cover
Contact Name
Saiful Almujab
Contact Email
saifulalmujab@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journaloikos@unpas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 25492284     EISSN : 25492284     DOI : -
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi is a scientific journal in Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan that serves as a media for publication of ideas, studies and quality research results related to Economic and Economic Education at universities, high schools and vocational schools to support the achievement of educational goals National in the field of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi" : 18 Documents clear
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP SOSIALISASI EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS DESA PANGULAH SELATAN, KOTABARU – KARAWANG) Tiara Lintang Utami; Afief Maula Novendra
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.5568

Abstract

Keberadaan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) belum tentu memiliki peranan aktif karena kurangnya sosialisasi dari pihak akademisi ataupun praktisi Lembaga terkait. Belum lagi wawasan yang sangat minim terkait ekonomi syariah di masyarakat mempengaruhi pola pikir bahwa sistem ekonomi syariah dan konvensional sama saja. Termasuk kasus dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan perhatian penulis terhadap masayarakat desa Pangulah Selatan, meski terdapat banyak LKS di wilayah setempat, namun pengetahuan masyarakat sekitar terkait ekonomi syariah masih sangat minim. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pemahaman masyarakat tentang konsep dasar ekonomi syariah, membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar secara syariah serta menghindarkan masyarakat dari jerat utang riba (termasuk lintah darat). Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan kuesioner. Subjek penelitiannya masyarakat Desa Pangulah Selatan, Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minimnya sosialisasi ekonomi syariah kepada masyarakat sekitar, masih cukup banyak masyarakat yang bertransaksi dengan sistem riba bahkan terjerat utang lintah darat. Selain itu, penulis berupaya melakukan penawaran sosialisasi tentang ekonomi syariah dan menjalin kerjasama dengan pihak praktisi juga akademisi di sekitar desa Pangulah Selatan dengan skema akad Musyarakah di bidang usaha Pertanian, sesuai dengan mata pencaharian mayoritas penduduk desa setempat. Kata Kunci: analisis, pemahaman, masyarakat, sosialisasi, ekonomi syariah.
PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK LOKAL MADURA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE Faisal Basri; Manah Tarman; Subandy Widjaya
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.5729

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas dan harga produk lokal madura terhadap keputusan pembelian di marketplace shopee kota bangkalan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dimana penelitian ini dilakukan di Kota Bangkalan, Waktu penelitian dilakukan selama kurang lebih satu bulan yaitu dari bulan Desember 2021 – Januari 2022. Populasi penelitian ini adalah konsumen Otentik Madura online. store di Desa Binoh, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan sebanyak 110 pengguna marketplace Shopee. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah pengguna Shopee sebanyak 50 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keputusan pembelian produk lokal Madura, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah kualitas produk dan harga produk lokal Madura. Dan dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif kualitas produk terasi dan kerupuk ikan gendar lokal Madura terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee (2) terdapat pengaruh positif terhadap harga gendar lokal Madura produk ikan dan kerupuk terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee (3) Terdapat pengaruh secara simultan kualitas dan harga produk terasi dan kerupuk ikan gendar lokal Madura terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Kata Kunci : Kualitas, Harga, dan Keputusan Pembelian.
KUALITAS LAPORAN KEUANGAN UMKM BERBASIS SAK EMKM : SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL MODERASI Putri Mila Sari
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.5917

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelaku usaha, pengetahuan akuntansi, dan pengalaman pemilik usaha terhadap kualiatas laporan keuangan UMKM yang berbasais SAK EMKM yang dimoderasi oleh self efficacy di Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari kuesioner yang disebarkan melalui google form. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep. Convinience sampling digunakan sebagai teknik pengambilan sampel. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas laporan keuangan didukung dengan persepsi dan pengalaman pemilik UMKM di Kabupaten Sumenep. Namun, faktor pengetahuan akuntansi belum mampu mendukung tercapainya kualitas laporan keuangan. Selain itu, faktor self efficacy belum mampu memperkuat tercapainya peningkatan kualitas laporan keuangan.
PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA: (Studi Survei pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 27 Garut) Wida Mardiah; Tjutju Yuniarsih; Lili Adi Wibowo
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.5930

