cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Published by Universitas Asahan
ISSN : 20871783     EISSN : 25805320     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2020): September 2020" : 13 Documents clear
STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Rani Febriyanni
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1348

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperaif tipe NHT (Numbered Head Together) pada materi ajar Prisma dan Limas dikelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Objek penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran kooperaif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ajar Prisma dan Limas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII Pondok Pesantren As-Salam Serapuh  Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 32 orang siswa.Berdasarkan tes hasil belajar I, diperoleh nilai rata-rata kelas 67,81% dengan 14 siswa (43,75%) mencapai ketuntasan belajar dan 18 siswa (56,25%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat persentase klasikal belum mencapai > 85% maka siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Untuk memperbaiki pelaksanaan siklus I dilaksanakan tindakan siklus II. Pada tes hasil belajar II nilai rata-rata siswa 77,81% dengan 28 siswa (87,5%) mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 siswa (12,5%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan melihat persentase klasikal telah mencapai > 85% maka kelas ini dapat dinyatakan tuntas secara klasikal.Berdasarkan analisis uji t pada tes hasil belajar I (= 67,81) dan tes hasil belajar II (= 77,81) diperoleh , terlihat adanya perbedaan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I dan siklus II atau terjadi peningkatan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 10. Melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Kata Kunci : Strategi Pembelajaran Kooperaif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Hasil Belajar Siswa
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA Sri Astuti; Suwarno Ariswoyo; Madyunus Salayan
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1404

Abstract

AbstractThe purpose of this study is to describe the development (validity) of learning tools developed using a problem solving approach to straight line equation material in class VII MTs Ar-Rasyid Kisaran 2018/2019 academic year. The subjects in this study were all students of MTs Ar-Rasyid Kisaran consisting of two classes, namely VIII A and VIII B, each of 30 students. The data collection techniques were expert validation questionnaires, problem solving tests and teacher/student response questionnaires and data analysis techniques using descriptive testing. The results of the study were: (1) the evaluation of the development expert validator (validity) of the learning tools developed using a problem solving approach to the straight line equations material worthy of use without revision; (2) there is an increase in students' mathematical problem solving abilities by using learning tools developed in a problem solving approach; (3) the learning tools developed using a problem solving approach to straight line equation material in class VII MTs ar-Rasyid Kisaran 2018/2019 academic year are effectively used in the learning process.Keywords: Teaching Materials, Problem Solving, Problem Solving AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan (validitas) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus di kelas VII MTs Ar-Rasyid Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Ar-Rasyid Kisaran  yang terdiri dari dua kelas yaitu VIII A dan VIII B masing-masing sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data adalah angket validasi ahli, tes uji pemecahan masalah dan angket respon guru/peserta didik dan teknik analisa data dengan pengujian deskriptif. Hasil penelitian diperoleh: (1) penilaian validator ahli pengembangan (validitas) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus layak digunakan tanpa ada revisi; (2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan pada pendekatan problem solving; (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan problem solving pada materi persamaan garis lurus di kelas VII MTs ar-Rasyid Kisaran Tahun Pelajaran 2018/2019 efektif digunakan dalam proses pembelajaran.Kata kunci: Bahan Ajar, Problem Solving, Pemecahan Masalah
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA MENGGUNAKAN VIDEO PEMBELAJARAN SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) Putri Maisyarah Ammy
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1354

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the existence of motivation to learn and how much motivation to learn students use video learning when doing Distance Learning. This research was conducted in the Mathematics Education Study Program of UIPU FKIP in the 4A morning and 6A afternoon students, amounting to approximately 110 students through WhatsApp. The research method used in this study is qualitative research, namely descriptive analysis. Where in the collection of data used open questionnaires given to students, student interviews that make learning videos, and student observations when learning takes place. Based on the results of questionnaires, interviews, and observations that have been conducted by researchers that by using video learning material presented shows 90% of students have high motivation to learn in learning, and by using video learning also data becomes an alternative for students to learn and understand well. Keywords: Far-Long Learning, Learning Videos, and Learning MotivationABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya motivasi belajar dan seberapa besar motivasi belajar siswa menggunakan video pembelajaran saat melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini dilaksanakan di Prodi Pendidikan Matematika FKIP UMSU pada mahasiswa kelas 4A pagi dan 6A siang yang berjumlah lebih kurang berjumlah 110 orang mahasiswa melalui WhatsApp. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu analisis deksriptif. Di mana dalam pengumpulan datanya digunakan angket terbuka yang diberikan kepada mahasiswa, wawancara mahasiswa yang membuat video pembelajaran, dan observasi mahasiswa saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil angket, wawancara, dan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti bahwa dengan menggunakan video pembelajaran materi yang disampaikan menunjukkan 90% mahasiswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam belajar, dan dengan menggunakan video pembelajaran juga data menjadi alternatif untuk mahasiswa dapat belajar dan memahami dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran Jrak Jauh, Video Pembelajaran, dan Motivasi Belajar
Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Stad Berbantuan Sofwareautograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Laili Habibah Pasaribu; Irma Yanti; Nurlina Ariani Hrp; Indah Fitria Rahma
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)Apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa pada masing-masing pembelajaran (2)Apakah terdapat peningkatan kemampuan komunikasi siswapada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh SMP/MTs yang berakreditasi A di kota Padangsidimpuan.Secara acak dipilih dua sekolah sebagai subjek penelitian yaitu SMPN 1 dan SMP Nurul Ilmi. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pendekatan kooperatif tipe STAD berbantuan software Autograph dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran biasa berbantuan software Autograph. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi dinyatakan telah memenuhi syarat validatas dan reliabilitas sebesar 0,73.Temuan penelitian menunjukkan bahwa:(1) Nilai thitung = 10.1 > ttabel = 2.019 artinya terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematika siswa pada masing-masing pembelajaran (2) Nilai Sig N_gain kemampuan komunikasi =0.006< 0.05 maka terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada masing-masing pembelajaran, (3) Proses penyelesaian jawaban siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD yang menggunakan software Autographlebih bervariasi daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran biasa menggunakan software Autograph.
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS VIII MTS NURUL HAKIM Hizmi Wardani
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1333

