cover
Contact Name
Ni Luh Made Mahendrawati
Contact Email
made.mahendrawati@gmail.com
Phone
+628123961868
Journal Mail Official
made.mahendrawati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
International Journal of Community Service Learning
ISSN : 25797166     EISSN : 25496417     DOI : https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3.37047
Core Subject : Economy, Social,
International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to education, science, technology, socio-economics, and entrepreneurship.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023" : 15 Documents clear
Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum Adi Prasetyo; Gulam Hazmin; Murniady Muchran; Ginanjar Setyo Nugroho
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.51633

Abstract

Pengabdian ini memberikan siswa kemampuan untuk bisa menyampaikan informasi dengan teknik dan cara komunikasi yang mudah dan bisa langsung diterapkan di depan kelas. Metode komunikasi yang mereka gunakan awalnya bersifat satu arah, namun dengan pengabdian ini membuat mereka mampu mengkomunikasikan pesan  mereka dengan baik secara dua arah. Tujuan utama berkomunikasi adalah pesan dari pembicara (komunikator) sampai ke orang lain. Proses komunikasi ini memerlukan strategi yang tepat agar pesan dapat dengan mudah diterima oleh siapapun. Berbicara di depan publik (public speaking) adalah kemampuan yang sangat penting dari bagian komunikasi yang harus dipelajari oleh siapa saja khususnya pelajar, seiring mereka berproses melewati pendidikan hingga karir mereka nanti. Namun, seseorang seringkali menghindari kesempatan berbicara di depan umum karena mereka kurang memiliki kemampuan untuk menghadapi kecemasan yang muncul saat berbicara di depan umum. Fokus pengabdian di SMA Katolik Sang Timur ini adalah memberikan informasi, tips dan cara berbicara di depan umum dengan baik, serta memberikan cara yang mudah diterapkan kepada pelajar agar proses penyampaian pesan saat berbicara di depan umum bisa terlaksana dengan lancar.
Basic Islamic Economics and Finance Education among Youth at Raudhatul Ulum Senior High School Sakatiga Ogan Ilir, South Sumatera Fera Widyanata; Suhel; Wita Farla; Ahmad Syathiri; Feny Marissa
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.53979

Abstract

This community service targeted the youth audience, particularly the students of  Raudhatul Ulum Senior High School Sakatiga, Ogan Ilir Regency, South Sumatra Province. This school was selected because Islamic Economics and Finance education has not been included in the learning curriculum, whereas it is located in a boarding school complex. Thus, the students have lack knowledge about Islamic Economics and Finance. The youth was targeted because they are a generation that is currently active, enthusiastic and productive. The aims of this community service is that local youth as agents of change can implement the principles and concepts of Islamic Economics in their daily life, family and community to build economic progress in their village. The methods used in the implementation of community service are socialization, education, and workshops. From the results of this community service activity, it can be concluded that the knowledge and interest of teenagers in Islamic Economics and Finance have increased significantly so that they can practice it in their various daily economic activities whilst conveying it to other people, to create a prosperous Islamic economic environment.
Edukasi Potensi Risiko Peralatan Kesehatan Homecare Bagi Kader Kesehatan Kelurahan Gunung Jakarta Selatan Ernia Susana; Winda Wirasa; Frisa Yugi Hermawan
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.54443

Abstract

Pandemi Covid-19 membawa perubahan positif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga. Penggunaan masker, hand sanitizer, suplemen hingga penggunaan alat kesehatan homecare menyebabkan permintaan kebutuhan meningkat selama masa pandemi. Fenomena tersebut, seiring berjalannya waktu memunculkan beberapa permasalahan baru di kalangan masyarakat seperti perilaku panic buying hingga penyebaran hoaks yang dinilai berbahaya terkait penggunaan sejumlah produk dan alat kesehatan. Berkenaan dengan hal tersebut, masyarakat perlu memiliki pemahaman yang cukup dari hasil edukasi dan literasi. Tujuan pelaksanaan PKM  ini adalah mengedukasi jenis dan potensi risiko alat kesehatan homecare yang umum tersedia di rumah. Metode kegiatan dilaksanakan dalam bentuk pendidikan/edukasi dan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan PKM ini mendapatkan respon yang baik dari peserta yang terdiri dari kader posyandu dan posbindu serta perwakilan masyarakat umum. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan peningkatan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam hal sikap, pengetahuan dan prilaku serta praktik pemeliharaan alat kesehatan homecare yang ditunjukkan dari hasil pre-test dan postest serta demonstrasi pemeliharaan alat homecare selama kegiatan.
Diagnosa Penyakit Hewan dengan Teknik Polymerase Chain Reaction di Lingkungan Universitas Nusa Cendana Maria Aega Gelolodo; Putri Pandarangga; Yohanes T. R. M. R. Simarmata; Tri Utami; Tarsisius Considus Tophianong; Frans Umbu Datta; Yeremia Y. Sitompul; Cynthia Dewi Gaina; Nancy Diana F. K. Foeh; Herlina Umbu Deta
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.55140

