cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
isoquant@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi
ISSN : 25987496     EISSN : 25990578     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2019): April" : 11 Documents clear
ANALISIS PENGARUH ECONOMIC VALUE ADDED, EARNING, MARKET VALUE ADDED DAN ARUS KAS TERHADAP RETURN SAHAM (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015) FIKA ENDARYANI; Dwiati Marsiwi; KHUZNATUL ZULFA WIROFIN
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (702.548 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.241

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa EfekIndonesia (BEI) tahun 2011-2015. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh economicvalue added, earning per share, market value added dan arus kas operasi terhadap return sahampada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2011-2015.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 145 perusahaan. Penelitian inimenggunakan metode purposive sampling berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telahditentukan diperoleh jumlah sampel sebanyak 37 perusahaan. Penelitian yang dilakukanmerupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yangbersumber dari laporan keuangan perusahaan manufaktur yang sudah diaudit melalui situs resmiBursa Efek Indonesia (BEI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupunsimultan economic value added, earning per share, market value added dan arus kas operasitidak berpengauh terhadap return saham.Kata Kunci : Economic Value Added, Earning Per Share, Market Value Added, Arus Kas.
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE TAHUN 2011-2016 AMALIA SUSANTI; KHUZNATUL ZULFA WAFIROTIN; ARIF HARTONO
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.744 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh good corporate governance (GCG), profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. GCG dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan proksi kepemilikan manajerial. Profitabilitas diukur dengan menggunakan rasio profitabilitas return on equity (ROE), sedangkan ukuran perusahaan diukur berdasarkan Ln total aktiva. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu nilai perusahaan yang diukur dengan analisis Tobin’s Q.Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data sekunder yang berbentuk kuantitatif yang berasal dari laporan keuangan tahunan yang telah diaudit perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan didapati ada sebanyak 10 perusahaan yang terpilih sebagai sampel penelitian dari sebanyak 123 perusahaan yang diamati. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda.Hasil dari pengujian hipotesis pertama (Ha1) menunjukkan bahwa variabel good corporate governance (GCG) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. hal ini terjadi karena struktur kepemilikan manajerial di Indonesia masih tergolong sangat kecil dan didominasi oleh sistem keluarga, serta pemilik manajemen perusahaan juga belum sepenuhnya bisa memberikan kepercayaannya terhadap manajemen perusahaan dalam hal jalannya perusahaan. Hasil pengujian hipotesis kedua (Ha2) menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa semakin besarnya keuntungan perusahaan untuk membayarkan devidennya, maka akan berdampak baik pula bagi nilai perusahaan. Hasil pengujian hipotesis ketiga (Ha3) menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini membuktikan bahwa jika dilihat dari sisi manajemen perusahaan, ukuran perusahaan yang besar akan menjadi suatu kemudahan yang dimiliki perusahaan itu sendiri dalam mengendalikan perusahaan yang juga akan diikuti dengan meningkatnya nilai perusahaan. Hasil pengujian pada hipotesis ke empat (Ha4) uji simultan menunjukkan bahwa variabel good corporate governance (GCG), profitabilitas, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE), KUALITAS PRODUK, DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK BATIK MUKTI HADI SUMARSONO; ADI SANTOSO
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.697 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.242

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Batik Mukti Rahayu di Kabupaten Magetan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli Batik Mukti Rahayu di Kabupaten Magetan, menggunakan 50 responden dengan tehnik Accident Sampling. Analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.Hasil dari analisis ini adalah : 1) Citra Merek (Brand Image) tidak berpengaruh negative terhadap keputusan pembelian Produk Batik Mukti Rahayu. 2) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Batik Mukti Rahayu. 3) Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Produk Batik Mukti RahayuKata Kunci: Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, Desain Produk, dan Keputusan Pembelian
PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN METODE SEVENTOOLS SEBAGAI ALAT UNTUK MENGURANGI PRODUK CACAT PADA PERUSAHAAN TANTEKA SABLON PONOROGO. MOHAMAD SAIFUL ARIFIN; SETYO ADJIE; EDI SANTOSO
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (590.104 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.237

