cover
Contact Name
Ida Riaeni
Contact Email
ida.iswahyudi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jike@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek
ISSN : 26140829     EISSN : 26157950     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (p-issn: 2614-0829, e-issn: 2615-7950) adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Cirebon. JIKE menerima naskah dalam kajian ilmu komunikasi seperti: komunikasi pendidikan, komunikasi kesehatan, komunikasi politik, komunikasi bisnis, komunikasi pembangunan, hubungan masyarakat, jurnalistik, kajian media, media pembelajaran, dan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER" : 7 Documents clear
PERSEPSI MAHASISWA SURABAYA TERHADAP PEMBERITAAN VAKSINASI COVID-19 PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM Rista Dwi Lestari
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2051

Abstract

Abstract In order to prevent COVID-19 spread, Indonesian government has declared a prevention strategy of vaccination towards the community at the end of this year. Vaccination programs eventually contribute pros and cons which responding to upcoming executions. Experts and community representatives have to explain the emergence of vaccines throughout their social media accounts. During the pandemic, social media has been working effectively as a better option to spread knowledge and regulations of the viruses. Accessibility of information-contained digital technology, particularly on social media platforms such as Instagram, has a significant impact on public perceptions. This research looked at how students in Surabaya responded to information about the Covid-19 vaccine on dr.Tirta's Instagram page. using a qualitative approach and data collection techniques by conducting online interviews. Based on result using 8 college student participants in the 20-26 years age group, 6 out of 8 participants agrees on vaccination which posted on dr. Tirta's Instagram fully educates them because the information is accompanied by an appropriated data which motivates the students willing to do vaccinate Covid-19. The information of Covid-19 on dr. Tirta's Instagram creates a powerful impact on students' perception in term of Covid-19 vaccination. Thus, it makes them glad to do the vaccination. Keywords: Covid-19 Pandemic, Social Media, Perception
KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA PSIKOLOG DENGAN KORBAN KEKERASAN SEKSUAL Kharisma Tiara Anisa; Amalia Djuwita
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2151

Abstract

Kekerasan seksual yang terjadi dengan anak ialah sebuah perbuatan tercela yang merugikan kedua belah pihak terutama anak. Dari kasus tersebut berdampak secara emosional dan fisik kepada korbannya. Hal ini menjadi kekhawatiran bagi banyak elemen masyarakat, demikian juga bagi Yayasan Jaringan Relawan Independen (JaRI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan komunikasi interpersonal dalam pendampingan pelayanan psikologi dalam penanganan terhadap korban kekerasan seksual anak di Yayasan JaRI dan menjelaskan hasil komunikasi interpersonal terhadap korban kekerasan seksual anak di Yayasan JaRI. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan Lima Sikap Komunikasi Interpersonal menurut DeVito. Untuk mendapatkan hasil penelitian dilakukan wawancara kepada beberapa informan berupa pengalaman dan perspektif Psikolog, Korban Kekerasan Seksual Anak, Orang Tua serta Dosen Ilmu Komunikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada cara yang diterapkan dalam masing-masing lima sikap komunikasi interpersonal yaitu keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Dari lima sikap tersebut, terdapat sebuah hasil dari komunikasi interpersonal yang diterapkan dalam kegiatan konseling di Yayasan JaRI yaitu adanya perubahan perilaku yang positif setelah melakukan konseling di Yayasan JaRI dan adanya perubahan emosional yaitu perasaan lega setelah melakukan konseling dengan Psikolog Yayasan JaRI. Dari hasil penelitian ini menyatakan bahwa komunikasi interpersonal yang diterapkan cukup baik.
PODCAST SEBAGAI MEDIA SUPLEMEN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI ERA PANDEMI Rif’atul Himmah; Deony Dewanggi Mulyono; Fadilla Melati Melati
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2323

Abstract

Podcasts are programs in digital form (audio / video) that can be downloaded from the internet, and played on individual players and computers. Although podcasts provide many topics, generally the topics discussed are only shown in one episode. Not only in the field of communication, podcasts have now been studied for their use in the field of education. This article is written to outline the use of podcasts as a media supplement in distance learning, particularly in the pandemic era. The method used in this article is a literature review. The results show that podcasts in education can apply to a variety of contexts and learning objectives. Of course, pay attention to the format and type of podcast itself. In addition, podcasts also function in improving students' communication skills, learning motivation, and self-confidence.
REPRESENTASI DAMPAK EKONOMI PANDEMI COVID-19 DALAM FOTO JURNALISTIK DI INSTAGRAM @REPUBLIKAFOTO (KAJIAN ANALISIS SEMIOTIKA FOTOGRAFI) Mohammad Solihin; W Pandapotan Rambe; Khoirul Umam
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2423