Abstract

This study aims to determine how the influence of entrepreneurial education and entrepreneurial orientation on entrepreneurial intention. This research method uses a correlation study with a quantitative approach. The subjects of this study were students of SMAN 27 Garut. The population in this study amounted to 124 students with a sample of 95 students. Analysis of the data in this study using SPSS 25. The results of this study indicate that students of SMAN 27 Garut have a high level of entrepreneurial education, have a high level of entrepreneurial orientation, and have a high level of entrepreneurial intention. The results of the data analysis of this study also show that entrepreneurship education has a significant effect on entrepreneurial intention and entrepreneurial orientation has a significant effect on students' entrepreneurial intentions
: Intensi Berwirausaha: Analisis Bibliometrik Ajeng Zaskia
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.5959

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk menganalisis tren publikasi Intensi Berwirausaha tentang jurnal penting di bidang ini, tahun dengan publikasi maksimum, jurnal yang paling sering diterbitkan, penulis produktif, afiliasi produktif, negara produktif, hubungan antara penulis dan kata kunci yang paling sering muncul.. Desain penelitian yang digunakan adalah analisis Bibliometrik. Sumber dokumen berasal dari Scopus sebanyak 873, selama periode 2010-2021. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Excel dan Vos Viewer. Hasil kajian, menunjukkan bahwa International Entrepreneurship and Management Journal merupakan sumber paling relevan dan banyak menghasilkan publikasi terkait Intensi Berwirausaha. Kajian menunjukkan bahwa publikasi tertinggi berada pada tahun 2021 sebanyak 180 dokumen. Liñán, F adalah penulis paling produktif dengan menghasilkan 16 file publikasi. Universitas Negeri Jakarta merupakan afiliasi yang paling unggul. Malaysia merupakan negara teritinggi penyumbang publikasi ilmiah Intensi Berwirausaha, Wibowo A. adalah penulis yang memiliki hubungan dengan orang lain dan Kata kunci yang paling sering muncul adalah Intensi Berwirausaha. Temuan dalam penelitian ini mempunyai beberapa implikasi penting, baik itu bagi pembaca sebagai informasi, peneliti Intensi Berwirausaha atau untuk penelitian selanjutnya dalam upaya peningkatan penelitian mengenai Intensi Berwirausaha pada masa yang akan. Orisinalitas Kajian ini merupakan kajian yang pertama mengulas dan memetakan studi Intensi Berwirausaha dengan menggunakan analisis bibliometrik, digunakan data dari tahun ke tahun. Semua artikel yang diterbitkan dalam jurnal telah ditinjau dalam hal metodologi, kelompok negara/negara kasus dan topik/subtopik untuk penelitian di masa depan.
PENGARUH VARIASI PRODUK DAN DISPLAY LAYOUT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI TOKO SRC JUMASRI TALANG KAWO MERANGIN JAMBI Angga Regindratama
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.6033

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh variasi produk dan display layout terhadap keputusan pembelian melalui word of mouth sebagai variabel mediasi di Toko SRC Jumasri di Merangin, Jambi.           Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif. Populasi adalah konsumen Toko SRC Jumasri. Sampel penelitian ini adalah 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode non probability, dalam metode non probability ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, kuesioner disebarkan ke konsumen atau responden yang pernah datang dan berbelanja di Toko SRC Jumasri.           Hasil analisis menunjukan bahwa: (1) variasi produk memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. (2) variabel Display Layout memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. (3) word of mouth memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. (4) variabel variasi produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel word of mouth. (5) display layout memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel word of mouth. (6) Word of Mouth tidak berhasil memediasi pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian. (7) Word of Mouth berhasil memediasi pengaruh display layout terhadap keputusan pembelian.
HUBUNGAN RATA-RATA LAMA SEKOLAH TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA : MEDIASI LAJU PERTUMBUHAN EKONOMI Muhammad Risal Johar
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.6035

