cover
Contact Name
Noor Hasanah
Contact Email
jurnalptkftk@uin-antasari.ac.id
Phone
+6281255123605
Journal Mail Official
ekowahyu@uin-antasari.ac.id
Editorial Address
Jl. A. Yani Km. 4,5 Banjarmasin (Kampus 1 UIN Antasari Banjarmasin
Location
Kota banjarbaru,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Jurnal PTK dan Pendidikan
ISSN : 24601780     EISSN : 25492535     DOI : 10.18592/ptk
Core Subject : Education,
Jurnal PTK dan Pendidikan is educational journal containing classroom action research and current issues of educational research. This journal publish article biannually on June and December. This is open access journal and free charge of publication. This journal published by Teacher and Training Faculty State Islamic University of Antasari Banjarmasin.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI" : 12 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 TAPIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH Rismarini, Rismarini
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.938 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3056

Abstract

Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 harus didesain semenarik mungkin dan sedekat mungkin dengan lingkungan siswa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menggali informasi dari materi yang akan dipelajari. Pembelajaran direncanakan sedemikian rupa agar siswa dapat menemukan konsep sendiri berdasarkan pengetahuan awal sehingga akan lebih bermakna. Hal ini didukung oleh pendapat dari Trianto yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan dapat dilakukan oleh siswa yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu, memotivasi siswa untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.Aktivitas guru kelas pada pertemuan 1 siklus I sebesar 68,8% pada pertemuan 2  siklus 1. Setelah siklus 2 mengalami peningkatan dari 77,1% pada pertemuan 1 menjadi 89,6% pada pertemuan kedua (siklus 2). Aktivitas siswa pada siklus I didominasi cukup aktif (pertemuan 1 didominasi cukup aktif dengan nilai 68,64% dan pertemuan ke 2 menjadi 72,72%. Pada siklus II meningkat yaitu dari mayoritas cukup aktif mulai meningkat ke aktivitas aktif  (Siklus II pertemuan 1) sebesar 27,28% dan cukup aktif 52,54% dan pada pertemuan ke 2 didominasi aktivitas sangat aktif sebesar 63,63% dan yang cukup aktif 31,82% (secara keseluruhan dari aktif dikategorikan sangat aktif). Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal siklus I pertemuan pertama sebesar 63,63%, pertemuan kedua 68,18%, siklus II pertemuan pertama sebesar 77,27% dan pertemuan kedua 95,45%.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN MELAWAN PENJAJAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE Wahidah, Nazaratun
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (575.146 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3057

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang minatnya siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah dikarenakan materi lebih kepada pengetahuan yang bersifat hapalan sehingga siswa lemah dalam penguasaan konsep. Hal ini mengakibatkan anak pasif, kurang bersemangat, kurang perhatian, kurang bergairah, bosan dan tidak termotivasi sehingga materi tidak dapat diserap dengan baik serta rendahnya hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rancangan 2 siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di MIN 6 Tapin, siswa kelas V pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan perempuan 13 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 62,80%, pertemuan 2 adalah 71,87%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 adalah sebesar 81,45% dan pada pertemuan 2 sebesar 97,90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dapat mencapai ketuntasan belajar secara individual pada silus I pertemuan 1 sebesar 41,66% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 75,00%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 91,70% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 95,83%. Jadi metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE TEKA-TEKI SILANG Ridawati, Siti
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (571.523 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3191

Abstract

Metode Teka-Teki Silang dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang baik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar yang sedang berlangsung. Tujuan Penelitian untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar siswa setelah penerapan metode Teka-Teki Silang pada pembelajaran IPS di kelas VIII A SMP Negeri 288 Banjarmasin, dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada siklus I rata-rata persentase indikator minat belajar siswa adalah 62%. Pada siklus II menjadi 70% atau mengalami peningkatan sebesar 8%. Pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 18% sehingga menjadi 88%. Hasil belajar siswa persentase siswa yang mencapai nilai KKM pada siklus I sebesar 20% meningkat menjadi 60% pada siklus II.
PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSEP REDOKS DAN ELEKTROLISIS DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XII MIPA 1 SMAN 12 BANJARMASIN Saidah, Saidah
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.234 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.2304

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dengan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran Kimia melalui kegiatan laboratorium pada Konsep Redoks dan Elektrolisis dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar kelas XII MIPA 1 pada SMAN 12 Banjarmasin tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan adalah Peneltian Tindakan Kelas dengan jumlah siswa 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar aktivitas siswa. Hasil Penelitian pada siklus I yang paling banyak adalah beraktivitas baik yakni 23 siswa (60,53%), sedangkan aktivitas siswa cukup sebanyak 15 siswa (39,47%) sedangkan pada siklus II aktivitas siswa yang paling banyak adalah berkativitas baik sekali yakni 30 siswa (78,95%), sedangkan aktivitas siswa baik sebanyak 8 siswa (21,05%). Hasil belajar siswa Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 siswa (44,74%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 21 siswa (55,26%). Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 34 siswa (89,47%) sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (10,53%). Perubahan ketuntasan siswa pada siklus I ke II dengan tingkatan sebesar 44,73%.
PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ALQURAN HADITS MATERI MUJAHADAH AN NAFS, HUSNUZZAN DAN UKHUWAH Rahmawati, Rahmawati
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (763.053 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3043