Abstract

Research is aimed to know the influence of the scientific learning approach to the character unification of students character. This research was conducted at MTs Nurul Hakim. This type of associative research, the dependent variable is the character of students, the independent variable is the scientific learning approach. The research instrument was a student character questionnaire and a scientific learning approach questionnaire. Data analysis technique is descriptive analysis, simple regression analysis. The results obtained by description of the average score is 26.35 with a standard deviation of 1.3485. Hypothesis testing results obtained Fcount ≥ Ftable or 6.975> 3.59 means that there is an influence of the scientific learning approach to the formation of student characters, while the results of the regression analysis are each additional 1% level of the scientific approach (X) then the character of students (Y1) will increase by 0.303 with the consistent value of student characters is 19.796 so the regression equation is Y = 19.796 + 0.303 X
PERSEPSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA TENTANG PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA LEARN FROM HOME (LFH) PANDEMIC COVID-19 Anim Anim; mapilindo mapilindo
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1449

Abstract

Tujuan dari penenlitian Analisis deskriptif pada penelitian ini yaitu untuk mengkaji persepsi mahasiswa Pendidikan Matematika mengenai pembelajaran daring terkait pemanfaatan Aplikasi yang digunakan, kelebihan dan kekurangan serta respon tertentu yang digemari mahasiswa untuk membantu mereka menghasilkan output yang lebih baik dari kegiatan belajar mengajar secara daring selama masa covid-19.populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi (prodi) pendidikan matematika semester genap, dan sampel yang daiambil sebanyak 58 mahasiswa pada prodi pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data yaitu dengan angket melalui Googleform serta wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari sampel yang diukur mahasiswa lebih banyak menggunakan pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp sebanyak 49 responden dan menggunakan google classroom sebanyak 35 responden dan pada aplikasi lainnya sebanyak 12 responden 4 responden pada zoom dan 3 responden pada google meet. Dengan respon mahasiswa pada pernyataan “Pembelajaran daring membuat proses perkuliahan lebih terorganisir” menunjukkan bahwa yang menyatakan tidak setuju sebnyak 48% dan yang menyatakan “Cukup setuju” sebnyak 36%,dll. dengan temuan saran dari beberapa mahasiswa yang menyatakan perlunya dilakukan evalusi bersama baik dosen atau mahasiswa dalam memilih aplikasi dan memanfaatkannya sebagai sarana pembelajaran. Kata Kunci:   persepsi mahasiswa, aplikasi,  pendidikan matematika
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM, GAME, TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Dina Aulia
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1360

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan model pembelajaran Team, Game, Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar matematika siswa (2) Mengetahui keefektifan model pembelajaran Team, Game, Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian adalah Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan satu macam perlakuan yaitu model pembelajaran  Team, Games, Tournament (TGT). Desain ini melibatkan satu kelompok yang diberi pretest, diberi treatment dan diberi posttest. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik Purposive Sampling yaitu dengan cara sampel bertujuan berdasarkan saran dari guru mata pelajaran, agar fokus pada subjek yang ingin diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TBSM A SMK Negeri 10 Muaro Jambi yang berjumlah 21 siswa. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa dan motivasi belajar siswa. Instrumen dalam penelitian ini meliputi lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (Keterlaksanaan RPP), lembar angket motivasi dan Lembar tes hasil belajar. Perolehan uji hipotesis uji Paired Samples Tes Hasil belajar berdasarkan nilai signifikan yaitu 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara Pretest dan Posttest dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TGT efektif terhadap hasil belajar. Perolehan uji hipotesis uji Paired Samples Tes Motivasi belajar berdasarkan nilai signifikan 0,000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan rata-rata angket motivasi belajar awal sebelum dilakukan model pembelajaran TGT dan angket motivasi akhir setelah dilakukan model permbelajaran TGT efektif terhadap motivasi belajar matematika siswa.     Kata kunci:  Model Pembelajaran TGT,  Motivasi, Hasil Belajar
Literasi Matematika dalam Pengembangan LKM Berbasis HOTS Menggunakan Model PBL Melalui Daring Anita Hutagaol
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1349

