cover
Contact Name
Rustam
Contact Email
rustamdcc89@gmail.com
Phone
+6282280679989
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Negara No. 03 Kotabumi Lampung Utara
Location
Kab. lampung utara,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Informasi dan Komputer
ISSN : 23378344     EISSN : 26231247     DOI : https://doi.org/10.35959
Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) Adalah jurnal peer-review yang dikelola oleh Jurnal Informasi dan Komputer STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi. Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) diterbitkan secara berkala (dua kali setahun) pada bulan April dan Oktober.Jurnal Informasi dan Komputer (JIK) tersedia gratis (akses terbuka) untuk semua pembaca. Artikel di JIK termasuk perkembangan dan penelitian dalam Pendidikan Ilmu Komputer (studi teoritis, eksperimen, dan penerapannya). Lebih detail tentang Fokus dan Ruang Lingkup, silakan periksa tautan ini.
Articles 23 Documents
Search results for , issue "Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe" : 23 Documents clear
ANALISIS SENTIMEN KEPUASAN PEMANGKU KEPENTINGAN MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER DAN K-NEAREST NEIGHBOUR Ni Luh Ratniasih; Larasati Nabila Putri
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.378

Abstract

Pemangku kepentingan merupakan individu atau kelompok yang memiliki kepentingan dan dapat memberikan pengaruh kepada suatu objek. Pengukuran kepuasan pemangku kepentingan (stakeholder) sangat penting dilakukan untuk mendapatkan umpan balik dan masukan bagi keperluan pengembangan dan implementasi strategi peningkatan kepuasan pemangku kepentingan, sehingga perlu diketahui opini dari pemangku kepentingan. Metode penelitian terdiri dari beberapa tahap diantaranya tahap pertama dilakukan identifikasi masalah dan studi pustaka, tahap kedua pengumpulan data kepuasan pemangku kepentingan (Mahasiswa), tahap ketiga preprocessing data, tahap keempat adalah ekstrasi fitur agar dapat mempermudah klasifikasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan K-Nearest Neighbour (KNN). Tahap keempat merupakan tahap pengujian dan evaluasi model. Tahap kelima adalah pengujian tingkat akurasi metode. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan perbandingan tingkat akurasi antara metode Naïve Bayes Classifier (NBC) dan K-Nearest Neighbour (KNN) pada analisis sentimen dari komentar hasil pengukuran kepuasan pemangku kepentingan. Hasil tingkat akurasi menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) sebesar 91,13% dan K-Nearest Neighbour (KNN) sebesar 83,06% sehingga performance metode Naïve Bayes Classifier (NBC) lebih tinggi dalam analisis sentiment kepuasan pemangku kepentingan.
PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DALAM PEMILIHAN SISWA PENERIMA DANA BANTUAN DI SMA PURNAMA TRIMURJO Sindi Jamila Wati; Budi Sutomo
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.415

Abstract

Pada penelitian ini penulis bertujuan untuk membantu pihak SMA purnama Trimurjo untuk memilih penerima dana bantuan dengan menggunakan metode Simple Adicvity Weighting (SAW). Terdapat tiga kriteria yang penulis gunakan yaitu Penghasilan orang tua, Pekerjaan orang tua dan Jumlah tanggungan. Mengingat selama ini tidak digunakan metode tertentu dalam pemilihan siswa miskin sehingga terkadang keputusan dianggap kurang efisien dan tidak tepat sasaran. Berdasarkan kriteria – kriteria yang telah ditentukan dengan menggunakan metode SAW penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot setiap atribut, kemudian dilakukan proses pemilihan siswa yang akan menentukan, yaitu siswa miskin.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGANGKATAN KARYAWAN TRAINING MENJADI KARYAWAN TETAP BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAW Forlediska Amelia Sitorus P; Widiyanto Tri Handoko
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.431

Abstract

Suatu lembaga atau suatu kantor pasti membutuhkan tenaga atau Sumber Daya Manusia (SDM). Jika SDM dapat terorganisasi dengan baik, diharapkan perusahaan juga dapat mengelola semua proses bisnis dengan baik. Setiap perusahaan memiliki kriteria untuk menilai kinerja karyawannya. Oleh karena itu dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode SAW. Dengan menggunakan metode SAW dicari alternatif terbaik berdasarkan kriteria yang ditentukan. Dalam penelitian ini, metode SAW diadopsi dan dapat dilakukan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Pengujian pada penelitian ini menggunakan pengujian white box dan black box dengan hasil sesuai dengan rencana semula dan dapat dikatakan berhasil.
PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFICATION UNTUK KLASIFIKASI SENTIMENT TWEET TERHADAP PLATFORM STREAMING ILEGAL Angga Sukma Wahyu; Jati Sasongko Wibowo
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.433

