cover
Contact Name
Mohammad Fauziddin
Contact Email
mfauziddin@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
admin@aulad.org
Editorial Address
-
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Aulad : Journal on Early Childhood
ISSN : 26554798     EISSN : 2655433X     DOI : -
Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to publish their researches in our Journal. This Journal is published every April, August and December annually. Scientific paper submitted to this journal should follow the following guidelines As our commitment to the advancement of science and technology, the Jurnal Obsesi follows the open access policy that allows the published articles freely available online without any subscription.
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023" : 27 Documents clear
Pemahaman Guru PAUD tentang Pembelajaran Coding untuk Anak Usia Dini Sugiana; Tommy Rizki Prasetyo; Susanthi Pradini; Vivi Irzalinda
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.394

Abstract

Pembelajaran saat ini telah tersentralisasi oleh digital yang membuat kita harus belajar banyak guna mengupgrade kemampuan, termasuk pada pembelajaran coding bagi Pendidikan Anak Usia Dini. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran paradigma guru PAUD mengenai pembelajaran coding.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian statistik deskripsi. Sampel dalam penelitian ini adalah guru TK yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pemahaman guru PAUD tentang pembelajaran coding untuk anak usia dini berkategori sedang. Yang berarti bahwa pengetahuan guru PAUD tentang pembelajaran coding AUD masih sampai tahap pemahaman (C2) pada tahapan Taksonomi Bloom. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, peneliti menyarankan untuk penelitian lanjutan agar penelitian selanjutnya dapat dilakukan secara luas dan dapat melihat implementasi pembelajaran koding AUD dalam mengembangkan 6 aspek perkembangan.
Analisis Pelaksanaan Supervisi Akademik terhadap Kinerja Guru PAUD selama Masa Pandemi Kholijah Saragih; Nurhafizah
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.443

Abstract

Supeirvisi Akadeimik meirupakan tugas utama keipala seikoilah di seitiap unit yang dipimpinnya untuk dapat meiningkatkan mutu dan kualitas satuan peindidikan beirkeilanjutan. Tujuan dalam peineilitian ini adalah untuk meindeiskripsikan peilaksanaan supeirvisi akadeimik teirhadap kineirja guru PAUD seilama masa pandeimi. Jeinis peineilitian yang dilakukan pada peineilitian ini yaitu meitoidei deiskriptif kualitatif. Teiknik peingumpulandata meiliputi wawancara, oibseirvasi, dan doikumeintasi. Hasil analisis kualitatif dipeiroileih  bahwa teirdapat beibeirapa guru yang masih beilum mampu meingoipeirasikan teiknoiloigi untuk meindukung peimbeilajaran oinlinei, proiseis peimbeilajaran beilum seipeinuhnya seisuai deingan deisain peimbeilajaran, meidia peimbeilajaran yang digunakan guru beilum beirvariasi. Maka keipala seikoilah meilakukan peingeimbangan koimpeiteinsi guru deingan meingikuti peilatihan atau seiminar baik yang diadakan peimeirintah maupuan seicara mandiri.
Upaya Peningkatan Kemampuan Calon Guru dalam Menyusun Program Pembelajaran melalui Diskusi Kelompok M. Nasirun; Anni Suprapti; Mona Ardina; Indrawati
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.457

Abstract

Calon pendidik profesional harus memiliki pemahaman konsep yang benar terkait pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penyusunan Rencana pembelajaran penting untuk dilakukan agar pelaksanaan pengajaran berjalan lancar sehingga proses pembelajaran memperoleh hasil yang maksimal.  Permasalahan dalam penelitian ini adalah calon guru (mahasiswa PAUD) belum mampu mengembangkan program harian (RPPH) secara mandiri dengan baik dan benar, ditambah lagi adanya perkembangan kurikulum menjadi tantangan tersendiri dalam penyusunan RPPH tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan calon guru (mahasiswa PAUD)  dalam membuat dan mengembangkan program harian (RPPH) melalui diskusi kelompok. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah calon guru (mahasiswa) PAUD FKIP Universitas Bengkulu berjumlah 72 orang. Data dikumpulkan berdasarkan hasil penilaian terhadap produk RPP yang telah dibuat dan dikembangkan oleh mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap semua kriteria penilaian atas RPPH yang telah disusun dan dikembangkan oleh mahasiswa PAUD FKIP Universitas Bengkulu setelah melalui pendekatan diskusi kelompok.
Pengembangan Media Video Animasi Pop-up book Rumah Adat di Indonesia dalam Pembelajaran IPS di SD Agnia Rahmi; Tin Rustini
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.462

Abstract

Penelitian ini didasarkan bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi saat kini sudah berkembang pesat, pendidikan harus mampu berkembang sesuai dengan kemajuan teknologi. Pembelajaran harus menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas. Oleh karena itu, dibutuhkan media pembelajaran digital sebagai sarana pembelajaran saat ini. Dengan memperhatikan hal tersebut, tujuan dari penelitian ini ialah untuk menggambarkan serta mengembangkan produk yaitu video animasi pop-up book yang layak digunakan. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah D&D (Design and Development) dengan menerapkan prosedur ADDIE  yang mencakup lima langkah, yaitu analisis desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rekapitulasi penilaian produk oleh para ahli memperoleh nilai 96,18%. Uji coba produk yang dilakukan di SDN Cibiru 090 dan SD Plus Al-Ghifari memperoleh rekapitulasi penilaian dari guru dan siswa, yaitu 93,45%. Maka dari itu, media video animasi pop-up book ini layak digunakan oleh pengajar dan murid di kelas 4 SD untuk mendukung proses belajar mengajar digital. 
Pengaruh Lembar Kegiatan Anak dengan QR Code Terhadap Literasi Sains Anak Usia 5-6 Tahun Tinesandya Nabillah Utami; Febriyanti Utami
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.465

