cover
Contact Name
Rita Oktavia
Contact Email
ritaoktavia87@gmail.com
Phone
+6285373532786
Journal Mail Official
info@stkipbbm.ac.id
Editorial Address
2nd Floor Building, STKIP Bina Bangsa Meulaboh. Jl. Meulaboh-Tapaktuan, Kec. Meureubo, Kab Aceh Barat. Postal Code: 23681.
Location
Kab. aceh barat,
Aceh
INDONESIA
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
ISSN : 23553782     EISSN : 25794647     DOI : -
Core Subject : Education,
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan tebit 2 kali dalam setahun (Maret dan September).
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
PROFIL PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF Ahmad Nasriadi
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif memiliki karakteristik sangat berhati-hati dan memanfaatkan semua alternatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, subjek penelitian terdiri dari dua siswi kelas VIII SMP Al-Azhar Menganti-Gresik Jatim. Penelitian dimulai dengan menentukan subjek penelitian menggunakan instrumen MFFT. Kemampuan matematika yang relatif sama serta kesediaan siswa juga menjadi pertimbangan dalam memilih subjek, kemudian peneliti memberikan TPM dan wawancara kepada setiap subjek. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi waktu. Data hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (i) profil pemecahan masalah subjek bergaya kognitif reflektif dideskripsikan melakukan identifikasi fakta, (ii) Berpikir reflektif subjek yang bergaya kognitif impulsif dideskripsikan memahami  masalah dengan melakukan identifikasi fakta dan memeriksa kecukupan data.. Pada langkah membuat rencana pemecahan masalah, subjek yang bergaya kognitif impulsif menggunakan strategi dengan menentukan operasi pemecahan masalah yang akan dilakukan, kemudian dilanjutkan dengan memecahkan masalah yang diberikan. Selanjutnya ketika melaksanakan rencana pemecahan masalah subjek yang bergaya kognitif impulsif melaksanakan sesuai dengan strategi yang dijelaskan pada tahap rencana pemecahan masalah. Dalam hal ini subjek  ketika terjadi kesalahan dalam pemecahan masalah, subjek  bergaya kognitif impulsif tidak menemukannya. Namun, subjek meyakini bahwa jawabannya sudah menjawab  pertanyaan yang diajukan pada soal, dengan alasan bahwa subjek telah memeriksa kembali jawabannya.  Kata Kunci: Profil, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif  Reflektif dan Impulsif
PENERAPAN METODE JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN MURID KELAS V SD NEGERI LAWA BATU MENGENAI MATERI PENGKUADRATAN DAN PENARIKAN AKAR Fakhrul Jamal
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu materi pelajaran yang terdapat di dalam kurikulum SD adalah “ Pengkuadratan dan Penarikan akar”. Kemampuan murid dalam memahami materi " Pengkuadatan dan Penarikan akar ” sangat mempengaruhi kepada keberhasilan murid itu dalam mempelajari materi matematika yang lain yang ada kaitannya dengan materi " Pengkuadratan dan Penarikan akar”. Apalagi untuk melanjutkan pelajaran ke Perguruan tinggi (PT), baik yang mengambil spesialisasi ekonomi, keteknikan maupun yang melanjutkan pendidikan ke bidang matematika, maka hampir sebagian besar materi perkuliahan banyak didasarkan kepada konsep "Pengkuadratan dan Penarikan akar". Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan metode jigsaw dapat meningkatkan kemampuan murid kelas V SD Negeri Lawa Batu tentang materi pengkuadratan dan penarikan akar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode jigsaw dalam upaya meningkatkan pengetahuan  murid kelas V SD Negeri Lawa Batu materi pengkuadratan  dan penarikan akar . Hasil penelitiannya adalah Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode jigsaw mengalami kemajuan serta meningkat cukup baik. Khususnya pada pokok bahasan konsep pengukuran dan penarikan akar, siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih baik dan aktif serta komunikatif baik dengan Peneliti maupun teman sendiri. Tanggapan siswa terhadap penerapan metode jigsaw cukup baik. Mereka menjadi termotivasi melakukan percobaan untuk menemukan konsep-konsep ilmu pengetahuan sehingga bermanfaat bagi mereka guna meningkatkan daya kreatifitas dalam meningkatkan gagasan dan ide-ide baru dalam konteks lebih luas. Kata Kunci : Metode Jigsaw, Pengkuadratan Dan Penarikan Akar,Penerapan Pembelajaran