Abstract

Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna platform streaming ilegal terbanyak di dunia, menurut survei Asia Video Industry Association's, Coallition Againts Piracy (CAP) mengungkap bahwa 63% warga Indonesia yang menggunakan streaming online, lebih suka menonton dari platform streaming ilegal secara gratis dengan berbagai macam ‘konsekuensi’, disisi lain tindakan menonton secara ilegal termasuk tindakan melanggar hukum karena tidak memiliki izin siar, dimana hal ini dapat menimbulkan berbagai macam jenis komentar ataupun tanggapan dari netizen terhadap maraknya platform streaming ilegal ini, komentar ataupun tanggapan dari netizen dapat berjenis sentimen positif dan negatif. Komentar berupa sentimen ini dapat muncul dari berbagai media, salah satunya media sosial twitter, dimana media ini merupakan salah satu tempat yang berguna untuk menyerukan pendapat,tanggapan ataupun reaksi sentimen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui komentar, tanggapan netizen terhadap platform streaming ilegal yang akan diklasifikasikan kedalam sentimen positif dan negatif dengan Algoritma Naïve Bayes Classification dengan bantuan metode pembobotan kata TF-IDF(Term Frequency – Invers Dokumentt Frequency). Dalam penelitian ini diperoleh hasil seimbang dimana data dengan sentimen positif sebesar 50% sedangkan data dengan sentiment negatif sebesar 50% dengan nilai rata-rata accuracy 50%, precission 53%, recall 51%, and f-measure 51%.
PERENDERAN ULANG VIDEO DENGAN PENAMBAHAN TEKNIK LOWER THIRD PADA PROFIL INSTANSI KAMPUS STMIK DHARMA WACANA Eko Purnomo; Muhammad Reza Redo Islami
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.437

Abstract

Pada zaman sekarang video sudah tidak asing di telinga banyak orang,tetapi kebanyakan orang hanya mengira suatu kejadian yang bisa didokumenkan tanpa mengerti penjelas aslinya. Awalnya video merupakan teknologi pengiriman sinyal elektronik dari suatu gambar yang bergerak dan video juga termasuk kedalam golongan multimedia, selain itu juga video termasuk sebagai media dalam penyampaian informasi. Pada dasarnya pada setiap Instansi perusahaan, kampus ataupun sekolah itu memiliki suatu video yang dimana akan memperkenalkan serta memberikan informasi kepada semua orang. Dalam penelitian ini berfokus pada penerapan atau pemanfaatan teknik Lower Third pada video instansi kampus STMIK Dharma Wacana. Teknik Lower Third merupakan teknik pengkombinasian antara teks dengan elemen grafis yang ditempatkan pada bagian bawah layar atau video. Yang bertujuan untuk memberikan suatu informasi kepada semua orang. Metode penelitian yang diterapkan yakni, mengunakan metode primer dan sekunder, merupakan metode yang dimana sama – sama mengkaji ulang atau menganalisis serta mengumpulkan data baik dengan cara mewawancarai langsung atau mempelajari teori – teori yang berhubungan dengan teknik tersebut. Pada hasil penelitian ini bahwa dapat memberikan informasi yang lebih yang actual,menarik dan akurat, serta dapat mengetahui apa itu teknik lower third tersebut.
IMPLEMENTASI BLOCKING INTERNET BERBASIS SCHEDULE MIKROTIK UNTUK MENCEGAH DISTRAKSI SISWA DI SMK MA’ARIF PURBOLINGGO Heri Pratama; Budi Sutomo
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.441

Abstract

Teknologi internet saat ini memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam institusi pendidikan, teknologi internet dapat digunakan untuk membantu proses belajar-mengajar, namun juga dapat menjadi distraksi bagi siswa. Implementasi pemblokiran akses internet di institusi pendidikan menjadi topik yang penting dalam dunia pendidikan saat ini. Pemblokiran akses internet dapat digunakan untuk mengontrol aktivitas internet siswa selama jam belajar, mengurangi distraksi, dan meningkatkan belajar. Dalam penelitian ini, kami mengimplementasikan pemblokiran akses internet menggunakan Mikrotik Router Berbasis Scheduler di SMK Ma’arif Purbolinggo. Kami mengevaluasi efektivitas pemblokiran dengan mengukur tingkat akses internet siswa sebelum dan sesudah implementasi, serta melakukan survei kepada siswa dan guru untuk mendapatkan umpan balik tentang implementasi ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemblokiran akses internet menggunakan Mikrotik dapat efektif dalam mengontrol aktivitas internet siswa dan meningkatkan belajar di SMK Ma’arif Purbolinggo
ANALISIS PENGARUH KOMPENSASI, FASILITAS, LINGKUNGAN KERJA, BEBAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT MENGGUNAKAN SPSS Mumtaz Muttakin; Sabar Hanadwi Putra; Zaenal Mutaqin Subekti
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.461

