cover
Contact Name
Ida Riaeni
Contact Email
ida.iswahyudi@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jike@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek
ISSN : 26140829     EISSN : 26157950     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek (p-issn: 2614-0829, e-issn: 2615-7950) adalah jurnal yang diterbitkan Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Cirebon. JIKE menerima naskah dalam kajian ilmu komunikasi seperti: komunikasi pendidikan, komunikasi kesehatan, komunikasi politik, komunikasi bisnis, komunikasi pembangunan, hubungan masyarakat, jurnalistik, kajian media, media pembelajaran, dan lainnya.
Arjuna Subject : -
Articles 70 Documents
PENGALAMAN KOMUNIKASI SISWA MELAKUKAN KELAS ONLINE SELAMA PANDEMI COVID – 19 Dasrun Hidayat; Noeraida Noeraida
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 3 No 2 (2020): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (751.585 KB) | DOI: 10.32534/jike.v3i2.1017

Abstract

Artikel ini fokus membahas tentang pembelajaran kelas daring (online) selama COVID-19. Adapun obyek yang dianalisis berupa pengalaman komunikasi siswa selama mengikuti kelas online. Tujuan penulisan artikel yaitu untuk mengkonstruksi pengalaman tersebut sehingga membangun konsensus bersama antar siswa tentang pengalaman komunikasi selama melakukan kelas online. Artikel ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan di kota Bandung dengan melibatkan beberapa siswa melalui teknik purposif. Pendekatan yang digunakan adalah kualiltatif dengan studi fenomenologi. Pengambilan data melalui wawancara online. Penelitian menemukan pengalaman tentang kekuatan dan kelemahan belajar online. Kekuatan belajar online mampu membantu siswa untuk mendapatkan pengayaan materi melalui akses internet. Kelas online juga lebih fleksibel, tidak terbatas ruang dan waktu. Kelemahan kelas online yaitu tidak mampu membangun motivasi belajar siswa karena keterbatasan komunikasi dua arah. Hal tersebut juga mengakibatkan siswa pasif, berkurangnya interaksi dengan guru maupun dengan teman. Siswa juga menilai pembelajaran tidak dinamis karena siswa maupun guru tidak bisa menangkap pesan secara keseluruhan baik verbal dan nonverbal . Pengalaman tentang kekuatan dan kelemahan belajar online mencerminkan dua karakteristik siswa (1) siswa yang merasa nyaman dengan kelas online dan (2) siswa yang lebih memilih belajar langsung di kelas. Karakteristik siswa nyaman belajar online kecenderungannya adalah siswa pasif, membatasi sosialisasi, tidak terlalu aktif mengikuti kegiatan sekolah seperti ekstrakurikuler. Sedangkan siswa yang memilih belajar secara tatap muka di kelas, memiliki karakteristik sebaliknya seperti ramah, suka bersosialisasi, aktif dikelas maupun aktif bergabung dalam kegiatan sekolah.
GAYA HIDUP HEDONISME DALAM IKLAN PARIWISATA WONDERFUL INDONESIA “AN EXPLORATION OF THE WONDROUS LABUAN BAJO” Muhamad Sholeh; Gita Juniarti
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 2 (2021): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i2.1043