Abstract

Seven tools adalah alat-alat yang dapat digunakan oleh organisasi untuk melakukan pengendalian kualitas. Alat-alat itu meliputi: Cheek sheet, Flow chart, Histogram, scatter diagram, Peta kendali, Diagram pareto, dan Diagram sebab akibat. Alat-alat ini cukup efektif digunakan untuk melakukan pengendalian kualitas. Obyek pada penelitian ini adalah cetak sablon kaos pada Perusahaan Tanteka Sablon Ponorogo. Dengan melakukan analisa peta kendali C-chart, maka dapat diketahui bahwa terdapat beberapa titik produk cacat yang diluar batas kendali. Sementara itu, dengan melakukan analisa Diagram Pareto, dapat diketahui bahwa kecacatan terbanyak adalah pada sablon kurang rata sebesar 5,625 %. Sedangkan analisis dengan menggunakan diagram sebab akibat dapat diketahui bahwa terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya kecacatan produk. Faktor-faktor trsebut adalah faktor manusia, lingkungan, mesin, metode dan material. Rekomendasi yang diberikan adalah: Meningkatkan pengawasan terhadap karyawannya dan terus melakukan evaluasi selain itu perusahaan juga harus lebih meningkatkan pengendalian kualitas produnya.
PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo) NAHLA RAHMA YUNITA; HADI SUMARSONO; UMI FARIDA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (528.289 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan keamanan terhadap keputusan pembelian online di Buka Lapak. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak yang besar bagi berbagai aspek, tidak terkecuali pada dunia bisnis. Mengingat banyaknya situs jual beli online yang ada di dikenal oleh masyarakat sebagai contoh adalah Buka Lapak. Buka lapak merupakan marketplace yang memberikan keuntungan perusahaan, penjual ataupun konsumen.Penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda dan r square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikan 0,001, kepercayaan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,005, dan keamanan secara parcial berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,002.Kata Kunci : Persepsi Risiko, Kepercayaan, Keamanan, Keputusan Pembelian.
PENGARUH PRODUK, HARGA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA TOKO KAIN KILOAN AULIA PONOROGO) APRIDA RIANI; SETYO ADJIE; Siti Chamidah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (254.556 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.238

Abstract

Keputusan Pembelian adalah suatu proses pengintegrasian yang mengkombinasi sikap dan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya (Susastro, 2012: 38). Menurut Raharjani (2010), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Faktor-faktor tersebut antara lain; produk, harga dan pelayanan.Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh produk, harga dan kualitas layanan terhadap Keputusan Pembelian konsumen pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dihasilkan berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh produk, harga dan kualitas pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Kain Kiloan Aulia Ponorogo. Analisis data penulis lakukan diawali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner menggunakan skala Likert, di mana alternatif jawaaban nilai 1 hingga 5 pemberian skor dilakukan atas jawaban pertanyaan baik mengenai Produk (X1), Harga (X2), Kualitas Layanan (X3) maupun Keputusan Pembelian (Y).Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 3,272 dengan koefisien regresi 0,476.Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 2,356 dengan koefisien regresi 0,444. Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil Uji t hitung dengan nilai signifikasni sebesar 3,706 dengan koefisien regresi 0,227.Diantara variabel independen yang ada (Produk, Harga dan Kualitas Layanan), Variabel Kualitas Layanan menjadi variabel yang dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai signifikasni sebesar 3,706 dengan koefisien regresi 0,227.Produk, Harga dan Kualitas Layanan secara bersama-sama/simultan terbukti berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian yang dibuktikan dengan hasil uji F hitung dengan nilai signifikasni sebesar 19,366.
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, BEBAN KERJA, DAN PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI SERBA USAHA ANAK MANDIRI PONOROGO REIGION JUMANTORO; UMI FARIDA; ADI SANTOSO
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (390.277 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.244

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi, motivasi kerja, beban kerja, dan pelatihan terhadap produktivitas kerja sumber daya manusia Koperasi Serba Usaha Anak Mandiri Ponorogo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh, semua anggota populasi pada penelitian ini digunakan sebagai sampel penelitian, sehingga semua sumber daya manusia yang berjumlah 32 orang yang dijadikan responden. Teknik analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan taraf signifikan 5% merupakan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini. Hasil pengujian menunjukan bahwa: (1) antara variabel kompetensi dengan produktivitas kerja sumber daya manusia terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan; (2) antara variabel motivasi kerja dengan produktivitas kerja sumber daya manusia terdapat pengaruh yang positif dan signifikan; (3) antara variabel beban kerja dengan produktivitas kerja sumber daya manusia terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan; (4) antara variabel pelatihan dengan produktivitas kerja sumber daya manusia terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Hal ini menunjukan bahwa motivasi kerja dan pelatihan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja sumber daya manusia sedangkan kompetensi dan beban kerja mempengaruhi secara positif dan tidak signifikan terhadap produktivitas kerja sumber daya manusia dan variabel yang paling dominan yang mempengaruhi produktivitas kerja sumber daya manusia adalah variabel motivasi kerja.Kata kunci: Kompetensi, Motivasi Kerja, Beban Kerja, Pelatihan, dan Produktivitas Kerja.
PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN, KEWAJIBAN MORAL, PENGETAHUAN PAJAK, DAN PERSEPSI SANKSI PERPAJAKAN PADA KEPATUHAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR DI KABUPATEN PONOROGO EKA PUTRI CAHYANTI; KHUZNATUL ZULFA WAFIROTIN; Arif Hartono
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.967 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.239

