cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@aulad.org
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Aulad : Journal on Early Childhood
ISSN : 26554798     EISSN : 2655433X     DOI : -
Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to publish their researches in our Journal. This Journal is published every April, August and December annually. Scientific paper submitted to this journal should follow the following guidelines As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023" : 8 Documents clear
Pengembangan Aplikasi Edukatif Pada Pembelajaran Literasi Sains Anak Usia Dini Febriyanti Utami; Mahyumi Rantina; Taruni Suningsih; Lessy Yusnitin; Bella Sicilia Ariska
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.402

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan dapat mendukung berbagai pelaksanaan pembelajaran di pendidikan anak usia dini, salah satunya penggunaan aplikasi edukatif dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa aplikasi edukatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran literasi sains anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan dari Borg and Gall. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasi edukatif yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid berdasarkan hasil uji coba permulaan dan praktis berdasarkan hasil uji coba lapangan terbatas pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil.
Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas 2 Rahma Triani; Siti Quratul Ain
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.431

Abstract

Terjadinya pernyimpangan dalam kehidupan sebenarnya berasal dari tidak diimplementasikannya nilai yang terkandung dalam pancasila. Selain itu, permasalahan terkait penerapan nilai pancasila dalam lingkungan sekolah juga terlihat dalam perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi bagaimana sekolah mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam pancasila pada siswa kelas dua sekolah dasar. Narasumber yang terlibat adalah kepala sekolah dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data tematik menunjukkan bahwa ada empat tema yang muncul dalam penelitian ini. Keempat tema tersebut adalah persepi guru dan kepala sekolah tentang pancasila, implementasi nilai pada setiap sila dalam pancasila, peran guru terhadap pengimplementasian nilai pancasila, dan sikap guru ketika siswa melangggar nilai pancasila. Implikasi hasil penelitian dapat digunakan sebagai rujukan bagi sekolah dan guru untuk melakukan pelaksanaan atau implementasi nilai yang terkandung dalam pancasila
Pengaruh Helicopter parenting Terhadap Perkembangan Sosial dan Percaya Diri Anak PAUD Lisfa Yanti; Nenny Mahyuddin
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.437

Abstract

The background of this research is that children experience a level of difficulty in regulating emotions and confidence in doing something that is caused by overprotective parenting (too controlling). The purpose of this study was to determine the effect of helicopter parenting on children's social development and self-confidence at PAUD Ar-Rasyid Payakumbuh. The research method used is this research uses a quantitative approach in the form of Pre-Experimental Design, with the One-Shot Case Study method. The research subjects were class B students of Ar-Rasyid Payakumbuh PAUD. The research instruments used were observation sheets, questionnaires, and documentation. The results of the study found that the t value of helicopter parenting and children's social development was 4.073 with a significance of 1.771 (p>0.05). This shows that there is a significant influence between helicopter parenting and the social development of children of PAUD Ar-Rasyid Payakumbuh. Furthermore, using the t-test, the results showed that helicopter parenting and children's self-confidence amounted to 6.440 with a significance of 1.771 (p>0.05). This shows that there is a significant influence between helicopter parenting and children's confidence in PAUD Ar-Rasyid Payakumbuh. It is recommended to future researchers to conduct research related to parenting on other variables
Upaya Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Maila D.H. Rahiem
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.440

Abstract

Perilaku prososial merupakan aspek penting dari perkembangan sosial dan psikologis anak. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana upaya orang tua dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia dini (AUD). Metode penelitian kualitatif eksploratif digunakan sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan lewat wawancara dan pengumpulan dokumen. Dua puluh dua orang tua terlibat dalam penelitian ini. Data menunjukkan bahwa upaya mengembangkan perilaku prososial yang dilakukan orang tua adalah: 1) mencontohkan kepada anak perilaku prososial, 2) membiasakan anak berperilaku prososial, 3) mengajak anak berdikusi tentang perilaku prososial, 4) memberitahu dan menasehati anak untuk berperilaku prososial. Orang tua memegang peranan penting dalam pengembangan perilaku prososial anak. Untuk mendidik anak kasih sayang, sopan santun dan membantu orang lain secara optimal, maka kajian terkait isu ini penting dan dibutuhkan.
Orang Tua dan Regulasi Emosi Anak Usia Dini Maila D.H. Rahiem
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.441

