cover
Contact Name
Nurhikma Ramadhana
Contact Email
nurhikma@unsulbar.ac.id
Phone
+6285242198162
Journal Mail Official
ijes@unsulbar.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H., Talumung, Majene, Sulawesi Barat
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
ISSN : 26554402     EISSN : 26226197     DOI : https://doi.org/10.31605/ijes.v3i2
Core Subject : Education,
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) is a journal managed by the Faculty of Teacher Training and Education (FKIP) of West Sulawesi University which will publish articles of research related to Role of technology in education, application of psychological concepts to education, importance of curriculum development, sociology of education, Higher Education, Conseling Guidance, Early childhood Education
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)" : 9 Documents clear
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia yang Mengintegrasikan Model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS untuk SMA Faderina Komisia; Maria Benedikta Tukan; Maria Aloisia Uron Leba
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1408

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran yang menerapkan Model Auditory Intellectually Repetition yang dintegrasikan dengan Strategi Motivasi ARCS; Mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran kimia yang mengintegrasikan model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS; Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran kimia; Mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran kimia yng mengintegrasikan model Auditory Intellectually Repetition dan Strategi Motivasi ARCS. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMAN 12 Kota Kupang, NTT. Desain Penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini berfokus pada pengembangan perangkat berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Lembar Kerja Siswa. Perangkat pembelajaran divalidasi oleh pakar dan kemudian diujicobakan. Variabel yang diidentifikasi adalah validitas, keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa dan respon siswa. Capaian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa RPP & LKS, yang dikembangkan dinyatakan layak untuk diimplementasikan ke lapangan, Keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang menerapkan model auditory intellectually repetition yang diintegrasikan dengan strategi motivasi ARCS berkategori baik; Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dalam kegiatan pembelajaran sehingga proses pembelajaran di kelas lebih terpusat pada siswa; Respon siswa adalah positip/baik.
Analisis Permasalahan Guru SMA terkait Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Selama Proses Pembelajaran Berbasis Hybrid Learning di Kabupaten Bone Bolango Muh. Nur Akbar; Lilan Dama; Mohammad Andre Ibrahim; Siti Ainun Mabuia; Anisa Handani Uno
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan yang dialami guru SMA dalam menggunakan media pembelajaran biologi selama proses pembelajaran Hybrid berlangsung di SMA yang berada di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tapa, SMA Negeri 1 Suwawa dan SMA Negeri 1 Kabila. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan metode wawancara dengan guru dan observasi kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian meunjukkan bahwa guru mampu mengoperasikan media pembelajaran dengan baik hanya untuk siswa yang mengikuti pembelajaran secara tatap muka sedangkan untuk pembelajaran yang berlangsung secara daring, guru mengalami kesulitan. Kusilitan guru menggunakan media pembelajaran dalam proses Hybrid Learning dipengaruhi oleh kurangnya pemahaman guru terkait pemanfaatan media pembelajaran untuk dapat dioperasikan baik secara daring maupun tatap muka, penggunaan media pembelajaran yang bersifat konvensional dan tidak ditunjangnya fasilitas yang memadai untuk menjalankan proses pembelajaran secara Hybrid Learning. Adapun kesimpulan penelitian ini memberikan rekomendasi terkait pemanfaatan media pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi dan dapat digunakan baik secara tatap muka maupun virtual agar guru dengan mudah mengoperasikan dapat dengan mudah memanfaatkan media pembelajaran dan memberikan pemahaman yang sama baiknya bagi siswa dan memberikan pelatihan kepada guru untuk teknis pelaksanaan proses pembelajaran secara Hybrid Learning.
Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Pancasila pada Mahasiswa PPKn Universitas Jambi Kuswanto Kuswanto
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1508

Abstract

Kendala yang sering terjadi dalam proses pembelajaran adalah penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yang diajarkan. Agar mahasiswa berminat mengikuti pembelajaran perlu didukung dengan model yang menarik, sehingga dapat meningkatkan keberhasilan belajar. Tujuan penelitian ini berupaya meningkatkan minat belajar mahasiswa mengikuti pembelajaran Pancasila melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning (PBL)). Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Berdasarkan hasil tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukan adanya peningkatan minat belajar pada setiap siklusnya. Pada siklus I, penerapan model PBL belum maksimal (56%) menyebabkan sebagian besar mahasiswa (38%) mahasiswa masih kurang berminat menngikuti pembelajaran Pancasila. Pada siklus II, penerapan model PBL ditingkatkan (72%), minat belajar mahasiswa meningkat (54%). Pada siklus III, sebagaian besar mahasiswa (67%) memiliki minat belajar yang baik setelah model PBL ditingkatkan penerapnya hingga mencapai 88 persen. Model PBL akan efektif dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa apabila penerapannya dilakukan dengan baik sesuai dengan prosedur dan karakteristik mahasiswa.
Kreatifitas Guru Mendesain Pembelajaran: Kajian Fenomenologi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Fitrotul Mufaridah; Topo Yono; M. Fikrul Ikhtiar; Pandhutama Raharjo
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1031