Abstract

This study is based on the writer's curiosity, "why there are employees who can survive and work until retirement and why there are new employees join and then resign in a short term?", Then the analysis of the curious followed by studied previous studies to be a reference in this study.The objective of this study is to determine whether the compensation, facilities, work environment, workload and leadership affect to Employee Engagement in the Company. This study is a quantitative descriptive research, the data obtained from the sample of population , then analyzed with the statistical methods and interpreted. The hypothesis test used 98 respondents who gave back the questionnaire for sample from 130 populations. The analytical technique used multiple linear regression with SPSS, and the research results said that there is significant effect of compensation (65%), facilities (68.1%), work environment (53.2%), work load (75%) and leadership (62.7%) partially, and simultaneously affecting 77.8% to Employee Engagement of the Company. The Company is expect to maintain Employee Engagement stability by paying attention to compensation, facilities, work environment, workload, and leadership that becomes the determinant variable of employee engage or not.
IMPLEMENTASI RAPID APPLICATION DEVELOPMENT PADA PEMODELAN SISTEM INFORMASI APOTEK Elvira Esperanza Sala; Rosalin Togo
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.479

Abstract

Analisis dan desain menjadi dasar dalam pengembangan sistem informasi, karena itu penting membuatnya dengan detail dan lengkap, agar tahapan selanjutnya dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Analisis dan desain sistem informasi apotek ini dibuat untuk mengidentifikasi kebutuhan apotek dan user terhadap sistem yang akan dibangun, serta mendesain user interface dan database yang dibutuhkan untuk implementasinya. Sistem akan dibangun menggunakan model Rapid Application Development (RAD). Metode RAD memungkinkan keterlibatan user dalam mereview desain, sehingga hasil desain dapat dengan tepat menjawabi kebutuhan user. Tahapan RAD pertama dalam penelitian ini adalah pemodelan bisnis. Pada tahap ini dilakukan analisis seluruh kebutuhan user terhadap sistem yang akan didesain. Data untuk analisis diperoleh melalui wawancara langsung dengan user, serta melalui observasi langsung di lokasi penelitian. User sistem yang dibangun terdiri dari apoteker dan karyawan apotek, dengan kewenangan akan hak akses masing-masing dalam sistem. Pada tahap selanjutnya dilakukan pemodelan data berdasarkan hasil analisis kebutuhan. Pemodelan data terdiri dari entity relationship diagram (ER diagram) dan relasi tabel. ER Diagram mencakup 4 entitas, yaitu user, pembelian, barang, dan penjualan. Tiap entitas memiliki atributnya masing-masing. Mengacu pada ER diagram, dibuat relasi tabel untuk memvisualisasikan tabel dan field di dalam database. Tahapan ketiga adalah pemodelan proses, yang dijelaskan melalui use case diagram dan activity diagram. Use case diagram menjelaskan proses apa saja yang dapat dilakukan oleh masing-masing aktor, sedangkan activity diagram menggambarkan keseluruhan aktivitas yang terjadi dalam sistem. Proses desain terakhir adalah perancangan user interface. User interface memberikan gambaran kepada user mengenai tampilan sistem yang nantinya akan dilihat oleh user. Desain sistem melalui beberapa perubahan atas permintaan user. Hasil penelitian berupa desain untuk tahap implementasi. Desain yang dihasilkan akan memudahkan tugas programmer karena desain telah disetujui oleh user sehingga dapat menjadi dasar yang kuat dalam membangun sistem informasi yang minim eror. Tahap implementasi sistem pun akan lebih tepat sasaran dan efisien dalam hal waktu.
MODEL PENERIMAAN TEKNOLOGI E-GOVERNMENT: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS Nur Hadian; Fari Katul Fikriah
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.481

