cover
Contact Name
Fenni Supriadi
Contact Email
fennisupriadi@unmuhpnk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
fennisupriadi@unmuhpnk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
JURNAL PRODUKTIVITAS
ISSN : 23551038     EISSN : 26215098     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan Agustus dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 16 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak" : 16 Documents clear
Analisis Intellectual Captal (VAIC)TM, Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index (JII 70) Heni Safitri; Dedi Hariyanto
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (283.245 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1916

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital (VAICTM), Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index 70 (JII 70). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dengan Pendekatan WarpPLS. Sebelum dilakukan interpretasi terhadap hasil pengujian hipotesis, maka model seharusnya memiliki Goodness of Fit yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Model Fit dan Quality Indices dapat dilihat bahwa data yang digunakan dalam penelitian memiliki kriteria yang baik dan acceptable. Hasil Path Coefficients and p-values dapat diketahui bahwa variabel Firm Value dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Selain itu, variabel Harga Saham juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil Indirect Effects dapat diketahui bahwa variabel Harga Saham tidak dapat memoderasi antara variabel penjelas dengan variabel respon. Variabel Firm Value dan Firm Size dapat dipergunakan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada saham-saham syariah yang tergabung dalam Indek JII70.
Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk Wilayah Kalbar Dzikro Muttaqim; Devi Yasmin; Fenni Supriadi
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1493

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja karyawan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk di Wilayah Kalimantan Barat. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT Telkomunikasi Indonesia, Tbk di Wilayah Kalimantan Barat, dengan sampel sebanyak 95 karyawan. Persamaan regresi linier sederhana yang diperoleh adalah, yaitu: Ŷ = 3,678 + 0,102 X, koefisiennya positif, artinya ada hubungan positif antara budaya organisasi dan motivasi kerja. Jika budaya organisasi meningkatkan motivasi karyawan juga akan meningkat. Sedangkan kekuatan hubungan antara budaya organisasi dan motivasi kerja karyawan dengan koefisien (R) bernilai 0,102, yang berarti hubungan antara budaya organisasi dan motivasi karyawan di PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Wilayah Kalimantan Barat dapat dikatakan menunjukkan sangat lemah hubungan. Dan untuk koefisien Determinasi R ^ 2, budaya organisasi dalam mempengaruhi motivasi karyawan memiliki nilai 1% dan sisanya 99% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. Dengan menggunakan model uji kelayakan F hitung <F tabel (0,982 <3,94) sehingga Ha ditolak dan nilai probabilitas (sig) adalah 0,324> 0,05. Ini berarti bahwa model regresi linier sederhana tidak dapat digunakan untuk memprediksi motivasi karyawan yang dipengaruhi oleh budaya organisasi.
Pengaruh Iklim Organisasi dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Produktivitas Kerja Inovatif Pada Industri Manufaktur di Pati Jawa Tengah Masduki Asbari; Agus Purwanto; Priyono Budi Santoso
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.959 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1797

Abstract

Dalam industri manufaktur  yang sangat kompetitif saat ini, banyak sekali industri menghadapi perubahan signifikan , terutama dalam revolusi industri 4.0. Oleh karena itu perusahaan harus fokus pada perilaku kerja inovatif (IWB) untuk mendapatkan keunggulan yang kompetitif. Tujuan dari penelitian ini menguji pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap perilaku produktivitas kerja yang inovatif dengan mengambil industri manufaktur di Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah sebagai kasus.  Populasi dan sampel adalah 395 karyawan dengan metode simple random sampling.  Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert.  Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan transformasional adalah adaptasi dari Podsakof et al (1990).  Instrumen untuk mengukur iklim organisasi yang diadopsi dari ukuran Iklim Organisasi (OCM) yang dikembangkan oleh Patterson et al (2005).  Sedangkan untuk mengukur perilaku kerja inovatif diadaptasi dari (Jong & Hartog, 2008).Analisis dari penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan SmartPLS versi 3.0 sebagai alat statistik.  Hasil dari penelitian ini  adalah kepemimpinan transformasional memberikan efek positif dan signifikan terhadap iklim organisasi dan juga disimpulkan bahwa pada variabelKepemimpinan transformasional dan iklim organisasi juga memberikan efek positif dan signifikan terhadap Produktivitas kerja inovatif   secara parsial dan simultan
Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada PT. Multi Pratama Nusantara Kecamatan Tayan Hilir Indah Sari; Helman Fachri
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.421 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1914