Abstract

Abstrak Gaya hidup dari kegiatan liburan perlahan-lahan berubah seiring dengan perkembangan teknologi. Jika sebelumnya liburan menjadi kebutuhan tersier, saat ini akivitas liburan menjadi kebutuhan sekunder untuk kelas menengah, terutama kebutuhan anak-anak muda. Saat ini, anak-anak muda menjalani liburan dengan gaya hidup hedonisme dan hal itu semakin populer di kalangan mereka. Banyak hal yang menyebabkan tumbuhnya gaya hidup hedonisme tersebut, salah satunya karena hadirnya media sosial, seperti Instagram dan Youtube. Penelitian ini berasumsi bahwa iklan promosi wisata yang dipublikasikan di Youtube juga memiliki peran dalam menumbuhkan gaya hidup hedonisme di kalangan anak-anak muda ketika melakukan aktivitas liburan. Objek dari penelitian ini adalah iklan promosi wisata berjudul “An Exploration of The Wondrous Labuan Bajo” yang dipublikasikan oleh Wonderful Indonesia. Berdasarkan hasil analisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes, terdapat tanda-tanda konotatif pada iklan yang mengarahkan kepada gaya hidup hedonisme ketika menjalani liburan, seperti berlibur di kapal phinisi dan penginapan mewah, serta perlengkapan gadget canggih yang dapat melakukan swafoto dan swavideo di mana saja. Ketika dikaji menggunakan empat kata kunci studi kultural, yaitu (1) budaya dan praktik tentang tanda, (2) teks dan khalayak, (3) materialism dan non-reduksionalisme, dan (4) kekuasaan, iklan pariwisata ini cenderung menampilkan produk yang dihasilkan oleh kelompok elit dan tidak memberikan suara kepada kelas menengah ke bawah, seperti pengusaha UMKM di Labuan Bajo. Maka, bisa disimpulkan bahwa kelompok elit memiliki peran dalam menanamkan budaya hedonisme di dalam kegiatan wisata melalui iklan pariwisata Wonderful Indonesia. Kata kunci: Liburan, gaya hidup hedonisme, anak-anak muda, iklan pariwisata Abstract The lifestyle of vacation began to differ along with the development of technology. Previously, vacation became the tertiary needs for people, but nowadays, it is becoming the secondary needs for middle class, especially for young people. The aim for vacation is not only for refreshing, but also enhance the existence of young people. Therefore, the hedonism lifestyle in vacation activities is inceasingly among young people. Many things induce the growth of the hedonism lifestyle, and one of which is due to the presence of social platform, such as Instagram and Youtube. This research assumes that tourism advertising that published on Youtube Wonderful Indonesia also have a role in fostering the hedonism lifestyle among young people. The object of this research is tourism promotion advertising tittled “An Exploration of The Wondrous Labuan Bajo” that published by Wonderful Indonesia. Based on the analysis using Roland Barthes’s semiotics theory, there are several connotative signs were seen in the advertisement tourism which directs to the hedonism lifestyle, such as vacation on phinisi ship and luxury resort. Furthermore, young people also bring sophisticated gadget that can do selfies anywhere to show their existence. This research also examined using four keyword of cultural studies, namely (1) culture and signifying practices, (2) texts and readers, (3) materialism and non-reductionism, and (4) power. The result describes that these advertising video tend to display products from elite class and do not give the voice for lower and middle class, such as MSME entrepreneurs in Labuan Bajo. It can be concluded that the elite class has role to changing the hedonism lifestyle for vacation in young people. Keywords: Vacation, hedonism lifestyle, young people, tourism advertising
EFEKTIVITAS IKLAN TELEVISI UNILEVER INDONESIA MENGENAI COVID-19 Ayu Priana; K. Y.S. Putri
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 01 (2020): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i01.1044

Abstract

Abstract Advertising is one of the important things for advertisers to provide information to the audience. Covid-19 is a national disaster that is happening in Indonesia. This study wanted to find out the effectiveness of television commercials about Covid-19 from Unilever Indonesia entitled " K-U-N-C-I Menangkal Virus Corona". This research uses a descriptive quantitative approach with survey methods. The results of this study indicate that all dimensions used in the questionnaire have an average value of above 2.5, which means that a television advertisement about Covid-19 from Unilever Indonesia entitled " K-U-N-C-I Menangkal Virus Corona" has been effective. Keywords: effectiveness, television advertising, covid-19. Abstrak Iklan merupakan salah satu hal yang penting bagi pengiklan untuk memberikan informasi kepada khalayak. Covid-19 merupakan bencana nasional yang sedang melanda Indonesia. Penelitian ini ingin mencari tahu efektivitas dari iklan televisi mengenai Covid-19 dari Unilever Indonesia yang berjudul “K-U-N-C-I Menangkal Virus Corona”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh dimensi yang digunakan dalam kuesioner memiliki nilai rata-rata di atas 2,5, yang berarti bahwa iklan televisi mengenai Covid-19 dari Unilever Indonesia yang berjudul “K-U-N-C-I Menangkal Virus Corona” sudah efektif. Kata Kunci: efektivitas, iklan televisi, covid-19.
ANALISIS PERSONAL BRANDING RUBEN ONSU MELALUI INSTAGRAM aletta bimantoro
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 01 (2020): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i01.1055

