cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Gemaedu
Published by PGRI DKI Jakarta
ISSN : 24770620     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi" : 7 Documents clear
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KIMIA UNSURDI KELAS XII IPA 1 SMA NEGERI 2 CIBINONG Marlina, Ina
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.925 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa dalam materi kimia unsur dan sekolah melalui penelitian dengan menggunakan metode eksperimen dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) kelas XII IPA1 SMA Negeri 2 Cibinong.Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus, terdiri empat tahap yaitu rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, pengumpulan data/instrumen, dan refleksi. Data diperoleh dari hasil tes siswa. Nilai ketuntasan kelas pada siklus 2 yaitu nilai peserta didik dibawah KKM ada 2 orang (4,9%), nilai peserta didik diatas KKM ada 39 orang (95,1%), terlihat adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 53,2 menjadi 75,2 dan dari 75,2 menjadi 88,8. Penggunaan metode eksperimen dan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas, serta prestasi belajar peserta didik kelas 12 IPA 1 SMA Negeri 2 Cibinong dengan materi tentang Kimia Unsur pada mata pelajaran kimia.   This study aims to improve learning outcomes and student activities in elemental chemistry materials and schools through research using cooperative learning methods of Tournament Team Types (TGT) class XII IPA 1 SMA Negeri 2 Cibinong. The research was conducted in 2 cycles, consisting of four stages: plan, action implementation, observation, data / instrument settlement, and reflection. Data result of student test result. The value of class completeness in cycle 2 is the value of students under the KKM there are 2 people (4.9%), the value of learners above the KKM there are 39 people (95.1%), seen an increase in learning outcomes from pre cycle to cycle I and from cycle I to cycle II ie from 53.2 to 75.2 and from 75.2 to 88.8. Match Team Team (TGT) can improve learning outcomes and activities, as well as learning achievement of 12th graders IPA 1 SMA Negeri 2 Cibinong with material about Chemistry Elements on chemistry subjects.
PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN BAHASA INGGRIS SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN BOGOR Noeringtyas, Dijah
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (195.134 KB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai penulis dalam penelitian untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMA di Kabupaten Bogor.Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel terdiri dari60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Kebiasaan Membaca (X1) dan Penguasaan Kosa Kata (X2) secara bersama-sama terhadap Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa (Y).persamaan garis regresi yang merepresentasikan pengaruh variabel X1 dan X2 terdahap variabel Y, yaitu =99,051 + 0,169X1 + 0,518X2.Dari hasil pengujian korelasi maupun pengujian regresi tersebut maka bisa disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan variabel bebas Pengaruh Kebiasaan Membaca (X1) dan Penguasaan Kosa Kata (X2) secara bersama-sama terhadapvariabel terikat Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Siswa (Y).   Objectives to be achieved authors in research to determine and analyze the influence of reading habits and mastery of vocabulary on the ability to understand English reading high school students in Bogor district. The research method used is survey. The sample consists of 60 students. The results showed that there is a significant influence of the independent variable of Influence of Reading Habit (X1) and Vocabulary Mastery (X2) simultaneously to Understanding English Student Reading (Y). equation of regression line representing variable X1 and X2 is variable Y, ie = 99,051 + 0,169 X1 + 0,518 X2. From the result of the test or regression test, it can be concluded that there is a significant influence of the independent variable of Influence of Reading Habit (X1) and Vocabulary Masterhip (X2) together to the dependent variable of Understanding English Language Reading Student (Y).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MEMPROSES LAPORANKEUANGAN PERUSAHAAN JASA DAN DAGANG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SMK NEGERI 18 JAKARTA Martutik, Martutik
