cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
saintifikjurnal@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
ISSN : 24074098     EISSN : 26228904     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannnya.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018" : 10 Documents clear
Meningkatkan Peringkat Berfikir Geometri Siswa SMP di Parepare Berdasarkan Teori Van Hiele Zainal, Zaid
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.144

Abstract

Kesulitan pembelajaran geometri siswa biasanya dapat dijelaskan melalui model pembelajaran geometri model van Hiele yang menghubungkan kesulitan ini dengan tahap perkembangan pengetahuan dan Pemahaman konsep geometri yang tidak berdasrkant urutan tertentu. Penelitian ini dilaksanakan adalah untuk mendesain dan membuat satu alat pembelajaran yang disebut Video Pembelajaran Geometri, disingkat VPG untuk membantu Siswa SMP di Kota Parepare meningkatkan peringkat berfikir geometri van Hiele dari suatu peringkat ke peringkat selanjutnya meliputi semua materi geometri yang telah disiswai.VPG dibuat berdasarkan model pembelajaran van Hiele dan proses visualisasi melalui penggunaan sumber teknologi dibidang pendidikan yang tersedia pada tempat penelitian. Keberhasilan VPG dalam membantu siswa meningkatkan peringkat berfikir geometri akan diteliti menggunakan analisis komparatif terhadap skor tes pra dan pos yang diukur menggunakan tes geometry van Hiele yang diadopsi dari soal standar yang telah digunakan sebelumnya oleh Usiskin (1984) untuk mengukur peringkat berfikir geometri siswa sekolah menengah.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa meningkat peringkat berfikirnya setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan VPG.Alat ini bisa menjadi bahan ajar alternatif untuk mengatasi kesulitan belajar geometri utamanya siswa SMP kelas 3 .Kata kunci: Teori van Hiele, Peringkar berfikir geometri,Video pembelajaran geometri
Analisis Kuantitatif Anomali Gravitasi Metode Least Square pada Terapan Mata Kuliah Analisa Numerik Hamzah, Hardi; Mutmainnah, Mutmainnah
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.140

Abstract

Salah satu teknik eksplorasi dalam mencari material bawah permukaan adalah metode graviti. Metode ini melakukan pengukuran data anomali gravitasi di atas permukaan dan data tersebut diolah atau dianalisis sedemikian rupa sehingga memberikan informasi penyebab anomali gravitasi yang terukur dipermukaan. Fokus dalam penelitian ini adalah bagian analisis data lapangan menggunakan pemodelan dan inversi metode least square. Peneliti sebagai dosen pengampuh mata kuliah Analisa dengan latar belakang bidang keahlian fisika bumi dan sistem kompleks mengintegrasikan mata kuliah ini dengan gejalah-gejalah fisis yang terukur dipermukaan akibat kehadiran anomali di bawah permukaan. Metode inversi least square dapat digunakan pada menentukan parameter model bola penyebab anomali gravitasi. Parameter model bola yang berhasil diinversi meliputi massa jenis bola, jari-jari, dan kedalaman, Pemberian noise pada data sintetik tidak memberikan pengaruh yang signifikan pada hasil inversi jadi program yang dibuat telah berhasil dan dapat digunakan pada data lapangan.Kata kunci : Anomali gravitasi, pemodelan, metode inversi least square.
Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene Fatmawati, Fanny; Murtafiah, Murtafiah
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.145

