cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
edupedia@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
EDUPEDIA
ISSN : 26141434     EISSN : 26144409     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2022): April" : 7 Documents clear
COUNSELING GUIDANCE IN THE PERSPECTIVE CHANGE OF STUDENT'S MORAL AND BEHAVIOR IN SCHOOL Suid Saidi
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1129

Abstract

This research aims to find out significantly about the benefits of guidance to students by conducting direct interviews with students who have received counseling guidance, so that the authors can measure the level of benefits for the students concerned. that is a case that exists in the community, so that they can directly know, measure the extent of the benefits. After conducting a comprehensive study of 10 students as participants and informants, the author sees that there are still some things that need to be improved, so that the guidance service system can run. in accordance with the expected results, the conclusions are similar to the findings in this study, that this guidance section in addition to needing improvement also needs attention from the government, and community participation (parents), so that the results of the guidance are able to create a better discipline. for students  
ETNOMATEMATIKA TRADISI ENDHOG-ENDHOGAN DI DESA MACANPUTIH KECAMATAN KABAT BANYUWANGI Siti Roudhotul Jannah; Barep Yohanes
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1045

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada tradisi endhog-endhogan  Desa Macanputih, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi. Objek dalam penelitian ini adalah tradisi endhog-endhogan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksploratif deskriptif untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika yang ada pada tradisi endhog-endhogan yang terdapat di Desa Macanputih, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data dapat diberikan kesimpulan data bahwa konsep-konsep matematika yang dapat ditemukan dari tradisi Endhog-Endhogan di Desa Macanputih Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi pada prosesi geridhoan diantaranya konsep modulo 12 pada bulan pelaksanaan tradisi endhog-endhogan; konsep garis pada lidi; konsep persegi panjang pada bentuk gedheg; konsep refleksi, translasi dan rotasi pada motif gedheg; konsep kekongruenan pada pola gedheg; konsep relasi pada prosesi tradisi geridhoan; dan konsep himpunan pada kumpulan orang yang terlibat dalam tradisi geridhoan. Pada prosesi selametan terdapat beberapa konsep, diantaranya konsep membilang pada saat membilang banyaknya jodhang; konsep persegi panjang pada daun pisang; konsep membilang pada saat membilang banyak daun pisang; konsep persegi pada tempat ancak; konsep relasi pada saat pulang membawa ancak; dan konsep himpunan pada orang yang terlibat dalam tradisi geridhoan. Pada prosesi karnaval endhog-endhogan terdapat beberapa konsep, diantaranya konsep membilang pada saat membilang banyaknya miniatur yang ditampilkan, membilang banyaknya kembang endhog; dan konsep segitiga siku-siku pada bagian jodhang yang paling bawah atau kaki jodhang.
PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DARI BUKU AJAR PILAR KARAKTER DI RAUDHATUL ATHFAL ‘AISYIYAH NGLAYANG Nurul Istiana; Ida Yeni Rahmawati
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1235

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penerapan Nilai Pendidikan Karakter dari Buku Ajar Pilar Karakter di Raudhatul Athfal ‘Aisyiyah Nglayang. Subjek Penelitian ini adalah 14 anak usia dini pada kelas A. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data interaktif model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai pendidikan karakter dari buku ajar pilar karakter di RA ‘Aisyiyah Nglayang yaitu: Jadwal pilar karakter dilaksanakan rutin setiap hari sesuai RPPH, penerapan nilai karakter secara daring berupa laporan foto kegiatan tentang pendidikan karakter di rumah. Melalui kegiatan pembelajaran buku pilar karakter peserta didik dapat membedakan nilai-nilai pendidikan karakter baik dan tidak baik melalui gambar buku ajar pilar karakter, sehingga peserta didik di RA ‘Aisyiyah Nglayang menjadi lebih mandiri, disiplin dan tanggung jawab. Salah satu upaya guru untuk mengatasi anak yang belum fokus dalam pembelajaran pilar karakter yaitu dengan menerapkan karakter pendengar yang baik, sehingga anak akan kembali fokus  mendengarkan guru dengan yel-yel pendengar yang baik. Tujuan pembelajaran dari buku ajar pilar karakter untuk menciptakan dan mengembangkan budi pekerti yang baik dan dapat menjadi contoh untuk siswa.
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP NEGERI 6 PONOROGO PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR Kun Nadhifah Mualifah; Arta Ekayanti
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1236