Abstract

Penyakit infeksius dapat menyebabkan kerugian ekonomi dan dampak sosial budaya di masyarakat. Diagnosa dan deteksi dini terhadap agen patogen penyebab penyakit infeksius merupakan langkah penting dalam mencegah efek yang lebih besar dari penyakit infeksius. Semakin cepat suatu agen penyakit terdeteksi maka makin cepat pula usaha pencegahan maupun kontrol yang dilakukan untuk mencegah penyebaran lebih lanjut dari penyakit tersebut. Salah satu teknik deteksi laboratorik yang paling banyak digunakan saat ini adalah teknik molekuler PCR. Teknik ini memiliki sensitivitas dan spesifitas yang tinggi dan dapat dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat. Terlepas dari keunggulan serta keuntungan teknik PCR ini, namun pada kenyataannya masih ada stakeholders di tingkat universitas yang belum sepenuhnya mengenal maupun memahami dengan baik teknik ini. Oleh karena itulah maka pelatihan PCR pada para dosen maupun tenaga laboran di lingkungan Universitas Nusa Cendana, Kupang menjadi penting dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas deteksi laboratorik terhadap penyakit infeksius. Kegiatan yang diikuti oleh 14 orang peserta ini selain melengkapi para peserta dengan pengetahuan mengenai prinsip dasar PCR dan aplikasinya juga melatih kemampuan peserta dalam melaksanakan PCR di laboratorium.
Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru SD dan SMP Sadrack Luden Pagiling; Yonarlianto Tembang; Dewi Puji Rahayu; Minuk Riyana; I Ketut Sardiana; Ni Luh Ramaswati Purnawan; Ni Wayan Siti
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.55607

Abstract

Pengetahuan dan keterampilan guru-guru SD dan SMP yang masih minim dalam melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dan mempublikasikan artikel ilmiah menyebabkan kesulitan untuk mengurus kenaikan pangkat. Oleh karena itu,  pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan PTK dan penulisan artikel ilmiah bagi guru-guru SD dan SMP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu metode pelatihan, diskusi, dan demonstrasi. Pelatihan ini melibatkan 13 guru-guru SD dan SMP yang berada di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan. Tim pelaksana pengabdian ini melakukan evaluasi untuk mengetahui pemahaman guru dengan cara menyebar angket melalui googleform untuk mengetahui pemahaman guru terkait PTK serta teknik penulisan artikel ilmiah yang baik. Hasil pelatihan mendemonstrasikan bahwa 13 guru memiliki pemahaman yang baik terkait dengan pengetahuan PTK dan penulisan artikel melalui pelatihan dan pendampingan dengan skor penilaian di tingkat persetujuan antara 6 dan 7. Selanjutnya, 10 guru berhasil menulis artikel hasil PTK yang selanjutnya didampingi untuk melakukan submit artikel di jurnal nasional. Pelatihan ini disimpulkan berhasil karena mampu memberikan pengetahuan yang berharga bagi guru-guru SD dan SMP dalam melaksanakan PTK dan menulis artikel ilmiah.
Literasi Numerasi dalam Kerangka Kurikulum Merdeka Berbasis Art Education Erna Yayuk; Arina Restian; Dyah Worowitastri Ekowati
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.56278