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian deskript yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam pokok bahasan program linear pada peserta didik yang meliputi: (1) kemampuan memahami masalah, (2) kemampuan merencanakan penyelesaian masalah, (3) kemampuan menyelesaikan masalah sesuai rencana, dan (4) kemampuan pengecekan kembali. Subjek dalam penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas XI MIA1 SMA Negeri 1 Majene tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah serta pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan,diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XI MIA1 SMA Negeri 1 Majene berada pada kategori sedang, dengan kemampuan memahami masalah berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 59.3%, kemampuan merencanakan penyelesaian masalah berada pada kategori tinggi yaitu sebesar 44.5%, kemampuan menyelesaikan masalah sesuai rencana berada pada kategori sedang yaitu sebesar 29.6%, kemampuan pengecekan kembali berada pada kategori sangat rendah yaitu sebesar 33.3%. (2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik tingkat kemampuan tinggi cenderung mampu menggunakan syarat setiap indikator kemampuan pemecahan masalah dengan tepat untuk menyelesaikan semua jenis soal. (3) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik tingkat kemampuan sedang masih mengalami kesulitan menggunakan setiap indikator kemampuan pemecahan masalah untuk menyelesaikan soal. (4) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik tingkat kemampuan rendah cenderung tidak dapat menggunakan semua indikator kemampuan pemecahan masalah dengan tepat.Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Program Linear.
Struktur Vegetasi Mangrove dan Fekunditas di Desa Terapungmawasangka Sulawesi Tenggara Kaliu, Sutriani
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.141

Abstract

Rhizophora mucronata Lamk. banyak digunakan untuk rehabilitasi kawasan mangrove karena buahnya yang mudah diperoleh, disemai dan dapat tumbuh pada daerah genangan pasang tinggi maupun rendah. Penelitian dilaksanakan di Sungai Marobo Desa Terapung, Mawasangka, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Pengamatan dilakukan pada daerah hilir menuju hulu sungai. Masing-masing zona dibuat baseline 100m, jarak antarasub transek 25m. Pengamatan vegetasi (metode point centered quarter method), fekunditas (menghitung jumlah buah sampai propagul matang setiap pohonnya)dan pengukuran fisiko kimia lingkungan. Analisis perbandingan fekunditas antara kedua zona dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ditemukan 4 spesies yaitu Bruguiera gymnoriza (L.) Lamk. Bruguiera sexangula (Lour). Poir. Rhizophora muccronata Lamk. dan Xylocarpus granatum Keon. Analisis struktur vegetasi menunjukan bahwa B. gymnoriza (L.) Lamk. pada tegakan pohon, sapling dan semai lebih dominan 81,78%; 82,46% dan 87,29% di zona 1. Zona 2 lebih dominan spesies Rhizophora muccronata Lamk.pohon 29,10%, sapling dan semai spesies B. gymnoriza (L.) Lamk. 53,83%; 64,33%. Nilai penting tertinggi terdapat pada spesies B. gymnoriza (L.) Lamk. pada strata pohon, sapling dan semai dengan nilai 329,5%; 305,99% dan 253,43%. Berdasarkan uji t, terdapat perbedaan signifikan persentase jumlah buah dan propagul di zona 1 dan 2 dengan nilai p<0,05.Kata Kunci: struktur, fekunditas dan Rhizophora mucronata Lamk.
Kontribusi Kesadaran Metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat Masrura, Sitti Inaya; Murtafiah, Murtafiah
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.146

Abstract

Penelitian ini adalah Peneitian ekspost-Facto yang bersifat kausalitas, bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika terhadap Prestasi akademik mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FMIPA Universitas Sulawesi Barat Angkatan 2016 dengan sampel sebanyak 172 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket kesadaran metakognisi dan angket motivasi belajar matematika, sedangkan data prestasi akademik adalah data sekunder. Analisis Regresi Linier Berganda digunakan dalam Penelitian ini. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika berpengaruh signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa; dengan persamaan regresi Y = 0.355+0.026X1+ 0.005 X2; Kontribusi Kesadaran metakognisi dan Motivasi Belajar Matematika terhadap prestasi akademik mahasiswa sebesar 77.6 % dan sisanya 22,4 % dipengaruhi oleh variabel lain.Kata kunci: Kesadaran Metakognisi, Motivasi, Prestasi Akademik
Pengaruh Ekstrak Etanol Terhadap Peningkatan Konsentrasi Hemoglobin dan Nilai Hematokrit Ikan Kerapu Tikus Saparuddin, Saparuddin
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.142