Abstract

Empirical studies show that the relationship between the average length of schooling and the open unemployment rate is negatively and significantly correlated. Therefore, this study introduces the mediating variable of the rate of economic growth to analyze the path of the relationship between the average length of schooling and the open unemployment rate. The aim of the study was to test whether the rate of economic growth mediates the effect of the average length of schooling on the open unemployment rate. The data used is secondary data in Banten Province in the period 2012-2020. The method used in this research is path analysis. The results of the study indicate that the rate of economic growth mediates the relationship between the average length of schooling and the open unemployment rate by partial mediation. These findings indicate the importance of improving the quality of human resources through length of schooling in order to reduce the open unemployment rate.
KARAKTER KEWIRAUSAHAAN MEMEDIASI PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA: (Survey Pada Siswa Jurusan Bisnis dan Pemasaran SMK Negeri di Kabupaten Sumedang Tahun Ajaran 2021/2022) Nukeu Siti Faradina Arofah
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.6043

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya intensi berwirausaha siswa di SMK Negeri Kabupaten Sumedang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan dan variabel karakter kewirausahaan sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian survey eksplanatori dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan observasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan bisnis dan pemasaran sebanyak 325 siswa sedangkan sampel sebanyak 180 siswa. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda dengan analisis Sobel Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum i) intensi kewirausahaan, berada pada kategori rendah, karakter kewirausahaan, berada pada kategori sedang sedangkan pembelajaran kewirausahaan berada pada kategori tinggi. ii) Pembelajaran kewirausahaan berpengaruh terhadap intensi kewirausahaan. iii) Karakter kewirausahaan memediasi antara pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap intensi berwirausaha. Dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI jurusan Bisnis dan Pemasaran di Kabupaten Sumedang mempunyai intensi berwirausaha yang belum baik.  
EFEK LITERASI FINANCIAL DAN FINANCIAL BEHAVIOR TERHADAP FINANCIAL SATISFACTION Indra Mulia Pratama; Fernando Saragih; Veri Aryanto Sopiansah
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.6046

Abstract

This research is motivated by the research of Hayes (2014) and the opinion of financial planning expert Emilie Goldman regarding financial satisfaction. The purpose of the study was to determine the factors that affect the level of financial satisfaction. The research subjects were all students of accounting education at the PGRI University of West Sumatra. Student's financial satisfaction was measured by a questionnaire. The data analysis technique used is inductive analysis using the classical assumption test in the form of normality test, heteroscedasticity test, autocorrelation test, and multicollinearity test. The research hypotheses were tested using the simultaneous effect test (F test) and partial test (t test). The results showed that financial literacy, and financial behavior, had a significant effect on financial satisfaction in accounting education students at the PGRI University of West Sumatra. The implication of this research is that adequate financial literacy is needed to increase financial satisfaction of accounting education students at PGRI West Sumatra University. As well as adequate training in order to improve the financial behavior of accounting education students at PGRI West Sumatra University.
ANALISIS KINERJA BANK UMUM KONVENSIOANAL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA Intan Sekarsari; Yuniningsih Yuniningsih
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 7 No 1 (2023): OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Publisher : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v7i1.6099

Abstract

Industri perbankan ialah sektor penting dalam perekonomian. Untuk mengetahui bank dalam kondisi baik atau buruk dapat dilihat bagaiamana kinerja keuangan bank tersebut. Kinerja keuangan menggambarkan sejauh mana bank dalam menjalankan kegiatan operasionalnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel Capital Adequacy Ratio, Dana Pihak Ketiga, Non Performing Loan dan Debt to Equity Ratio terhadap Profitabilitas bank yang diukur menggunakan Return On Assets sebagai proksi dari kinerja keuangan bank. Populasi penelitian ialah seluruh bank umum konvensional yang tercatat di Bursa Efek Indonesia selama periode 2017-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan secara simultan variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen. Secara parsial capital adequacy ratio tidak mempunyai pengaruh terhadap return on asset, dana pihak ketiga dan debt to equity ratio berpengaruh positif terhadap return on asset, non performing loan berpengaruh negatif terhadap return on asset

Page 1 of 2 | Total Record : 18