cover
Contact Name
Fatkhul Arifin
Contact Email
adpgmiindonesia@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
adpgmiindonesia@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education)
ISSN : 2580086     EISSN : 25802739     DOI : -
Core Subject : Education,
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Perkumpulan Dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PD PGMI) se Indonesia. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) terbit 2 kali dalam setahun, yakni pada bulan Mei dan November. Redaksi menerima karya ilmiah tentang hasil penelitian, survey dan telaah pustaka yang erat kaitannya dengan bidang pendidikan dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)" : 10 Documents clear
AKREDITASI DAN PELUANG PENGUATAN KELEMBAGAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DASAR PADA PERGURUAN TINGGI Wibowo, Udik Budi
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2348.487 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.128

Abstract

Akreditasi merupakan suatu kewajiban yang harus dipenuhi di dalam penyelenggaraan program studi di perguruan tinggi sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, dengan konsekuensi terutama pada keberterimaan lulusan dalam dunia kerja. Proses akreditasi seringkali dipandang sebagai kerja administratif yang membosankan karena terkait dengan portofolio, pengumpulan bukti-bukti kegiatan tri dharma dan pengelolaan lembaga. Namun sesungguhnya dari proses akreditasi tersebut dapat ditemu-kenali permasalahan dan kekurangan sekaligus peluang untuk perbaikan. Dengan demikan proses akreditasi pada dasarnya tidak hanya sekedar upaya penjaminan pemenuhan dan/atau pelampuan standar, tetapi juga merupakan sarana peningkatan kualitas secara berkelanjutan. Proses akreditasi tersebut dapat mendorong pengurus dan/atau pengelola program studi bersinergi dengan para pemangku kepentingan internal dan eksternal, sehingga pada akhirnya terjadi penguatan kelembagaan program studi.
IMPLEMENTASI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR Putra, Purniadi; Putri, Hadisa
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (277.357 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.111

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kurang disiplinnya belajar siswa mata pelajaran PAI sehingga guru berupaya meningkatkan disiplin belajar. Penelitian bertujuan untuk: 1) Implementasi guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar, 2) metode guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar. Subyek penelitian: guru PAI, Kepala SDN 33 Penjulung dan siswa SDN 33 Penjulung Kecamatan Teluk Keramat Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, dan member check. Hasil penelitian dapat disimpulkan; 1) Implementasi guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan belajar, memberikan motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar, memberikan bimbingan belajar siswa, memberikan latihan dan melakukan remedial, mengadakan kegiatan ekstrakurikuler, 2) metode guru PAI meningkatkan kedisiplinan belajar dengan cara; menggunakan variasi metode mengajar, menggunakan metode bermain peran. 3) faktor pendukung dan penghambat diantaranya; (1) faktor pendukung: tersedianya media, adanya kerjasama guru dan orang tua siswa, dukungan dari kepala sekolah, selalu mencari inovasi metode mengajar di kelas (2) faktor penghambat: kurang disiplin siswa saat menerima pelajaran, siswa tidak serius dalam menerima pelajaran dalam bimbingan oleh guru, dan sarana dan prasarana sekolah masih belum lengkap sehingga siswa kurang tersalurkan potensinya.Implementasi GuruPAI, Kedisiplinan Belajar.
THE DYNAMICS OF INTEGRATED CHARACTER DEVELOPMENT & ENGLISH LITERACY IN THE INCLUSIVE EDUCATION SYSTEM IN PRIMARY SCHOOL IN THE ERA 4.0 Zidniyati, Zidniyati
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4134.822 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.129

