cover
Contact Name
Suesthi Rahayuningsih
Contact Email
esthiachmad@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
majamath2017@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. mojokerto,
Jawa timur
INDONESIA
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 2615465X     EISSN : 26144204     DOI : -
Core Subject : Education,
Majamath: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memuat kajian-kajian ilmiah tentang matematika dan pendidikan matematika antara lain pembelajaran matematika, matematika terapan , teknologi pembelajaran dan matematika murni, dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis. Jurnal yang terbit dua kali setahun, bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023" : 6 Documents clear
Peramalan Harga Eceran Rata-rata Beras dengan Metode Trend : (Studi Kasus Harga Eceran Rata-rata Beras di Kota Padang) Mohamad Syafii; Rani Kurnia Putri; Lilis Suriani; Lilis Harianti Hasibuan
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan analisis trend pada peramalan harga eceran rata-rata beras di kota Padang. Data yang digunakan adalah data harga eceran rata-rata beras di Kota Padang pada Juli 2020 – Desember 2021. Analisis trend merupakan suatu metode analisis yang ditujukan untuk melakukan suatu estimasi atau peramalan pada masa yang akan datang. Variabel penelitian yang digunakan pada ini adalah harga eceran rata-rata beras pada periode tertentu sebagai variabel terikat dan periode waktu dalam bulan sebagai variabel bebas. Ada tiga jenis model trend yang digunakan pada penelitian ini yaitu trend linier, trend kuadratik dan trend eksponen. Tingkat kesalahan dalam peramalan diuji dengan menggunakan mean absolute percent error (MAPE). Berdasarkan hasil perhitungan MAPE diperoleh model peramalan harga eceran rata-rata beras terbaik, yaitu menggunakan model trend kuadratik dikarenakan model trend tersebut mempunyai tingkat kesalahan paling kecil.
Analisis Model Seirs terhadap Kecanduan Gadget Anak Usia Dini dengan Metode Runge-Kutta Orde-5 Ayu Annisa Suratna; Hendra Cipta; Rina Filia Sari
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2470

Abstract

Penelitian ini membahas tentang kecanduan gadget yang dialami oleh anak usia dini menggunakan model matematika SEIRS, yang kemudian dianalisis menggunakan Runge-Kutta Orde ke-5. Hasil dari penelitian ini adalah model matematika dS/dt=-0.14SI+0.03R, S(0)=5; dE/dt=0.14SI-0.012E, E(0)=22; dI/dt=0.006E-0.01I, I(0)=4; dR/dt=0.01I+0.012E-0.03R, R(0)=19. Dari model tersebut dihasilkan nilai iterasi dengan menggunakan Metode Runge-Kutta orde ke 5 pada waktu t=1 sampai t=3 dan ukuran langkah h=1 . Solusi model matematika SEIRS menghasilkan iterasi yang mengalami kenaikan dan penurunan. Namun, Metode Runge-kutta dinyatakan efektif dalam penyelesaian Model SEIRS karena angka galat yang dihasilkan mendekati nilai 0.
Prediksi Jumlah Siswa Baru Menggunakan Least Square Method Riski Aspriyani; Mizan Ahmad
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2517

Abstract

In the process of admitting new students, each school has a different strategy to increase the number of applicants and the number of students accepted. The publication strategy is structured to achieve the expected goals or to get the number of students according to the quota. The publication strategy will work well if the school has predictive data on the number of students that will come. Therefore, researchers do research with the purpose to predict the number of new students at SMA Ya Bakii 1 Kesugihan using the Trend Linear model with the Least Square to the number of new students from 2002/2003 to 2022/2023. The results of the analysis show that the Least Square Method prediction model in the form of y =49.424+4.463x gives accurate or good results with a MAPE value of 11.996%. While the prediction results for the next five years, namely 2023/2024, 2024/2025, 2025/2026, 2027/2028, and 2029/2030 are 148 students, 152 students, 157 students, 161 students, and 165 students.
Pembelajaran Bilingual Berbasis Etnomatematika Situs Candi Brahu Ahmad Nafiul Abror; Nuril Badiatus Sa’adah; Wahyu Pangastuti Indarwati; Suesthi Rahayuningsih
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2523