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Multi Pratama Nusantara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli sepeda motor Yamaha pada PT. Multi Pratama Nusantara dengan sampel berjumlah 100 orang dengan teknik penentuan sampel menggunakan sampling purposive. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji simultan (Uji F), dan uji parsia (Uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan (bersama-sama) antara citra merek dan harga terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Yamaha pada PT. Multi Pratama Nusantara. Variabel citra merek dan harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli sepeda motor Yamaha pada PT. Multi Pratama Nusantara.   
Analisis Pengaruh CAR, BOPO, LDR, NPM Terhadap Return Saham pada Perusahaan Sub Sektor Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Siti Khatijah; Edy Suryadi; Heni Safitri
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.351 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1479

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh CAR, BOPO, LDR dan NPM, terhadap Return Saham pada Perusahaan Subsektor Perbankan. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Purposive Sampling. Berdasarkan kriteria pemilihan sampel yang telah ditentukan diperoleh jumlah sampel sebanyak 32 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linieritas untuk uji statistik yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi (R2), uji pengaruh simultan (F) dan uji pengaruh parsial (t).Berdasarkan hasil uji normalitas dapat dilihat bahwa semua data terdistribusi normal dengan asymp. Sig. (2-tailed) 0, 0,986  > 0,05. Nilai koefisien korelasi berganda (R) yang diperoleh sebesar 0,457. Hal ini berarti bahwa antara CAR, BOPO, LDR, NPM terhadap Return Saham  hubungannya sedang dengan nilai sebesar 0,457. Nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh sebesar 0,208. Hal ini berarti bahwa 20,8 % ( 1 x 0,208 x 100%) pengaruh terhadap Return saham dapat dijelaskan CAR, BOPO, LDR dan NPM sedangkan sisanya yaitu sebesar 79,2 (1 – 0,208 x 100) Return Saham dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil Uji F diketahui bahwa secara bersama-sama variabel independen tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen atau variabel CAR, BOPO, LDR, NPM secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap Return Saham. Hasil dari uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel CAR memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham  sedangkan variabel BOPO, LDR dan NPM tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap return saham.
Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Jasa Pendidikan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak) Sumiyati Sumiyati; Muhammad Fajar Widyanto
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.247 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1866

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan skala Likert. Selain itu, dilakukan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, pengujian secara simultan (uji F), dan pengujian secara parsial (uji T).Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel program studi (X1), biaya pendidikan (X2), lokasi (X3), promosi (X4), reputasi universitas (X5), dan kualitas pelayanan (X6) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Variabel biaya pendidikan (X2) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan.
Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pada Keputusan Pembelian Smartphone Iphone Xs Max di Indonesia Yulia Yulia; Nanda Diaz Arizona; Vincent Wong
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1821

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yaitu kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian. Lokasi penelitian di Indonesia dengan sampel sebanyak 30 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang diambil dengan menggunakan Google Form. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam menganalisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa semua variabel ekuitas merek (X) yaitu kesadaran merek (X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas (X3), dan loyalitas merek (X4) memiliki hubungan yang linear terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Kemudian dari hasil Uji F, penulis dapat menyimpulkan bahwa pada variabel independen yaitu ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian iPhone XS Max di Indonesia.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda yang telah dilakukan pada penelitian ini, persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 2,686 - 0,384 X1 + 0,456 X2 + 0,491 X3 + 0,278 X4. Berdasarkan hasil uji signifikansi parsial (uji t) diperoleh nilai t hitung dan sig hitung dari variabel penelitian yaitu kesadaran merek (X1) sebesar -1,567, asosiasi merek (X2) sebesar 2,634, persepsi kualitas (X3) sebesar 1,982, dan loyalitas merek (X4) sebesar 1,437. Nilai t hitung dan nilai signifikansi variabel asosiasi merek lebih besar daripada nilai t tabel yaitu 2,04841 dan lebih kecil dari tingkat signifikansi yaitu sebesar 0,05. Oleh karena itu, hipotesis menyatakan bahwa asosiasi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian iPhone XS Max di Indonesia. Kata Kunci : Kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek, keputusan pembelian
Analisis Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak Dani Setiawan; Sukardi Sukardi
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.698 KB) | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1907