Abstract

Satu tahun sudah peristiwa pandemi COVID-19 melanda Indonesia termasuk negara di seluruh dunia yang berdampak pada berbagai sektor kehidupan manusia. Kejadian tersebut tidak luput dalam rekaman seorang jurnalis foto ke dalam bentuk foto jurnalistik yang dimuat di instagram @republikafoto sebagai akun official pewarta foto Republika. Foto jurnalistik sebagai medium penyampai pesan visual dari sebuah peristiwa pandemi COVID-19 tidaklah sepenuhnya pesan kosong tanpa makna kode-kode atau tanda yang dibuat seorang jurnalis foto dan media di mana mereka bekerja. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui bagaimana representasi dampak ekonomi pandemi COVID-19 dalam foto jurnalistik di akun instagram @republikafoto hasil konstruksi jurnalis foto. Menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode penulisan deskriptif interpretatif dan analisa foto menggunakan analisis semiotika fotografi Roland Barthes yang tertuju pada signifikasi dua tahap. Kesimpulan yang didapatkan bahwa satu tahun dampak ekonomi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia bukan mitos belaka, namun benar adanya sebagaimana foto-foto jurnalistik yang memberitakan realitas fakta kejadian pandemi COVID-19 di tempat wisata pertunjukan seni budaya tradisional Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat. Secara denotasi dampak yang direpresentasikan sepinya pengunjung. Secara konotasi menggambarkan kesunyian pertunjukan musik tradisional angklung. Dan secara mitos dampak ekonomi pandemi COVID-19 tidak hanya pendapatan menurun namun tetap bisa bertahan dengan inovasi wisata virtual. Kata Kunci: Semiotika Fotografi, Foto Jurnalistik, Roland Barthes, Pandemi COVID-19, Akun Instagram
KONSTRUKSI BERITA PELECEHAN SEKSUAL PADA PEGAWAI KPI DI MEDIA DARING CNN INDONESIA DAN KOMPAS.COM Aisyah Asharini Nur Fadilah; Hendra Setiawan
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2438

Abstract

Berita mengenai pelecehan seksual menjadi salah satu topik yang semakin banyak diangkat karena banyak pula masyarakat yang mulai sadar akan bentuk kekerasan seksual. Pemberitaan yang diliput media massa menjadi salah satu sumber informasi yang seharusnya akurat dalam mengemas topik pelecehan seksual. Dalam penelitian ini, teori framing Zhongdang Pan dan Gerald. M. Kosicki menjadi alat untuk membedah pemberitaan pelecehan seksual yang terjadi di KPI untuk mendapatkan hasil berupa ideologi dan kemana berita diarahkan oleh wartawan. Menggunakan metode kualitatif, peneliti menemukan hasil akhir dengan membandingkan pemberitaan yang diliput CNN Indonesia dan Kompas.com. Realitas perihal pelecehan seksual yang dikonstruksi oleh CNN Indonesia mendelegitimasi kebenaran pelecehan yang terjadi, sementara Kompas.com menggunakan Komnas Perempuan sebagai narasumber untuk membuktikan bahwa pelecehan seksual bisa dialami oleh setiap gender. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan data bahwa pemberitaan tidak sepenuhnya murni fakta sebagaimana yang terjadi di lokasi, melainkan ada penonjolan pada aspek yang diinginkan dan penggiringan narasi agar terbentuk suatu realitas yang bisa mengarahkan masyarakat untuk mempercayainya.
PENGARUH JIWA WIRAUSAHA DAN MANAJEMEN PEMASARAN TERHADAP KEBERHASILAN USAHA PADA AGROWISATA LEMBAH BAMBU KUNING Rosy Febriani Daud; Ibrahim Fikma Edrisy
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v5i1.2504

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bagian terpenting dalam perkembangan ekonomi di negara kita. Tidak hanya itu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lampung Utara khususnya di Desa Abung Jayo Kecamatan Abung Selatan sangat minim, dikarenakan jumlah tenaga kerja UMKM setiap tahunnya tidak ada peningkatan, jumlah pelanggan kurang meningkat dan jumlah penjualan pun kurang meningkat. Melihat pengalaman, keberadaan usaha kecil dan menengah dapat diandalkan sebagai penggerak pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, serta dapat bertahan dimasa sulit (krisis) yang sekarang tengah kita hadapi bersama. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh jiwa wirausaha dan manajemen pemasaran terhadap keberhasilan usaha para wirausaha di lingkungan Agrowisata Lembah Bambu Kuning Desa Abung Jaya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Metode penelitian ini adalah eksplanasi (Explanatory Research), penelitian ini mencari hubungan dan pengaruh dari dua variabel, yaitu antara variabel jiwa wirausaha dan variabel manajemen usaha dengan variabel keberhasilan usaha. Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa variabel jiwa wirausaha (X1) dan manajemen pemasaran (X2) secara parsial dan simultan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Agrowisata Lembah Bambu Kuning Desa Abung Jaya Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara dengan demikian hipotesis pertama dan kedua yang diajukan tidak terbukti. Kata Kunci: Kewirausahaan; Manajemen Pemasaran; Keberhasilan Usaha
BAHASA CIREBON DIALEK PLERED DALAM KOMUNIKASI REMAJA DESA DAWUAN muhammad kamaluddin
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 5 No 1 (2021): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Language is used by humans to communicate in society. Both when interacting socially and cultural manifestations it has. This study examines how teenagers in Dawuan Village use the Plered language Cirebon dialect in their communication interactions. Qualitatively, this is described with a descriptive analytical approach. The language data was obtained from teenagers who communicated everyday. Through reading and notes as well as in-depth interviews, it was found that the daily lives of Cirebon-speaking Plered-speaking teenagers are motivated and influenced by several things. As for what was found as motivation and influence, namely participants, situation, education, discourse, self, environmental culture, and peers. In such a way that even though teenagers are faced with the times, the use of the Plered dialect Cirebon language is always communicative.

Page 1 of 1 | Total Record : 7