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kegiatan anak (LKA) dengan QR code terhadap literasi sains anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian Pre Experimental dengan desain One Shot Case Study. Berdasarkan hasil analisis data pada uji-t setelah dilakukan perhitungan maka diperoleh bahwa yaitu sebesar 0,26 dan hasil dari  (19) adalah 0,013. Jadi berdasarkan perhitungan dapat ditarik kesimpulan bahwa   (0,26 > 0,013) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa lembar kegiatan anak dengan QR code memiliki pengaruh terhadap literasi sains anak. Karena setelah menerapkan LKA dengan QR code anak mampu menunjukkan aktivitas yang bersifat eksploratif, memecahkan masalah sederhana dengan cara yang fleksibel, serta menerapkan pengetahuan dalam konteks yang baru.
Pengaruh Kegiatan Sains dan Media Loose Parts terhadap Keterampilan Beripikir Kritis Anak Sumarseh; Yaswinda
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.473

Abstract

Kemampuan ini memungkinkan anak dapat melakukan penalaran tingkat tinggi untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi suatu data dari hasil pengamatan, refleksi, pemikiran atau komunikais sebagai landasan tindak lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan kegiatan sains dan media loose parts. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah dua puluh orang anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara kelompok kontrol dan eksperimen. Anak yang berada dalam kelompok eksperimen menunjukkan kategori keterampilan berpikir kritis yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang berada dalam kelompok kontrol. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru maupun orangtua untuk menstimulasi keterampilan berpikir kritis pada anak.
Analisis Praktik Sharenting Orang Tua Milenial di Provinsi Riau, Indonesia Eva Eriani; Ria Novianti; Rizki Surya Amanda; Dini Anggia
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.467

Abstract

Saat ini orang tua terbiasa memposting informasi anak secara rinci ke media sosial hingga melanggar privasi anak, fenomena ini dikenal dengan istilah sharenting. Sharenting marak dilakukan oleh orang tua milenial yang sangat melek dengan teknologi informasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar praktik sharenting orang tua milenial di provinsi Riau. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif ini menggunakan teknik sampling area sehingga hanya diambil 3 kabupaten yakni Pekanbaru, Indragiri Hilir dan Bengkalis. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 orang dengan syarat: orang tua kelahiran 1981-1996 yang memiliki anak usia 0-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket melalui google formulir. Hasil penelitian menunjukkan, praktik sharenting yang dilakukan orang tua milenial di provinsi Riau sebesar 75,9% dan berada pada kategori sedang. Temuan ini diharapkan dapat disosialisasikan secara lebih luas dan ditindak lanjuti oleh pemangku kepentingan sebagai bahan rujukan untuk membuat kebijakan
Pengaruh Media Audio Visual “ADAB” Terhadap Perkembangan Nilai Moral Anak Usia 5-6 Tahun Elfina Rahmawati; Mahyumi Rantina
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.468

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual “ADAB” terhadap perkembangan nilai moral anak usia 5-6 tahun di TK Ardiliana Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian One-Shot Case Study. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dengan menggunakan lembar kerja ceklist. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistik, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media audio visual “ADAB” memiliki pengaruh terhadap perkembangan nilai moral anak. Karena setelah diterapkan media audio visual ADAB anak dapat menunjukkan perilaku yang sopan, menghormati orang tua serta mencerminkan kepribadian yang baik.
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Anggita Wahyu Widiya; Elvira Hoesein Radia
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.477

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis dan prestasi akademik siswa kelas enam SD dalam mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya pengetahuan guru mengenai penerapan metode pembelajaran berbasis inkuiri, serta rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS dan rendahnya prestasi akademik mereka secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimental, dengan satu kelompok yang menerima pembelajaran inkuiri terbimbing (kelompok eksperimen) dan satu kelompok lain yang tidak menggunakan model ini (kelompok kontrol). Hasilnya menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam nilai rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yang menunjukkan keefektifan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan prestasi akademik dalam pelajaran IPS. Temuan ini memiliki implikasi yang berharga bagi para pendidik dan pengembang kurikulum yang ingin meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi akademik siswa dalam ilmu sosial.
Permasalahan Pembelajaran Literasi Numerasi dan Karakter untuk Siswa Sekolah Dasar Siti Quratul Ain; Dea Mustika; Aliza Wulandari
Aulad: Journal on Early Childhood Vol. 6 No. 2 (2023): August 2023
Publisher : Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31004/aulad.v6i2.452

Abstract

Pembelajaran literasi numerasi dan karakter menjadi salah satu bagian pokok dari kurikulum merdeka. Kedua aspek ini menjadi salah satu bekal keterampilan yang harus dimiliki siswa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan pembelajaran literasi numerasi dan karakter yang dapat dijadikan sebagai kebutuhan pengembangan sebuah produk pembelajaran. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik wawancara dan observasi. Partisipan yang terlibat yakni guru dan siswa kelas IV sekolah dasar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat tiga tema utama yang menjadi pembahasan dalam penelitian ini. Tiga tema tersebut adalah bahan ajar yang terbatas untuk menumbuhkan kemampuan literasi numerasi, minimnya latihan soal literasi numerasi, dan permasalahan perilaku yang berhubungan dengan karakter. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya untuk analisis kebutuhan dalam pengembangkan model pembelajaran, modul pembelajaran untuk siswa, dan buku panduan untuk guru yang dapat mengembangkan kemampuan literasi numerasi dan karakter siswa

Page 1 of 3 | Total Record : 27