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (183.236 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta semester genap tahun pelajaran 2016/2017pelajaran akuntansi perusahaan jasa dan dagangkhususnya kompetensi dasar memproses laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang. Jenis penelitian iniyaitu penelitian deskripsi dengan pendekatan action research.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas  X Akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta.Hasil analisis deskripsi mengungkapkan, bahwa pada Siklus I, rata-rata  hasil belajar  75,29 dengan persentase ketuntasan 62 %, dan pada siklus II, rata-rata hasil belajar mengalami kenaikan menjadi  80,82dengan persentase ketuntasan 88%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa  hasil belajar memproses laporan keuangan perusahaan jasa dan dagang dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada    Siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 18 Jakarta   The purpose of this study to determine whether the model of Problem Based Learning learning can improve student learning outcomes of class X accounting 1 SMK Negeri 18 Jakarta even semester academic year 2016/2017 lessons accounting service and trading companies, especially basic competencies to process financial reports service and trading companies. This research type is research description with action research approach. The subjects of this study are the students of class X Accounting 1 SMK Negeri 18 Jakarta. The results of the description analysis revealed that in the first cycle, the average learning outcome was 75.29 with the percentage of completeness of 62%, and on the second cycle, the average learning outcome increased to 80.82 with the percentage of 88% completeness. Thus it can be concluded that the results of learning to process the financial statements of service and trading companies can be improved by using the model of Problem Based Learning learning on Student X Accounting Class 1 SMK Negeri 18 Jakarta
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI DI KABUPATEN BOGOR Nurhayati, Neneng
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.717 KB)

Abstract

terhadap hasil belajar matematika siswa.   The purpose of this study to determine the influence of learning media and learning approaches to mathematics learning outcomes. The research was done by experimental method. Large sample of 60 students, with sampling technique used is cluster sampling. Data analysis using analysis of variance (ANOVA) two lane / direction. The results of hypothesis testing obtained conclusion as follows: (1) There is a significant effect of learning media on student learning outcomes of mathematics (2) There is a significant effect of learning approaches to student learning outcomes mathematics. (3) There is a significant interaction effect between using instructional media with learning approach to student learning result of mathematics
UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG MELALUI METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DI KELAS XI IPS-2 SMAN 1 CIAMPEA-BOGOR Sukma Peni, Trisnani Eka
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.268 KB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa jepang melalui metode total physical response.Penelitin ini menggunakan PenelitianTindakan Kelas  pada kelas XI IPS-2 SMAN 1 Ciampe – Bogor. Penelitian  ini dilakukan selama 3x Siklus.Hasil dari penelitian ini  menunjukkan  bahwa penggunaan metode “TPR” dapat menarik minat siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS-2 SMAN 1 Ciampea – Bogor. Terbukti dari prosentase kenaikan hasil belajar siklus 2 terhadap siklus 1 sebesar  13,83%  dan siklus 3 terhadap siklus 2 sebesar 16,21%. Hasil akhirnya adalah sebanyak 97,50% siswa mendapat nilai ≥70 dan hanya 1 orang siswa yang nilainya di bawah KKM.Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode “TPR” terbukti mampu meningkatkan minat belajar, menyenangkan, meningkatkan hasil belajar  siswa, cocok untuk pembelajaran Bahasa Jepang atau Bahasa Asing pada umumnya pada tingkat dasar.Para pengajar Bahasa Jepang diharapkan dapat menggunakan metode “TPR” untuk pembelajaran tentang kata kerja.   This study aims to improve student learning outcomes in Japanese subjects through the method of total physical response. This research uses Classroom Action Research in class XI IPS-2 SMAN 1 Ciampe - Bogor. This research was conducted for 3x Cycle. The results of this study indicate that the use of "TPR" method can attract student interest and can improve student learning outcomes of class XI IPS-2 SMAN 1 Ciampea - Bogor. Evident from the percentage increase in learning outcomes cycle 2 to cycle 1 of 13.83% and cycle 3 to cycle 2 of 16.21%. The end result is as much as 97.50% of students get the value of ≥70 and only 1 student whose value is below the KKM. The conclusion of this research is that the "TPR" method proved able to increase interest in learning, fun, improve student learning outcomes, suitable for learning Japanese Language or Foreign Language in general at the basic level. Japanese teachers are expected to use the "TPR" method for learning about verbs
PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE NHT RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XII.1 SMAN 1 CIGOMBONG Nati, Nati
