cover
Contact Name
SURYADI
Contact Email
fidusia.journal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
karnila.ali85@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN
ISSN : 26212439     EISSN : 26212447     DOI : -
Core Subject : Economy,
Fidusia adalah jurnal yang bertujuan untuk mempublikasikan artikel, hasil penelitian yang berkaitan dengan tema keuangan dan perbankan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2018): April" : 6 Documents clear
FINANCIAL RATIO ANALYSIS TO ASSESS FINANCIAL PERFORMANCE OF COOPERATIVES Suwarto Suwarto
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.291

Abstract

Financial performance analysis of KSPPS BMT Ar-Rahmah Mitra Insani is done in relation to the significant decrease of business income (SHU) in the last few years. The purpose of the research is to determine the financial performance of KSPPS BMT Ar-Rahmah period 2014-2016 based on the standard Regulation of the Minister of Cooperatives and SME RI No.06/Per/M.KUKM/V/2006 on Guidelines for Assessment of Cooperative Achievement in terms of calculation of Ratio Liquidity, Solvency and Profitability/Profitability Ratio. The method used is quantitative method with descriptive format. Analyzer used in this research include liquidity ratio by using current ratio calculation technique, solvency ratio by using technique of total debt to asset and total debt to own capital, profitability/rentability ratio with own capital rentability calculation technique, Return On Asset (ROA ) and Net Profit Margin (NPM). The results of the research shows that the financial performance of KSPPS BMT Ar-Rahmah Mitra Insani in terms of profitability, liquidity and solvency in general is still below the standard of Minister of Cooperatives and SME RI No.06 /Per/M.KUKM/V/2006 with bad criteria and less good. Keywords: Financial performance, Financial ratio
ANALISIS PENERAPAN PRODUK IJARAH MULTIJASA PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SYARIAH (PT. BPRS) LAMPUNG TIMUR Eka Pariyanti
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.286

Abstract

Salah satu bank Syariah yang ada di Lampung Timur adalah Bank Perkreditan Syariah Lampung Timur. Dimana bank ini menerapkan prinsip syariah dalam segala jenis transaksinya untuk menarik minat para konsumen yang terutama masyarakat muslim karena masyarakat muslim adalah masyarakat mayoritas dalam wilayah Lampung Timur khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. BPRS Lampung Timur sebagai salah satu bank dengan prinsip syariah tentu juga menggunakan  prinsip pembiayaan multijasa kepada masyarakat. Oleh sebab itu, BPRS Lampung Timur perlu melakukan mekanisme yang tepat dan menggunakan jumlah data yang digunakan yang tepat dalam penggunaannya pada pembiayaan multijasa dengan menggunakan prinsip syariah ini untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga karyawan juga masa depan BPRS Lampung Timur pada masa-masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Penerapan Produk Ijarah Multijasa Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Syariah  (PT. BPRS) Lampung Timur. Teknik analisis data dengan menggunakan Analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan produk ijarah multijasa di PT BPRS Lampung Timur telah dijalankan dengan sesuai ketentuan yang telah ditetapkan dan tidak melanggar dari apa yang seharusnya dilakukan. Baik dari mulai persyaratan sampai pada dengan ketentuan telah dijalakan dengan sebaik-baiknya dan sebenar-benarnya oleh PT BPRS Lampung Timur sehingga berdasarkan analisa, penerapan produk multijasa telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan tidak menyimpang.  Kata Kunci: Produk Ijarah Multijasa
ANALISIS FAKTOR SOSIAL, PRIBADI, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNGDI KSSPS BMT BASKARA ASRI SEJATI CABANG SEKAMPUNG DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Suryadi Suryadi
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.287

Abstract

Pemahaman akan perilaku nasabah mutlak diperlukan apalagi saat sekarang ini,perkembangan dari dunia tentang Lembaga Keuangan Syari’ah lainnya yangbegitu banyak dan tumbuh pesat, sehingga membuat intensitas persaingan yangsemakin tinggi, dan ini menjadi hal yang penting bagi pihak pemasar di BMTBaskara Asri Sejati Cabang Sekampung apabila ingin tetap diterima olehnasabahnya dan untuk bisa mendapatkan nasabah baru. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh faktor sosial terhadapminat nasabah dalam menabung di BMT Baskara Asri Sejati CabangSekampung. 2) untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi terhadap minatnasabah dalam menabung di BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung. 3)untuk mengetahui pengaruh faktor psikologis terhadap minat nasabah dalammenabung di BMT Baskara Asri Sejati Cabang Sekampung. Metode penelitian dalam penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Sampel objekpenelitian yang digunakan sebanyak 100 responden nasabah tabungan BMTBaskara Asri Sejati Cabang Sekampung. Pengambilan data berupa observasidan kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis menggunakan ujivaliditas, reliabilitas, uji normalitas, linieritas, homogenitas, dan analisis regresilinier berganda menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan menggunakanSPSS version 21 for windows dan menggunakan Microsoft Excel 2007.Teknik analisis yang digunakan adalah pengajuan hipotesis.  Hasil penelitian bahwa variabel sosial memiliki pengaruh signifikan terhadap minatmenabung. Variabel pribadi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minatmenabung. Variabel psikologis tidak memiliki pengaruh secara signifikanterhadap minat menabung.Kata Kunci : Faktor Sosial, Pribadi, Psikologis, dan Minat Menabung
DAMPAK CONTINUITY MARKETING, ONE TO ONE MARKETING DAN PARTNERING MARKETING PADA KEPUASAN NASABAH EKA SAVE PADA BANK EKA BUMI ARTHA METRO Yateno Yateno
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.288