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kreatif   serta keberagaman kemandirian belajar peserta didik SMP Negeri 6 Ponorogo. Dalam pembelajaran daring, kesulitan dalam belajar matematika jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran daring yang ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel sebanyak 6 peserta didik dari kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo yang terdiri dari 2 peserta didik tiap kategori kemandirian belajar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari kuesioner kemandirian belajar, tes kemampuan berpikir kreatif, dan wawancara untuk mengetahui lebih dalam tentang kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran daring. Teknik analisis data pada penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu 1) reduksi data hasil kuesioner, tes, dan wawancara tak terstruktur; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh, yaitu 1) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration dengan memenuhi kedua aspek penilaian indikator fluency dan elaboration secara maksimal; 2) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar sedang memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration namun terdapat beberapa aspek penilaian indikator fluency dan elaboration yang berlum terpenuhi secara maksimal; 3) kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran daring peserta didik kelas VII A dan VII B SMP Negeri 6 Ponorogo pada pembelajaran daring yang memiliki kemandirian belajar rendah memenuhi 2 indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu fluency dan elaboration namun masih banyak aspek penilaian indikator fluency dan elaboration yang belum terpenuhi secara maksimal.
BEBAN KOGNITIF INTRINSIC DALAM PEMBELAJARAN MATERI EKSISTENSI BILANGAN IRRASIONAL BAREP YOHANES
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1177

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan munculnya beban kognitif intrinsic dalam pembelajaran materi eksistensi bilangan irrasional. Objek penelitian merupakan mahasiswa Universitas PGRI Banyuwangi prodi. Pendidikan Matematika angkatan 2018 tahun pembelajaran ganjil 2021/2022. Data yang diperoleh berasal dari observasi kegiatan pembelajaran, lembar catatan, wawancara, dan rekaman video pembelajaran. Penelitian mendapatkan hasil  bahwa beban kognitif intrinsic dalam pembelajaran eksistensi bilangan irrasional disebabkan oleh elemen interaktivitas dan interaksi antar elemen interaktivitas. Elemen interaktivitas meliputi pembuktian kontradiktif, bilangan berpangkat, relatif prima, dan keterbagian bilangan. Interaksi antar elemen interaktivitas yaitu penarikan kesimpulan dari awal, keterbagian bilangan berpangkat 2 dan berpangkat 1, perbedaan nilai bilangan irrasional.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROYEK PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU Dara Dinasti; Sukmawarti Sukmawarti
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1353

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran yaitu lembar kerja peserta didik berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku yang valid dari hasil validasi kelayakan oleh ahli materi, ahli media dan angket respon guru dan peserta didik. Penelitian dilakukan di UPT SD NEGERI 105292 Bandar Klippah dengan menggunakan objek 30 siswa/i kelas IV SD untuk menguji cobakan LKPD berbasis proyek pada tema indahnya keragaman di negeriku. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dan tes LKPD berbabasis proyek. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis metode campuran yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Proyek dilakukan dengan melakukan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation,and Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian yang di validasi oleh ahli materi dan media bahwa LKPD berbasis proyek yang dikembangkan sangat valid atau dapat digunakan tanpa revisi untuk siswa kelas IV SD. Dari hasil angket kepraktisan guru dan peserta didik dikatakan cukup praktis, atau dapat digunakan namun perlu revisi kecil. Dan dari hasil uji coba keefektifan peserta didik banyaknya peserta didik mencapai ketuntasan minimal (KKM) 27 orang dengan 3 siswa yang tidak mencapai ketuntasan minimal (KKM) dengan jumlah 30 orang siswa. Berdasarkan hasil hitungan dari uji-coba keefektifan peserta didik dilihat dari analisis data maka mendaptkan hasil 90 dan dilihat dari tabel kriteria keefektifan setara 81% - 100% dikatakan sangat efektif atau dapat digunakan tanpa revisi.  Kata Kunci : Project Based Learning, LKPD Berbasis Proyek, Pembelajaran Tematik 
PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH Rofi Rudiawan; Ambiro Puji Asmaroini
EDUPEDIA Vol 6, No 1 (2022): April
Publisher : Universitas Muhammadiyah Ponorogo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/ed.v6i1.1332

Abstract

Profil Pelajar Pancasila adalah program yang dibuat Kemendikbud sebagai upaya memperkuat pendidikan karakter di Indonesia. Program ini dapat menjadi jalan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yakni membentuk generasi yang cerdas secara intelektual dan memiliki karakter yang sesuai dengan pancasila. Dalam proses penguatan Profil Pelajara Pancasila penting adanya peran dari seorang guru  utamanya guru PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru PPKn dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunkan metode penelitian literatur review. Isi dan pembahasan dalam penelitia ini terkait peran guru PPKn dalam penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah.. Dari hasil kajian yang dilakukan peran guru PPKn sangatlah penting karena guru PPKn bukan hanya sekedar mentransfer ilmu  pengetahuan tapi juga motivasi dan karakter pada anak. Dalam upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila guru harus memiliki kemampuan utama yaitu sebagai contoh/ tauladan bagi anak.  Memiliki perencanaan pembelajaran yang fokus pada pembentukan nilai-nilai Pancasila. Membuat pembelajaran yang berbasis pendekatan kearifan lokal. Membangun kesadaran peserta didik melalui model pembelajaran berbasis proyek. membuat pembelajara yang menarik dan tidak terbatas pada ruang, tempat dan waktu. Model pembelajaran yang memanfaatkan perkembangan TI. Membuat evaluasi pembelajaran yang terpusat pada pendekatan saintifik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7