cover
Contact Name
Andy Sapta
Contact Email
saptaandy@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
saptaandy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. asahan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC
Published by Universitas Asahan
ISSN : 20871783     EISSN : 25805320     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Mathematics Paedagogic (JMP) contains about the research result and the study result in the field of matehematics education, pure mathematics, and applied mathematics. This journal has been published since september 2010, but it repackaged the volume in 2015.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023" : 12 Documents clear
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PMRI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Rina Budi Arti; Risna Mira Bella Saragih; Israq Maharani
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3219

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Bagaimana mutu lembar kerja para peserta didik dengan model pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI), (2) Bagaimana hasil pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model PMRI terhadap kemampuan pemecahan masalah yang telah dikembangkan. Model pengembangan 4-D digunakan pada pengembangan lembar kerja peserta didik. Penelitian ini memiliki beberapa tahapan diantaranya define, design, develope dan disseminate. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu para siswa kelas VIII-C SMP AL MANAR. Berdasarkan hasil uji coba I dan II diperoleh hasil: (1) Validitas pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dinyatakan valid, kepraktisan lembar kerja peserta didik berdasarkan model PMRI sudah memenuhi persyaratan praktis jika dilihat dari: (1) Validator menyatakan lembar kerja peserta didik berdasarkan model PMRI yang dikembangkan bisa digunakan dengan sedikit perbaikan; (2) Lembar kerja peserta didik telah terlaksana dengan capaian dikategorikan baik. Lembar kerja para peserta didik berdasarkan model PMRI sudah memenuhi persyaratan efektif. Persyaratan efektif dilihat dari: (1) Capaian belajar siswa dalam bentuk klasikal telah tuntas saat uji coba II; (2) aktivitas siswa sepanjang kegiatan belajar sesuai ketetapan persyaratan toleransi waktu yang ideal; (3) siswa memiliki respon positif terhadap lembar kerja peserta didik dan kegiatan pembelajaran yang dikembangkan. Hasil Pengembangan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan model PMRI terhadap kemampuan menyelesaikan permasalahan dengan materi SPLDV yaitu melalui uji coba I hasil nilai rata-rata 69,05 dan melalui uji coba II hasil nilai rata-rata 72,84.
PENYELESAIAN PERSOALAN OPTIMASI TRANSPORTASI FUZZY MENGGUNAKAN IMPROVED VOGEL APPROXIMATION METHOD Monika Vlorentina Br Tarigan; Muhammad Romi Syahputra
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3128

Abstract

Transportasi adalah bentuk khusus dari program linier yang berfungsi sebagai pemecah permasalahan transportasi yang bertujuan untuk meminimumkan biaya, jarak tempuh, dan lain sebagainya sehingga diperoleh keuntungan yang maksimal. Model transportasi mempunyai beberapa parameter yaitu biaya transportasi, jumlah permintaan, dan penawaran tidak konstan sehingga untuk mengatasi ketidakpastian penawaran dan permintaan maka digunakan bilangan fuzzy sebagai biaya transportasi, jumlah permintaan dan penawaran. Permasalahan transportasi fuzzy merupakan permasalahan transportasi dengan jumlah permintaan, jumlah penawaran dan biaya transportasi dalam keadaan tidak pasti. Permasalahan transportasi fuzzy dapat diselesaikan menggunakan improved vogel approximation method (IVAM), improved vogel approximation method merupakan salah satu variasi dari vogel approximation method yang memberikan solusi lebih optimal. Dalam kegiatan transportasi yang dilakukan Perum Bulog Sub Divre Medan mengeluarkan biaya sebesar Rp823.478.247 pada tahun 2021, dengan menggunakan improved vogel approximation method didapat biaya yang lebih optimal yaitu sebesar Rp670.362.717. Hasil penelitian menunjukan bahwa improved vogel approximation method pada permasalahan optimasi transportasi fuzzy dapat diselesaikan dan menghasilkan solusi yang optimal.
ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI TEORI BELAJAR VAN HIELE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Dedi Kusnadi; Mardyanto Barumbun; Bambang Ahmad Fauzan
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3100