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (165.944 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ,dilaksanakan secara kolaboratif dan bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam pengusaan materi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang direncanakan, dan merupakan tolak ukur keefektifan kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga guru dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan proses pembelajaran.Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII.IPA.1 SMA Negeri 1 Cigombong pada bulan Agustus-September tahun ajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian, terdapat 40 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki, dan 22 siswa perempuan dengan karakteristik individu yang beragam.Nilai hasil belajar matematika siswa kelas XII.IPA.1 sebelum dilakukan penerapan pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) Reciprocal adalah sebesar 60,77 .Setelah dilakukan tidakan pada siklus I nilai rata-rata matematika  siswa mencapai 67,1 dan pada siklus II mencapai 74,4, sedangkan antusias siswa mengalami peningkatan, pada siklus I tindakan I mencapai 56,41 % dan pada tindakan 2 meningkat menjadi 71,39%. Pada siklus II, antusias siswa lebih meningkat, yaitu pada tindakan 1 mencapai 77,78% dan pada tindakan 2  mencapai 86,11%.Berdasarkan hasil yang dicapai, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran Kooperatif  tipe NHT (Numbered Head Together) Reciprocal dapat meningkatkan hasil belajar siswa   This research is a class action research, carried out collaboratively and aims to know the success of students in material pengusaan in accordance with planned learning objectives, and is a benchmark of the effectiveness of learning activities in improving student learning outcomes, so that teachers can know the advantages and disadvantages of the learning process . This research was conducted in class XII.IPA.1 SMA Negeri 1 Cigombong in August-September academic year 2014/2015. The sample in the study, there are 40 students consisting of 18 male students, and 22 female students with diverse individual characteristics. The value of mathematics learning outcomes of students of class XII.IPA.1 before the implementation of cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) Reciprocal is equal to 60.77. After done the action on cycle I the average score of mathematics students reached 67.1 and on cycle II reached 74.4, while the student enthusiasm increased, in the first cycle action I reached 56.41% and in action 2 increased to 71.39%. In cycle II, students' enthusiasm is more increased, that is in action 1 reach 77,78% and in action 2 reach 86,11%. Based on the results achieved, it can be concluded that the application of cooperative learning type NHT (Numbered Head Together) Reciprocal can improve student learning outcomes.
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN JENIS PROGRAM STUDI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI BACAAN BAHASA INGGRIS PADA SMK SWASTA DI KABUPATEN BOGOR Okmawidya, Okmawidya
Jurnal Gemaedu Vol 2 No 3 (2017): Daftar Isi
Publisher : Gema Widyakarya bekerjasama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.52 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk: 1) Pengaruh teknik pembelajaran  terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa. 2) Pengaruh  jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa. 3) Pengaruh interaktif teknik pembelajaran dan jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah  eksperimen. Populasi adalah kelas XI SMK Swasta di Kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan analysis of varians (ANOVA) dua arah dan Uji Tukey. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan teknik pembelajaran terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 19,604. (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan jenis program studi terhadap kemampuan memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,990> 0,05 dan Fhitung = 0,000.(3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikanteknik pembelajaran dan jenis program studi terhadap kemampuan  memahami bacaan bahasa Inggris siswa SMK swasta di kabupaten Bogor, hal ini dibuktikan dengan nilai sig. 0,011< 0,05 dan Fhitung=6,719.   The study aims to: 1) The influence of learning techniques on the ability to understand English reading students. 2) Influence of study program type to students' reading comprehension skill. 3) The interactive influence of learning techniques and the types of courses on the ability to understand English reading of students. The research method used is experiment. The population is class XI SMK Swasta in Bogor Regency. Data analysis used two way analysis of variance (ANOVA) and Tukey Test. Hypothesis test results obtained conclusion as follows: (1) There is a significant influence of learning techniques on the ability to understand English reading of private SMK students in Bogor district, this is evidenced by the value of sig. 0,000 <0,05 and Fcount = 19,604. (2) There is an insignificant influence of study program type on the ability to understand English reading of private vocational students in Bogor district, as evidenced by the sig value. 0,990> 0,05 and Fhitung = 0,000. (3) There is significant interactive influence of learning technique and study program type on ability to comprehend English reading of private SMK students in Bogor district, this is proved by sig value. 0.011 <0.05 and Fcount = 6.719

Page 1 of 1 | Total Record : 7