cover
Contact Name
sulkifly
Contact Email
sulkifly@ung.ac.id
Phone
+6282348062491
Journal Mail Official
jjem@ung.ac.id
Editorial Address
Secretariat Jambura Journal of Educational Management Street of Jenderal Sudirman No.6, Kota Tengah, Gorontalo 96128
Location
Kota gorontalo,
Gorontalo
INDONESIA
Jambura Journal of Educational Management
ISSN : -     EISSN : 27212106     DOI : 10.37411
Core Subject : Education,
Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for academics, researchers and practitioners to publish original research articles or review articles. JAMBURA Education Management Journal (JJEM) Published twice a year in March and September. ISSN Online: 2721-2106 , DOI Prefix: 10.37411 The aims of this journal is to provide a venue for academicians, researchers and practitioners for publishing the original research articles or review articles. The scope of the articles published in this journal deal with a broad range of topics, including: curriculum management and learning, student management, management of educational infrastructure, Education HR management (educators and education personnel), Financial management / education funding, management of school and community relations, educational culture and climate, educational leadership, class management, character building, educational innovation.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022" : 5 Documents clear
Analisis Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar Muhammad Ardiansyah; Syamsurijal Basri; Irmawati Irmawati
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i1.1263

Abstract

Kajian ini berangkat dari fenomena adanya kepala sekolah yang telah diangkat oleh pemerintah daerah tanpa melalui jalur penyiapan calon kepala sekolah sehingga terkesan hanya untuk mengejar pemerolehan sertifikat kepala sekolah saja tanpa mengedapankan orientasi pengembangan kompetensi. Kemudian Anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah melalui program Bantuan Pemerintah (BANPEM) begitu besar yakni kurang lebih 435 Milyar rupiah (data LPPKS Indonesia, 2019) tidak diikuti dengan target pencapaian kompetensi, namun hanya dititik beratkan untuk mensertifikatkan sejumlah kepala sekolah yang belum memiliki Nomor Kepala sekolah (NUKS). Tidak ada uji kompetensi yang ditargetkan ketika pasca diklat.Perencanaan kediklatan di tingkat pemerintah daerah (dinas pendidikan) belum terlihat siap yang diindikasikan masih banyaknya kepala sekolah yang tidak terundang untuk mengikuti diklat sampai di awal tahun 2020. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dimensi kompetensi kewirausahaan kepala sekolah berdasarkan sub-sub dimensi kompetensi.Menghasilkan dan merekomendasikan pemetaan kompetensi kepala sekolah pada dimensi kewirausahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: deskriptif kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di Kota Makassar. Alasan peneliti menjadikan Kota Makassar sebagai lokasi penelitian karena daerah ini merupakan sasaran program pendidikan dan pelatihan fungsional penguatan kepala sekolah yang memiliki jumlah peserta yang terbanyak yakni 3 (tiga) angkatan dan juga hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah yang menunjukkan dimensi kompetensi ini sedikit lebih baik dari dimensi kompetensi lainnya. Sumber data penelitian ini terdiri atas kepala sekolah dasar Se-kota Makassar yang pernah mengikuti program pendidikan dan pelatihan penguatan kepala sekolah, dan subjek penelitian ini adalah kepala sekolah dasar dan menengah pertama yang ditetapkan sesuai dengan kebutuhan data penelitian.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai “Analisis kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah Dasar (SD) se-Kota Makassar”, maka dapat diambil kesimpulan bahwa kompetensi kewirausahaan kepala SD se- Kota Makassar dalam kategori sangat baik. Apabila dilihat dari penghitungan jumlah persentase tiap indikator dari per sub variabel, maka yang mempunyai persentase tertinggi adalah sub variabel bekerja keras, sedangkan sub variabel yang mempunyai persentase terendah adalah sub variabel tindakan inovatif Dari beberapa kepala SD di Kota Makassar diketahui telah memiliki kompetensi kewirausahaan dalam kategori sangat baik, namun beberapa juga diantaranya yang mempunyai kompetensi kewirausahaan dalam kategori baik.Walaupun secara keseluruhan kepala SD se- Kota Makassar memiliki kompetensi kewirausahaan yang sangat baik, masih ada sebagian kecil kepala sekolah yang perlu memperbaiki lagi kompetensi kewirausahaan yang dimilikinya terutama mengenai tindakan inovatif dan naluri kewirausahaan.
Manajemen Pembelajaran Integralistik Muhammad Rizal
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i1.1266