Abstract

Terdapat tiga program marketing customerrelationship yakni pertama Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Continuity Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara One To One Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara partnering Marketing terhadap kepuasan nasabah di Bank Eka Bumi Artha. 4) untuk mengetahui apakah Continuity Marketing, One To One Marketing dan Partnering Marketing secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatanContinuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing, dengan populasi penelitian 39.000 nasabah, sampel yang digunakan 100 responden/nasabah Eka Save yang masih aktif di Bank Eka Bumi Artha. Hasil penelitian (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara continuity marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara one to one marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara partnering marketing terhadap kepuasan nasabah Eka Save. (4) continuity marketing, one to one marketing, dan partneringmarketing secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah Eka Save. Kata kunci : Continuity Marketing, One To One Marketing, Partnering Marketing, dan Kepuasan Nasabah 
PENGARUH PELAYANAN DAN DAYA TARIK PRODUK TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT UMUM BANK EKA BUMI ARTHA KOTA METRO Karnila Ali
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.289

Abstract

Method used in this research was explanatory survey. It was a quantitative research with service, product appeal, and customer satisfaction as the object. The research population was Eka Bumi Arta Bank Metro City customers with a total sample of 80 customers taken by accidental sampling technique. The decision making of the analysis-based research result was using multiple linear regression analysis. The research is to analyze the effect of service and product appeal on satisfaction of general credit customers at Eka Bumi Artha Bank Metro City. It was a descriptive qualitative research, a research procedure that produces descriptive data based on the result of quantitative analysis of research variables. Data collection techniques used were interview, documentation, and questionnaire. Analytical tool used was data quality analysis and multiple linear regression analysis. The conclusion is that the service analysis result has a significant effect on customer satisfaction. Product appeal has a significant effect on customer satisfaction. In addition, Service and Product Appeal simultaneously have a significant effect on customer satisfaction. It can be said that the independent variables have a positive and significant effect on customer satisfaction based on these results. Keywords : Service, Product Appeal, Customer Satisfaction.
PRIORITAS PEMASARAN PRODUK PENDANAAN (FUNDING) PADA PT. BANK BRI SYARIAH KCP METRO – LAMPUNG DENGAN PENDEKATAN ANALITICAL HIERARKHI PROCESS (AHP) Fitriani Fitriani
FIDUSIA : JURNAL KEUANGAN DAN PERBANKAN Vol 1, No 1 (2018): April
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jf.v1i1.290

Abstract

BRISyariah merupakan salah satu bank syariah besar yang ada di Indonesia. dan memiliki banyak kantor cabang dan kantor cabang peembantu yang tersebar di seluruh Indonesia, salah satunya Bank BRISyariah KCP Metro Lampung. Penghimpunan dana pihak ketiga perbankan syariah masih tertekan atau didominasi perbankan konvensional. Maka dari pada itu bank BRI Syariah membuat produk-produk unggulannya untuk dapat bersaing dengan perbankan konvensional. Tujuan penelitian ini dapat mengidentifikasi prioritas pemasaran produk BRISyariah agar dapat bersaing dalam pihak pendanaan khususnya di Provinsi Lampung. Dalam penentuan prioritas produk BRI syariah  dari segi  Dana Pihak Ketiga diolah dengan menggunakan pemilihan  kriteria yang di nilai atau multikeriteria, maka dalam penyelesainya di perlukan sistem pendukung keputusan multikriteria. Salah satu metode system pendukung keputusan yang multikriteria adalah Analytical Hierarchy Process (AHP). Data yang dihasilkan dari wawancara langsung dan pengisian kuisioner diolah dengan menggunakan software Expert Choice 11. Kata Kunci. BRI Syariah, AHP.

Page 1 of 1 | Total Record : 6