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kesadaran, kualitas pelayanan, kewajiban moral, pengetahuan pajak, dan persepsi sanksi perpajakan pada kepatuhan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Ponorogo. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang bersumber dari kuesioner yang disebarkan kepada responden.Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Proses analisis data menggunakan software SPSS versi 16,0. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten Ponorogo. Sampel terpilih sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling. Tahap dalam penelitian ini meliputi statistik deskriptif, Uji Validitasas dan Relibilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.Hasil pengujian hipotesis petama menunjukkan bahwa variabel kesadaran wajibypajak berpengaruh dan signifikanyterhadap kepatuhan pembayaranypajak kendaraan. Pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa variabel kualitasypelayanan berpengaruhyterhadap kepatuhan pembayaranypajak kendaraan bermotor. Hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan bahwa variabel kewajiban moralyberpengaruh terhadap kepatuhanypembayaran pajak kendaraanybermotor. Hasilypengujian hipotesis keempat menunjukkan bahwa variabel pengetahuanypajak berpengaruh terhadap kepatuhanypembayaran pajak kendaraanybermotor. Hasil pengujian hipotesis kelima menunjukkan variabel persepsi sanksiyperpajakan berpengaruh terhadapykepatuhan pembayaran pajakykendaraan bermotor. Hasil pengujian hipotesis keenam menunjukkan bahwa variabel kesadaranywajib pajak, kualitasypelayanan, kewajiban moral,ypengetahuan pajak, danypersepsi sanksi perpajakan berpengaruhyterhadap kepatuhan pembayaranypajak kendaraan bermotor.
PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HP SAMSUNG DI ARTOMORO CELLULER AHMAD AZIS DIYAGITAMA; HADI Sumarsono; NANING KRISTIYANA
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.976 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.240

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan merekterhadap keputusan pembelian hp SAMSUNG di Artomoro Celluler. Objek dalam penelitian iniadalah seluruh konsumen yang membeli suatu produk pada Artomoro Celluler. Jumlah sampelyang diambil adalah 100 responden. Data dan hasil jawaban responden tersebut diolah denganSPSS.20. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertimbangan kualitas produk, promosi, dan merekberpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian.Kata Kunci: Kualitas produk, Promosi, Merek
Pengaruh kualitas pelayanan exterior dan interior terhadap kepuasan konsumen (studi Kasus pada Caffe Jiero Wadangan Jl. Bali No. 17 Madiun) Lahuri Lahuri; Hadi Sumarsono; Siti Chamidah
ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi Vol 3, No 1 (2019): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (525.155 KB) | DOI: 10.24269/iso.v3i1.235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan, exterior, daninterior terhadap kepuasan” konsumen. Populasi penelitian ini adalah konsumen caffe jierowedangan Madiun. Tekniknpengambilannsampelnyangndigunakan adalahninsidentalsampling,nsehinggandiperoleh 90 responden yang dijadikan sebagainsampelnpenelitian.Metodenstatistiknyangndigunakannadalahnpengujiannsecaranparsial, simultan untuk mengujipengaruhnsecaranlangsung kualitas pelayanan, exterior dan interior terhadap kepuasankonsumen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitasn pelayanannberpengaruhpositif dannsignifikan terhadapnkepuasan konsumen,exterior tidak berpengaruhndan negatifterhadap struktur modal, dan interior berpengaruhnpositifndannsignifikan terhadapnkepuasankonsumen. Hasil penelitian secara simultan kualitasnpelayanan, exterior, dan interiorberpengaruhnsignifikannterhadapnkepuasan konsumen.

Page 1 of 2 | Total Record : 11