cover
Contact Name
Muhammad Agreindra Helmiawan
Contact Email
agreindra@stmik-sumedang.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lppm@stmik-sumedang.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumedang,
Jawa barat
INDONESIA
Infoman's
ISSN : 19783310     EISSN : 26153467     DOI : -
Core Subject : Science,
Infoman's Journal is a scientific journal published by the STMIK Sumedang. This journal contains scientific papers from Academics, Researchers, and Practitioners about research on informatics.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's" : 9 Documents clear
3D Virtual Catalogue Of PENS Campus Using Augmented Reality Kholid Fathoni; Achmad Basuki; Octario Rezkavianto
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.133

Abstract

PENS is a vocational education campus that is actively promoting the community to capture the interests of prospective students to register as students. This requires promotion of media innovation that can attract public interest. Multimedia technology, especially augmented reality can be used as an attractive alternative media for PENS to carry out promotions. This study aims to develop promotional media in the form of an augmented reality technology-based virtual catalog to introduce various study programs available in PENS. Catalogs that are generally in the form of physical media are converted into markers that can bring up 3D objects and videos that explain the contents to the user so that the user does not need to read because there is already an audio visual explanatory facility. The trial results show that the PENS virtual catalog can function well in viewing AR mascot, AR video and information.
Analisis Aplikasi Billing Rental Playstation Pada Classic Playstaton Menggunakan Visual.Net Rini Malfiany
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.70

Abstract

Abstraksi Salah satu tuntutan yang dihadapi dunia industri jasa saat ini adalah menciptakan sistem pelayanan terhadap publik yang memberikan kemudahan dalam tukar-menukar informasi, transaksi, dengan tingkat keamanan yang baik dan biaya yang murah. Metode yang digunakan dalam penulisan meliputi metode deskriptif yang menggambarkan tentang sistem yang akan dibuat, dan metode eksperimental yang dilakukan dengan cara mencoba cara kerja sistem Pada Penulisan Ilmiah ini penulis mencoba untuk membahas analisis aplikasi billing yang berhubungan dengan kegiatan operasional suatu rental playstation yang mencakup tentang penghitungan waktu, penghitungan biaya, serta pembuatan laporan transaksi. Dari gambaran tersebut di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa untuk membangun suatu badan usaha diperlukan adanya sistem yang mempermudah transaksi antara penyedia jasa dan pengguna jasa. Dan aplikasi billing merupakan salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Saran yang membangun sangat penulis harapkan untuk kesempurnaan penulisan ini. Kata Kunci : Billing Rental Playstation
Pemanfaatan Internet Untuk Penelitian Dan Dampaknya Terhadap Penelitian Pariwisata Dan Hospitality Yukiko Hiro Mantu
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.113

Abstract

ABSTRACT Rapid development of internet technology can influence the way we do research. Yet there are some weaknesses of research by using internet such as anonymity, demography of respondent, accessibility, risk of plagiarism, and reliability, the benefit is obvious. Academic staffs, researchers or students are advantaged since they can use it for referencing tool, on-line database, mailing list and media for sampling dissemination. Indeed, this paper discuss the implication of internet development on tourism & hospitality research since there are a lot of tourism & hospitality related resources in the web that can be found easily by using on-line database or search engine. Keywords: Tourism & Hospitality research, Internet, Elektronic Journal, Online Database, Online Research
Penilaian Risiko Sistem Validasi Data Penduduk Pada Kantor Desa Cipandan Wangi Menggunakan Metode OCTAVE-S Fathoni Mahardika; Irfan Fadil; Muhammad Agreindra Helmiawan; Dian Budiana
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.114