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP PGRI ARJOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014 MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEKNIK JIGSAW Aji Permana Putra
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seperti yang diketahui dari hasil ulangan matematika standar kompetensi trigonometri selama 2 tahun terakhir diperoleh nilai sebagai berikut: yaitu pada tahun pelajaran 2007/2008 dengan rata-rata 5,9 dan tahun pelajaran 2008/2009 dengan rata-rata 5,6. Permasalahan yang diangkat adalah apakah implementasi metode pembelajaran Teknik Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pokok bahasan garis-garis pada segitiga siswa kelas VIII SMP PGRI Arjosari. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP PGRI Arjosari kelas VIII tahun pelajaran 2009/2010, guru matematika, dan observer. Penelitian dilakukan dengan 3 siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket,dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui refleksi siswa terhadap pembelajaran dan kerjasama siswa dalam kelompok. Tes dilaksanakan pada akhir siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah rata-rata kelas yang semula 5,6 meningkat menjadi  74,78 sedangkan ketuntasan belajar klasikal tercapai jika minimal 60%. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri siswa kelas VIII meningkat seperti yang ditunjukkan pada hasil akhir siklus 3 yaitu ketuntasan belajar klasikal sebesar 66,67 % dengan rata-rata kelas 74,78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran Teknik Jigsaw, hasil belajar matematika standar kompetensi garis-garis pada segitiga siswa kelas VIII SMP PGRI Arjosari dapat ditingkatkan.  Kata Kunci: Hasil Belajar, Teknik Jigsaw
PENGGUNAAN ALAT PERAGA POLYDRON FRAMEWORKS PADA MATERI GEOMETRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS SISWA SMP KELAS VIII Lalan Ingri; Rulli Charitasindra Prahmana; Jhon Peter
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahui peningkatan kemampuan spasial matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan alat peraga Polydron Frameworks dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitianini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan bentuk non-equivalent control group dengan sampel penelitiansiswa kelas VIII pada salah satu SMP di Tangerang. Hasil penelitianinimenunjukkanbahwapeningkatan kemampuan spasial matematis pada kelompok siswa yang menggunakan alat peraga Polydron Frameworks lebih baik dari pada kelompok siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci:Kemampuan Spasial Matematis, Polydron Frameworks, Geometri
PERAMALAN JUMLAH PENDISTRIBUSIAN BAHAN BAKAR MINYAK DI PT. PERTAMINA (PERSERO) REGION III DEPOT MALANG MENGGUNAKAN METODE WINTER DAN METODE DEKOMPOSISI kristanti, Dian
MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2015): MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Publisher : STKIP Bina Bangsa Meulaboh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peramalan jumlah pendistribusian bahan bakar minyak di PT. PERTAMINA (PERSERO) menggunakan metode winter dan metode dekomposisi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian PT. PERTAMINA (PERSERO) Suplai & Distribusi Region III Depot Malang. Penelitian dilakukan pada tahun 2011untuk meramalkan jumlah pendistribusian bahan bakar minyak pada tahun 2012. Data diperoleh dari hasil pengamatan dan wawancara secara informal dengan salah satu penanggungjawab di PT. PERTAMINA (PERSERO) Suplai & Distribusi Region III Depot Malang. Peramalan dilakukan dengan mengolah dan menganalisis data jumlah pendistribusian bahan bakar minyak di PT. PERTAMINA (PERSERO) tiap bulan selama lima tahun mulai tahun 2007 sampai dengan tahun 2011. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan metode winter dan metode dekomposisi melalui software Minitab. Penelitian yang telah dilakukan menghasilkan ramalan jumlah pendistribusian bahan bakar minyak di PT. PERTAMINA (PERSERO) tiap bulan pada tahun 2012 mulai bulan Januari sampai dengan Desember. Hasil pengolahan dan analisis data menunjukkan bahwa metode dekomposisi lebih baik untuk digunakan dan dipilih untuk meramal jumlah pendistribusian bahan bakar minyak di PT. PERTAMINA (PERSERO) karena memiliki nilai pengukur kesalahan (error) yang lebih kecil yaitu nilai MAPE sebesar 1,25502E+01, nilai MAD sebesar 3,44159E+06, dan nilai MSD sebesar 2,81893E+13. Kata kunci: peramalan, pendistribusian, bakan bakar minyak, winter, dekomposisi. 

Page 1 of 1 | Total Record : 5