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan ekstrak daun M. tanarius yang dicampur dengan pakan ikan komersil yang menginaktifkan VNN yang diukur berdasarkan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit ikan kerapu tikus (Cromileptes altivelis). Dalam penelitian ini digunakan Desain Rancangan Acak Kelompok. Dua puluh lima ekor ikan kerapu tikus yang terinfeksi VNN dengan berat badan rata-rata 824,4 ¬+ 156,23 g dibagi dalam 5 kelompok keramba jaring apung, masing-masing kelompok berisi 5 ekor ikan. Perlakuan 1, 2, 3 dan 4 masing-masing diberikan ekstrak daun M. tanarius dicampur dengan pakan ikan komersil berturut-turut 2 g, 3 g, 4 g, 5 g dan ikan kontrol hanya diberikan pakan ikan komersil. Masing-masing ikan dari semua kelompok diambil darahnya melalui vena caudalis. Hasil penelitian antara ikan perlakuan dan kontrol menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun M. tanarius efektif secara signifikan menaikkan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit serta memberikan perbedaan yang signifikan dengan kelompok kontrol. Jumlah kadar hemoglobin tertinggi diperoleh pada perlakuan ke-3 (11,96 gr%), sedangkan nilai hematokrit tertinggi pada perlakuan ke-3 (38,12%). Dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol daun M. tanarius melalui pemberian pakan dapat menginaktivasi VNN pada ikan kerapu tikus ditandai dengan meningkatkan kadar hemoglobin dan nilai hematokrit ikan kerapu tikus.Kata kunci : Ikan kerapu tikus, kadar hemoglobin, nilai hematokrit, M. tanarius dan VNN
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 3 Majene Rahman, Miftahul; Mahmud, Nurfadilah
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.147

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experimental) yangbertujuan untuk mengetahui Apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan mediaPowerPoint terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 3 Majenetahun ajaran 2016/2017. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh yangsignifikan antara media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas X SMA Negeri 3 Majene tahun ajaran 2016/ 2017. Sampel penelitian initerbagi atas dua yaitu kelas X IPS1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik25 orang dan kelas X IPS2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 26 orang.Pengukuran hasil belajar dilakukan dengan memberikan tes hasil belajar dalam bentukuraian. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptifdan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial yang digunakan ada tiga,yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkanbahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaranpowerpoint terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas X SMA Negeri 3Majene tahun ajaran 2016/2017. Hasil analisis data menggunakan uji independensampel t-test diperoleh nilai sig= 0,027 dengan nila  = 0,05 yang menunjukkan bahwanilai ( sig= 0,027 < nilai  = 0,05 ) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnyakontribusi atau pengaruh penggunaan media pembelajaran PowerPoint terhadap hasilbelajar matematika pada peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Majene adalah 33.3 %.Kata kunci: Media Pembelajaran PowerPoint, dan Hasil Belajar Matematika
Karakterisasi Modul Dedekind yang Dibangun Secara Hingga Melalui Order Modul sirad, La Ode
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.138

Abstract

Misalkan R merupakan gelanggang komutatif dengan unsur satuan dan T merupakan himpunan multiplikatif dari semua unsur regular  R. Gelanggang hasil bagi dari R, yaitu RT^-1, senantiasa dapat dikonstruksi sehingga dapat dilakukan penyisipan R ke dalam RT^-1. Salah satu kaitan antara gelanggang dan modul adalah melalui order modul teta (M) . Order modul dapat dipandang sebagai gelanggang komutatif. Lebih jauh, order modul merupakan subgelanggang dari gelanggang hasil bagi. Gelanggang yang setiap ideal tak-nolnya dapat dibalik disebut gelanggang Dedekind. Konsep ideal yang dapat dibalik diperumum ke dalam teori modul. Pada teori modul, telah dikembangkan konsep submodul yang dapat dibalik. Dengan demikian pengertian modul Dedekind dapat dibangun. Pada pengkajian keterkaitan antara struktur dari M suatu modul-R dengan modul-teta (M) , ditemukan bahwa sifat-sifat pada modul-R juga mempengaruhi sifat-sifat pada modul- teta (M). Modul-teta(M)merupakan modul Dedekind, order modul merupakan gelanggang Dedekind dan order modul adalah tertutup secara integral jika M merupakan modul-R Dedekind yang dibangun secara hingga. Hasil utama dalam penelitian ini membahas karakterisasi modul Dedekind yang dibangun secara hingga terkait dengan sifat order modul.Kata kunci: modul Dedekind, order modul, submodul yang dapat dibalik.
Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XI IPA SMAN 1 Tinambung Damayanti, Mesra; Jirana, Jirana
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.143

