cover
Contact Name
Fiki Alghadari
Contact Email
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Phone
+6281949266491
Journal Mail Official
lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Editorial Address
Lambaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STKIP Kusuma Negara Jakarta Jalan Raya Bogor KM.24 Cijantung, Jakarta Timur, 13770 Telp: (021) 87791773 E-mail: lppm@stkipkusumanegara.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Published by STKIP Kusuma Negara
ISSN : 20857144     EISSN : 26230380     DOI : 10.37640/jip
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the field of education. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a scientific journal containing and disseminating research findings, in-depth study, and innovative ideas in the field of education. Teacher and lecturer innovation in educational sector development can make a positive contribution to schools and educational institutions. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is published periodically (twice a year in January and July) by Research and Community Services in STKIP Kusuma Negara, with a total of 10 articles published every time (20 articles annually). The scope of this journal is: 1) English Education; 2) Civic Education; 3) Mathematics Education; 4) Science Education; 5) Early Childhood Education; 6) Primary Education; 7) Physical Education; 8) Any Education subject areas.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi" : 10 Documents clear
Evaluasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Berbasis Online pada MTsN 11 Agam Edi Warmanto; M. Arif
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1429

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan manajemen penerimaan siswa baru secara online pada MTsN 11 Agam tentang apakah berjalan dengan lancar atau ada kendala yang ditemukan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Semenjak wabah Covid melanda, proses pelaksanaan penerimaan siswa baru pada MTsN 11 Agam yang sebelumnya dilakukan secara manual (offline) beralih menjadi online. Proses penerimaan siswa baru secara online ini sudah dilaksanakan selama dua tahun, yaitu tahun pelajaran 2020/2021 dan 2021/2022. Karena proses penerimaan siswa baru secara online ini sudah diterapkan selama dua tahun, maka sudah selayaknya ada evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerimaan siswa baru secara online berjalan dengan baik dan lancar. Mulai dari pembentukan panitia, pembuatan dan penyebaran brosur, pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang. Namun masih terdapat beberapa kendala, yaitu: (1) informasi yang disebar melalui media sosial tidak menyentuh seluruh calon siswa, terutama mereka yang tidak memiliki android, (2) masih ada beberapa calon siswa yang akan mendaftar yang tidak paham cara melakukan pendaftaran online, (3) calon siswa baru yang tempat tinggal di pedalaman kesulitan melakukan pendaftaran dikarenakan terkendala jaringan internet.
Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Resiliensi Mahasiswa Agoes Dariyo
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1547

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik sebagai penguatan pendidikan karakter resiliensi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengambilan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan catatan dokumentasi. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini terdiri dari 24 orang mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara Jakarta, yang mengikuti kegiatan KKN Tematik di Desa Tamansari, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Teknik analisa dengan menggunakan pendekatan tematik. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kuliah kerja nyata tematik sebagai penguatan pendidikan karakter resiliensi mahasiswa.
Analisis Penguasaan Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor Pasca Pembelajaran Online di Kelas XI SMA Negeri 12 Kota Kupang Alfani Kareri Hara; Kadek Ayu Astiti; Vinsensius Lantik
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1548

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penguasaan konsep fisika pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 12 Kota Kupang. Jenis penelitiannya adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes diagnostik two-tier multiple choice dan wawancara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 20 orang siswa. Dalam penelitian ini, siswa mengerjakan soal tes diagnostik sebanyak 15 butir soal, hasil tes dikelompokkan sesuai kategori tingkat hasil penguasaan konsep, selanjutnya hasil tes dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat 3 siswa pada kategori sangat rendah dengan persentase 15%, 6 peserta siswa pada kategori rendah dengan persentase 30%, 11 siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 55%, dan kategori tinggi dan sangat tinggi dengan persentase 0%. Dengan demikian, penguasaan konsep fisika yang dimiliki oleh siswa dinyatakan berada pada kategori sedang dengan persentase 55%. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang kurang efektif dan metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan kebutuhan siswa pada pembelajaran online.
Career Choices for Individuals with Hearing Impairment in Higher Learning Institutions in Lusaka-Zambia Rachel Muuma Chomba; Joseph Mandyata; Kenneth Kapalu Muzata
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1552