Abstract

Teknologi informasi berkembang semakin pesat yang menuntut setiap kantor desa untuk terus bergerak mengikutinya. Dalam proses mempermudah pelayanan masyarakat, maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten/Kota meluncurkan sebuah sistem aplikasi yang disebut Sistem Validasi Data Penduduk. Teknologi informasi pada kantor desa selain memberikan keuntungan juga rentan terhadap risiko. Permasalahan yang terjadi di Desa adalah belum adanya kebijakan dalam mengelola Sistem Validasi Data Penduduk dan belum dilakukan penilaian risiko sehingga tidak diketahui risiko yang mungkin terjadi. Berdasarkan permasalahan yang ada dilakukan penelitian dengan judul Manajemen Risiko Sistem Validasi Data Penduduk Pada Kantor Desa Cipandan Wangi Menggunakan Metode OCTAVE-S. Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi, menganalisis dan mengelola risiko yang mungkin terjadi pada Sistem Validasi Data Penduduk di Desa. Hasil akhir dari analisis manajemen risiko bahwa Sistem Validasi Data Penduduk berada pada tingkatan Green (Hijau) karena 33 dari 40 pernyataan dari kuesioner dinyatakan valid, maka hasilnya berupa rekomendasi mengenai langkah-langkah yang perlu diambil untuk perlindungan sistem beserta aset-asetnya.
Rekayasa Sistem Informasi Magang Budi Widarsa Surya; Yosep Nian Wijaya
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.117

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang begitu cepat mendorong setiap orang dengan sangat mudah untuk mengakses dan berbagi informasi melalui berbagai media yang tersedia. Dunia pendidikan dituntut untuk selalu bersinergi dengan teknologi khususnya dengan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dengan tujuan agar akses terhadap pendidikan tidak lagi terhalang oleh jarak dan waktu. Begitu juga dengan akses kemudahan terhadap suatu layanan menjadi perhatian penting dalam rangka meningkatkan suatu layanan prima, hal ini menjadikan keberadaan sebuah sistem informasi menjadi salah satu syarat penting dalam rangka mewujudkan sebuah tata kelola yang baik dalam sebuah organisasi. Sistem magang yang saat ini berjalan khususnya di prodi Agroteknologi Fakultas Petanian Universitas Padjadjaran dianalisa masih terdapat beberapa kelemahan yaitu belum terbangunnya basis data perusahaan yang baik, belum adanya kepastian waktu pengambilan surat, dan belum tersedianya informasi kuota penerimaan jumlah yang magang di suatu perusahaan. Riset ini memperbaiki titik-titik kelemahan tersebut, dengan cara membangun sistem informasi dengan basis data yang baik yang dapat menyimpan data yang dibutuhkan oleh pengguna tanpa adanya duplikasi dan redudansi, memberikan kepastian waktu pengambilan surat dan menyediakan informasi jumlah kuota pendaftar di suatu perusahaan sehingga akan mengurangi jumlah kunjungan ke prodi dan fakultas hanya untuk permasalahan magang saja.
Analisa Perbedaan Kinerja Akibat Dampak Perubahan Teknologi Pada Unit International Roaming Tendy Arya
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.119

Abstract

PT XYZ gave a mandate to the international roaming unit to deal with overseas telecommunications business problems. International roaming units are required to optimize the performance of technology adoption. The data used are secondary data from the company while the method used is descriptive, BSC and pair test. The result is that international roaming units need to optimize technology adoption.
Perbandingan Penggunaan Metode Topsis dan Metode AHP dalam Penilaian Kinerja pada Karyawan (PT XYZ) Muh Akbar Tamrin; Bayu Rizki; Andres Nodas; Ali Rahman; Esa Firmansyah
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.123