Abstract

Regulasi emosi sangat penting bagi kehidupan sehari-hari anak-anak karena mempengaruhi pemahaman anak tentang situasi sosial, bagaimana mereka merespons, berperilaku, dan berbahagia. Selain itu, kemampuan regulasi emosi menjadi bekal keterampilan yang dibutuhkan anak di masa dewasa. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana orang tua membantu anak usia dini (AUD) meregulasi emosi mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif eksploratif. Data dikumpulkan dengan cara peneliti mewawancarai 24 orang tua yang memiliki anak berusia 4-6 tahun dan berdomisili di Jabodetabek. Data dianalisis secara tematik dengan tahapan kodifikasi, klasifikasi, perbaiki dan penemuan tema. Data menunjukkan bahwa orang tua membantu anak meregulasi emosi dengan cara: 1) menenangkan dengan memberi perhatian kepada anak, 2) mendiskusikan dan mendengarkan penjelasan penyebab emosi, 3) menasehati dan memberi penjelasan, 4) mengalihkan emosi anak dengan kesenangan anak, dan 5) membujuk dan memberikan anak keinginannya atau hadiah. Praktik yang dilakukan oleh orang tua dalam meregulasi emosi AUD belum semuanya tepat dan bahkan ada yang berdampak kontra-produktif. Orang tua perlu terus menambah pengetahuan tentang pengasuhan agar dapat mendidik anak sebaik-baiknya.
Etnoparenting: Pola Pengasuhan Alternatif Masyarakat Indonesia Dina Kusumanita Nur Alfaeni; Yeni Rachmawati
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.432

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya studi tentang pengasuhan anak yang menggunakan analisis teori Barat seperti parenting style Baumrind yang merujuk pola asuh terbaik adalah pola asuh demokratis. Hal ini menyebabkan standar pengasuhan setiap negara selalu didefinisikan seragam, yakni pola asuh demokratis. Padahal pengasuhan dapat berbeda di setiap negara berdasarkan perbedaan latar belakang geografis dan kulturnya. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia memiliki ciri khas dalam pengasuhan anak dan mengungkap pengasuhan mainstream. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, literatur yang digunakan terbit dari tahun 2012-2022 yang telah diseleksi. Teknik analisis menggunakan Miles & Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia memiliki alternatif pengasuhan yang dilihat dari aspek histori, budaya, dan karakteristik masyarakatnya, yang kemudian dibahas pada 3 bagian temuan, yakni masyarakat Indonesia dan budayanya, budaya kolektivisme vs individualisme di Indonesia, dan keberagaman etnoparenting Indonesia.
Analisis Kebijakan Profil Pelajar Pancasila Terhadap Internalisasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Fiky Multazam; Ocih Setiasih
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.463

Abstract

Pendidikan karakter sangat penting sebagai wujud jati diri bangsa. Kebijakan profil pelajar pancasila hadir sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa yang berlandaskan ideologi bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan profil pelajar pancasila terhadap internalisasi pendidikan karakter anak usia dini. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi literatur dengan mengumpulkan berbagai sumber bacaan yang relevan dengan konteks dan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa profil pelajar pancasila sangat berkaitan erat dengan nilai-nilai kearifan lokal yang tertuang dalam semangat-semangat nilai kearifan lokal tertuang semua kedalam elemen profil pelajar pancasila. Peran keluarga, sekolah dan masyarakat menjadi kunci penanaman karakter melalui kebijakan profil pelajar pancasila.
Permainan Balok untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Anak Usia 4-5 Tahun nur hasanah; Muhammad Basri
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i1.461

Abstract

Keberhasilan dalam meningkatkan kemampuan kerjasama sejak dini merupakan tolak ukur keberhasilan kerjasama anak pada tahap berikutnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia 4-5 tahun menggunakan media permainan balok yang dilakukan secara berkelompok. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah sepuluh orang anak usia 4-5 tahun di kelas Ar-Rahman. Setelah dilakukannya permainan balok dengan menggunakan langkah-langkah yang lebih efektif, pencapaian anak dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 terdapat peningkatan kerjasama yang diperoleh anak. Kriteria “BB” saat pra siklus yaitu 30% dan kriteria “BSB” belum tercapai. Kriteria “BB” saat siklus pertama mencapai 12,50% dan “BSB” 15%. Kriteria “BB” saat siklus ke 2 terdapat 0% dan “BSB” mencapai 85%. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya kerjasama anak usia 4-5 tahun di RA Al-Fajar dengan menggunakan permainan balok.

Page 1 of 1 | Total Record : 8