cover
Contact Name
Peti Savitri
Contact Email
jurnal.infotronik@usbypkp.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.infotronik@usbypkp.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika
ISSN : 25481932     EISSN : 25497758     DOI : -
Jurnal Infotronik dengan Nomor ISSN: 2549-7748 (online); 2548-1942 (print) adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan secara bersama-sama oleh Fakultas Teknik dua kali setahun (Juni-Desember). Jurnal ini bertujuan mempublikasikan hasil penelitian orisinal dan mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian fenomena Ilmu Komputer dan Elektronik. Ruang lingkup Jurnal Infotronik secara khusus adalah penelitian meliputi kajian Ilmu Komputer dan Elektronika.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2016)" : 7 Documents clear
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM “ANALISA FINANSIAL PROPOSAL PROYEK” Savitri, Peti
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.53 KB)

Abstract

Analisa Finansial merupakan bagian yang terpenting dari sebuah Proposal Proyek, karena dengan analisa finansial sebuah proyek akan dapat dinilai apakah layak atau tidak untuk diajukan.  Jurnal ini memaparkan mengenai analisa dan desain konseptual secara terstruktur jika proses analisa financial untuk proposal proyek ini dijadikan sebagai sebuah sistem informasi. Sedangkan tujuan dari analisa dan perancangan ini adalah sebagai dasar dalam membuat aplikasi (software) yang berkaitan dengan Sistem Project Proposal sehingga pada akhirnya aplikasi yang dibuat dapat membantu siapapun baik perorangan atau organisasi dalam melakukan perhitungan kelayakan suatu Project Proposal terutama dari sisi finansialnya. Kata Kunci: Analisa, desain, terstruktur, finansial,proposal.
PEMBANGUNAN APLIKASI INFORMASI LOKASI VENUE PEKAN OLAHRAGA NASIONAL (PON) XIX DI JAWA BARAT 2016 BERBASIS ANDROID Syabandyah, Fitri
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.372 KB)

Abstract

Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah pesta olahraga nasional di Indonesia yang di adakaan setiap empat tahun sekali dan di ikuti seluruh provinsi di indonesia. Semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional di Jawa Barat membuat kebutuhan informasi akan venue dari setiap cabang olahraga  yang di pertandingkan semakin meningkat.Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan aplikasi pencarian lokasi, salah satunya dengan Location Based Service( LBS). Layanan berbasis lokasi yang menyediakan informasi mengenai suatu tempat. LBS mendapatkan posisi geografis dengan menggunakan bantuan GPS( Global Possitioning System). GPS ini merupakan sistem menggunakan titik kordinat posisi dan navigasi secara global dengan menggunakan satelit. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi client server dimana website sebagai server dan android sebagai client yang menampikan data lokasi venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di jawa barat 2016.Hasil yang di capai yakni website sebagai server yang mengelola data venue yang dapat membantu pengguan smartphone dengan sistem operasi android untuk mencari lokasi venue pertandingan Kata Kunci : Pekan Olahraga Nasional (PON), LBS, GPS, Android
ANALISIS VULNERABILITAS BERBASIS GRAF SERANGAN TERHADAP KEAMANAN E-VOTING Suharsono, Teguh Nurhadi
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.901 KB)

Abstract

Dengan semakin banyak dan luasnya persebaran pemilih, semakin kompleksnya aspek kehidupan sosial, dan kebutuhan untuk mengelola proses pemungutan suara dengan efisien dan penetapan hasil dengan lebih cepat, pemungutan suara berbasis elektronik (e-voting) menjadi pilihan yang lebih menjanjikan.  Sistem e-Voting membutuhkan perhatian yang tinggi terhadap persyaratan keamanan, baik keamanan informasi maupun jaringan. Pada penelitian  ini dikembangkan framework untuk analisa keamanan e-Voting dan Algoritma untuk keamanan jaringan berbasis graf serangan.  Dalam penelitian ini juga digunakan metode untuk menghasilkan graf yang mempertimbangkan kinerja jaringan dan privilege attacker pada setiap host dan dapat dipakai sebagai alat untuk menganalisis vulnerabilitas jaringan.  Algoritma yang diusulkan untuk menghasilkan graf status, graf host dan graf vulnerabilitas. Framework untuk mengevaluasi dan meningkatkan keamanan jaringan e-Voting.Kata Kunci: e-voting, persyaratan keamanan, framework evaluasi analisa vulnerabilitas,  graf serangan, algoritma graf serangan
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (STUDI KASUS : SMP PLUS BABUSSALAM BANDUNG) Solihin, Hanhan Hanafiah
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1378.485 KB)