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP ditinjau dari pengumpulan data, interpretasi data, dan lain-lain. melalui pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika pada materi yang diterjemahkan secara objektif menggunakan angka. dan penampilan serta hasilnya.Pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika dapat dicapai dengan membangun pengalaman yang bermakna dan berfokus pada budaya di dalam dan di luar kelas. Kegiatan ini dapat memperkuat dan memperdalam pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika melalui situs cagar budaya termasuk Candi Brahu. Kerjasama antara siswa, guru, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat dapat menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa, terutama kemampuan mereka untuk memahami konsep dan keterampilan pemecahan masalah matematika siswa kususnya pada materi translasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa 22 dari 24 siswa memiliki kriteria jawaban baik. Hal ini menunjukkan bahwa sebesar 91,67% siswa memiliki minat baik terhadap kegiatan pembelajaran bilingual berbasis etnomatematika situs candi brahu.
Pengembangan E-Book Bangun Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas III Sekolah Dasar Wiwik Andriani; Tatag Yuli Eko Siswono; Tri Dyah Prastiti
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2544

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kelayakan media e-book bangun datar dan menjelaskan apakah berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sesudah belajar dengan media e-book bangun datar. Latar belakang diadakan penelitian ini karena tingkat berpikir kritis siswa rendah pada materi keliling bangun datar. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan model ADDIE. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan N-gain. Diperoleh persentase 90% dari orang yang kompeten di bidang materi, 91% dari orang yang kompeten di bidang bahasa, serta 92% dari orang yang kompeten di bidang media. Hasil uji kepraktisan dilihat dari hasil angket siswa diperoleh 92% artinya sangat praktis digunakan. Tingkat efektivitas berdasarkan posttest siswa secara individu dan klasikal mendapat nilai >71 termasuk dalam kategori tuntas, hal tersebut membuktikan media e-book bangun datar efektif digunakan. Berdasarkan hasil uji kelayakan media diketahui bahwa media e-book bangun datar layak dipakai dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis. Hasil perhitungan menggunakan uji-t diperoleh rata-rata posttest sebesar 85,66 lebih tinggi dibandingkan nilai pretest sebesar 38,73. Hasil perhitungan menggunakan uji N-gain diketahui rata-ratanya sebesar 0,7 dalam rentang 0,3 ? g ? 0,7 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t dan N-gain bisa ditarik kesimpulan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat secara signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media e-book bangun datar dalam proses belajar mengajar.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Geogebra pada Kubus untuk Mengembangkan Kemampuan Spasial Siswa Sigit Raharjo; Astrino Purmanna; Kus Andini Purbaningrum; Riche Ramayanti; Dea Mei Cahya Muhti
MAJAMATH: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. 6 No. 1 (2023): Vol 6 No 1 Maret 2023
Publisher : Prodi Pendidikan matematika Universitas Islam Majapahit (UNIM), Mojokerto, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36815/majamath.v6i1.2560

Abstract

The development of science and technology affects the emergence of interactive learning media. Interactive learning media is expected to be able to foster students’ learning motivation and spatial abilities. This study aimed to develop learning media based on geogebra software on cubes to deveop students’ spatial ability. This study applies the ADDIE model (analysis, design, development implementation, evaluation) as a research and development model for creating interactive learning media using geogebra on cube theory. Tha sample in this study amounted to 20 students where these students had not received theory about cubes. The research data was obtained through filling out a questionnaire evaluation test for students’ responses to learning. The quality of geogebra based learning media is related to three criteria, namely validity, practicality, and effectiveness. Based on the results of the research and analysis carried out, the interactive learning media that has been developed meets good validity criteria, can be used practically in learning and is able to grow students’ spatial ability in cube theory

Page 1 of 1 | Total Record : 6