Abstract

AbstractThis research is a research development that aims to obtain validity, practicality, and effectiveness of Student Worksheets based on HOTS through online during on flat material and space, as an effort to describe students' mathematical literacy abilities. The development model used was the 4D model (Define, Design, Develop, and Disseminate). The research method, namely the descriptive method and design used during the implementation of Student Worksheets based on HOTS, refers to the stage of Classroom Action Research (CAR). The results of the Student Worksheets based on HOTS research that was developed show that: 1) validity is in very good criteria with an average score of 3.52 obtained from media and material experts; 2) practicality, obtained based on the results of interviews stating that the Student Worksheets based on HOTS is easy to use and the language is easy to understand; and 3) effectiveness, obtained through the ability of lecturers to manage to learn quite well with an average score of 3.6. Achieving the ideal percentage of time for student activities to meet the tolerance criteria of 5%. Student responses conducted through questionnaires after learning were very positive with an average score of 93.86. Student mathematics literacy ability test shows that 71.15% with medium criteria after participating in learning using the Student Worksheets based on HOTS developed. So it can be concluded that Student Worksheets based on HOTS using PBL models online have met the criteria for developing learning tools that are valid, practical and effective and are appropriateKeywords: During, Mathematical Literacy, Problem Based Learning, Student Worksheets based on HOTS AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektipan LKM Berbasis HOTS melalui daring pada materi bangun datar dan ruang, sebagai upaya mendeskripsikan kemampuan literasi matematika mahasiswa. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Difine, Design, Develop, and Disseminate). Adapun metode penelitian yakni metode deskriptif dan rancangan yang digunakan pada saat implementasi LKM berbasis HOTS mengacu kepada tahapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian LKM berbasis HOTS yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) kevalidan berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 3,52 yang diperoleh dari ahli media dan materi; 2) kepraktisan, diperoleh berdasarkan hasil wawancara menyatakan bahwa LKM berbasis HOTS mudah digunakan dan bahasanya mudah dimengerti; dan 3) keefektivan, diperoleh melalui kemampuan dosen mengelola pembelajaran cukup baik dengan rata-rata skor 3,6. Pencapaian persentase waktu ideal aktivitas mahasiswa memenuhi kriteria toleransi 5%. Respon mahasiswa yang dilakukan melalui pengisian angket setelah pembelajaran sangat positif dengan rata-rata skor 93,86. Tes kemampuan literasi matematika mahasiswa menunjukkan bahwa 71,15% dengan kriteria sedang setelah mengikuti pembelajaran menggunakan LKM berbasis HOTS yang dikembangkan. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa LKM berbasis HOTS menggunakan model PBL melalui daring telah memenuhi kriteria pengembangan perangkat pembelajaran yaitu valid, praktis dan efektif serta layak digunakan.Kata kunci: Daring, Literasi Matematika, LKM Berbasis HOTS, Problem Based Learning
GESTURE MAHASISWA SELAMA PROSES DISKUSI DALAM MEMPERBAIKI KESALAHAN KONSEP PEMECAHAN MASALAH KALKULUS Nur Qomariyah Nawafilah; Ayu Ismi Hanifah
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1450

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gesture mahasiswa selama proses diskusi dalam memperbaiki kesalahan konsep pemecahan masalah kalkulus serta untuk mengkaji jenis-jenis geture yang mereka digunakan untuk memperbaiki kesalahan konsep tersebut. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh dideskripsikan berdasarkan keadaan yang sebenarnya selanjutnya dilakukan analisis data secara induktif dan dilakukan pencocokan dengan teori yang ada sehingga diperoleh karakteristik variasi gesture yang digunakan mahasiswa dan peranan gesture dalam memperbaiki kesalahan konsep matematika.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa gesture yang digunakan oleh mahasiswa berkemampuan tinggi selama proses diskusi dapat memperbaiki kesalahan konsep pemecahan masalah kalkulus yang dilakukan oleh mahasiswa berkemampuan sedang dan rendah. Jenis-jenis gesture yang digunakan oleh mahasiswa berkemampuan tinggi dalam memperbaiki kesalahan konsep mahasiswa berkemampuan sedang dan rendah selama proses diskusi antara lain adalah: gesture menunjuk, gesture menulis, dan gesture representasional. Ketiga jenis gesture ini dapat membuat mahasiswa yang berkemampuan sedang dan rendah lebih mudah memahami bahasa dan informasi yang disampaikan.
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Nurdalilah Nur Dalilah; Desniarti Desniarti
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 5, No 1 (2020): September 2020
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v5i1.1331

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pendekatan matematika realistik  terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi statistika. Penelitian ini merupakan suatu penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian one group pretest posttest design.  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kls XII SMK Taruna Tekno Nusantara. Sampel penelitian  kelas XII TKJ2. Instrumen yang digunakan adalah tes, selanjutnya data dianalisis dengan uji t (thitung). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh diperoleh thitung = 2,694 > ttabel = 2,03 pada taraf signifikansi  dengan membandingkan antara thitungdan ttabel atau 2,694 > 2,03. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realisitk , Hasil Belajar Matematika

Page 1 of 2 | Total Record : 13