Abstract

With the modern era, social media can now be used as building one's self-image through personal branding. Personal Branding can be built through social media Instagram. Building personal branding can be done by demonstrating our abilities, talents, or establishing a business in any field, one of which is food. Various methods are used to establish personal branding, such as the example conducted by Ruben Onsu on the Instagram account of GeprekBensu, when Ruben Onsu conducted a campaign about the originality of its products. The formulation of the problem is What is the form of Ruben Onsu's personal branding in the GeprekBensu Instagram account? The purpose of this research is to find out personal branding formed by Ruben Onsu through GeprekBensu's Instagram social media. The research method used is qualitative, the research model is descriptive by collecting data through GeprekBensu Instagram account documentation. The data analysis method is divided into 3 namely reduction, data presentation, and conclusion testing. The results of the discussion from this study are that Ruben Onsu builds personal branding with various supporting features such as his followers, uploads his Instagram photos, effects on his photos, and the use of sentences or symbols in the photos are then described into 8 the concept of formation of personal branding namely specialization, leadership, personality, differences, looks, unity, determination, and good name.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DIGITAL STORYTELLING KANAL YOUTUBE “Ilmu Komunikasi UNJ” DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI Yosua Novry Susilo
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 01 (2020): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i01.1059

Abstract

Perkembangan teknologi memudahkan pekerjaan manusia, salah satunya edukasi media digital. Digital storytelling merupakan cerita digital yang dibangun dari narasi perihal budaya internet (cyberculture). Keterampilan komunikasi merupakan pengetahuan seseorang akan teknik untuk menyampaikan pesan secara jelas dan mampu memecahkan suatu masalah atau konflik dengan baik Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan seberapa efektif penggunaan digital storytelling youtube dalam memberikan edukasi mengenai komunikasi dan meningkatkan keterampilan komunikasi subscriber atau penontonnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan paradigma positivisme. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling pada 50 responden yaitu subscriber kanal youtube “Ilmu Komunikasi UNJ”. Hasil penelitian analisis korelasi dengan hasil sebesar 0,727 termasuk pada kategori kuat. Selanjutnya penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung (7.342) > ttabel (1,660) artinya penggunaan digital storytelling dalam meningkatkan keterampilan komunikasi efektif. Penggunaan digital storytelling juga memberikan pengaruh pada penonton sebesar 52,9% terhadap meningkatkan keterampilan komunikasi dan 47,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Keywords: Digital storytelling; “Ilmu Komunikasi UNJ”; Keterampilan Komunikasi; New Media; Youtube
EFEK BUDAYA MERANTAU DAN MATRILINEAL SUKU MINANGKABAU DALAM KOMUNIKASI DALAM KELUARGA DI DAERAH PERANTAUAN muhammad ihsan zaky
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 01 (2020): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i01.1072

Abstract

Abstract With the modern era, culture is now often left behind, with the excuse that it has been left behind. Especially in the souls of young people who tend to follow the trend. Building a feeling of cultural love can be done by showing an identity and privilege. There are many cultures and customs that exist in Indonesia, one of which is the custom of Kabau. There are two cultures that are very prominent in the Minang custom, namely wandering and matrilineal culture. These two cultures really affect Minang children, especially in the family and overseas. The formulation of the problem is how does culture affect the character of children? The purpose of this study is to determine the influence of culture in educating children in the family sphere. The research method used is a qualitative method. In this study, I used a descriptive qualitative research method. This method is applied by describing the results of my interview with the Minangkabau tribe couple who migrate and live overseas. Keywords: Komunikasi lintas budaya, Adat Minangkabau, Matrilineal,Rantau
ANALISIS DEMOKRASI HABERMAS PADA TEKS FORUM DISKUSI ONLINE RUU OMNIBUS LAW Dini Safitri
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 4 No 01 (2020): DESEMBER
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v4i01.1099