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Pembelajaran Integralistik di SDN Kompleks Ikip I Makassar. Pendekatan yang digunakan yakni pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan untuk mengetahui gambaran pembelajaran integralistik dengan unsur-unsur pokok yang sesuai dengan butir-butir rumusan masalah, tujuan, dan manfaat penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penilitian ini menunjukkan: (1) gambaran perencanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yang dilakukan oleh guru meliputi; pengembangan prorgram, penyusunan persiapan mengajar, perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan prioritas materi yang akan diajarkan, pemilihan metode pembelajaran, pemilihan sumber belajar, pemilihan media pembelajaran; (2) gambaran pelaksanaan pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru menyajikan urutan pembelajaran secara tepat, memilih bentuk kegiatan pembelajaran yang tepat; (3) gambaran evaluasi pembelajaran integralisik di SDN Kompleks Ikip I Makassar, yakni guru memilih dan menyusun jenis evaluasi, melaksanakan kegiatan evaluasi sepanjang proses, mengadministrasikan hasil evaluasi.
Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Sulkifly Sulkifly; Sitti Nurkia
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i1.1269

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dimasa pandemi covid-19 di SMP Negeri 1 Saluputti Kab. Tana Toraja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata interval nilai kelas VI1 yaitu 21,61% berada pada kategori “Tidak Sulit”. Rata-rata interval nilai kelas VIII yaitu 16,85% berada pada kategori “Cukup Sulit”. Interval nilai kelas IX 13,05% berada pada kategori “Cukup Sulit” rata-rata interval nilai kelas VII-IX yaitu 17%. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VII-IX di SMP Negeri 1 Saluputti cukup mengalami kesulitan belajar dimasa pandemi covid-19.
Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Hidayat Hidayat; Nia Martina
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i1.1272

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan di UPT SMA Negeri 9 OKI. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang sumber informan utamanya adalah kepala sekolah informan pendukung adalah waka kesiswaan dan guru. Data yang diperoleh dengan motode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Mutu Lulusan sudah baik, hal ini bisa dilihat dari tahap strategi kepala sekolah antara lain: perencanaan, tahap ini digunakan kepala sekolah untuk menganalisis agar mempermudah dalam meningkatkan mutu lulusan, seperti menganalisis lingkungan internal dan eksternal perumusan strategi Analisis kekuatan perencanaan strategi. Implementasi strategi, implementasi yang dilakukan dalam ini membuat beberapa program yang ditujukan agar menghasilakan mutu lulusan yang dapat bersaing, seperti: pembentukan koordinator penanggung jawab program yang akan memudahkan kepala sekolah dalam mengetahui seruruh kegiatan disekolah Sosialisasi rencana kegiatan program sekolah yang diperlukan untuk mendapatkan dukungan penuh dari pihak yang terkait dan masyarakat sekitar, program unggulan, program unggulan ini berfungsi agar siswa-siswi dapat menigkatkan mutu lulusan yang berkualitas dan dapat bersaing. Evaluasi, evaluasi yang kepala sekolah lakukan dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu: laporan pelaksanaan program hal ini berguna agar mempermudahkan kepala sekolah dalam melakukan evaluasi, evaluasi rutin pada proses pembelajaran evaluasi ini yang dilakukan guru dengan mengadakan kuis, ulangan harian uts dan uas. Kendala yang dihadapi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan mutu lulusan yaitu: Guru mengajar tidak sesuai dengan bidangnya, masih terdapat guru yang tidak disiplin.
Manajemen Perubahan Pendidikan Achmad Baidowi
Jambura Journal of Educational Management VOLUME 3 NOMOR 1, MARET 2022
Publisher : JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37411/jjem.v3i1.1278

Abstract

Perubahan dilakukan untuk memperbaiki sistem yang berjalan kurang efektif dalam suatu organisasi. Tujuan penelitin untuk mendeskripsikan proses perubahan pengelolaan pendidikan yang dilakukan pengelola KB Nur-Masithah. Metode penelitian dengan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancar, observasi dan dokumentasi. teknik pengolahan data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: tahap pengakhiran adalah tahap meninggalkan mengubah kebijakan lama dalam organisasi. Tahap inisiasi perubahan adalah tahap menilai kinerja organisasi dan penetapan aspek-aspek perubahan yang akan dilakukan. Tahap memulai perubahan adalah tahap merencanakan, menetapkan serta melaksanakan kebijakan baru sebagai hasil dari perubahan yang dilakukan oleh pengelola pendidikan. Kesimpulan adalah manajemen perubahan pengelolaan pendidikan dilakukan secara efektif, terorganisir dan terencana. Implikasi penelitian adalah sebagai bahan masukan bagi sekolah yang lain yang ingin melakukan perubahan pada sistem pendidikan yang lama.

Page 1 of 1 | Total Record : 5