cover
Contact Name
Fatkhul Arifin
Contact Email
adpgmiindonesia@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
adpgmiindonesia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
ISSN : 2580086     EISSN : 25802739     DOI : -
Core Subject : Education,
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) se Indonesia. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima karya ilmiah tentang hasil penelitian, survey dan telaah pustaka yang erat kaitannya dengan bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)" : 10 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SD/MI Prasetyo, Sigit
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (418.988 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis android untuk siswa SD/MI, 2) memperoleh media pembelajaran IPA berbasis android yang layak digunakan untuk siswa SD/MI, dan 3) mengetahui respon siswa SD/MI terhadap  media pembelajaran IPA berbasis android.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan adalah lembar angket untuk uji kualitas produk media pembelajaran IPA berbasis android. Penilaian kualitas produk media pembelajaran IPA berbasis android dilakukan oleh reviewer, peer reviewer, guru SD/MI, dan respon siswa kelas VI SD/MI.Hasil penelitian pengembangan ini adalah: 1) telah dikembangkan produk media pembelajaran IPA berbasis android materi perkembangbiakan pada makhluk hidup untuk siswa kelas VI SD/MI, 2) media pembelajaran IPA berbasis android untuk siswa kelas VI SD/MI pada materi perkembangbiakan pada makhluk hidup dengan kelayakan sesuai hasil penilaian reviewer, peer reviewer, dan guru SD/MI, yaitu kategori Sangat Baik (SB) dengan skor 631 dan persentase penilaian 86,85%, dan 3) respon atau tanggapan siswa kelas VI SD/MI terhadap  media pembelajaran IPA berbasis android mempunyai kategori interval antara “Setuju dan Sangat Setuju”, yaitu menghasilkan skor 635 dengan persentase penilaian 88,23%.
PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN PADA ANAK TUNA GRAHITA USIA SD AWAL Rika Sa’diyah; Siti Khosiah Rochmah
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.017 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.24

Abstract

Anak tuna grahita termasuk anak berkebutuhan khusus (special need) yang sebelumnya dikenal dengan istilah tuna mental, cacat mental atau retalisasi mental. Anak tuna grahita usia SD awal adalah anak kelas 1-3 SD yang memiliki kecerdasan di bawah kecerdasan anak normal, yang tidak memungkinkan untuk mengikuti pelajaran atau pendidikan di sekolah umum karena intelegensi di bawah rata-rata anak normal, sehingga perkembangan berfikirnya sangat lamban. Peran guru PAI dalam membantu kesulitan anak tuna grahita usia SD awal agar memperoleh bekal untuk hidup di tengah-tengah masyarakat secara normal, termasuk perihal pengamalan agama penting diperhatikan mengingat Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang menghasilkan calon guru agama seperti Fakultas Tarbiyah tidak dibekali dengan berbagai keahlian khusus untuk mengajar di Sekolah Luar Biasa.
PENGARUH METODE PENYEKORAN DAN KECEMASAN TES TERHADAP INDEKS KETIDAKWAJARAN SEKOR TES MATEMATIKA SETELAH MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL Ansori, Ari Hasan
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.742 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.30

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode penyekoran dan kecemasan tes terhadap ketidakwajaran sekor tes setelah mengontrol pengetahuan awal. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Penelitian ini dilaksanakan pada MTs Negeri Pandeglang 1, Banten dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel multi stage random sampling. Pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan teknik Analisis Kovarian (ANAKOVA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah mengontrol pengetahuan awal: (1) indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih tinggi daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct, (2) terdapat pengaruh interaksi antara metode penyekoran tes dan kecemasan tes terhadap indeks ketidakwajaran sekor tes matematika, (3) untuk kelompok siswa yang memiliki kecemasan tes ringan, indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih tinggi daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct, dan (4) untuk kelompok siswa yang memiliki kecemasan tes berat, indeks ketidakwajaran sekor tes matematika antara kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode penalty lebih rendah daripada kelompok siswa yang di sekor dengan menggunakan metode correct.AbstractThis study is aimed to determine the effect of scoring method and test anxiety toward inappropriacy index of math test score after controlling the prior knowledge. This research method was experimental design with treatment by level 2x2. The research was conducted at MTs Pandeglang 1, Banten with sample of 80 students were using multi stage random sampling technique. Data analysis was done by using Analysis of Covariance (ANCOVA). The results of this study after controlling prior knowledge showed that: (1) the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty test method is higher than those whom are scored using correct test; (2) there is an interaction effect between scoring method and the test anxiety toward inappropriacy index of math test scores; (3) for the group of students having of anxiety easy test, the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty is higher than those who are scored using correct method; and (4) for the group of students who having of anxiety difficult test, the inappropriacy index of math test scores between groups of students whom are scored using penalty test is lower than those whom are scored using correct.
GERAKAN LITERASI SEKOLAH BERBASIS WEST JAVA LEADER’S READING CHALLANGE Slam, Zaenul
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.207 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.25