Abstract

Learning during the Covid-19 pandemic was designed by teachers who were often considered abnormal because it was different from learning activities during normal times. Both teachers and students experience obstacles in carrying out learning, both offline and online. For this reason, this study aims to describe how the learning phenomenon during the Covid-19 pandemic in Bangkalan Madura, and how the teacher's creativity is in designing learning. Data collection was carried out through questionnaires, interviews, and observation of learning design documents carried out during the pandemic. This study used a qualitative descriptive analysis of Miles and Huberman. The results of this study indicate that there are two different phenomena of changes in the form of learning implementation and creative learning designs carried out by two teachers from different schools in Bangkalan Madura. Changes in form occur referring to the accessibility aspect of the implementation of learning by paying attention to the obstacles faced by both teachers and students. This change in form provides teachers with literacy challenges, both digital literacy, and creativity. This research proves that teachers' creativity in realizing 21st-century learning in this pandemic has become increasingly sharp. Two phenomena of changing the form of learning implementation and the creativity of learning designs carried out by teachers during this pandemic can be examples or references for other teachers in carrying out blended learning or online learning during the pandemic.
Pengaruh Penerapan Blended Learning Dengan Google Classroom Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa di Masa Pandemi Covid-19 Amran Yahya; Nurhidayah Nurhidayah
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1271

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan Blended Learning dengan Google Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain one grup pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN Tinambung tahun ajaran 2021/2022 yaitu kelas X OTKP. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mengukur motivasi belajar dan tes (pretest dan posttest) untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan program SPSS for windows. Berdasarkan analisis deskriptif terhadap hasil belajar (posttest) diketahui bahwa rata-rata nilai siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Blended Learning dengan Google Classroom sebesar 81,87. Uji hipotesis yang digunakan adalah Multivariate test dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penerapan Blended Learning dengan Google Classroom terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa.
Pengaruh Media Kartu Dalam Model Pembelajaran Joyful Learning Untuk Mengembangkan pemahaman Konsep Siswa Materi Pecahan Kelas V SDN 1 MASIRI Sardin Sardin; La Eru Ugi; Riska Amaliya Harsi
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1329

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh signifikan penggunaan media kartu dalam model pembelajaran Joyful Learning dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Masiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan media kartu dalam model pembelajaran Joyful Learning dalam mengembangkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan kelas V SD Negeri 1 Masiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen, dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Masiri sedangkan sampel yaitu kelas VB sebagai kelas eksperimennya dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan yakni statistik deskriptif dan sttatitik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata kemampuan dalam pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 56,25 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-ratanya sebesar 33,33. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis di peroleh bahwa thitung = 2,446 dengan df = 29 dan signifikan (2-tailed) = 0,021 < (α) (0,05) sehingga disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti bahwa rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berbeda secara nyata. Artinya ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Joyful Learning terhadap pemahaman konsep peserta didik SD Negeri 1 Masiri
Hubungan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau Anwar Anwar; Mardiana Mardiana
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1330

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kedisplinan belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau?. (2) Bagaimanakah prestasi belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau?. (3) Apakah ada hubungan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau?. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kedisiplinan belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. (2) Prestasi belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. (3) Hubungan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau. Sedang Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuatitatif dengan pendekatan ex post facto. Data instrumen dalam penelitian ini adalah data angket kedisiplinan belajar dan prestasi belajar matematika siswa yaitu nilai rapor pada aspek pengetahuan siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi linear: . Dengan nilai t sebesar 5.495, signifikan pada 0.000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H1 diterima, atau H0 ditolak. Artinya ada hubungan yang signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Baubau
Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Buton Sardin Sardin; Sukrillah Sukrillah
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1517

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran tutor sebaya efektif ditinjau dari hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tutor sebaya ditinjau dari hasil belajar matematika kelas VII SMP Negeri 4 Buton. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design. Penelitian ini menggunakan model Pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 65 siswa yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VII A1, VII A2, VII B1 dan VII B2. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling dan terpilih kelas VII B1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII A1 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Independent Samples T Test . Berdasarkan hasil analisis data dengan statistik deskriptif diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol yaitu, pretest sebesar 54,125 dan posttest sebesar 64,875 sedangkan kelas eksperimen yaitu, pretest sebesar 54 dan posttest sebesar 78,25. Sedangkan berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung=-3,077<ttabel = 2,042 atau nilai signifikan (2-tailed) yaitu sebesar 0,004 sehingga Sig.<0,05(0,004 < 0,05) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Buton. Hal ini diperkuat dengan hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus efisiensi relatif dimana diperoleh nilai R<1(0,504<1) yang berarti bahwa model pembelajaran tutor sebaya efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.
Gaya Humor dan Perilaku Cyberbullying pada Remaja Aulia Triatmi Astharini Abdullah; Rohmah Rifani; Andi Nasrawati Hamid
Indonesian Journal of Educational Science (IJES) Vol 4 No 2 (2022): Indonesian Journal of Educational Science (IJES)
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/ijes.v4i2.1519

Abstract

This study aims to determine the relationship between humor style and cyberbullying behavior among adolescents in Makassar City. The research population is the age range of 15-19 years. Respondents 420 SMP, SMA, and SMK students were obtained through the distribution of online questionnaires using google-form with the help of their school counselors. The humor style questionnaire was arranged based on the humor style dimensions of Martin (2003), namely self-enhancing, aggressive, affiliative, and self-defeating, while the cyberbullying behavior questionnaire was arranged based on three aspects of cyberbullying behavior by Lee, Abell, and, Holmes (2015), namely verbal/written bullying, visual/sexual bullying, and social exclusion. The results showed that there are two styles of humor that have a significant relationship with cyberbullying behavior in adolescents around Makassar City, namely the affialitive humor style and the aggressive humor style. Affiliative humor style has a significant negative relationship with cyberbullying behavior, aggressive humor style has a significant positive relationship with cyberbullying behavior. While the other two styles of humor, namely self-enhancing humor and self-defeating humor, did not show a significant relationship with cyberbullying behavior.

Page 1 of 1 | Total Record : 9