cover
Contact Name
Rifda Mardian Arif
Contact Email
jurnal.jeej@ung.ac.id
Phone
+6282219951598
Journal Mail Official
jurnal.jeej@ung.ac.id
Editorial Address
Street of Jend. Sudirman No.6, Kota Tengah, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Elementary Education Journal
ISSN : -     EISSN : 27236307     DOI : https://doi.org/10.37411/jeej
Core Subject : Education,
The Jambura Elementary Education Journal is published by the Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, State University of Gorontalo. This jurnal is intended to publish articles on the results of thought, research and community service. The aim of this Journal is to have research results specifically on the education of elementary school teachers from practitioners, academics, researchers, and education observers. The scope of articles published is about basic education or elementary school related to the theory and practice of teaching and learning, curriculum development, learning materials, learning models, learning methods and learning media. The Jambura Basic Education Scientific Journal is published twice a year in June and December
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020" : 5 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sifat-Sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar Irvin Novita Arifin; Taufik Masengge
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-sifat Benda Melalui Metode Eksperimen di Sekolah Dasar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada sifat-sifat benda melalui metode eksperimen di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yakni Penelitian Tindakan Kelas. Hipotesis penelitian jika guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar akan meningkat. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menggunakan metode eksperimen maka hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas IV sekolah dasar meningkat. Adapun hasil yang diperoleh yaitu pada siklus I Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 80 dari jumlah keseluruhan 22 siswa sebanyak 3 siswa dengan presentase 13,64% yang mencapai ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut baik proses maupun hasil belajar siswa yaitu dari pemantauan peran aktif siswa masih belum terlihat selama pembelajaran dikarenakan siswa merasa bingung dan kurang semangat dalam pembelajaran, karena belum terbiasa dengan metode yang diterapkan oleh guru, ada beberapa siswa terlihat pasif dalam pelaksanaan pembelajaran. Siswa kurang berani menjawab pertanyaan guru, hanya siswa tertentu terlihat aktif. Berdasarkan data tersebut maka penelitian tindakan kelas ini perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 20 siswa dari keseluruhan jumlah siswa 22 orang dengan presentase 90,9%. Berdasarkan data hasil belajar siswa tersebut maka jelas bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat benda di kelas V
Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Asni Ilham; Nurmala Danial
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang berjumlah 20 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 2 Talaga Jaya dengan menggunakan teknik sampling Jenuh. Data penelitian berupa data hasil belajar diperoleh melalui instrument pre test dan pos test berupa 10 soal pilihan ganda. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttet Design. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t mendapatkan nilai sebesar -14,916, nilai pada taraf signifikan 5% dk = n-1 (20-1= 19) dengan menggunakan uji dua pihak maka diperoleh sebesar 2.093. Bila harga jatuh pada daerah penerimaan Ha, maka Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika reaslitik terhadap hasil belajar maematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo diterima. Berdasarkan perhitungan ternyata t hitung -14,916 jatuh pada penerimaan Ha atau penolakan Ho. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika di kelas II SDN 2 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo.
Hubungan Antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Muhammad Sarlin; Karmila Mursid
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan sampel kelas V dan berlokasi di Kota Gorontalo, dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data secara korelasional. Data dalam penelitian ini dipeoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini merupakan merupakan data primer yang dintinjau dari sumbernya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik regresi linear. Teknik analisis data ini digunakan untuk melihat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa dalam penelitian ini analisis data terdiri dari beberapa bagian yakni: 1). Uji Normalitas, 2). Uji Linieritas regresi, 3). Uji Hipotesis, 4).Uji Signifikasi, 5). Koefisien Determinasi. Sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa atau satu robongan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar nilai korelasi sebesar 76,20%. Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti model pembelajaran, stimulus guru, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kepribadian siswa serta lingkungan belajar siswa. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Minat Belajar dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar dengan sampel kelas V dan berlokasi di Kota Gorontalo, dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data secara korelasional. Data dalam penelitian ini dipeoleh melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini merupakan merupakan data primer yang dintinjau dari sumbernya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan statistik regresi linear. Teknik analisis data ini digunakan untuk melihat hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar IPS siswa dalam penelitian ini analisis data terdiri dari beberapa bagian yakni: 1). Uji Normalitas, 2). Uji Linieritas regresi, 3). Uji Hipotesis, 4).Uji Signifikasi, 5). Koefisien Determinasi. Sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa atau satu robongan belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa minat belajar siswa memiliki hubungan positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar nilai korelasi sebesar 76,20%. Sedangkan sisanya sebesar 23,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti model pembelajaran, stimulus guru, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual dan kepribadian siswa serta lingkungan belajar siswa. Hasil koefisien positif menunjukan bahwa semakin tinggi minat belajar siswa maka akan semakin optimal pula prestasi yang diperoleh oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran IPS
Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Carousel Feedback diPadukan Metode Fish Bowl Rahidhatul Laila Agustina; Rifda Mardian Arif
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to escribe science learning using a carousel feedback learning model combined with the fishbowl method to improve the learning achievement of fifth grade students at SDN Cahaya Baru in Jejangkit District, Barito Kuala Regency. This type of research is classroom action research ( PTK ) , is collaboration . Data collection techniques used were interviews , observation and tests .The results of the data analysis showed the implementation of the first cycle of lesson plan 1, the average percentage of lesson plan implementation was 96% (very good category), the first cycle of meeting 2 the percentage of lesson plan implementation was 100% (very good category), and second cycle meeting 3 percentage of implementation RPP of 99% (very good category). The implementation of science process skills of students based on student activities at the first meeting was obtained 96.75% with good categories, meeting II was 97% with good categories and meeting III was 96.75% with very good categories. Increasing student learning achievement both individually and classically from the first cycle is 35% and increases to 94% in the second cycle. It can be concluded that the use of the feedback carousel learning model combined with the fish bowl method can improve the science learning achievement of fifth grade students at Cahaya Baru Elementary School 2018/2019.
Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Isnanto; Gamar Abdullah; Ulin M.A. Hariah
JAMBURA Elementary Education Journal Vol 1 No 1 (2020): VOLUME 1 NOMOR 1, JUNI 2020
Publisher : JURUSAN PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahap penelitian ini dibatasi sampai pada tahap perbaikan desain. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanakah kondisi objektif instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA di kelas V SDN 32 Kota Selatan? (2) bagaimanakah instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA yang akan dikembangkan di kelas V SDN 32 Kota Selatan? dan (3) bagaimanakah kelayakan insrtuman penilaian psikomotor yang telah dikembangkan di SDN 32 Kota Selatan?. Objek dalam penelitian ini adalah Instrumen Penilaian Psikomotor pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 32 Kota Selatan. Tehnik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Produk yang dihasilkan oleh peneliti dalam penelitian pengembangan ini berupa produk instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA kelas V di SDN 32 Kota Selatan, yang didalamnya memuat sampul buku, kata pengantar, daftar isi, petunjuk Penggunaan, pembatas KD, lembar kerja peserta didik, instrumen penilaian, rubrik penilaian, portofolio dan daftar pustaka. Hasil penelitian pengembangan tersebut divalidasi oleh ahli materi dan memperoleh skor hasil validasi 85,71 dan untuk ahli media memperoleh skor 96,47. Hasil rekapitulasi skor validasi dari 2 validator memperoleh skor keseluruhan 91,09. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian psikomotor pada pembelajaran IPA yang dikembangkan sangat layak digunakan serta dapat dilanjutkan ketahap selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 5