Abstract

Tulisan ini merupakan hasil pengamatan penerapan pendidikan karakter dan literasi Bahasa Inggris yang terintegrasi dalam sistem pendidikan inklusi di SD Tabita Puri Genteng, Banyuwangi. Menginjak di tahun kedelapan sejak SD Tabita Puri didirikan, penerapan pendidikan karakter di SD Tabita Puri telah menunjukkan hasil yang cukup menggembirakan, terutama dilihat dari prestasi para alumni yang telah teruji di Sekolah Menengah Pertama. Responden yang diamati adalah (1) sepuluh alumni angkatan pertama; (2) 15 alumni angkatan kedua;  (3) 13 siswa angkatan ketiga;  dan (4) 18 siswa/i angkatan keempat SD Tabita Puri. Metode penelilitian dilakukan secara kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, interview, dan rekaman dokumen sekolah. Tujuan dari laporan amatan di tahun kedelapan ini adalah untuk mengetahui apa saja kendala yang dialami, apa saja faktor pendukung tercapainya target, serta tantangan yang dihadapi untuk pencapaian target lanjutan. Hasil dari penelitian ini akan dilanjutkan untuk dijadikan salah satu referensi dalam pengembangan karakter dan literasi Bahasa Inggris yang terintegrasi dalam sistem pendidikan inklusi di tingkat sekolah dasar yang sesuai untuk diterapkan di era 4.0.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIS BERBASIS PBL TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU MZ, Zubaidah Amir; Anggraini, Fitria; Kusnadi, Kusnadi; Alfiah, Alfiah
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2127.786 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.132

Abstract

This research is a development research using a 4-D model, but in this study, researchers modified it to 3-D (Define, Design, Development). This study aims to produce PBL-based Student Worksheet (DMSW) Integrated Islamic Values that are valid, practical, and effective. This research was conducted at SDIT Raudhaturrahmah sub-district Marpoyan Damai, Pekanbaru, Riau. The subject of this study were material experts and media from lecturers and teachers, as well as Raudhaturrahmah Pekanbaru students. The sample in this study was class V Al-Halim as the experimental class and class V Al-Fattah as the control class. The object of this research is PBL Mathematical DMSW Integrated Islamic Values. The type of data used is in the form of quantitative and qualitative data. The instruments of data collection were questionnaires, interviews and posttest. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. Based on the validity test, the DMSW based on PBL-Based Islamic Values was stated as a very valid category with a percentage of validity level of 87.61%, and very practical with a percentage of practicality of 84.39%. And effective, because based on the results of t test analysis, there are differences in learning outcomes between experiments using problem-based mathematics DMSW integrated Islamic values with the control class that does not use problem-based DMSW integrated Islamic values. besides, the percentage of student learning completeness reaches 85%.
EVALUATING THE PROFESSIONAL DUTIES OF CLASSROOM TEACHERS IN PRIMARY SCHOOLS Latip, Asep Ediana
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (347.374 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.133

Abstract

The classroom teacher's professional duties are to educate, guide, teach, train, direct, judge and preserve. The problem is that many teachers are not professional in performing their duties has become a professional certificate, therefore the purpose of this study is the task of professional executive class teachers at the primary education education in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. The research method used is qualitative quantitative survey method because it is evaluative research. Data completion technique as evaluation research on professional task of classroom teacher at primary education in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi is observation, interview, and document. The respondents of this research are classroom teachers at primary education in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. The benefits of this research are expected to provide theoretical and practical benefits to institutional governance on the development of teacher resources at the primary education level in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. The results showed that teachers in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi perform their professional duties in designing a good learning plan with an average score of 72. Can perform professional duties at primary education level in aspects of learning activities very well with average score 87. And there is a difference in the implementation of professional tasks of certified class teachers with an average score of 73 scores, while unclassified grade teachers score an average of In the aspect of execution of professional duties in classroom teaching activities has not been certified has the advantage in performing professional tasks on aspects of learning activities at level primary education in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi that is grade certified teacher average score 86,7, while class teacher have not certified result of score average 87,2.
KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI NILAI AGAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU Febri Lailatul Maghfiroh; Ahwy Oktradiksa; Muis Sad Iman; Kanthi Pamungkas Sari; Irham Nugroho; Norma Dewi Shalikhah; Minzani Aufa
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.276 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Snowball Throwing, hasil belajar matematika sub materi perkalian sebelum menggunakan metode Snowball Throwing, dan hasil belajar matematika sub materi perkalian sesudah menggunakan metode Snowball Throwing di MI Al Islam Balesari Windusari Kabupaten Magelang. Subyek dari penelitian ini adalah kelas IV yang berjumlah 22 siswa yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 13 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Snowball Throwing. Hal ini dapat dilihat dari suasana pembelajaran di kelas IV menjadi lebih hidup, peserta didik menjadi lebih aktif dan semangat dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap pertama adalah kegiatan pra siklus, yaitu mencari data hasil belajar sebelum menggunakan metode Snowball Throwing.  Tahap kedua adalah pelaksanaan Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata kelas tiap siklusnya yaitu siklus I 68.64 dengan prosentase perubahan nilai sebesar 14.4% dan siklus II 80.45 dengan prosentase perubahan nilai sebesar 34.08% dan ketuntasan hasil belajar mencapai 100%. Berdasarkan hasil analisis siklus I dan siklus II dapat diambil kesimpulan bahwa metode Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika sub materi perkalian di MI Al Islam Balesari Windusari Kabupaten Magelang.
MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI BUKU TEMATIK KELAS RENDAH DI SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH Prastowo, Andi
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3558.536 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.126