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah.
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 MAN 2 BANJARMASIN PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI PENGGUNAAN POWER POINT Khairunnisawati, Khairunnisawati
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): JANUARI - JUNI
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (790.882 KB) | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3055

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak materi terpuji dalam pergaulan remaja melalui penggunaan power point. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan power point pada materi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Pelaksanaan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Alquran Hadits Materi Mujahadah An Nafs, Husnuzzan dan Ukhuwah Rahmawati Rahmawati
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3043

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan yaitu untuk meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar Alquran Hadits siswa pada materi mujahadah an nafs, husnuzzan dan ukhuwah.
Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 2 Banjarmasin pada Materi Akhlak Terpuji Melalui Penggunaan Power Point Khairunnisawati Khairunnisawati
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3055

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar aqidah akhlak materi terpuji dalam pergaulan remaja melalui penggunaan power point. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik tes. Selanjutnya, dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan power point pada materi akhlak terpuji dalam pergaulan remaja dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Tapin melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Rismarini Rismarini
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3056

Abstract

Pembelajaran tematik dalam Kurikulum 2013 harus didesain semenarik mungkin dan sedekat mungkin dengan lingkungan siswa untuk menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga dapat membangkitkan semangat siswa dalam menggali informasi dari materi yang akan dipelajari. Pembelajaran direncanakan sedemikian rupa agar siswa dapat menemukan konsep sendiri berdasarkan pengetahuan awal sehingga akan lebih bermakna. Hal ini didukung oleh pendapat dari Trianto yang menjelaskan bahwa proses pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan dapat dilakukan oleh siswa yang disiapkan oleh pendidik melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menyenangkan untuk membangkitkan rasa ingin tahu, memotivasi siswa untuk berpikir kritis, dan menemukan hal-hal baru.Aktivitas guru kelas pada pertemuan 1 siklus I sebesar 68,8% pada pertemuan 2  siklus 1. Setelah siklus 2 mengalami peningkatan dari 77,1% pada pertemuan 1 menjadi 89,6% pada pertemuan kedua (siklus 2). Aktivitas siswa pada siklus I didominasi cukup aktif (pertemuan 1 didominasi cukup aktif dengan nilai 68,64% dan pertemuan ke 2 menjadi 72,72%. Pada siklus II meningkat yaitu dari mayoritas cukup aktif mulai meningkat ke aktivitas aktif  (Siklus II pertemuan 1) sebesar 27,28% dan cukup aktif 52,54% dan pada pertemuan ke 2 didominasi aktivitas sangat aktif sebesar 63,63% dan yang cukup aktif 31,82% (secara keseluruhan dari aktif dikategorikan sangat aktif). Hasil belajar dengan ketuntasan klasikal siklus I pertemuan pertama sebesar 63,63%, pertemuan kedua 68,18%, siklus II pertemuan pertama sebesar 77,27% dan pertemuan kedua 95,45%.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS pada Materi Perjuangan Melawan Penjajah melalui Model Pembelajaran Word Square Nazaratun Wahidah
Jurnal PTK dan Pendidikan Vol 5, No 1 (2019): Januari - Juni
Publisher : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Antasari

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.18592/ptk.v5i1.3057

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang minatnya siswa pada pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajah dikarenakan materi lebih kepada pengetahuan yang bersifat hapalan sehingga siswa lemah dalam penguasaan konsep. Hal ini mengakibatkan anak pasif, kurang bersemangat, kurang perhatian, kurang bergairah, bosan dan tidak termotivasi sehingga materi tidak dapat diserap dengan baik serta rendahnya hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rancangan 2 siklus. Siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Setting penelitian ini dilaksanakan di MIN 6 Tapin, siswa kelas V pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 24 orang terdiri dari 11 orang laki-laki dan perempuan 13 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa siklus I pertemuan 1 adalah 62,80%, pertemuan 2 adalah 71,87%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 adalah sebesar 81,45% dan pada pertemuan 2 sebesar 97,90%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan dapat mencapai ketuntasan belajar secara individual pada silus I pertemuan 1 sebesar 41,66% kemudian meningkat pada pertemuan 2 sebesar 75,00%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 91,70% dan meningkat pada pertemuan 2 sebesar 95,83%. Jadi metode pembelajaran Word Square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa

Page 1 of 2 | Total Record : 12