cover
Contact Name
Akhmad Rizkhi Ridhani
Contact Email
rizkhi.ridhani@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
annur.uniskamab@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
JURNAL MAHASISWA BK AN-NUR : BERBEDA, BERMAKNA, MULIA
ISSN : 24609722     EISSN : 26228297     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 3 (2020)" : 5 Documents clear
BACKGROUND ORGANISASI MAHASISWA DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU SOSIAL Muhammad Khoiruzzadi; Casmini Casmini
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.422 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i3.3770

Abstract

Latar belakang keikutsertaan mahasiswa magister dalam organisasi pada saat kuliah sarjana (S1) mempengaruhi perilaku sosialnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman mahasiswa yang mengambil program magister saat berorganisasi masa S-1dalam membentuk perilaku sosial-akademik. Karakteristik organisasi kemahasiswaan yang pernah diikutinya selama menjadi mahasiswa S-1,  pengalaman dan budaya organisasi yang membentuk perilaku sosialnya. Penelitian ini bersifat kualitatif-fenomenologis dengan partisipan 6 mahasiswa pascasarjana konsentrasi psikologi pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara mendalam yang kemudian dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang organisasi mahasiswa membentuk karakter solidaritas kepada orang lain dan lingkungan, istiqomah dalam kebaikan dan sikap ketegasan dan kritis sesuai karakteristik dan budaya organisasi yang diikutinya. Pengalaman menyenangkan dan tidak menyenangkan selama berorganisasi menjadi pembelajaran kehidupan di masa sekarang sebagai implikasi nilai positif selama berorganisasi. Karakteristik dan budaya organisasi tidak secara penuh berpengaruh pada perilaku sosial, namun ada peran proses kognitif dalam menentukan perilaku sosialnya.
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA SMP NEGERI 1 PELAIHARI Laelatul Anisah; Eka Sri Handayani
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.417 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i3.3771

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu aspek yang bisa mengantarkan siswa sukses dalam proses pembelajaran. Dengan rasa percaya diri yang tinggi, siswa mampu mengembangkan segala potensi yang dimilikinya. Mengingat kepercayaan diri sangat penting bagi seorang siswa, maka guru bimbingan dan konseling atau konselor di sekolah menyediakan berbagai layanan bimbingan dan konseling agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan kepercayaan diri, salah satu layanan yang dapat diberikan adalah bimbingan kelompok dengan teknik modelling.Penelitian ini mempunyai tujuan antara lain: (1) mengetahui gambaran kepercayaan diri di SMP Negeri 1 Pelaihari, (2) mengetahui gambaran kepercayaan diri sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan kelompok dengan teknik modelling pada siswa SMP Negeri 1 Pelaihari, (3) mengetahui kepercayaan diri siswa SMP Negeri 1 Pelaihari dapat diatasi melalui bimbingan kelompok dengan teknik modelling.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental (non parametris). Penelitian ini termasuk jenis quasi-eksperimental design, dengan menggunakan one group pretest and posttest design. Dengan metode one group pretest and posttest design berarti sampel diberikan tes sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan tertentu, sehingga subyek dikenakan dua kali pengukuran.Hasil penelitian ini adalah (1) Kepercayaan diri siswa sebelum mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 101 termasuk dalam kategori rendah dan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 197 termasuk dalam kategori tinggi, (2) Peningkatan kepercayaan diri siswa sebelum dan setelah mendapatkan treatment berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling sebesar 96, (3) Hasil perhitungan pada tabel di atas, dapat diketahui bahwa t hitung (18,569) > t tabel (0,703), jadi Ho (Hipotesis Nol ditolak) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kepercayaan diri siswa antara sebelum dan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik modelling.
BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK FOCUS GROUP DISCUSSION UNTUK MENGURANGI PERSEPSI NEGATIF SISWA TERHADAP BIMBINGAN KONSELING DI MTS PANGERAN ANTASARI Siti Zainab; Kasyful Anwar; Aminah Aminah
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.337 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i3.3767

Abstract

Siswa kurang memahami akan pentingnya layanan Bimbingan dan Konseling sehingga peran guru Bimbingan dan Konseling dalam memberikan layanan sangatlah kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi persepsi negatif siswa terhadap Bimbingan dan Konseling di Sekolah Kelas VIII B MTs Pangeran Antasari dengan focus group discussion dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu pre-eksperimental design one-group pretest dan posttes. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 27 responden dan didapat 8 orang sebagai sampel penelitian melalui purposive sampling atau sampel bertujuan. Untuk menguji validas instrument peneliti menggunakan Validitas Konstrak dilakukan dengan Pearson Correlation (membandingkan r tabel dan r hitung). Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis Kuantitatif Statistik Uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan sebelum diberikan teknik focus group discussion dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok rata-rata skornya adalah 198 (52%) dan sesudah diberikan focus group discussion dalam penggunaan layanan bimbingan kelompok maka diketahui hasilnya adalah sebanyak rata-rata 187 (49%). Untuk teman-teman peneliti lain, penelitian ini belum sempurna, kalian bisa menambah responden untuk memberikan treatment agar layanan bimbingan ini akan bertambah efektif.
LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY MENGURANGI PERILAKU BULLYING PADA KELAS VII, VIII, DAN IX DI SMP NEGERI 3 BANJARBARU Helliya Rahmianor; Farial Farial; Eka Sri Handayani
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.773 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i3.3768

Abstract

Dalam dunia pendidikan anak dilingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah, atau teman-temannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi perilaku bullying siswa disekolah dalam layanan konseling kelompok, adapun populasi siswa tersebut adalah siswa SMP Negeri 3 Banjarbaru. Dalam penelitian ini menggunakan Pre-eksperimental design, yaitu one-group pretest dan posttest, pretest adalah sebelum siswa diberikan perlakuan kemudian sesudah diberi perlakuan atau posttest, populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa SMP NEGERI 3 BANJARBARU. Berdasarkan hasil penelitian tingkat disiplin siswa SMP NEGERI 3 BANJARBARU sebelum diberikan pendekatan cognitive behavior therapy dalam penggunaan layanan konseling kelompok rata-rata 636 (166%) dan sesudah diberikan pendekatan cognitive behavior therapy dalam penggunaan layanan konseling kelompok maka diketahui hasilnya adalah sebanyak rata-rata 597 (153%). Bagi mahasiswa, agar menjadi referensi kepada penelitian selanjutya untuk meneliti permasalahan ini.
JUDUL ARTIKEL: LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENERAPKAN ETIKA SISWA VIII SMP NEGERI 9 BANJARBARU Syamsul Ma’rif; Gusti Irhamni; Zainal Fauzi
Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Vol 6, No 3 (2020)
Publisher : Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.123 KB) | DOI: 10.31602/jmbkan.v6i3.3769

Abstract

Pendidikan adalah proses pembentukan manusia yang beragama,berilmu, berika, dan bermoral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana penerapan etika siswa dengan layanan konseling kelompok teknik modeling disekolah SMPN 9 Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Hasil yang didapat disekolah guru bk melaksanakan penerapan etika bekerja sama dengan guru mata pelajaran dan wali kelas serta orang tua agar lebih memudahkan untuk menerapkannya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5