Abstract

The quality of primary education in Indonesia in the last two decades has not changed much. One of the reasons for this condition is that learning at the elementary school/ madrasah level of madrasah has not yet developed high-level thinking skills. Therefore, starting in 2013, the government changed the primary education curriculum by presenting the 2013 curriculum. One of the substantial changes is that subjects are presented thematically for elementary schools/ madrasah ibtidaiyah. The curriculum change also gave birth to thematic textbooks, no longer subject-based textbooks. This study aims to describe what high-level thinking skills are developed through thematic books for students and how to design learning to grow these thinking skills in thematic books for teachers. This research applies a qualitative approach to the design of library studies. The primary source of this study is a thematic book for students and teachers in low grades, grades 1-3. Analysis of the data of this research through three stages, namely data condensation, data display, and drawing conclusions or verification. This study found that students' thematic books present higher-order thinking skills at the C4-C6 level referring to the revised Bloom's taxonomy. Student thematic books also present material to foster the ability to reason, think critically / creatively, and reasoning abilities. Meanwhile, the design of learning in the teacher's thematic books to promote higher-order thinking skills uses a scientific learning approach and is student-centred.
KELAYAKAN MODUL PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI NILAI AGAMA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU Hildayatni, Dita; Triwoelandari, Retno; Hakiem, Hilman
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (820.642 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.107

Abstract

Modul pembelajaran yang digunakan selama ini belum menyesuaikan dengan kebutuhan siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama untuk mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) melalui tiga langkah, yaitu studi pendahuluan, pengembangan produk, dan uji model. Instrumen penelitian berupa lembar angket dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu diperoleh persentase hasil kelayakan ahli materi sebesar 81,73% dengan kategori sangat valid, ahli bahasa menunjukkan angka sebesar 75% dengan kategori valid, ahli desain menunjukkan angka sebesar 70,83% dengan kategori valid, dan hasil uji lapangan sebesar 85,71%. Maka dapat disimpulkan modul pembelajaran IPA terintegrasi nilai agama layak digunakan untuk mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa.
LITERASI TEKNOLOGI DALAM PERSPEKTIF CALON PENDIDIK SEKOLAH DASAR: SEBUAH ANALISIS KEBUTUHAN Nina Suzanne
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2200.292 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.127

Abstract

4.0 era is characterized by the use of massive and critical technology. Almost everyone has smartphone with 4G internet connection for communication and having information around the world rapidly. Students also get the advantage to do their assignment, get more interactive media for learning, or just for fun in social media. However, negative impact cannot be avoided if the students do not understand how to use the technology wisely. Therefore, technology literacy is needed to give the students strong basis in using technology to support their activities. This research aims to describe students’ perception toward the importance of technology literacy for students and candidate teachers. The informants were 23 PGMI students of IAIN Batusangkar who were given open-ended questionnaire about their perspective on the use of technology in teaching and learning process. The results describe that the use of technology such as smartphone wisely with a good knowledge on it is a must. Being innovative, creative, and dynamic are expected from students and candidate teachers as well.
PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR Musyarofah, Naifatul; Arifin, Fatkhul; Firdaus, Fery Muhamad
JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) Vol 3, No 2 (2019): JMIE (JOURNAL OF MADRASAH IBTIDAIYAH EDUCATION)
Publisher : PD PGMI se Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.985 KB) | DOI: 10.32934/jmie.v3i2.135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik terhadap kemampuan koneksi matematis siswa kelas V SDN Lebak Wangi pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Group Design. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas kelas eksperimen yang berjumlah 33 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan media komik memperoleh rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan tanpa menggunakan media komik. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t-test posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,004 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penggunaan media komik untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis pada siswa sekolah dasar.

Page 1 of 1 | Total Record : 10