Abstract

This study established the facilitators and barriers to career choices for persons with hearing impairment in selected workplaces and higher institutions of learning in Lusaka, Zambia. A qualitative approach and a descriptive study design were used in the study. In-depth interviews were used to collect data from twenty (26) participants that included ten (10) students with hearing impairment, six (6) Lecturers and ten (10) individuals with Hearing Impairment. The findings revealed that there were various elements that influenced career choices and these included communication barriers which inhibited receipt of career information from providers, pre-conceived ideas of what a Hearing Impaired (HI) individual can or cannot do, unavailability of chances to show self-efficacy or determination among others. The study revealed that minimal efforts were made by higher learning institutions to enhance career choices for HI students. The study recommended that career guidance should be offered in secondary schools as a routine advancement programme for individuals with Hearing Impairment as a prerequisite to applying for admission in colleges and universities. Tertiary education institutions must provide reasonable accommodations and additional support to students with Hearing Impairment to be able to access career information.
Manfaat Memahami Hukum Acara Pidana untuk Masyarakat dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kusuma Negara Jakarta Mohammad Masthuro
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1553

Abstract

Penelitian ini ditujukan agar masyarakat umum dan mahasiswa non jurusan hukum mampu memahami hukum acara pidana. Sangat penting bagi mereka mengetahui hak-hak sebagai warga negara terutama dalam proses perkara pidana sejak perkara itu terjadi. Salah satu tujuannya adalah menemukan kebenaran materiil, yaitu dengan menerapkan upaya penegakan hukum dalam proses persidangan secara objektif, berdasarkan alat bukti yang dihadirkan di persidangan, dan dengan menganggap bahwa tersangka atau terdakwa belum terbukti bersalah sampai adanya putusan hakim yang berkekuatan hukum tetap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat yuridis-normatif dengan menggunakan data bahan hukum primer, sekunder, dan tersier, seperti: peraturan perundang-undangan, buku, literatur, dan dengan memaparkan informasi dari berbagai sumber yang selanjutnya dilakukan analisis. Pembahasan ini menggunakan peraturan perundang-undangan Pidana. Dalam Pasal 184 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) Ayat (1) diatur tentang bahan keterangan seperti keterangan saksi, keterangan ahli, surat, petunjuk, keterangan terdakwa. Berdasarkan hal tersebut maka Hakim akan lebih mudah dalam mendapatkan keyakinan dalam menentukan suatu perbuatan pidana dan mengambil keputusan tetapi dalam praktek disidang pengadilan keyakinan hakim tidak cukup hanya dari apa yang diatur dalam pasal tersebut, namum bisa diperoleh pula dari barang bukti yang dihadirkan disidang pengadilan dalam menjatuhkan putusan.
Students’ Competency Development in Writing Fiction through Mind Mapping Techniques Abdul Wahid; Sudjoko Sudjoko
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1564

Abstract

This study aims to improve Students’ writing competence on fiction to the 4th grade students in Elementary School. This research conducted in the Cijantung 03 Pagi of public elementary school. The teaching learning process was conducted in 2 cycles. On the pre-research, students’ competence on fiction was still low. It yelled 55% of students or 20 of 32 students had lower score (below the minimum completeness criteria/Kriteria Ketuntasan Minimum), after teaching learning process on the first cycle, students ‘writing skill on fiction increased till 75%, then in the 2nd cycle increased to 95%. It can be concluded that using mind mapping technic can increased students’ writing competence on fiction.
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa dengan Menggunakan Metode Problem Based Learning Wardhani Ikawati
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1567

Abstract

Latar belakang penelitian tindakan kelas ini yakni rendahnya nilai bahasa Inggris, dimana siswa kesulitan memahami isi bacaan dalam text bahasa Inggris. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Inggris dengan menggunakan problem based learning. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa dengan metode pembelajaran berbasis masalah atau metode problem based learning suasana dalam pembelajaran berubah menjadi menyenangkan hal ini dapat dilihat dari hasil siklus 1 dan 2 dimana, pada siklus 1 siswa mulai tertarik untuk belajar bahasa Inggris dan pada siklus ke 2 siswa terlihat lebih bersemangat untuk belajar bahasa inggris.
Analisis Bibliometrik Perkembangan Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Menggunakan VOSViewer Dinda Rizki Lestari; Winny Josephine; Asep Nuryadin
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1586

