cover
Contact Name
Ibrahim
Contact Email
ibrahim080988@gmail.com
Phone
+6282199198917
Journal Mail Official
ibrahim080988@gmail.com
Editorial Address
Jl. Pendidikan No. 27, Kota Sorong
Location
Kota sorong,
Papua barat
INDONESIA
Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan
ISSN : 20883331     EISSN : 26555603     DOI : -
Core Subject : Education,
Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan (p-ISSN: 2088-3331, e-ISSN: 2655-5603) is published by the LPPM Universitas Muhammadiyah Sorong. This journal focuses on information delivery of scientific research findings conducted by the academic community in particular internal and external of Universitas Muhammadiyah Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan publishes articles about the research results in the field of education both in the broad sense (general education) or specific (refers to certain fields of study). This Journal has also been accredited by KEMENRISTEKDIKTI Grade 5 in accordance with the SK No: 14/E/KPT/2019. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan publishes articles on practice, theory, and research in all areas Education which includes, but is not limited to: Guidance and Counseling Educational Technology and Curriculum Educational Administration Educational Management Educational Leadership Nonformal Education Primary Education Early Childhood Education Special Education
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 11 No. 1 (2022): Juni" : 7 Documents clear
Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP S DDI Maros Sri Aprianti; Ita Suryaningsih; Ernawati; Syamsuriyawati
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (149.417 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh perhatian orang tua siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP S DDI Maros Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019; (2) pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP S DDI Maros Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP S DDI Maros Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 orang tua siswa dan 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana untuk menjawab penelitian pertama dan kedua. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP S DDI Maros Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai thitung > ttabel (2,896 > 2,045); (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas VIII SMP S DDI Maros Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 dengan nilai thitung > ttabel (2,558 > 2,045). Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar.
Analisis Pengaruh Bimbingan Karir terhadap Siswa SMK: Studi Kepustakaan Lydia Sri Rosdiana; Rahajeng Gusti Amparan Wangi; Risma Febyanti; Feri Hidayatullah Firmansyah
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.492 KB)

Abstract

Bimbingan karir merupakan satu dari serangkain program pendidikan yang dilaksanakan di sekolah, adanya bimbingan karir menjadi suatu wadah yang hendaknya diberikan kepada para siswa guna memfasilitasi keoptimalan pada dirinya dalam menjalani tahap perkembangan diri. Namun berdasarkan kenyataan di lapangan dan dirasakan sendiri oleh penulis, bimbingan karir yang ada di sekolah belum secara optimal diberikan kepada siswa terutama bagi siswa SMK. Oleh karena hal itu, penulis tertarik untuk mencari tau seberapa besar urgensi diberikannya bimbingan karir bagi siswa SMK, juga mengkaji pengaruh pemberian bimbingan karir yang optimal kepada siswa SMK dalam persiapannya untuk menghadapi dunia kerja. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan atau Library Research. Sumber data yang peneliti peroleh berasal dari situs online yang menyediakan buku, jurnal dan artikel ilmiah seperti Google Books dan Google Schoolar. Teknik yang digunakan peneliti dalam studi kepustakaan ini adalah metode dokumentasi, yaitu dengan cara mencari data yang relevan dengan topik berupa buku, makalah, artikel, jurnal, atau catatan dari penelitian terdahulu. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi atau biasa disebut dengan Content Analysis. Kesimpulan yang diperoleh yaitu bimbingan karir membantu siswa dalam menentukan sendiri studi yang akan mereka tempuh juga menyesuaikannya berdasarkan minat/bakat serta cita-cita mereka. Adanya bimbingan karir juga membantu mereka dalam melihat secara transparan tentang apa yang nantinya akan mereka tempuh ketika masuk ke dunia kerja. Kata kunci: Bimbingan Karir, SMK, Karir
Strategi Guru dalam Pembentukan Karakter Jujur Peserta Didik di SD Yasmin; Nur Asyiah
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.57 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus kenakalan remaja bahkan kriminalitas yang erat kaitannya dengan isu degradasi karakter jujur. Pentingnya kejujuran dapat terlihat sebagaimana yang tercantum dalam peraturan pemerintah mengenai delapan belas nilai pendidikan karakter, dimana kejujuran ditempatkan di posisi nomor dua, persis setelah karakter religius. Hal ini membuktikan bahwa betapa pentingya karakter jujur dalam kehidupan sehari-hari dan berpengaruh pada kualitas suatu bangsa. Kejujuran merupakan salah satu karakter mulia yang sangat penting yang harus dimiliki oleh setiap insan. Agar keberhasilan pendidikan karakter jujur ini tercapai, maka perlu adanya pembiasaan tentang pentingnya nilai-nilai karakter di sekolah terutama sekolah dasar. Oleh karena itu, dalam hal ini guru memiliki peranan yang sangat penting. Strategi guru sangat dibutuhkan agar peserta didik dapat terus tersiram nilai-nilai luhur tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam pembentukan karakter jujur peserta didik di SD Islam Al-azhar 03 Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui jenis penelitian studi kasus, dengan pendekatan fenomonologis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VI SD Islam AL- Azhar 03 Cirebon. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam pembentukan karakter jujur peserta didik di SD Islam Al-azhar 03 Cirebon antara lain yaitu dengan cara mengintegrasikan nilai dan etika pada setiap mata pelajaran, menanamkan nilai positif yang diberikan guru, melakukan pembiasaan dan latihan, serta memberikan keteladanan. Strategi-strategi yang diterapkan yaitu menempelkan slogan mengenai kejujuran di depan kelas, membuat jurnal harian peserta didik, serta membuat kotak barang hilang di lingkungan kelas.Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Jujur
Improving Students` Speaking Skill by Using Retelling Story through Pantomime at The Second Semester of English Study Program University of Papua Suardi Sahid; Sukristiningsih Sukristiningsih; Ruslan Ruslan
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (288.677 KB)