Abstract

Siswa baru yang mendaftar di SMP Plus Babussalam, khususnya untuk masuk ke pesantren, mayoritas berasal dari luar kota. Proses penerimaan siswa baru (PSB) di sekolah ini yang masih menggunakan sistem konvensional, sehingga calon siswa terkadang kesulitan mendapatkan informasi untuk melakukan proses pendaftaran. Proses administrasi juga cenderung lambat, karena data belum terintegrasi dan terkelola dengan baik. Proses ini juga masih menggunakan arsip dalam bentuk fisik yang rentan mengalami kerusakan atau bahkan hilang. Untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi pada pendaftaran siswa baru di SMP Plus Babussalam dibuatlah perancangan dan pembangunan aplikasi Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web. Metode yang digunakan untuk pembangunan sistem informasi menggunakan Model Prototype dengan pendekatan sistem berorientasi objek yang dimodelkan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil akhir dari perancangan dan pembangunan sistem informasi ini adalah adanya sebuah aplikasi yang dapat memberi kemudahan akses informasi dan proses pendaftaran sehingga proses administrasi penerimaan siswa baru menjadi lebih efektif dan efisisen. Kata Kunci : sistem informasi, penerimaan siswa baru, prototype, UML, web
DESAIN INTERAKSI SMART MOUSE UNTUK UBIQUITOUS HEALTH MONITORING SYSTEM Lestari, Nina
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.827 KB)

Abstract

Desain interaksi adalah  membangun suatu produk yang mudah  untuk dipelajari, efektif digunakan, dan terasa nyaman bagi penggunanya.  Perencana desain interaksi memerlukan pengetahuan tentang pengguna, teknologi dan interaksi antara keduanya. Dengan mengetahui aktivitas dapat diketahui tipe interaksi dan jenis alat interaksi yang digunakan. Ubiquitous health monitoring system adalah sebuah sistem pemantauan kesehatan yang digunakan oleh  pengguna perseorangan untuk memantau kesehatannya terus menerus secara tidak sadar. Smart mouse merupakan salah satu perangkat yang digunakan pada ubiquitous health monitoring system. Pada mouse ini diterapkan teknologi tambahan untuk mengukur detak jantung dan suhu tubuh. makalah ini memberikan hasil desain berupa model konseptual, prototype,   user experience, usability, user interface dari smart mouse. Kata kunci       : desain interaksi, model konspetual, user experience, usability, user interface, smart mouse, ubiquitous health monitoring system
SISTEM LAYANAN KONSUMEN UNTUK USAHA SKALA KECIL DAN MENENGAH (UKM) JASA PENCUCIAN DENGAN METODE BASIS DATA TERDISTRIBUSI Risnanto, Slamet
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.62 KB)

Abstract

Penerapan teknologi Informasi di berbagai bidang kehidupan manusia  khususnya dibidang usaha sudah sangat penting diimplementasikan, Sistem layanan konsumen untuk usaha skala kecil dan menengah (UKM) jasa pencucian (laundry) ini dapat dijadikan alat bantu yang strategis dalam usaha tersebut, hampir semua jenis layanan jasa laundry pada umumnya bisa disuport oleh sistem layanan ini. Tahapan analisis dan implementasi dilakukan dilakukan secara langsung di delapan usaha laundry dengan berbagai level usaha dan jenis layanan sehingga memperkaya kehandalan, kelengkapan dan fasilitas sistemUntuk usaha laundry yang mempunyai banyak konter dan cabang diberbagai kota atau Negara, sistem ini bisa mensuport hal tersebut dengan metode basis data terdistribusi, selama konter atau cabang tersebut bisa koneksi internet sehingga level manajemen atau pemilik usaha bisa mengakes data dan laporan dimanapun berada. Kata kunci : layanan konsumen, laundry, data terdistribusi
PEMODELAN AGENT PERANG PADA SIMULASI BATTLEFIELD MANAGEMENT SYSTEM Munastha, Ketut Abimanyu
Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika (INFOTRONIK) Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Sangga Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.13 KB)

Abstract

Battlefield Management System (BMS) merupakan sistem dapat memenuhi kebutuhan decision-making, simulasi perang, analisis, prediksi, pelatihan taktik dan strategi. Dalam sebuah simulasi BMS, terdapat unit-unit militer yang masing-masing memiliki fungsi, tugas, kemampuan dan karakteristik yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan adanya model agen dari unit-unit militer yang merepresentasikan bentuk aset-aset pertempuran. hal ini jelas diperlukan karena pemodelan merupakan salah satu kontribusi penting bagi berjalannya simulasi pertempuran tersebut.Pemodelan yang dilakukan menyangkut 3 jenis unit utama aangkatan darat yaitu infantri, kavaleri, dan senjata lawan tank (SLT). Pemodelan agen tersebut meliputi pemodelan kecepatan gerak (vs) jarak pandang (J), jarak tembak (Jt), dan besar kerusakan (S) dari tiap agen ke agen lainnya. Berdasarkan data unit sebenarnya dan berdasarkan pada hasil penskalaan dari peta yang digunakan pada simulasiHasil dari pemodelan kemudian diuji melalui program simulasi BMS yang telah dibangun sebelumnya. Pengujian yang dilakukan meliputi perbandingan dari pemodelan yang dilakukan dengan hasil dari implementasi pemodelan pada simulasi. Dari pengujian tersebut memperlihatkan bahwa hasil pemodelan yang dilakukan memiliki nilai 50% dari model sebenarnya.  Kata Kunci: BMS, agent, Simulasi, jarak, kerusakan

Page 1 of 1 | Total Record : 7