Abstract

Menurut habermas ruang publik merupakan ruang dimana warga Negara dapat berunding mengenai hubungan mereka sehingga merupakan sebuah arena institusi untuk berinterkasi. Berkembangnya media komunikasi yang semakin maju menimbulkan banyaknya ruang publik yang dilakukan secara daring melalui sosial media untuk mendiskusikan isu-isu publik dengan tujuan untuk menciptakan sebuah demokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis demokrasi habermas pada teks forum diskusi online ruu omnibus law sebagai demokrasi. Omnibus law ketenagakerjaan sampai saat ini masih menjadi polemik di masyarakat karena di satu sisi dianggap banyak menguntungkan para pengusaha dan semakin memarjinalkan pekerja/buruh dengan rencana sistem upah per-jam yang oleh pekerja dianggap akan memperlemah posisi dan kesejahteraan para buruh/pekerja. Penelitian ini menggunakan metode analisis dalam perspektif komunikasi pada demokrasi deliberatif dan berdasarkan dua teori habermas Transformasi Struktural Ruang Publik & Antara Fakta dan Norma. Model analisis wacana ini berdasarkan pada 3 pisau analisis tidakan komunikatif yang mencakup 3 klaim. Teknik pengumpulan data yaitu metode teks berupa pendapat yang disampaikan oleh para anggota grup diskusi online “RUU Cipta Kerja: Mengancam Ketenagakerjaan Dan Agraria Indonesia” dan “RUU Cipta Kerja: Menerobos Hukum Indonesia?”. Setiap argumen/pendapat dianalisis dengan berdasar pada tiga klaim validitas, yaitu: kebenaran. ketepatan, dan kejujuran. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis teks bahwa memberatkan pihak dari golongan buruh, mahasiswa, petani, nelayan, masyarakat adat, penduduk desa maupun kota, dan lebih mengedepankan kepentingan investor dan pengusaha
REPRESENTASI RADIKALISME DAN TOLERANSI DALAM FILM APA ITU ISLAM Anisti Anisti
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 2 No 2 (2019): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v2i2.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui simbol sosial, budaya dan ideologi yang terkandung dalam film Apa Itu Islam. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi semiotika Roland Barthes, hasil penelitian menemukan bahwa pesan komunikasi pada setiap adegan film merepresentasikan radikalisme dan toleransi. Radikalisme dibangun pada beberapa adegan seperti (1) tindakan sekelompok ormas islam melawan aparat keamanan melakukan perusakan fasilitas negara (2) konvoi jamaah habib di jalan raya yang membuat nuansa jalan macet dan mencekam (3) aksi yang tidak menginginkan kegiatan yang dibiayai oleh Amerika karena dinilai sebagai zionis dan musuh Islam. Sedangkan simbol sosial, budaya dan ideologi yang merepresentasikan toleransi yang dibangun dalam film Apa Itu Islam terdapat pada tujuh adegan diantaranya (1) seorang anak bersedih adanya bentuk batasan pertemanan sesuai agama dan tidak adanya toleransi dalam beragama (2) pemahaman anak kecil terhadap doktrin yang diberikan ustadnya mengenai agama yang masuk surga (3) tanaman padi yang menjadi kebutuhan manusia secara jasmani dan agama adalah kebutuhan manusia secara rohani.
Komunikasi Bisnis dalam Perspektif Islam di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung (Studi Pada Divisi Bimbingan Rohani Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Pasien) Nurfitriana Novitasari Iskandar
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 1 No 2 (2018): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v1i2.154

Abstract

Communication is one of the dimensions that affect the quality of services by providing information to customers. The hospital also needs to improve the quality of service in terms of communication. This research aimed to to describe and analyze business communication in Islamic perspective (study on the spiritual guidance division of Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung in improving services quality). This research is descriptive qualitative research. This research collects data through interview, observation, and literature study. The results of this study indicate that one of the forms of communication is communication in spiritual guidance activities as commitment of Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung as an Islamic hospital. And as a strategy for improving hospital services in Rumah Sakit Muhammadiyah Bndung Keywords: Public Relations, Corporate Social Responsibility, Corporate Image.
Efek dari Pemberitaan CCTV Lalu Lintas Terhadap Sikap Disiplin Berlalu Lintas Redi Panuju; Shintya Oktaviany Aury
JIKE: Jurnal Ilmu Komunikasi Efek Vol 1 No 2 (2018): JUNI
Publisher : Prodi Ilmu Komunikasi, FISIP, Universitas Muhammadiyah Cirebon

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32534/jike.v1i2.155

Abstract

Abstract Dishub Surabaya and traffic Unit Polrestabes Surabaya partners do speeding tickets through CCTV to reduce traffic violations in traffic and prevent accidents frequently happened. For the socialization of the press role is required so that residents will know this new traffic regulation. The way of the spread CCTV by the way to traffic gridlock around the continuously to be done in make the community become disciplined in the traffic signs and regulations. The underlying theory is a theory of mass communication, theory of hypodermic needle theory, S-O-R theory, discipline theory, theories of adolescence. The methodology that was used this research is quantitative methods with type of correlational quantitative. In this research that are samples are teenagers klampis semalang 96 respondents. From the results of statistics done shows that significantly is the cctv news traffic to discipline attitude traffic in teenagers Klampis Semalang Urban village Klampis Ngasem in Sukolilo Surabaya city. Keywords : news, cctv traffic, discipline traffic