SPSS versi 16 dengan taraf signifikan sebesar 5%. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan dengan uji mann whitney diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 (kurang dari 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan pendekatan PAIKEM terhadap hail belajar matematika kelas VIII di SMP N 2 Tuntang.
Kemampuan siswa SMK akuntansi dalam menyelesaikan soal jenis penalaran dan representasi matematis Hanifah Nurus Sopiany
JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan Vol 5 No 1 (2019): Edisi Vol. 5 No. 1 Mei
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (594.998 KB) | DOI: 10.33222/jumlahku.v5i1.576

Abstract

Kemampuan bernalar dan representasi menjadi bagian dari salah satu kemampuan awal yang harus dimiliki siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan logis, sistematis, kreatif dan kritis. Bidang keahlian bisnis dan akuntansi menjadi sesuatu yang menarik untuk diteliti, karena penulis melihat adanya hubungan yang erat antara kajian materi matematika dengan ilmu bisnis dan akuntansi. Untuk mengetahui bagaimanakah kemampuan penalaran dan representasi siswa SMK tersebut, maka penulis melakukan langkah penelitian awal pada siswa SMKN bidang keahlian akuntansi, untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan permasalahan penalaran dan representasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode triangulasi. Subjek Penelitian ini sebanyak 30 siswa SMKN 2 Karawang. Hal yang mempengaruhi hambatan kesulitan tersebut dapat kita kategorikan menjadi beberapa bagian: 1) kurangnya kemampuan siswa dalam memahami soal yang diberikan. hal ini memunculkan kemungkinan kurangnya kemampuan literasi siswa atau kurangnya pemahaman konsep siswa. 2) keliru dalam membaca konsep kurang dari dan lebih dari, artinya kemampuan membaca gambar atau bentuk grafik yang dialami siswa. 3) kurangnya kemampuan siswa dalam merepresentasikan soal cerita dalam bentuk deskripsi kedalam model matematika atau model gambar ataupun grafik. Wawancara terhadap guru adanya keluhan atas jumlah jam pelajaran yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yang harus disampaikan sehingga ada kesulitan guru dalam menerapkan strategi yang tepat.

Page 1 of 1 | Total Record : 8