Abstract

Mathematics learning must be facilitated by students' skills in conveying their creative ideas and the teacher's skills needed to provide constructive learning. One of the abilities that can develop students' thinking skills in learning geometry is spatial ability. Mathematical spatial ability pressure in the field of geometry and is important for students to master. The importance of spatial abilities requires students to have good mathematical spatial abilities. Because learning mathematics cannot be separated from geometry, so with good spatial abilities, mathematical abilities will also be good, especially in the field of geometry. The form of an effort to find out students understand geometry material is by using van Hiele's geometric thinking theory so that they are able to overcome students' difficulties in learning geometry. Van Hiele's stages consist of the visualization stage, the analysis stage, the abstraction stage, the deduction stage, and the rigor stage. ). In this study, we wanted to know the spatial abilities of students at the level of visualization (0) and analysis (1) from van Hiele's theory, namely students' initial ability to recognize geometric elements/components.
KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS MATERI KOORDINAT KARTESIUS BERDASARKAN GENDER DI MTs. SWASTA SHOLIHIN Puput Mawarti; Desniarti Desniarti
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3218

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa pada materi Koordinat Kartesius berdasarkan gender siswa. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di MTs Swasta Sholihin Tanjung Morawa tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan data dalam penelitian ini diperoleh dengan memberikan tes kemampuan literasi matematis dan wawancara kepada para partisipan. Hasil pada penelitian menunjukkan rata-rata skor kemampuan literasi siswa laki-laki sebesar (73) dan pada siswa perempuan memiliki rata-rata skor kemampuan literasi sebesar (64). Pada ketercapaian kemampuan literasinya, siswa laki-laki mendapati presentasi sebesar 81% dan pada siswa perempuan presentasinya sebesar 71%. Ini dapat diartikan bahwa siswa kelas VIII-1 tahun ajaran 2022/2023 di MTs Sholihin Tanjung Morawa kemampuan literasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius siswa laki-laki diatas daripada siswa perempuan.Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Koordinat Kartesius, Gender
PERBAIKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGANTAR STATISTIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION Bambang Gulyanto; Dewi Purnama Sari
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3247

Abstract

Penelitian ini berjudul. Perbaikan Pembelajaran Matematika Materi Pengantar Statistik Dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Kelas XII IA5 SMAN 1 Tanjungbalai. Tujuan penelitian adalah Mendeskripsikan upaya perbaikan belajar matematika di Kelas XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. Perbaikan pembelajaran ini menggunakan langkah-langkah PTK sebanyak 2 siklus. Siklus 1 hari Senin tanggal 17 Oktober 2022 dengan langkah-langkah model Realistic Mathematic Education. Pembelajaran siklus 1 sudah baik dibandingkan dengan hasil belajar pada prasiklus, namun masih perlu penyempurnaan dalam pendalaman materi dan menyimpulkan hasil kerja siswa sehingga diperlukan perbaikan pembelajaran untuk siklus 2. Siklus 2 hari Senin tanggal 24 Oktober 2022. Siklus 2 memiliki hasil yang memuaskan dan dapat memperbaiki kekuarangan yang terjadi pada Siklus 1. Dari 32 orang anak didik yang tuntas pada prasiklus sebanyak 12 orang (37,50%), meningkat pada siklus 1 menjadi 24 siswa (75%) dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 32 orang (100%). Perbaikan pembelajaran matematika di XII IA5 SMAN 1 Kota Tanjungbalai. tahun pelajaran 2022/2023 dapat tercapai dengan menggunakan Model Realistic Mathematic Education.
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SISWI KELAS XI PADA TOPIK PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI Nadya Armayani; Putri Zakiah; Sri Devi Wahyuni; Ramadhani Ramadhani
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3171

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah anak didik pada konsep trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas XI IPS MA AL ITTADIYAH di Kota Medan dengan sebanyak 21 anak didik. Data yang di peroleh melalui tes tertulis terhadap siswa. Tes tertulis berupa 4 buah soal yang sudah mendapatkan validasi oleh Dosen Trigonomeri. Wawancara yang diberikan berupa tanya jawab secara langsung kepada siswa-siswi. Data yang di peroleh melalui hasil tes tertulis, yaitu Hasil data yang di analisis menggunakan persentase dari hasil jawaban tes soal siswa. Hasil penelitian menunjukkan yang berkemampuan tinggi sebanyak 50,5% dengan hasil yang sesuai standart jawaban soal, 23,82% siswa dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan karena kurang teliti dan terlalu tergesa-gesa pada saat mengerjakan soal, dan 23,68% siswa dengan kemampuan rendah karena kurangnya pengetahuan siswa terhadap rumus-rumus pada materi trigonometri sehingga siswa kesulitan dalam mengerjakan soal yang di berikan.
ANALISIS SENSITIVITAS KELAYAKAN FINANSIAL PRODUKSI KELAPA SAWIT Nur Aisyah; Esther Sorta Mauli Nababan
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3187