Abstract

This research focuses on the improvement of students` Speaking skills at Papua University by retelling stories through pantomime. This article focused on two research questions; is pantomime effective to improve the students` speaking at English Study Program? And are the students interested in learning speaking through pantomime? This researcher applied experimental research with pre-test and post-test design. This research was undertaken at the second semester English Study program. The numbers of population were 120 students and the researcher took 33 students from class A as samples using the purposive sampling technique. The researcher used questionnaires as instruments of the data collection. The result of this research shows that there were significant developments in students` speaking skills at the second semester English study Program at Papua University after conducting the treatments by using Retelling Story through Pantomime. In which the score of the t-test (6,23) is bigger than the score of the t-table (2,03). It means that Retelling Story through pantomime gives significant improvement to the students` speaking skills. In addition, the researcher found almost all of the students gave positive responses toward retelling stories through pantomime in improving speaking skills. Keywords: Retelling Story, Pantomime, and Speaking Skill.
Efektivitas Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia bagi Guru Pendidikan Agama pada Sekolah (Multi Agama) di Kabupaten Kaimana Joko Waluyo
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.154 KB)

Abstract

Hasil analisis kebutuhan diperoleh bahwa pada umumnya para guru menginginkan adanya pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia sebagai alternatif pembelajaran daring yang diterapkan selama masa pandemi Covid-19. Kelemahan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis multimedia terlihat saat pelaksanaan Pelatihan Di Wilayah Kerja (PDWK) bagi guru pendidikan agama pada sekolah (multi agama). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap bagi guru pendidikan agama (multi agama) di Kabupaten Kaimana. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta pelatihan sebanyak 25 orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, instrument observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data ditentukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan di wilayah kerja bagi guru pendidikan agama pada sekolah (multi agama) di Kabupaten Kaimana terselenggara dengan efektif ditinjau dari aktivitas peserta pelatihan dan respon peserta pelatihan terhadap pelatihan pelatihan media pembelajaran berbasis multimedia. Kedua aspek tersebut telah mencapai batas minimal tingkat ketercapaian yang diprasyaratkan, dengan hasil 1) Aktivitas peserta dengan persentase rata-rata hasil pengamatan sebesar 80% dengan kriteria sangat tinggi. 2) respon peserta positif ditunjukkan dengan persentase rata-rata respon 92, 92% termasuk kriterian sangat tinggi. Kata kunci: Pelatihan, Media Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama
Students’ Sensory referred on Learning Styles at English Education Department of Universitas Muhammadiyah Sorong Ahmad Wael; Heriyanti Tahang; Hasanudin Hasanudin; Ira Siregar
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.783 KB)

Abstract

This research aims to find out the students’ sensory preferred on learning style in learning English at English Department of Sorong Muhammadiyah University. Learning styles is a part of human being. Every person has an individual learning style. Individuals in learning has a variety of ways, some learned by listening, some learned by reading, and each students bring their own style to the classroom. Similarity, just as the learners learn in different ways, so also lecturer teach in different ways. This research was conducted in English Department of Universitas Muhammadiyah Sorong, the researcher took the representative of two classes at fifth semester. The researcher use questionnaire and Interview to find out the students’ sensory preferred learning style in learning English. The researchers found that the result of interview students dominant used visual learning style and 28.2% of participants is visual learners. However, visual learners were majority, the lecturer also discovered that students were able to receive the information when the lecturer delivered the information in auditory or kinesthetic way. The researchers found that language learning style between result interview and questionnaire were same. Visual learners are minority. In this case, the teacher needs to help students when they feel hard to understand. The teacher should also create the best appropriate teaching method to fulfill students’ language learning style during English class. Keyword: Student’s Preferred, Learning Styles, Learning
Analisis Swot Terhadap Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu di MIN 3 Purbalingga Ali Wardana; Novan Ardi Wiyani
Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Vol. 11 No. 1 (2022): Juni
Publisher : Universitas Muhammadiyah Sorong

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.021 KB)

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga memberikan pengalaman belajar yang bermakna kepada siswa. Dalam pembahasannya tema itu ditinjau dari berbagai mata pelajaran. Analisis pembelajaran tematik terpadu sangat penting untuk memperoleh gambaran lengkap terhadap kondisi nyata di lapangan. Hasil analisis dapat dijadikan panduan dalam peningkatan kualitas pembelajaran dengan bertolak pada kondisi awal dengan segala kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh satuan pendidikan. Salah satu tehnik analisis yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT merupakan bagian dari tahap perencanaan strategis yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap pengumpulan data, analisis, dan pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan atas implementasi pembelajaran tematik terpadu di MIN 3 Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif digunakan untuk memberi gambaran bagaimana penerapan pembelajaran tematik terpadu menggunakan alasisis SWOT. Penelitian ini dilakukan di MIN3 Purbalingga, Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul, untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan penerapan pembelajaran terpadu di MI Negeri 3 Purbalingga merupakan reduksi data yang diperoleh, kekuatan dan kelemahan merupakan faktor internal sedangkan peluang dan tantangan merupakan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap penerapan pembelajaran tematik terpadu yang dilaksanakan. Kata kunci: Analisis SWOT, Implementasi, Tematik Terpadu.

Page 1 of 1 | Total Record : 7