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan publikasi-publikasi terkait pembelajaran online dengan aplikasi zoom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis blibiometrik dengan menggunakan aplikasi VOSViewer. Data publikasi dikumpulkan menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk memperoleh data artikel pada jurnal-jurnal yang terindeks Google Scholar. Diperoleh data sebanyak 240 artikel yang relevan dari rentang tahun 2019 sampai 2022. Pada tahun 2019 sebanyak 3 artikel, 2020 sebanyak 55 artikel, 2021 sebanyak 115 artikel, dan tahun 2022 sebanyak 67 artikel Hasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi perkembangan penelitian terkait pembelajaran online dengan aplikasi zoom pada 4 tahun terakhir ini (2019-2022). Perkembangan penelitian mengalami peningkatan pada tahun 2019 sampai tahun 2021 dan mengalami penurunan pada tahun 2022. Topik yang baru-baru ini sering dibahas selain kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah media, assessment, student motivation, skill, strategy, course, dan mathematics. Namun, terdapat beberapa topik, seperti assessment, child, integrations, dan foreign language yang masih jarang dibahas, sehingga dapat menjadi bahan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian berdasarkan topik tersebut.
Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Jihan Safira Ramadhani; M. Bayu Firmansyah; Ifin Tri Wilujeng; Nafisah Nilamsari Putri; Durotun Nafisah
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1588

Abstract

Media pembelajaran adalah alat yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan materi. Seiring berkembangnya teknologi, media pembelajaran hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah podcast. Tujuan dari penelitian ini adalah  memaparkan proses penggunaan podcast Spotify sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan desain penelitian studi pustaka. Data penelitian ini diambil dari beberapa buku, jurnal, dan prosiding yang membahas topik serupa. Hasil penelitian ini adalah langkah-langkah pemanfaatan podcast Spotify sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Adapun langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pendidik yaitu: (1) Mengawali pembelajaran dengan mengadakan pretes untuk menguji kemampuan analisis peserta didik; (2) Mendengarkan materi melalui podcast Spotify yang telah dipersiapkan; (3)  Postes dapat diberikan usai peserta didik mendengarkan podcast. Postes ini berguna menguji pengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik setelah mendengarkan materi di dalam Spotify. Penggunaan podcast sebagai media pembelajaran dapat melatih kemampuan menyimak peserta didik.
Transformasi Pendidikan Politik Mencegah Politik Uang pada Pemilu Pemilihan Langsung Legislatif dan Eksekutif Syamsu Ridhuan
Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi
Publisher : LPPM STKIP Kusuma Negara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37640/jip.v14i2.1601

Abstract

Pesta demokrasi pemilu pemilihan langsung legislatif dan eksekutif, sudah menjadi agenda nasional dan daerah, rutin dilaksanakan setiap 5 tahun. Bukan rahasia lagi bahwa setiap perlehatan pemilihan langsung, akan ditemukan jargon “ada uang ada suara” anda berani bayar berapa? Meskipun tidak secara keseluruhan terjadi pada insan pemilih, namun aktivitas transaksi pembelian suara sebagai bentuk tindakan money politic telah menciderai wajah domokrasi menjadi ajang pemilu koruptif. Salah satu penangkal yang diprediksi dapat mencegah dan mengurangi aktivitas politik uang secara masif adalah melakukan pencerdasan terhadap pemilih melalui transformasi pendidikan politik. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan hasil transformasi pendidikan politik dalam mencegah poltik uang pada pemilu pemilihan langsung eksekutif dan legislatif. Metode penelitian studi kepustakaan dan survey. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa transformasi pendidikan politik yang dilaksanakan oleh institusi KPU, Bawaslu dan Kesbangpol telah memberikan pengetahuan yang signifikan, tetapi masih belum berhasil merubah sikap dan perilaku melakukan poitik uang. Disarankan institusi KPU, Bawaslu dan Kesbangpol perlu bersinergi dengan aparat penegak hukum untuk melakukan pencegahan dan penindakan secara tegas dan terukur terhadap pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh oknum tim sukses dan pemilih.

Page 1 of 1 | Total Record : 10