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung pada materi pokok hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah peserta didik 144. Penentuan sampel menggunakan random dan terpilih kelas XI IPA3 dan XI IPA2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu menggunakan desain faktorial 2 x 3 dengan tekhnik pengumpulan data melalui kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan Two Way Anova dengan tingkat kesalahan 5% (α = 0,05). Hasil analisis statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran inquiri lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hasil analisis statistik inferensial menujukkan bahwa (a) Model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tinambung; (b) Minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA negeri Tinambung; (c) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA negeri 1 Tinambung.Kata Kunci : Model Pembelajaran, Minat, Hasil Belajar
Bilangan Terhubung-Total Pelangi untuk Beberapa Graf Amalgamasi Arbain, Arbain
Jurnal Saintifik Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018
Publisher : Fakultas MIPA UNSULBAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/saintifik.v4i1.148

Abstract

Semua graf yang dikaji pada tesis ini adalah graf hingga, sederhana, dan takber arah. Misalkan G=(V(G),E(G))adalah graf terhubung tak trivial. Fungsi c : V(G) U E(G) {1, 2, . . . , k} untuk suatu k elemen N dikatakan pewarnaan-k-total pelangi pada G, jika untuk setiap dua titik x dan y di "!( di V(G) terdapat lintasan x-y dengan setiap sisi dan titik dalam pada lintasan tersebut memperoleh warna berbeda. Lintasan yang seperti itu dinamakan lintasan-total pelangi. Graf G  disebut terhubung totalpelangi jika untuk setiap dua titik x dan y di V(G) terdapat lintasan-total pelang x-y. Bilangan terhubung-total pelangi dinotasikan dengan trc (G), didefinisikan sebagai banyak warna minimal yang dibutuhkan untuk membuat graf G bersifat terhubung-total pelangi. Misalkan t adalah bilangan asli dengan t > sama dengan 2. Misalkan { Gi|i elemen[1, t]} adalah koleksi berhingga graf terhubung tak trivial dan setiap  Gi mempunyai titik tetap Voir Graf amalgamasi  Gi dinotasikan dengan Amal( Gi, Voi, t) adalah graf yang dibentuk dengan merekatkan semua graf  Gi pada titik Voi. Titik Voi disebut sebagai titik terminal. Dalam tesis ini ditentukan batas bawah dan batas atas bilangan terhubung-total pelangi untuk graf amalgamasi. Selanjutnya ditentukan bilangan terhubung-total pelangi graf amalgamasi tertentu, yakni graf pohon dan lengkap.Kata kunci: graf amalgamasi, terhubung-total pelangi.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 9 No 2 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 8 No 2 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 8 No 1 (2022): Saintifik: Jurnal matematika, sains, dan pembelajarannya. Vol 7 No 2 (2021): Saintifik Vol 7 No 1 (2021): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 2 (2020): Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2020): Jurnal Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 5, No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 1 (2019): Volume 5 Nomor 1 Vol 5 No 2 (2019): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya Vol 4 No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4, No 2 (2018): volume 4 nomor 2 juli 2018 Vol 4 No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 4, No 1 (2018): VOLUME 4 NOMOR 1 JANUARI 2018 Vol 1 No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1 No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 Vol 3, No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 2 (2017): VOLUME 3 NOMOR 2 JULI 2017 Vol 3 No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 3, No 1 (2017): VOLUME 3 NOMOR 1 JANUARI 2017 Vol 2 No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 2, No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2 No 2 (2016): VOLUME 2 NOMOR 2 JULI 2016 Vol 2, No 1 (2016): VOLUME 2 NOMOR 1 JANUARI 2016 Vol 1, No 2 (2015): VOLUME 1 NOMOR 2 JULI 2015 Vol 1, No 1 (2015): VOLUME 1 JANUARI 2015 More Issue