Abstract

Pembelajaran abad 21 menuntut para guru dapat mengembangkan pembelajaran yang adaptif dan inovatif. Berdasarkan fakta masih banyak dijumpai para guru belum dapat melaksanakan pembelajaran secara maksimal terutama dalam membelajarkan literasi numerasi berdasarkan kurikulum merdeka. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dengan tujuan menganalisis literasi numerasi berbasis art education untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Kegiatan ini dilaksanakan pada guru-guru sebanyak 20 orang di MI Nurul Islam  Kecamatan Tajinan. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap guru tentang literasi numerasi berbasis art education. Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu workshop, penyusunan modul ajar dengan kerangka kurikulum merdeka, melaksanakan pembelajaran inovatif, serta melaksanakan kegiatan refleksi dan tindak lanjut. Pelatihan dilakukan secara luring dan pendampingan dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom. Dari kegiatan dapat disimpulkan bahwa) kegiatan workshop berjalan efektif dan meningkatkan pengetahuan guru dalam literasi dan numerasi berbasis art education. Keterampilan guru meningkat dengan indikator telah tercapinya capaian pembelajaran dengan baik, peserta didik dapat belajar secara enjoyfull dan meaningfull. Ada beberapa kendala diantaranya belum semua guru memahami kurikulum merdeka, Ada siswa yang masih kesulitan dalam membaca, beberapa peserta didik kesulitan dalam berhitung.
Optimalisasi Dukungan Sosial Bagi Pasien Lupus dan Keluarga Pasca Pandemi Covid-19 di Yayasan Kupu Parahita Indonesia Elvira Sari Dewi; Choirinnisa Meilia Ayu Putri; Elynca Putri Desfryda; Sephia Dwinadella; Cesarius Singgih Wahono; Dewi Purnama Sari; Kusworini Handono; Handono Kalim
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.56434

Abstract

Selama pandemi Covid-19, pasien lupus dan keluarga dihadapkan dengan berbagai stresor dan tantangan yang dapat mempengaruhi dukungan sosial. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan dukungan sosial bagi pasien lupus dan keluarga pasca pandemi Covid-19 di Yayasan Kupu Parahita Indonesia. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah dengan melakukan Forum Group Discussion (FGD) untuk menggali kebutuhan pasien lupus dan keluarga akan dukungan sosial; menyelenggarakan pertemuan offline antara pasien lupus, keluarga, dan tenaga kesehatan pemerhati lupus; serta memberikan edukasi intens secara online. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari kegiatan FGD, didapatkan permasalahan bahwa belum semua pasien lupus dan keluarga di Yayasan Kupu Parahita Indonesia mengenal dan memahami lupus dengan baik. Melalui kegiatan yang diselenggarakan secara offline maupun online, masalah yang didapat saat FGD teratasi, di mana pasien lupus dan keluarga lebih memahami lupus dan dengan sharing sesama pejuang lupus, kebutuhan dukungan sosial pasien lupus dan keluarga terpenuhi. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan secara intens baik secara offline maupun online sangat diperlukan untuk mengoptimalkan dukungan sosial bagi pasien lupus dan keluarga.
Indonesia Coral Reef Garden Sanur Bali: Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Restorasi Terumbu Karang Putu Indah Dianti Putri; I Ketut Sudiarta; Rahmadi Prasetijo; I Nyoman Dodik Prasetia
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.56525

Abstract

Perairan Sanur memiliki bentangan terumbu karang yang menjadi potensi utama dalam memacu perkembangan wisata bahari. Melihat begitu pentingnya keberadaan ekosistem terumbu karang diperlukan upaya pengelolaan secara aktif. Sejalan dengan hal tersebut, pemerintah melalui kebijakan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dalam rangka percepatan penanganan pandemi Covid-19 dan mengatasi kondisi perekonomian melakukan program restorasi terumbu karang dengan metode transplantasi yang dikenal sebagai Indonesia Coral Reef Garden (ICRG). Program ini dilaksanakan melalui kegiatan padat karya dengan melibatkan masyarakat pesisir Sanur dan wilayah sekitar yang terkena dampak pandemi Covid-19. Program ini bertujuan memberikan stimulus ekonomi yang selanjutnya dapat berdampak pula pada pelestarian ekosistem pesisir laut daerah Sanur serta penumbuhan mata pencaharian alternatif melalui pengembangan wisata bahari. Sejumlah 12.700 unit struktur kebun karang berhasil dikerjakan. Restorasi terumbu karang yang dilakukan di perairan Sanur mencapai luas 8 (delapan) ha. Secara nyata program ini dapat memberikan dampak terhadap pemulihan perekonomian kepada masyarakat baik yang dirasakan secara langsung maupun tidak langsung.
Sosialisasi Digital Marketing UMKM dalam Optimalisasi Potensi Ekonomi Desa Kukuh Arisetyawan; Lucky Rachmawati; Salsabila Nur'aini; Anjestasya Anggrahi Nur Adha; Alhafiz Hamzah Firmansyah; Cheva Adisty Ardini; Atha Adinata Ariyadi
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.56878