Abstract

Pemerintahan berbasis elektronik atau yang dikenal dengan e-government, merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintahan berbasis elektronik. Layanan digital berkomitmen untuk meningkatkan kemudahan akses data, informasi, dan juga layanan yang dapat diterima oleh masyarakat secara lebih cepat. Artikel ini menguraikan factor factor pemerintah menggunakan e-government. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah mencari sumber jurnal yang berkualitas. Jurnal yang terpilih adalah Google Scholar, Emerald Insight, Elsevier dan IEEE explore dengan kata kunci "e-government", "technology adopt" dan "perception of usability and ease of use". Kami menemukan 1703 artikel penelitian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik (e-government). Kemudian, dari 1703 artikel terpilih, diterima 146 artikel berdasarkan pembacaan judul dan abstrak. Kemudian, diteliti 146 artikel tentang topik yang dipilih dengan cermat dan didapatkan 30 artikel sesuai dengan domain yang ada di TAM. Studi ini juga menghasilkan konstruksi tambahan (variabel eksternal) yang paling sering digunakan untuk melengkapi model TAM. Diharapkan penemuan konstruk penting ini dapat memberikan titik referensi konseptual untuk model dan peluang untuk penelitian lebih lanjut.
PREDIKSI PENYAKIT LIVER MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST Martika Kesuma; Sriyanto .; Sutedi .
Jurnal informasi dan komputer Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe
Publisher : STMIK Dian Cipta Cendikia Kotabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35959/jik.v11i02.499

Abstract

Mendiagnosa sebuah penyakit menggunakan teknologi bukanlah hal yang awam lagi, dengan terus berkembangnya kemajuan dunia kesehatan dapat memanfaatkan teknologi dalam mengambil sebuah keputusan khususnya mendeteksi penyakit liver. Pada dasarnya teknologi yang digunakan dapat sangat membantu para dokter dibandingkan dengan teknik analisis manual konvensional yang selama ini digunakan untuk mendiagnosa penyakit pasien, hati atau yang bisa juga disebut liver merupakan organ tubuh manusia yang fungsinya sangatlah penting, pada penderita penyakit liver fungsi hati akan mulai menurun, menurut WHO (Word Heart Organization) tahun 2013 pasien penderita liver di indonesia mencapi 28 juta orang, dari data tersebut membuat penyakit liver disebut sebagai salah satu dari 10 penyakit dengan tingkat kematian yang paling tinggi, akan sangat baik apabila dokter dapat mendeteksi penyakit liver lebih cepat agar pasien dapat segera ditangani oleh dokter. Dari permasalahan diatas yang mendasari penulis melakukan penelitian prediksi penyakit liver. Pada penelitian ini penulis ingin melakukan prediksi penyakit liver menggunakan Algoritma Random Forest. Dalam melakukan pemilihan fitur dan classifier yang tepat adalah hal yang paling terpenting untuk peningkatan akurasi dan komputasi dalam prediksi penyakit liver. Peneliti ingin mengetahui apakah algoritma Random Forest memiliki nilai akurasi yang tinggi sehingga bisa menjadi landasan untuk menggunakan algoritma Random Forest dalam memprediksi penyakit liver. Peneliti menggunakan dataset Liver Disease Patient Dataset, dalam tahapan penelitian ini dilakukan beberapa langkah yang dimulai dari melakukan Analisis Data, Exploratory Data Analysis, Preprocessing, Pemodelan Algoritma, dan Visualisasi. Dari tahapan penelitian tersebut telah dapat diketahui hasil prediksi penyakit liver akurasi menggunakan Algortima Random Forest. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan algoritma Random Forest didapatkan prediksi dengan nilai akurasi 0.713326 dengan f1 score 81%.

Page 1 of 3 | Total Record : 23


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 02 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 10 (Oktobe Vol 11 No 01 (2023): Jurnal Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2023 pada bulan 04 (April) Vol 10 No 2 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2022 pada bulan 10 ( Vol 10 No 1 (2022): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2022 pada bulan 04 ( Vol 9 No 2 (2021): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2021 pada bulan 10 (O Vol 9 No 1 (2021): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2021 pada bulan 04 (A Vol 8 No 2 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2020 pada bulan 10 (O Vol 8 No 1 (2020): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Yang Terbit Pada Tahun 2020 Pada Bulan 4 (Ap Vol 7 No 2 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 10 (O Vol 7 No 1 (2019): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer yang terbit pada tahun 2019 pada bulan 4  (A Vol 6 No 2 (2018): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 6 No 1 (2018): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 4 No 2 (2017): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 4 No 1 (2016): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 2 (2015): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 1 (2015): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 2 (2014): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer Vol 1 No 1 (2014): Jurnal Sistem Informasi dan Komputer More Issue