Abstract

XYZ merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner, Saat ini proses penilaian kinerja karyawaan pada PT. XYZ belum ada sehingga pihak PT. XYZ merasa kesusahan dalam menilai karyawan nya sendiri, Melaksanakan pemilihan karyawan terbaik bukan saja memilih dan menetapkan karyawan yang tepat.Maka dari itu diperlukan sistem pendukung keputusan yang akan memudahkan pemilihan karyawan terbaik dan membuat keputusan yang efektif dan efisien. Metode Topsis dan metode AHP merupakan metode yang akan digunakan dalam memberikan rekomendasi karyawan terbaik sesuai dengan yang diharapkan. Pada penelitian sebelumnya, peneliti telah melakukan penerapan metode topsis dalam menentukan karyawan terbaik pada PT. XYZ berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan untuk penilaian sebanyak 4 kriteria yaitu Kerjasama (C1), Kejujuran (C2), Tanggung Jawab (C3) dan Kedisplinan (C4). Hasil Akhir dari penelitian yang dibuat adalah membantu pihak PT. XYZ dalam merekomendasikan karyawan terbaik dengan menggunakan metode Topsis dan metode AHP, Berdasarkan hasil perangkingan metode Topsis dengan nilai tertinggi yaitu 0,8710 adalah Agus Septa Triana dan dengan nilai terendah yaitu 0,0801 adalah Tari Nuraeni. Kemudian berdasarkan hasil perangkingan menggunakan metode AHP dengan nilai tertinggi yaitu 0,23015 adalah Agus Septa Triana dan dengan nilai terendah yaitu 0,02692 adalah Anisa R. Kemudian membandingkan metode Topsis dengan metode AHP pada tingkat akurasi keputusan sistem dengan keputusan perhitungan perusahaan, Untuk hasil tingkat akurasi metode AHP yaitu sebesar 70 persen, kemudian untuk hasil tingkat akurasi metode Topsis yaitu sebesar 20 persen.
Measurement of Website Service Quality Using Webqual 4.0 (Case Study of Kotakaler Village Website) Leni Nurhayati; Sri Bekti Handayani Ningsih
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.125

Abstract

The need for accurate, fast, current, relevant and reliable information for the community is a necessity in the information age. In order to meet these needs and encourage good governance with the support of information and communication technology, local government websites have been built. Local government websites that can provide a variety of information and services are expected to support the creation of smart citizens and smart government. Government website is not enough just to be built but its quality must also be evaluated. This study measures the quality of the local government website (case study of Kotakaler Village) so that the level of quality can be known to provide an overview or reference in developing the website itself. This research is a qualitative descriptive study. Website quality assessment using the WebQual method which is a method of measuring website quality based on end-user perception in three dimensions, consisted of information quality, interaction quality, and usability. The results showed that the website of the boxer village has a high level of quality in all three dimensions. Keywords: Website, WebQual, Usability, Information Quality, Interaction Service Quality
Analisis Sentimen Stakeholder Atas Layanan HAIDJPB Pada Media Sosial Twitter Dengan Menggunakan Metode Support Vector Machine Dan Naïve Bayes Muhammad Luthfiy Kurniawan Harsono; Yuris Alkhalifi; Nurajijah; Windu Gata
Infoman's : Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika Vol. 14 No. 1 (2020): Infoman's
Publisher : STMIK Sumedang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1200.97 KB) | DOI: 10.33481/infomans.v14i1.126

Abstract

Pembuatan akun khusus pada media sosial instagram dan twitter yang bertujuan untuk menampung penyampaian pertanyaan, masukan, kritik dan saran dari stakeholder seputar proses bisnis berjalan serta penggunaan aplikasi dalam rangka perencanaan anggaran, pembuatan komitmen, pencairan APBN, pembukuan penerimaan serta pelaporan keuangan didasarkan pada fakta bahwa media sosial tidak dapat dipisahkan dari aktivitas masyarakat dikarenakan keberadaan perangkat digital (smartphone) dan akses internet yang terjangkau membuat berbagai kalangan masyarakat dapat memperoleh informasi dengan cepat dan mudah. Organisasi mempunyai kepentingan untuk mendapatkan tolak ukur atas layanan yang telah diberikan demi peningkatan kualitas layanan kedepannya berdasarkan data tweets yang didapatkan dari media sosial twitter. Penelitian kali ini membahas tentang proses pengumpulan dan pengolahan data tweet pada akun @haiDJPb dalam rangka melakukan analisis sentimen stakeholder atas layanan haiDJPb pada media soasial twitter menggunakan algoritma Support Vector Machine dan Naïve Bayes dan didapatkan hasil nilai akurasi untuk algoritma Support Vector Machine adalah 74,55% dan 77,18% untuk algoritma Naïve Bayes.

Page 1 of 1 | Total Record : 9