Abstract

Pemahaman masyarakat untuk mampu memaksimalisasi sumber daya yang ada dengan tersistem masih kurang. Banyak UMKM yang belum memiliki nama atau merk produk, sehingga tidak bisa membuat logo untuk produk mereka sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan sosialisasi digital marketing UMKM dalam optimalisasi potensi ekonomi desa. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan tes. Sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Responden UMKM yang ada di Desa berjumlah 29 orang (pemilik UMKM). Proses analisis data dilakukan dengan melihat perbandingan hasil pretest dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan hasil pre-test dan post-test, diketahui pengetahuan peserta yang semula hanya 56% meningkat menjadi 80% peserta UMKM. Sehingga kesimpulan dari kegaitan pengabdian ini adalah masyarakat yang memiliki UMKM sudah mulai memahami mengenai digital marketing dengan baik karena metode sosialisasi dan FGD untuk mempermudah masyarakat dalam memahami materi digitalisasi marketing. Implikasi penelitian ini diharapkan Pelaku UMKM yang menjadi target sosialisasi ini mampu menciptakan citra usaha (branding), logo dan packaging yang baik demi efisiensi dan efektifitas kinerja dari usaha yang dijalankannya.
E-Module Design Workshop as Professional Development Program for Pre-School Teachers Laela Hikmah Nurbatra; Masyhud
International Journal of Community Service Learning Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/ijcsl.v7i2.57681

Abstract

Early childhood education is a form of education that places the children at the centre of the learning process and is adapted to the child's developmental stage. To conduct an engaging and meaningful process in Early Childhood Education (PAUD), teachers are expected to improve their capacities in order to catch up with the technological development. The proposed community empowerment program would involve KB Taman Harapan which is located at Jl Raya Sumbersekar No 108 RT 01 RW 03 Krajan, Sumbersekar, Malang. Based on what was observed and what was stated in the interview with the principal, KB Taman Harapan is struggling with challenges. In the first place, they are having trouble dealing with the lack of professional development programs for the teachers. Second, the principal indicated that they are also dealing with some financial issues. Lastly, the principal also mentioned that they were having difficulty generating interesting resources for online instruction. The main agendas would be organized to solve the issues, namely providing training for e-module development program for teachers and providing a tryout session for the results of the e-module. In the process, there would be 4 stages of action: (1) Planning, (2) implementation, (3) Evaluation.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 7 No. 2 (2023): May 2023 Vol. 7 No. 1 (2023): February 2023 Vol. 7 No. 4 (2023): November Vol. 7 No. 3 (2023): Agustus Vol. 6 No. 4 (2022): November 2022 Vol. 6 No. 3 (2022): August 2022 Vol. 6 No. 2 (2022): May 2022 Vol. 6 No. 1 (2022): February 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 4 (2021): November 2021 Vol. 5 No. 3 (2021): August 2021 Vol. 5 No. 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol. 5 No. 1 (2021): February 2021 Vol 5, No 3 (2021): Agustus Vol 5, No 2 (2021): May Vol. 4 No. 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 4 (2020): November 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol. 4 No. 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 2 (2020): May 2020 Vol. 4 No. 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol. 3 No. 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 3 (2019): August 2019 Vol. 3 No. 2 (2019): May 2019 Vol 3, No 1 (2019): February 2019 Vol. 3 No. 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 2 (2019) Vol. 2 No. 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol. 2 No. 3 (2018): August 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol. 2 No. 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol. 2 No. 1 (2018): February 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 3 (2017): November 2017 Vol. 1 No. 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol. 1 No. 1 (2017): May 2017 More Issue