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sensitivitas kelayakan finansial produksi kelapa sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis sesnitivitas kelayakan finansial produksi kelapa sawit.kelapa sawit memiliki umur ekonomis tanaman 25 tahun dengan tingkat bunga 6%. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara finansial produksi kelapa sawit layak untuk dijalankan berdasarkan NPV sebesar Rp 912.282.496.036, IRR sebesar 53%, Net B/C sebesar 36,6245096232 dan PP sebesar 4,83786 atau selama 4 tahun 10 bulan 1 hari. Analisis sensitivitas menunjukkan adanya perubahan produksi, harga jual, biaya tetap dan biaya variabel. Jika terjadi kenaikan dan penurunan produksi, harga jual, biaya tetap dan biaya variabel sebesar 5%, hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi kelapa sawit layak untuk dijalankan.  Kata kunci: analisis sensitivitas, kelapa sawit, kelayakan finansial
PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA Alvira Amalia Ananda; Firmansyah Firmansyah
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3249

Abstract

The purpose of this research is to analyze the effect of the problem based learning model assisted by PowerPoint media on students mathematical problem solving ability. This type of research is a quasi experiment with a posttest-only design. The population in this study was class VIII MTs. LAB IKIP Al-Washliyah Medan. The sampling technique, namely cluster randam sampling, was obtained by two classes, namely class VIII-A with 30 students being the experimental class and class VIII-B with 31 students being the control class. The test applied to obtain data is a test of mathematical problem solving ability in the form of a description. The test is the posstest which is carried out after the treatment is given. The results of the study found that the significance value of the t-test was 0,000 < 0,05. From the results of testing the hypothesis,  is obtained, namely  meaning that H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion obtained  is an effect of the problem based learning model assisted by PowerPoint media on the mathematical problem solving ability of students in MTs. LAB IKIP Al-Washliyah Medan.Keywords: Problem Based Learning, PowerPoint, Mathematical Problem Solving Ability
VALIDASI BUKU AJAR PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TPACK Dhia Octariani; Metrilitna Br Sembiring
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3278

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan buku ajar pengembangan media pembelajaran matematika berbasis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) yang valid agar mampu meningkatkan penguasaaan teknologi, pedagogic, dan materi pembelajaran mahasiswa sebagai calon guru abad 21 yang propesional. Penelitian ini dibatasi dalam tahap pengembangan dan validasi buku ajar oleh para ahli. Hasil validasi para validator menyatakan buku ajar yang dikembangkan cukup valid dan layak digunakan pada tahan implemnatasi dengan skor rata-rata yang didapat 3,6 serta validasi perangkat lain yang dihasilkan seperti RPS dan angket profil TPACK mahasiswa juga dalam katagori valid dan dapat digunakan pada tahap implementasi.Kata kunci: Pengembangan buku ajar, TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge)
MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS WORDWALL MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY Ramadhani Ramadhani; Suci Fitriani Nasution
JURNAL MATHEMATIC PAEDAGOGIC Vol 7, No 2 (2023): Maret 2023
Publisher : Universitas Asahan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36294/jmp.v7i2.3229

Abstract

The assessment that is currently being developed in the world of education is (KLM) or mathematical literacy ability and is measured from (SE) or self-efficacy of students. This study aims to determine whether students' abilities can increase with the model that has been implemented. The researcher used a quasi-experimental design with a "pretest-posttest control group design". All members were used as a population of 84 students from SMA Angkasa 1 Lanud Soewondo Medan with 56 tenth grade students as samples. two Classes were divided into 2 groups, namely experimental and control. The instruments or measuring instruments used are description tests and questionnaires. Samples are taken at random. From the overall results obtained by students in the experimental class in mathematical literacy skills, it was obtained 32% of students who reached a high level, 65% medium levels and 3% achieved low levels. While the results in the control class were 3% of students who achieved high levels, 40% of sedans and 57% of students who achieved low levels. In addition, because learning is accompanied by wordwall applications (learning games), students find learning more enjoyable and eager to repeat it.Keywords: Mathematical Literacy Skills, Self-Efficacy, Blended Learning, Wordwall

Page 1 of 2 | Total Record : 12