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap loyalitas konsumen pada PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak dengan bentuk penelitian analisis deskriptif menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PD Kue Bingke Al-Fajar, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan syarat konsumen telah membeli kue bingke Al-Fajar lebih dari 2 kali dan sudah memiliki penghasilan.Hasil persamaan regresi linier adalah Y = 2,686 + 0,219 X. Untuk hasil koefisien korelasi (R) menjelaskan bahwa nilai korelasinya 0,495 yang berarti brand image dan loyalitas konsumen memiliki hubungan yang cukup. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai  sebesar 0,245 (24,5%) nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak adalah 24,5% sedangkan sisanya yaitu sebesar 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengujian kelayakan model (Uji F) ini menunjukkan nilai F hitung yakni 31,884 > 3,94 (F tabel). Sedangkan nilai signifikansi F tersebut 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa model regresi sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh brand image pada PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak.
Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi Karyawan Di PTPN XIII Kebun Ngabang Ariani Wulandari; Neni Triana M.; Devi Yasmin
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1746

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi karyawan di PTPN XIII Kebun Ngabang. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan wawancara, kuesioner dan data sekunder. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji kelayakan model (uji F). Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Ŷ = 1,501 + 0,608 X. Koefisien korelasi sebesar 0,532 yang artinya variabel Kepuasan Kerja memiliki hubungan yang sedang dengan variabel Komitmen Organisasi. Berdasarkan hasil koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,283. Hal ini menunjukkan bahwa Komitmen Organisasi (Y) dipengaruhi sebesar 28,3% oleh variabel Kepuasan Kerja (X), sedangkan sisanya sebesar 71,7% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Berdasarkan hasil uji F, diketahui nilai F hitung sebesar 30,775 dan F tabel yang diperoleh adalah sebesar 3,96, hal ini menunjukkan bahwa F hitung lebih besar dari F tabel yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, jadi model regresi linier sederhana dapat digunakan untuk memprediksi Komitmen Organisasi yang dipengaruhi oleh Kepuasan Kerja.
Pengaruh Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Disiplin Kerja Guru Di Smp Negeri 2 sintang Zainur Ihsan; Ardiansyah Ardiansyah
Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak
Publisher : Universitas Muhammadiyah Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29406/jpr.v7i1.1826

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1). Untuk menganalisis pengaruh secara simultan pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Sintang. 2) Untuk menganalisis secara parsial pengaruh kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Sintang. 3) Untuk menganalisis variabel manakah yang berpengaruh secara dominan antara variabel kepemimpinan dan motivasi kerja, terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Sintang .Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatoris (explanatory research) yaitu jenis penelitian yang berupaya menjelaskan pengaruh antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Variabel bebas adalah X1 = Kepemimpinan, X2     =  Motivasi Kerja guru dan variabel terikat adalah Disiplin Kerja (Y). desain penelitian yang dipergunakan adalah penelitian populasi, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik Kuesioner dan Dokumenter, yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Selanjutnya data dianalisis secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan model statistik dalam program komputer  ( SPSS 10.0 ), dengan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Secara simultan, kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan guru di SMP Negeri 2 Sintang.. Hal ini dapat dikatakan bahwa kepemimpinan dan motivasi kerja yang dijalankan dengan baik dapat meningkatkan tingkat kedisiplinan guru di SMP Negeri 2 Sintang. B) Secara parsial, variabel kepemimpinan dan motivasi kerja berpengaruh terhadap tingkat kedisiplinan guru di SMP Negeri 2 Sintang.. c) Kepemimpinan merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap tingkat kedisiplinan guru di SMP Negeri 2 Sintang. Hal ini dapat dijelaskan bahwa, disiplin kerja pegawai akan selalu meningkat pada saat pimpinan lebih tegas dalam melaksanakan kepemimpinannya guna meningkatkan etos kerja yang baik

Page 1 of 2 | Total Record : 16