Abstract

The purpose of this study was  to  describe the literary movement based West Java School Leader’s Reading Challenge (WJLRC) in Junior High School  3 Majalengka. This research is a qualitative research. The technique of collecting data through observation, interviews, and documentation. Subjects were the principal, teachers, students, and parents. The data analysis in research through the three stages of data reduction, data presentation, and conclusion. Test the validity of the data is  using triangulation sources. The results of this study show that: The first, the motion read into the daily activities of the entire school community. This is evident from: 1) school regularly conducting reading 15 minutes before the lesson begins; 2) available and utilization of facilities and infrastructure reads like a library, a reading corner and others; 3) increasing the number of visits of students and teachers to the library of school ; 4) Implementation of Readhaton / other mass reading activities periodically.  The second, the formation of a community of students read through WJLRC This is evident from: 1) increasing the number of books read and made review by students; 2) increasing the speed reading student participants WJLRC activities; 3) the continuity and sustainability of WJLRC between classes.  The third, the publication of writings by students and teachers of literacy. It appears from the evidence of the activities and work the students  and teachers of  literacy  on the website WJLRC. The fourth, the growing support of parents and the community to the school literacy movement. This is evident from: 1) the direct involvement of parents and the community in a variety of school activities literacy movements; 2) increasing the support and concern of parents and the community to the efforts of growing culture in homes and communities; 3) the donation of books to the school from parents and the community.
FITRAH-BASED EDUCATION Astuti, Mardiah
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.631 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.26

Abstract

In the general concept of Islam, it is stated that primordial human nature (Fitrah in Arabic) is that human beings are born with an innate inclination of tawhid (Oneness). Existing creation and the natural structure has the fact that human beings are born with their natural belief of one God which is called tawhid religion. Islam, as a Fitrah religion, fits not only in men’s diversity but also supports their growth and development. This makes their existence completed with perfect personality. The concept of education on the basis of fitrah has two primary goals. Firstly, it is to trigger and encourage the development of good personality rooted from Fitrah of the students.  The good personality has two main dimensions, which are social and personal dimension, which lead to self awareness. By having self awareness, students are expected to have fundamental potential which should be developed optimally. Secondly, it is to return back to th concept of Oneness so that the universe becomes a means of Zikr (devotional acts in Islam in which short phrases or prayers, glorifying Allah, are repeatedly recited silently within the mind or aloud) and learning sources for students. In line with the goals of the Fitrah concept in the islamic educational system, students’ Fitrah can be built correctly and perfectly as a moslem. A pious man who has great relationship with Allah SWT, other human beings, and nature positively and constructively is called Manusia yang beriman dan bertaqwa serta memiliki berbagai kemampuan aktualisasi hubungan dengan Allah swt, sesama manusia, dan alam secara positif konstruktif, inilah yang disebut transcedental humanism theocentric
INTEGRASI ISLAM ADAN SAINS DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MI BERBASIS KKNI Fauzan, Fauzan
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.074 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.21

Abstract

Perubahan merupakan tanda dalam kehidupan yang selalu berlangsung secara tetap. Apabila tidak terjadi perubahan, maka akan terjadi kemandegan dan kehidupan tidak akan berkembang sesuai perkembangan zamannnya. Perubahan IAIN menjadi UIN merupakan upaya melakukan proses perubahan kurikulum, cara, metodologi, situasai dan kondisi yang tradisional (ortodox) ke arah yang lebih rasional, profesional dan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan tidak meninggalkan ciri “keislaman” dan “ke-Indonesiaan” sebagai penciri mutlak keberadaan lembaga pendidikan tersebut. Integrasi Islam dan Sains dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) masih sebatas pada pemunculan beberapa mata kuliah keislaman dan sains secara terpisah, seperti Studi Islam, Islam dan Ilmu Pengetahuan, Fiqh, Matematika Dasar. Suasana integrasi Islam dan Sains tampak pada tradisi berbusana mahasiswi dan aktifitas perkuliahan yang mengaharuskan seluruh dosen-mahasiswa melakukan tadarrus al-Qur’an di awal perkuliahan.
ANALISIS MUTU IMPLEMENTASI PENDIDIKAN GRATIS DI JABODETABEK Latip, Asep Ediana; Wafiqni, Nafia
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (296.634 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.27

Abstract

This study aimed to analyze the quality of the implementation of free education at the level of free education in Jabodetabek. Subjects were implementing elements of the free education that teachers and principals in the area of Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi. This research is non-experimental research because no manipulation of study variables. The type of research is a survey method. This research data collection techniques are questionnaires and observation techniques. Questionnaires and observation selected in this study, because of the variables to be measured is certain, that the quality of the implementation of free education at the primary level. This technique is also an effective technique for measuring the purpose of this study of the respondents are already established. The research result shows that the implementation of free education in Jabodetabek meet the quality standards of education good views of inputs, processes, outputs, and outcomes of education. Judging from the quality standard based education accreditation, quality free education in Jabodetabek meet the quality standards of education with the acquisition value of A. Model implementation of free education of the funding envisaged in three models of education, namely the liberation of all kinds of levies by schools to parents, Liberation operational cost of education to parents, except for expenses for personal needs such as school uniforms and operational financing of education imposed on BOS (School Operational Cost). Impact of free education based on the quality of the inputs, processes, outputs, and outcomes, as well as quality accreditation are also models of implementation of free education for the elderly, the implementation of free education in Jabodetabek with quality standards do not have the participation of parents is optimal, had the satisfaction of graduates, and assisted from the financing of education free of charge. For teachers based on the acquisition of data about the quality of free education, teachers meet standards with optimal learning process.
PENGARUH KINERJA GURU BERSERTIFIKASI DAN BELUM BERSERTIFIKASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MIN SE-KABUPATEN SAMBAS Putra, Purniadi
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (276.798 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.22

Abstract

Sertifikasi pendidik dimaksudkan sebagai kontrol mutu hasil pendidikan, sehingga seseorang yang dinyatakan lulus dalam ujian sertifikasi pendidik diyakini mampu melaksanakan tugas mendidik, mengajar, melatih, membimbing, dan menilai hasil belajar peserta didik dan sangat berpengaruh dengan prestasi belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Seberapa Besar Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi  terhadap Prestasi Belajar Siswa, (2) Pengaruh Kinerja Guru Belum Bersertifikasi  terhadap Prestasi Belajar Siswa, (3) Pengaruh Kinerja Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa.Penelitian ini adalah penelitian survei dan ex post facto (kausal komperatif). Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel dan 2 kelompok yaitu variabel pertama kinerja guru dengan kelompok kinerja guru bersertifikasi dan kinerja guru belum bersertifikasi.Penelitian populasi dengan subjek penelitian yaitu Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi di MIN Se-Kabupaten Sambas yang berjumlah 63 guru. Pengumpulan data dengan metode kuesioner. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis product moment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan manova (menguji perbedaan mean). Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakan pengujian persyaratan analisis uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru pada Guru Bersertifikasi  Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas yang ditunjukkan dengan nilai 0,393 atau 39,3%. Hasil Kinerja Guru Bersertifikasi dinilai rendah yang  dipengaruhi oleh variabel Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas. (2)Terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru Belum Bersertifikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas dengan nilai rendah yang ditunjukkan dengan nilai 0,257 atau 25,7% dari variabel  Prestasi Belajar Siswa. (3)terdapat pengaruh positif dan signifikan Kinerja Guru Pada Kelompok Guru Bersertifikasi dan Belum Bersertifikasi secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa di MIN Se-Kabupaten Sambas juga cukup tinggi yakni masing-masing 0,926 dan 0,166.
THE IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TO PROMOTE READING COMPREHENSION IN ELEMENTARY SCHOOL Fidrayani, Fidrayani; Julia, Maya
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.157 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.28

Abstract

Many aspects of life need reading activities. Reading to understand the meaning of words called reading comprehension. This study is using descriptive analysis to determine how the implementation of the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) to promote reading comprehension. The aspects in reading comprehension are: a) the ability to grasp the meaning of words and phrases used by the author, b) the ability to grasp the meaning of explicit and implicit meaning, c) the ability to make inferences. Steps in the CIRC are: a) forming a group with four to five students are heterogeneous, b) the teacher gives an explaining in accompliance with the learning topics, c) students work together,  reading and find the main idea and give a response to the discourse and written on a sheet of paper, d) presented the results of the group, e) the teacher makes a conclusion with his students, f) ending the class. Implementation CIRC in reading comprehension are already visible in measures of activities so that learning objectives can be achieved and reading comprehension can also be developed. Implementation CIRC in reading comprehension can be used by further research using distinct methodologies.
HUBUNGAN METODE PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA MI MA’ARIF KARANGANYAR KABUPATEN MAGELANG Oktradiksa, Ahwy; Anirofa, Lya Isna
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 1, No 1 (2017): JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.649 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v1i1.23

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan metode pembelajaran Example Non-Example terhadap keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa MI Ma’arif Karanganyar Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi siswa MI Ma’arif Karanganyar Kabupaten Magelang berjumlah 108 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 18 siswa kelas V dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui hubungan penggunaan metode pembelajaran Example Non-Example terhadap keterampilan menulis karangan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia siswa MI Ma’arif Karanganyar Kabupaten Magelang menggunakan bantuan program IBM SPSS Statistic 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Example Non-Example di MI Ma’arif Karanganyar Kabupaten Magelang dalam kategori cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata 17,7 atau 18 yang termasuk dalam kategori cukup baik. Kemampuan keterampilan menulis masuk dalam kategori baik, hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata 23,5 atau 24 yang termasuk dalam kategori baik. Analisis korelasi product moment diperoleh nilai rxy hitung sebesar 0,735. Hasil tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada hubungan penggunaan metode pembelajaran Example Non-Example terhadap keterampilan menulis karangan mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V MI Ma’arif Karanganyar Kabupaten Magelang.

Page 1 of 1 | Total Record : 10